Pinhome

7 Manfaat atau Kegunaan Selimut Bagi Tubuh

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 19 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Saat tidur merupakan saat yang ditunggu oleh manusia. Saat dimana tubuh diistirahatkan dari segala rutinitas yang ada ini membuatnya selalu dinanti. Kasur, bantal, guling dan selimut menjadi bagian dari rutinitas tersebut sebagai penambah kenikmatan. Namun, beberapa orang juga tidak menyukai pemakaian selimut saat tidur. Padahal kegunaan selimut ketika tidur itu cukup banyak.

Pinhome – Beberapa dari Pins mungkin kurang setuju dengan pernyataan di atas, sebagian manusia mempunyai kendala saat tidur atau biasa disebut dengan insomnia, yaitu gangguan tidur ataupun gejala sulit tidur. Inilah mengapa pembahasan penggunaan selimut untuk tidur semakin berharga. Mari kita simak detailnya dalam ulasan artikel Pinhome berikut ya!

Baca Juga:

Apa Itu Impostor Sindrom? Berikut Penjelasannya

Ciri-Ciri dan Kegunaan Selimut

(Unsplash)

Bagian dari peralatan tidur ini memang mempunyai kegunaan utama sebagai pelindung badan sekaligus menjaganya agar tetap hangat ketika sedang tidur. Selimut pun dibuat dari mayoritas bahan kain dengan jenisnya yang berbeda-beda. Ciri-ciri umumnya berbahan tebal, dan mampu membuat tempat tidur terlihat lebih berestetika. Tidak heran kini selimut sering disebut juga sebagai bed cover yaitu penutup tempat tidur. Namun sebenarnya apa lagi kegunaan selimut, coba kita lihat satu persatu.

Manfaat Penggunaan Selimut untuk Penderita Insomnia

(Unsplash)

Ketegangan yang terjadi pada otot terkadang cukup mengganggu segala aktivitas apalagi bila menyerang perasaan yang mengakibatkan stres berlebih. Hal ini pun termasuk pada penyakit insomnia yang menyerang sebagian manusia. Akibatnya menjadi sulit tidur dan sulit untuk mengistirahatkan diri. 

Ciri-ciri dan kegunaan selimut hadir sebagai penyelamat kondisi tersebut. Dengan kehadiran selimut yang membawa ketenangan dalam tidur, insomnia pelan-pelan bisa terobati. Fungsi kognitif otak akan bekerja lebih baik dan kamu pun bisa merasakan tidur yang berkualitas.

Baca Juga:

Doa Ketika Kita Susah Tidur. Ampuh Menghalau Insomnia!

Memberi Kehangatan Saat Suhu Ruang Rendah

kegunaan selimut
(Unsplash)

Menggunakan selimut saat udara dingin memang menjadi salah satu solusi terbaik saat tidur. Apalagi untuk kamu yang tidak tahan akan suhu ruang yang rendah. Walaupun tidak menggunakan AC dalam kamar, udara dingin dapat muncul pada malam hari apalagi saat musim penghujan tiba. Dengan menggunakan selimut, maka Pins akan merasa lebih hangat dan membuat tidur lebih nyaman. Tubuh yang menggigil kedinginan justru akan membuat Pins sulit tidur, untuk itu selimut hadir sebagai penyelamat dikala udara dingin.

Menambah Kenyamanan Tubuh Saat Tidur

(Unsplash)

Penggunaan selimut saat tidur ternyata dapat meningkatkan hormon serotonin dan dopamin dalam tubuh sebagai pengantar jaringan pada sistem syaraf. Hormon yang berperan pada berbagai fungsi tubuh ini dapat ditingkatkan melalui penggunaan selimut. Hasilnya kenyamanan akan lebih terasa dan pastinya tidur semakin nyenyak. 

Tubuh akan terasa lebih ringan dan pastinya Pins tidak merasa sulit untuk tidur. Hal tersebut juga berlaku untuk kamu yang sering terbangun saat tengah malam. Cobalah memakai selimut saat malam hari tanpa memikirkan apapun. Hal tersebut akan membantu tidurmu nyenyak dan tetap nyaman.

Mengurangi Kecemasan 

kegunaan selimut
(Unsplash)

Apa Pins tahu penggunaan selimut juga bisa memberikan tujuan baik untuk mengurangi kecemasan pada tubuh? Di dalam terapi bagi anak autism penggunaan selimut dapat membantu mengurangi gejala kecemasan. Gangguan kecemasan yang sering terjadi pada anak autis bisa terbantu dengan penggunaan selimut. Mereka akan merasakan hal yang sama seperti dipeluk oleh orang terdekat.

Namun untuk kasus seperti ini usahakan untuk pemilihan selimut dengan bahan yang tebal dan berat ya Pins. Deep pressure touch stimulation atau DPTS bisa terjadi dari penggunaan selimut yang mempunyai beban berat. Tekanan dari selimut tersebut justru membuat perasaan tenang dan nyaman. Hal yang perlu diingat adalah selalu dampingi anak saat penggunaan selimut dengan beban berat ya!

Kegunaan Selimut dalam Menjaga Kesehatan Mental

kegunaan selimut
(Unsplash)

Selain menenangkan pikiran ciri-ciri selimut yang baik adalah dapat membantu kesehatan mental dari para penggunanya. Pilihlah bahan selimut yang membuat kamu nyaman agar manfaatnya dapat terasa pada tubuh. Membantu menenangkan pikiran menjadi salah satu kegunaan selimut, itulah mengapa barang satu ini dapat meningkatkan kualitas tidur dari pengguna. Dengan perasaan bahagia saat bangun tidur, Pins pun berperan menjaga kesehatan mental tubuh. Siapa yang tidak ingin merasakan kualitas tidur yang sempurna.

Menetralkan Suhu Pada Tubuh

kegunaan selimut
(Unsplash)

Pernah mengalami tubuh serasa amat dingin namun udara di luar sangat panas? Ini artinya kamu sedang merasakan demam. Ciri-ciri dan kegunaan selimut pada saat ini dinamakan menetralkan suhu. Tidak heran banyak yang tetap menggunakannya agar suhu pada tubuh tidak naik terlampau tinggi dan membuat tubuh berkeringat. Tidak hanya sampai disitu, selimut pun hadir sebagai penyelamat saat tidur bila terjadi penurunan suhu ruang saat malam tiba. Inilah mengapa penggunaannya walau tidak dalam keadaan dingin tetap dianjurkan. Selain tidur berkualitas, Pins pun akan merasa tenang.

Baca Juga:

Cara Alami Menurunkan Demam Anak yang Ampuh dan Bisa Kamu Coba

Kegunaan Selimut untuk Mencegah Kulit Kering

kegunaan selimut
(Unsplash)

Penggunaan air conditioner saat sedang tidur memang banyak dilakukan oleh penduduk yang tinggal pada daerah tropis. Baik malam hari, berada pada wilayah tropis membuat suhu terasa panas, itulah mengapa penggunaan pendingin ruangan menjadi solusi yang berarti. Namun, bila dilakukan dalam jangka waktu yang lama, bisa membuat kulit kering lho Pins! Apa Pins tahu?

Selain pemakaian body lotion pada tubuh sebelum tidur, kamu pun bisa meminimalisir dengan penggunaan selimut ketika tidur. Kelembapan yang ditarik oleh pendingin ruang mengakibatkan ruangan kamar tidur kering dari biasanya. Dengan menggunakan selimut, kelembapan pun tidak langsung diserap oleh pendingin ruang, itulah mengapa selimut bisa menjadi salah satu solusi dalam mengurangi kekeringan pada kulit tubuh.

Cukup banyak bukan manfaat dari penggunaan selimut bagi tubuh? Informasi mengenai ciri-ciri dan kegunaan selimut di atas semoga dapat membantu Pins yang masih saja tidak menyukai penggunaannya saat waktu tidur tiba. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel