BlogPemilik PropertiDesain HunianApa Itu Atap Onduline dan Cara Memasangnya
0
0

Apa Itu Atap Onduline dan Cara Memasangnya

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mei 10, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apakah Pins sudah familiar dengan atap onduline? Atap onduline adalah atap yang terbuat dari bahan-bahan alami yang cenderung ringan dan tentunya anti karat. Lapisan serat organik dan bitumen yang terkandung di dalamnya membuat atap satu ini tergolong menjadi atap yang ramah lingkungan. Yuk, simak harga, kelebihan serta kekurangan atap onduline serta harganya di bawah ini.

Atap onduline sangat cocok untuk kamu yang punya hunian di perumahan kabupaten Bogor. Seperti Green Paradise City yang merupakan rumah Eksklusif dari Pinhome. Cuaca bogor yang sering hujan dan lembab tidak akan membuat atap onduline karat dan hancur.

Baca Juga:

Harga Atap Onduline Terbaru 2022

Penting untuk kamu yang berencana memasang atap onduline untuk mengetahui atap yang tepat sesuai dengan selera dan anggaran yang Pins miliki.

Pada dasarnya harga atap onduline beragam tergantung dengan jenis dan merek yang ada. Berikut ini beberapa harga atap onduline yang bisa menjadi acuan kamu:

Varian AtapKisaran Harga
Onduline Classic 200 x 95 cmRp180.000 – Rp210.000
Onduline Warna 200 x 95 cmRp180.000 – Rp210.000
Onduline Transparan 200 x 95 cmRp342.000 – Rp358.000
Onduline Tile 200 x 95 cmRp315.000 – Rp350.000
*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Cara Memasang Atap Onduline

Memasang atap jenis ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun, penting untuk memperhatikan proses pemasangannya dengan baik agar memiliki ketahanan yang maksimal. Berikut ini adalah cara memasangnya dengan benar:

  1. Perhatikan kemiringan atap terlebih dahulu. Jika sudut kemiringannya kurang dari 15 derajat, jarak maksimal antara reng haruslah 60 cm.
  2. Pasang lembaran atap dengan jarak overlap sebesar 20 cm. Untuk jenis atap onduline ini, ukuran overlapnya adalah 1 gelombang. Pastikan juga pemakaian lisplang dengan jarak maksimal 7 cm.
  3. Dalam pemasangan, setiap lembaran baja ringan membutuhkan 11 sekrup, sedangkan rangka kayu membutuhkan 9 paku.
  4. Untuk kemiringan atap onduline antara 10 hingga 15 derajat, jarak kemiringan antar reng sebaiknya 45 cm. Jarak overlap, overhang, dan jumlah gelombangnya tetap sama seperti sebelumnya. Jika diperlukan, lembaran atap dapat dipotong menggunakan gergaji.
  5. Perhatikan jarak nop-nya yang harus sekitar 20 cm. Jarak lembaran dan overlap sayap nok sebaiknya sekitar 13 cm. Pastikan juga jumlah sekrup untuk baja ringan sekitar 8 buah, sedangkan untuk rangka kayu membutuhkan sekitar 16 sekrup. Beberapa sekrup ini akan digunakan untuk mendukung pemasangan nok rangka atap.

Kelebihan Atap Onduline

Pins, kamu bisa memilih onduline karena atap ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis atap lainnya. Berikut ini Pinhome rangkum kelebihan dari jenis atap yang satu ini:

Kekuatan Produk yang Tidak Ada Duanya

Atap onduline terkenal sebagai atap yang tahan terhadap gempa. Maka dari itu, tidak perlu diragukan lagi akan kekuatannya. Onduline pun mampu menahan beban yang cukup berat tanpa harus merusak atap. 

Memiliki Bentuk yang Fleksibel

Bahan kandungan dari atap onduline mampu membuatnya serbaguna. Atap ini dapat dibentuk secara fleksibel mengikuti rangka atap. Tidak heran atap ini menjadi pilihan teratas material atap rumah modern yang memiliki bentuk atap cenderung artistik. Tidak hanya itu Pins, dalam segi pengiriman pun kamu tidak akan menemukan kerusakan pada bahan karena materialnya yang lentur.

Ramah Lingkungan dan Ringan

Terbuat dari bahan-bahan alami membuat onduline merupakan atap yang baik dalam segi kesehatan. Pins akan aman berada di bawah atap ini tanpa khawatir mengganggu kesehatan tubuh semua penghuni di dalam rumah. Itulah mengapa atap satu ini aman dipakai dalam jangka waktu yang lama. 

Peredam Suhu dan Suara yang Baik

Onduline atap dapat menurunkan suhu
Source : Pinterest

Onduline merupakan atap yang baik dalam meredam suhu yang panas. Kamu akan merasakan hunian yang sejuk walaupun di luar sangat panas. Namun tidak hanya dalam waktu musim panas, ketika hujan tiba pun kamu tidak akan mendengar suara bising yang berasal dari atap karena onduline mampu meredam suara bising.

Mudah Dalam Perawatan

Pins tidak perlu kesulitan dalam merawat rutin atap ini. Atap ini telah teruji dan terbuat dari material yang cukup baik sehingga mudah dalam perawatan. Bila sudah dipasang dengan baik dan benar, Pins tidak perlu khawatir lagi akan perawatan rutinnya.

Memiliki Variasi Warna yang Beragam

atap onduline punya ragam warna
Source : Onduline

Onduline memiliki beragam warna yang bisa menyesuikan tampilan eksterior rumah ataupun tema yang Pins adaptasi. Pins bisa memilih mulai dari warna merah, hijau, hitam, hingga coklat. Penggunaan atap satu ini akan menampilkan kesan modern pada hunian.

Memiliki Bobot yang Ringan

Tidak heran atap satu ini sering disandingkan dengan rangka atap baja ringan karena materialnya mirip. Onduline memiliki bobot yang ringan sehingga memudahkan dalam segi pengiriman hingga peletakaannya. Namun, walaupun ringan ia tetap tidak akan diterpa angin kencang dengan mudah lho!

Produk yang Tahan Lama

Atap jenis lain terkadang akan mengalami kebocoran bila digunakan dalam waktu yang sudah cukup lama. Sedangkan, onduline sulit rusak atau retak karena memiliki tingkat ketahanan yang lebih terhadap temperatur dan semua kondisi cuaca.

Kelemahan Atap Onduline

Onduline memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis atap lain. Namun bukan berarti onduline tidak memiliki kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui:

Memerlukan Ahli Dalam Pemasangan

Ondeline merupakan atap yang terkenal dengan keringanan bahannya, tetapi kelemahan atap onduline ini adalah Pins tidak bisa sembarangan dalam pemasangan. Pemasangan sendiri atau secara mandiri tidak direkomendasikan. Ada baiknya menggunakan jasa pasang ataupun ahli dalam bidangnya agar tetap aman.

Memerlukan Banyak Sambungan Pada Atap

Onduline atap bisa memiliki banyak sambungan
Source : Pinterest

Sifat lentur yang menjadi salah satu kelebihan dari onduline ternyata bisa berdampak sedikit tidak baik pada penyambungan di beberapa daerah atap. Untuk daerah yang sulit terjangkau ataupun memerlukan lembaran yang sedikit, atap harus dipotong. Itulah mengapa akan banyak sambungan atap. Bila tidak dipasang dengan benar akan berakibat ke bagian lainnya.

Warna Pudar Seiring Perjalanan Waktu

Kekurangan yang satu ini mungkin memang ditemukan dalam beberapa jenis atap. Seiring dengan berjalannya waktu, warna dari atap akan memudar tidak seperti warna aslinya. Namun Pins tidak perlu khawatir karena pudarnya warna pada atap tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Harga Produk Relatif Tinggi

Salah satu kelemahan atap onduline adalah harga relatif mahal
Source : Onduline

Dalam segi harga, onduline memang memiliki harga produk yang relatif cukup tinggi. Namun tentu saja berbanding lurus dengan kualitas yang disuguhkan. Pins bisa memilih jenis atap lainnya bila dirasa harga menjadi kendala.

Muncul Kemungkinan Terjadi Rembesan

Dikarenakan banyak jahitan atau sambungan pada atap ini, tidak heran pada beberapa kasus akan terjadi rembesan. Hal ini akan sangat merugikan untuk rangka atap dengan material kayu, karena akan membuat kayu cepat lapuk.

Itulah beberapa informasi mengenai atap onduline, mulai dari harga, kelebihan hingga kekurangan yang dapat Pins jadikan referensi saat pemilihan bahan atap rumah. Semua tergantung kebutuhan dan anggaran yang Pins miliki ya. Pins pun tidak perlu khawatir, bila pemasangan atap sudah benar apalagi dengan ahli di bidangnya, segala kerugian akan dapat diminimalisir.

Baca Juga: 16 Contoh Model Atap Baja Ringan untuk Rumah


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download