Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Kebun Teh Sukawana Lembang, Foto, Rute, dan Tiket Masuk

Kebun Teh Sukawana Lembang, Foto, Rute, dan Tiket Masuk

Dipublikasikan oleh Budi Darmawan Kusuma ∙ 15 January 2018 ∙ 2 menit membaca

Kebun Teh Sukawana merupakan salah satu destinasi wisata Bandung yang masih tergolong baru dan kurang terkenal. Dibandingkan kawasan perkebunan teh lain di kota kembang tersebut.

Berada di daerah Lembang yang terkenal, untuk masuk ke areal perkebunan ini, pengunjung hanya dikenakan harga tiket masuk Kebun Teh Sukawana sebesar Rp. 10.000,- saja per orang.

Baca Juga:

Di mana wisatawan sudah bebas berkeliling setiap sudut perkebunan. Bahkan juga bisa menginap dengan mendirikan tenda bila memang ingin, tanpa dikenakan biaya tambahan apa pun. Namun, perlengkapan harus membawa sendiri.

Panorama Alam di Sekitar

Setiap mengunjungi kebun teh, ritual yang tidak boleh terlewatkan tentu saja Tea Walk atau menyusuri seluruh areal kebun. Cuaca di sekitar perkebunan sangat sejuk dengan angin sepoi-sepoi yang tak henti bertiup.

kebun teh sukawana

Perkebunan ini sendiri pada awalnya merupakan milik seorang tuan tanah Belanda, namun seiring masa penjajahan yang berakhir, kawasan ini pun dikelola oleh pihak PTPN. Walaupun masih hijau sebagai destinasi wisata dan minim fasilitas maupun hiburan, tetapi kualitas teh dari perkebunan ini dikenal memiliki grade A dan menjadi komoditas ekspor.

Untunglah di sekitar areal perkebunan dibangun beberapa tempat ibadah yang memiliki toilet umum, sehingga wisatawan dapat memanfaatkannya juga. Ada sebuah warung kecil pula yang menjual makanan ringan serta minuman, cukup lumayan untuk menjadi pengganjang perut.

kebun teh sukawana

Selebihnya, Kebun Teh Sukawana menawarkan panorama indah berupa hamparan kebun teh hijau yang daunnya siap dipanen setiap hari. Jika memutuskan menginap, wisatawan dapat menyaksikan keindahan sunset dan sunrise yang tak kalah menggetarkan dengan menyaksikannya di tepi pantai.

Lokasi Kebun Teh Sukawana

Untuk mencapai lokasi Kebun Teh Sukawana, wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum berupa angkot, karena jarak lokasi hanya sekitar 15 kilometer dari pusat kota.

Namun, kondisi jalanan yang dilewati kurang bagus, sehingga lebih baik menggunakan motor pribadi saja, sebab angkot pun sering berhenti cukup lama untuk memenuhi target penumpang di mana akan terlalu banyak menyita waktu.

Sebaiknya juga datang saat cuaca cerah, agar tidak terjebak dengan jalanan berlumpur dan licin yang cukup berbahaya, maupun cuaca dingin yang menusuk ke tulang. Lokasi Kebun Teh Sukawana terletak di Karyawangi, Parongpong, Lembang, Bandung. Google Map.


Menelusuri beragam wisata alam di Bandung memang selalu menjadi aktivitas berlibur yang menyenangkan. Selain sejuk, terdapat juga pemandangan alam yang indah dan menyegarkan.

Baca Juga:

Tags :

Bagikan Artikel