Pinhome

Ingin Memelihara Kucing Persia? Kenali Ciri Ciri Khas dan Kebiasaannya!

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra ∙ 8 September 2021 ∙ 8 menit membaca

Kucing Persia menjadi salah satu dari sekian banyak jenis kucing di dunia. Kucing ini sering kali membuat banyak orang gemas dan ingin berdekatan dengannya selalu. Bagaimana tidak, Kucing jenis ini memiliki rupa yang lucu, begitu juga dengan tingkahnya yang seolah tidak akan ada habisnya.

Pinhome – Selain menggemaskan dan ramah untuk dipelihara bersama keluarga, ada beberapa fakta tak terduga tentang Kucing Persia. Kucing jenis ini dikenal sebagai hewan peliharaan favorit oleh Bangsawan Prancis. Kucing Ras jenis Persia ini memiliki rata-rata hidup kurang lebih 12 tahun, Pins.

Baca Juga: Persiapan Penting Sebelum Memelihara Hewan Di Rumah

Bulunya yang lembut, matanya yang bulat, membuat Kucing menjadi spesial di mata pecinta kucing. Hewan berbulu jenis kucing ras ini juga paling banyak dipelihara di rumah, lho. Meski bentuk wajah dan tingkahnya nyaris mirip, Kucing jenis ini masih dibagi menjadi beberapa jenis.

Jenis Kucing Persia

(Unsplash)

Jenis Persia yang paling banyak bikin pecinta kucing jatuh cinta beberapa di antaranya yaitu Blue Point, Seal Point, Tortie Point, dan Flame Point. Selain itu, ada beberapa jenis Kucing yang wajib Pins ketahui. Yuk, simak fakta dari jenis Persia yang sudah kami rangkum berikut ini:

Baca Juga: Cara Sukses Ternak Kenari Cocok Untuk Pemula

  • Kucing Persia Medium

Kucing Persia medium jadi salah satu jenis kucing yang paling sering ditemui di Indonesia. Jenis kucing medium ini memang memiliki perawakan yang nyaris mirip dengan Persia flatnose.

Supaya tidak salah mengenali anabul yang satu ini, Pins wajib tahu nih perbedaan dan asal muasal Persia medium. Persia medium merupakan hasil perkawinan silang dengan kucing lokal atau kucing kampung yang banyak berkembang biak di Indonesia hingga jenis anggora.

Hasil perkawinan silang tersebut menghasilkan Persia medium. Bulu Persia medium juga tergolong lebih lebat dan panjang dibandingkan dengan jenis Persia yang lain, bentuk wajahnya sedikit runcing, ukurang telinga yang lebih besar, ukuran kaki yang panjang dan besar, serta hidung yang tidak terlalu pesek.

Baca Juga: Burung Anis Bentet (Sangihe Whistler)

  • Kucing Persia Himalayan

Untuk Pins ketahui kalau Persia Himalayan atau si Himmie ini merupakan hasil perkawinan silang antara Kucing Siam dan Kucing Persia. Untuk karakteristiknya sendiri, Persia Himalayan memiliki bentuk wajah yang bulat dan besar, Pins.

Selain bentuk wajah, bulu anak bulu ini juga tergolong panjang dan lebat seperti Kucing Persia pada umumnya. Matanya biru dan bulat berbinar, telinga Persia Himalayan ini tergolong memiliki bentuk yang sedikit bulat di ujungnya. Kakinya pendek atau ceper dengan bulatan yang lebar. Jelas menggemaskan, pipi Kucing Persia Himalaya tampak penuh dengan hidung yang pesek.

  • Kucing Persia Flatnose

Selain Persia Himalayan, Persia flatnose juga termasuk salah satu kucing yang paling populer di Indonesia, Pins. Seperti namanya, ciri khas Persia jenis ini yaitu bentuk hidungnya yang pesek.

Siapa sangka, semakin pesek hidung Persia flatnose maka akan membuat harganya jadi semakin melambung tinggi. Selain hidungnya, Persia jenis ini juga memiliki karakteristik lainnya, Pins.

Bentuk kepala Persia jenis ini cenderung kotak, telinganya kecil dan sedikit runcing, kaki Kucing Persia flatnose berukuran pendek. Nyaris mirip dengan Persia medium, Persia flatnose mempunyai bulu yang lebat dan panjang, Pins.

Bahkan, ada Persia flatnose bulu kapas yang bulunya selembut dan sehalus kapas. Warna kucing jenis ini juga sangat menggemaskan. Kucing Persia flatnose warna putih dan abu-abu tergolong jadi warna yang paling banyak digandrungi.

  • Kucing Persia Peaknose

Dari namanya saja, Pins pasti langsung bisa menebak kalau Kucing Persia peaknose memiliki postur atau perawakan yang berkebalikan dengan Persia flatnose. Ya, bulunya memang sama, lebat dan panjang, Pins.

Sebagai informasi, hidung Persia peaknose lebih pesek dibandingkan dengan Persia flatnose.  Bentuk tubuh Kucing Persia peaknose tergolong lebih besar dibandingkan jenis lainnya. Sedangkan, wajah kucing jenis ini terbagi menjadi dua, yaitu peakface persian yang memiliki wajah datar dan doll face persian yang memiliki karakter wajah normal.

Mata Kucing Persia peaknose juga terlihat besar dan bulat sempurna sehingga membuat setiap orang yang memandang anak bulu ini pasti akan terpesona dengan kecantikannya. Sedangkan itu, telinga Persia peaknose sedikit berjauhan dengan ukuran kecil dan menutuo, untuk kakinya, Persia jenis ini sangat ceper dan memiliki kepalan yang cukup besar.

Baca Juga: Tips Agar Kucing Tidak Tidur Sembarangan Di Rumah

Kebiasaan atau kepribadian Kucing Persia

Jika perwujudan Kucing ini jelas menggemaskan dan membuat Pins ingin segera bermain bersamanya, lantas kali ini Pins harus mengenal karakter atau kepribadian si Persia.

Laiknya manusia, hewan berbulu yang satu ini juga memiliki sifat tersendiri. Dengan mengetahui karakternya, Pins bisa dengan mudah mencari celah bagaimana harus memperlakukannya di rumah. Nah, berikut ini karakter atau kepribadian Kucing jenis Persia secara umum, Pins.

  • Tergolong ramah

Umumnya, kucing berbulu lebat dan panjang yang satu ini memang memiliki pembawaan yang tenang. Ia juga dikenal sangat ramah dengan anggota keluarga atau tamu yang datang asal tidak membuatnya merasa terganggu.

  • Sangat setia

Siapa sangka, Kucing Persia juga sangat setia dengan orang yang merawat dan memberikannya kasih sayang. Namun, untuk bisa mendapatkan hati kucing ini memang perlu waktu untuk dirinya bisa tenang dan percaya.

  • Sedikit kurang aktif

Jika berada di lingkungan baru, hewan berbulu super menggemaskan ini cenderung suka menyendiri. Selain itu, ia juga tergolong agak malas bergerak. Tapi, saat diajak bermain, kucing ini akan sigap dan aktif, Pins.

Cara merawat Kucing jenis Persia

Kenali Ciri dan Khas Kucing Persia Sebelum Memelihara
(Freepik)

Di sinilah perjalanan dimulai, Pins tak boleh terlena dengan perawakannya yang menggemaskan saja tapi juga harus rajin merawat. Pasalnya, Kucing ini harus diperlakukan secara khusus.

Terlebih lagi jika Pins merawat anak Kucing atau kitten, ada baiknya tunggu dulu sampai selesai masa menyusui. Jika ia terpisah dari induknya, usahakan memberikannya susu kucing sesuai dengan usianya pakai alat bantu minum pipet atau dititipkan dengan indukan Kucing Persia.

Terlepas dari itu, berikut kami rangkum beberapa kunci utama merawat Kucing jenis Persia:

  • Memberi makan dan minum

Duh, jangan sampai Kucing di rumah kelaparan, Pins! Memberi makan secara teratur akan membantu tumbuh kembangnya. Cari tahu pakan terbaik untuk Kucing, dan sebisa mungkin hindari memberi makanan yang memicu alergi.

Perhatikan tekstur makanan, baik pakan kucing kering maupun pakan kucing basah. Begitu juga dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Selain itu, sesuaikan dengan usianya, usahakan meletakkan pakan di wadah khusus. Porsi makannya hampir sama dengan manusia yaitu 2-3 kali dalam sehari. Selain makan, pastikan kebutuhan minumnya terpenuhi untuk menghindari dehidrasi, Pins.

  • Mengajak bermain

Supaya si Persia di rumah tidak kegemukan gegara malas bergerak dan kegiatannya hanya makan, sebaiknya rajin-rajin mengajaknya bermain, Pins. Mengajak bermain juga jadi salah satu cara terbaik Pins mencari tahu karakter kucing.

Selain bermanfaat bagi hewan peliharaan supaya tetap aktif bergerak, bermain bersama kucing di rumah juga bisa meredakan stres hingga mengusir kebosanan untuk Pins.

  • Menyisir

Seperti diketahui, Kucing jenis ini memiliki bulu yang lebat dan panjang. Jangan sampai bulu mereka menjadi kusut dan mudah rontok. Untuk merawatnya, Pins cukup rutin menyisirnya dengan sikat khusus yang banyak dijual di lokapasar.

Sisir dengan lembut dan gerakan searah. Hal ini dapat membantu merontokkan debu, jamur, kutu yang kemungkinan ada di badan mereka.

  • Memandikan

Memandikan kucing dikenal sebagai pekerjaan yang menguras waktu dan tenaga. Sebab, kucing dicap sebagai hewan yang ogah terkena air. Nah, trik memandikan kucing dengan mudah yaitu menunggunya dalam keadaan tenang.

Siapkan air hangat di dalam bak, Pins. Pastikan menggunakan shampo khusus kucing, gosok perlahan seluruh bagian tubuh hingga bersih, mulai dari wajah, telinga, dan sela-sela ekor, bilas, kemudian bungkus dengan handuk,  jangan lupa untuk dikeringkan, ya!

  • Membersihkan kandang dan bak kotoran

Ibarat manusia, kandang jadi tempat beristirahat kucing. Maka dari itu, pastikan tingkat kebersihannya, selalu rutin membersihkannya dengan mencuci kandang, Pins. Sama halnya dengan bak kotoran, ambil kotoran kucing jika sudah penuh dengan scoop, dan ganti pasir secara berkala.

Hindari menyentuh atau kontak fisik dengan kotoran kucing secara langsung, Pins!

  • Memberi vaksin dan cek kesehatan

Penyakit yang umum menyerang si Persia yaitu rabies, infeksi saluran pernapasan atas, cacing hati, diabetes, kanker, diare, hingga FIV (Feline Immunodeficiency Virus). Untuk itu, Pins wajib memberikan vaksin untuk Si Kucing supaya terhindar dari risiko buruk kesehatan yang menurun.

Jadi, itulah beberapa jenis si Persia, karakteristik, dan cara terbaik untuk merawatnya supaya betah dan nyaman di rumah. Jika ingin membeli, harga Kucing ras ini di pasaran juga sangat beragam, Pins. Setidaknya Pins harus merogoh kocek minimal Rp1 juta.  

Apabila Pins tertarik untuk menjadikan Kucing Persia sebagai teman di rumah, ada baiknya mengadopsi saja. Saat ini banyak tempat atau penyedia adopsi kucing!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Yosa

Editor: Iko

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 16 Model Rambut Pria French Crop

Model rambut pria french crop merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek pria yang menekanka

Uncategorized
Edukasi
Edukasi Surat Kepemilikan Tanah yang Resmi & Sah

Surat kepemilikan tanah (SKT) adalah berkas yang wajib dimiliki jika kamu memiliki niat untuk membe

Edukasi
Edukasi Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan contoh surat lamaran pekerjaan di toko cont

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia