Pinhome

Biografi Kelly Purwanto

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 8 August 2021 ∙ 6 menit membaca

Biografi Kelly Purwanto – Bola Basket adalah salah satu cabang olahraga yang disukai masyarakat. Banyak diantara pemain yang menjadikan bola basket sebagai profesi untuk hidup mereka.

Bola basket memberikan banyak manfaat, baik untuk tubuh kita juga untuk rang lain. Bermain basket sanagat menyenangkan.

Permainan bola basket banyak melahrkan peman-pemain profesional. Tak hanya di tempat kelahiran olahraga ini, yaitu Amerika. Akan tetapi, Indonesia juga melahirkan pemain-pemain profesional dalam bidang bola basket.

Salah satu pemain yeng terkenal di Indonesia dan jago dalam bermain basketnya adalah Kelly Purwanto Stats. Nah pada artikel kali ini kami akan membahas biografi atau profil Kelly Purwanto sebagai pemain bola basket yang handal. Yuk simak sampai tuntas!

Baca juga: 9 Teknik Dasar Bola Basket yang Wajib Dikuasai

Biografi Kelly Purwanto

Sumber: medcom.id

Kelly Purwanto adalah salah satu pemain bola basket asal Indonesia. Ia lahir pada tanggal 3 Agustus tahun 1983 di daerah Jakarta. Ia bermain di salah satu klub IBL Kalila Jakarta. Kelly Purwanto beragama katolik.

Ia adalah salah satu pemain profesional yang begitu banyak mendapatkan prestasi. Salah satunya mendapatkan MVP IBL pada tahun 2006 saat mengikuti kompetisi reguler.

Sekarang kelly berumur 36 tahun. Nama lengkap dari pemain ini adalah Kelly Purwanto Ari Nugroho. Ayahnya kelly bernama Abednegi Purwanto dan ibunya bernama Ary Ani Astuti. Ia memiliki saudara yang bernama Franky Purwanto.

Baca juga: Pemain Bola Basket Terbaik Indonesia, Skill Mumpuni

Profil dan Biografi Lengkap Kelly Purwanto

Sumber: repbulika.co.id

Kelly Purwanto bergabung dalam klub Kalila Jakarta. Sebelumnya ia pernah bermain di tim Garuda Fleci Bandung pada tahun 2006 sampai 2009.

Setelah ia bermain di klub tersebut, Kelly pindah menuju Pelita jaya esia. Dan akhirnya sekarang berada di IBL Kalila Jakarta.

Kelly bermain basket bersama saudara kandungnya yang bernama Franky Purwanto. Ia mulai mengenal bola basket dari saudaranya tersebut. Kakaknya selalu mengaka Kelly untuk bermain basket di dekat rumahnya tersebut. Ketika itu Kelly kelas 5 SD.

Ketika ia bermain bersama kakaknya, ia tidak pernah menang. Karena kakaknya sudah memasuki sekolah SMP, wajar saja jika Kelly sering kalah dari kakaknya.

Ketika Kelly duduk di bangku 3 SMP, ia mulai serius menekuni olahraga basket. Ketika itu ia ingin menjadikan hobinya sebagai salah satu penyemangat dalam hidupnya. Ia memiliki bakat dan ketertarikan yang luar biasa terhadap olahraga ini.

Karena keinginan kuatnya dalah bermain basket, akhirnya Kelly masuk ke dalam klub Satria Muda Junior. STIE Perbanas menyukai gaya bermain bola basketnya Kelly. Sehingga saat Kelly lulus SMA tahun 2001, Perbanas memberikan beasiswa kepadanya.

Dengan beasiswa yang diberikan Perbanas ini, membuat Kelly bermain di Klub Perbanas dan mengikuti kompetisi Libama Nasional. Walaupun seperti itu, Perbanas yang diperkuat Kelly waktu itu hanya bisa meraih juara Runner-up.

Baca juga: Biografi Michael Jordan Sang Pemain Legendaris

1. Awal Karir

Kelly pernah menjuarai Divisi I DKI bersama klubny Satria Muda Junior pada tahun 2002. Dan pada waktu itu juga, ia membawa Perbanas menjuarai Libamas Nasional.

Dan pencapaian yang luar biasa waktu itu adalah Kelly bermain di ajang Adidas Asia Streetball di daerah Shanghai, China.

Walaupu ketika itu tim yang dibawanya mendapatkan posisi ke delapan, akan tetapi ia telah menjauari kontes lemparan tiga angka.

Kemudian Kelly masuk dalam roster Satria Muda di IBL pada tahun berikutnya. Walupun sudah masuk IBL, ia hanya di mainkan di 4 game. Cedera pinggang yang ia dapatkan ketika itu membuat ia harus istirahat disepanjang musim.

Pada tahun 2004. Pria yang memiliki tato sebanyak 25 ini kembali lagi ke lapangan untuk memperkuat tim DKI dalam acara PON. Ketika itu ia telah bermain dengan baik. Sehingga berhasil mendapatkan posisi runner-up untuk Turnamen Sister City dan mendapatkan medali emas untuk PON XVI di Sumatera Selatan.

Kelly juga telah bermain di Perbanas dan berhasil menjadi juara di Libamas Utama. Keberhasilannya dalam bermain basket dan membuat tim yang disinggahinya juara. Menjadikan Kelly sebagai pemain yang diperhatikan oleh klub-klub IBL.

Bukan hanya IBL saja, ia juga tengah di panggil oleh Pelatih tim basket putra Rastafari Horongbala untuk mengikuti seleksi pelatnas SEA Games XXIII.

Pada tahun 2006, Kelly memutuskan bergabung bersama tim Garuda Flexi Bandung. Kurang lebih tiga tahun Kelly bermain di tim tersebut. Lalu setelahnya, memutuskan pindah menuju klub Pelita Jaya Esia.

Baca juga: 5+ Tim Bola Basket Indonesia yang Masuk IBL

2. Jenjang Pendidikan.

Kelly bernah bersekolah Sekolah Dasar Kartika Putra pada tahun 1989 sampai 1995. Kemudian ia lanjut ke SMP YPK Wijaya pada tahun 1995 sampai 1998. Setelah ia lulus dari sekolah SMP, ia kemudian melanjutkan sekolah di SMA YPK Wijaya pada tahun 1998 sampai 2001.

Dan karena ia memiliki bakat dalam bermain basket, ia pun mendapatkan beasiswa dari Perbanas. Sehingga ia kuliah di STIE Perbanas Jurusan Ekonomi Manajemen.

Baca juga: Pemain Basket Tercantik di Indonesia

3. Klub Kelly Purwanto

Kelly pertama kali bermain di Satria Muda Junior. Setelah ia bermain denga baik, akhirnya ia main di Perbanas. Setelah ia sukses bermain di acara PON, ia pun memperoleh kesepakan bermain sebagai rookie di Kalila IBL pada tahun 2005.

Pada tahun 2006, Kelly kemduai di kontrak untuk bermain di Garuda Flexi Bandung selama 3 tahun. Baru tahun 2010 ia bermain di Pelita Jaya Esia.

4. Penghargaan

Pemain profesional seperti Kelly Purwanto tentunya memiliki banyak prestasi. Nah apa saja prestasi yang pernah ia dapatkan? Berikut beberapa di antaranya:

  • 2001

Kelly Purwanto telah berhasil membawa Perbanas menjadi juara Runner-Up Libama Nasional.

  • 2002
  1. Kelly membawa Perbanas menjadi juara ke satu di Libama Nasional.
  2. Kelly menjuarai sebuah kontes 3 poin Adidas Asia Streetball di daerah Shanghai, China.
  3. Kelly membawa Satria Muda Junior menjuarai Divisi I DKI.
  • 2003

Kelly bermain di Satria Muda BritAma dan masuk perempat final.

  • 2004
  1. Kelly juara kontes tiga point di Sister City.
  2. Kelly saat berada di PON DKI menjuarai Runner-Up di Sister City.
  3. Kelly membawa Perbanas menjuarai Limaba Utama.
  4. Pada acara PON XVI, Kelly membawa PON Jakarta mendapatkan medali emas di daerah Sumatera Selatan.
  • 2005
  1. Kelly masuk dalam pelatihan nasional basket untuk SEA Games XXIII.
  2. Kelly menjadi All Star IBL saat berada di Makassar.
  • 2006

Kelly menjadi MVP IBL.

  • 2007

Di ajang SEABA, Kelly bersama timnya mendapatkan posisi runner-up.

Nah itulah dia biografi singkat tentang Kelly Purwanto. Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk mengenal lebih dalam pemain bola basket andalan Anda. Salam olahraga!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source feature image: iblindonesia.com

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengantar Nikah, Begini Cara Mengurusnya!

Pinhome - Mengurus pernikahan tak hanya perihal dekorasi dan catering acara saja. Kamu juga harus m

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas

Contoh surat keterangan sehat itu seperti apa, sih? Kamu mungkin saat ini sedang mencari surat kete

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengajuan Dana yang Baik dan Benar!

Ingin mengajukan surat pengajuan dana? Jangan buat asal-asalan kalau ingin pengajuannya diterima, y

Lifestyle
Lifestyle 40+ Referensi Ucapan Selamat Ulang Tahun buat Teman & Sahabat

Menyampaikan ucapan selamat ulang tahun buat teman adalah hal yang wajib diutarakan. Pasalnya, doa

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia