Kenari Melayu, Mountain serin (Chrysocorythus estherae) - Pinhome

Pinhome

Kenari Melayu, Mountain serin (Chrysocorythus estherae)

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 15 February 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Burung Kenari Melayu merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Fringillidae dan Genus Chrysocoris Thus. Burung yang juga dikenal dengan sebutan kenari gunung atau Chrysocoris Thus Estherae dalam bahasa ilmiahnya dan Mountain serin dalam bahasa inggrisnya termasuk burung yang dapat dijumpai di Indonesia.

Ciri Fisik Kenari Melayu, Mountain Serin (Chrysocoris Thus Estherae)

Burung Kenari Melayu tergolong jenis burung berukuran kecil dengan panjang tubuh sekitar 11 cm, berwarna kuning dan abu-abu. Burung jantan memiliki dahi dan dada berpita kuning dan bercoret hitam, tunggir kuning terang, sayap hitam dengan tiga garis kuning menyilang dan pinggir putih. Pada bulu sekunder tengkuk dan mantel abu-abu, tenggorokan hitam, perut putih bercoret hitam. Burung betina mirip jantan tetapi tunggir kuning lebih suram dan dada kurang berbintik. Iris coklat, paruh kecoklatan dan kaki hitam.

Suara Kenari Melayu

Burung Kenari Melayu atau kenari gunung ini dengan karakter suara kicauannya bergemerincing. Kicauannya pendek-pendek berbeda dengan suara kenari pada umumnya. Kicauannya yang dikeluarkan saat terbang dan juga punya suara cicitan tajam.

Dapatkan : Suara Kenari F1 Gacor Full Isian Durasi Panjang

Kenari Melayu
(eBird)

Penyebaran dan Ras

Burung Kenari Melayu dapat dijumpai di Negara Filipina dan Indonesia, terdapat lima subspesies yang dikenali dan empa sub-spesies dapat dijumpai di Indonesia.

  • S. e. mindanensis (Ripley & Rabor, 1961): Mindanao tengah (Gunung Kitanglad dan Gunung Apo), di selatan Philipina.

Lokal dan ras: Sulawesi, Sumatera, dan Jawa

  • S. e.  vanderbilti (Meyer de Schauen Sie, 1939): Sumatera utara (wilayah Gunung Leuser).
  • S. e.  estherae ( Finsch, 1902): Jawa barat (Gunung Pangrango).
  • S. e.  orientalis (Chasen, 1940): Jawa timur (Pegunungan Tengger dan barat dataran tinggi Hyang).
  • S. e.  renatae (Schuchmann & Wolters, 1982): Gunung Rantekombola, di selatan Sulawesi.

Habitat dan Kebiasaan

Hidup sendirian atau dalam kelompok kecil, duduk di puncak semak-semak kecil pada padang rumput zona sub alpin atau hutan lumut, juga hinggap di tanah. Turun ke ketinggian yang lebih rendah untuk mengunjungi semak Strobilanthes cernua sewaktu berbuah lebat, paling rendah sampai ketinggian 1. 300 mdpl. Burung pemalu yang terbang cepat dengan cara terbang bergelombang.

Makanan Burung Kenari Gunung atau Melayu

Makanan burung kenari gunung sebagian besar tidak diketahui, dilihat dari bentuk paruhnya mungkin beragam biji dan buah kecil. Kebiasaan mencari makan di semak-semak rendah atau vegetasi lain dan di tanah

Status

Dulu burung kenari ini belum berstatus dilindungi, dan seperti penjelasan di atas, bahwasanya burung ini dilindungi oleh pemerintah saat ini. Seperti tercantum pada Peraturan Menteri LHK Nomor P. 20/MENLHK/SETJEN/KUM. 1/6/2018.

Baca juga : Cara Merawat Kenari Bakalan Agar Cepat Bunyi dan Gacor

Kenari Melayu
(eBird)

Bagaimana Cara Membedakan Kenari Gunung Jantan dan Betina?

Cara membedakan Kenari Melayu jantan dan betina tergolong cukup mudah, karena perbedaan kenari kenari gunung jantan dan betina terdapat pada warna bulu dari Kenari Melayu jantan dan Kenari Melayu betina. Dibawah ini ciri fisik kenari gunung jantan dan betina :

Ciri Fisik Kenari Melayu Jantan

  • Dahi dan dada dengan berpita kuning dan dada coret hitam.
  • Tunggir berwarna kuning terang,
  • Sayap hitam dengan mantel abu-abu,
  • Tenggorokan hitam,
  • Perut putih bercoret hitam.

Ciri Fisik Kenari Melayu Betina

Sedangkan burung kenari gunung betina hampir mirip jantan tetapi pada bulu tunggir berwarna kuning sedikit suram dan dada polos sedikit ada bintik.

Berapa Harga Kenari Gunung?

Susahnya mencari burung kenari gunung membuat banyak kicau mania di seluruh penjuru negeri mencoba menangkarkan burung ini. selain karena susahnya mencari burung Kenari Melayu , burung kenari ini sendiri juga memiliki harga yang lumayan mahal. untuk burung muda hutan atau burung bahan saja dihargai Rp 180.000 – Ro 300. 000. apalagi jika burung hasil tangkaran atau ternakan pastilah harganya akan lebih mahal lagi.

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel