Pinhome

Tips Properti

5 Ciri Khas dari Kayu Mindi Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 23 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Salah satu fungsi praktis dari kayu yaitu banyak digunakan dalam dunia konstruksi atau sebagai material furnitur rumah. Jika berbicara tentang furniture mungkin kayu jati adalah jenis kayu yang pertama kali terbesit di pikiran Pins. Ya, memang kayu jati memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya laku keras digunakan sebagai bahan furnitur rumah. Namun tidak hanya kayu jati yang terbilang eksis sebagai kayu furniture, kayu mindi yang merupakan kayu solid juga termasuk salah satu kayu yang populer digunakan sebagai furniture rumah.

Pinbome – Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah dan luas hutan yang terbilang paling banyak. Selain luasnya lautan, hutan di Indonesia tersebar luas di tiap-tiap pulaunya. Dari hutan-hutan tersebut masyarakat Indonesia mendapatkan hasil alam untuk berbagai kebutuhan hidup seperti sandang, pangan, bahkan bahan untuk menopang tempat tinggal. 

Salah satu hasil alam yang kerap selalu dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai kebutuhan hidupnya adalah kayu. Kayu adalah material bangunan yang didapat dari pepohonan yang tersebar di dalam hutan. Dengan kayu, manusia dapat menghasilkan berbagai macam bahan penunjang kebutuhan hidup. 

Jika Pins penasaran dengan spesifikasi dari kayu ini, seperti apa karakteristik dari kayu yang dihasilkan dari pohon kayu mindi, dan apa saja kelebihan serta kekurangannya, mari simak artikel ini yang akan membahas dengan seksama seputar kayu ini. 

Mengenal Kayu Mindi 

(Pinterest)

Hal pertama yang perlu Pins perbuat sebelum memanfaatkan jenis kayu ini adalah mengenalnya terlebih dahulu. Kayu mindi adalah kayu solid yang biasa digunakan sebagai material furniture rumahan. Faktanya, kayu ini banyak digunakan orang-orang karena dapat menjadi alternatif dari kayu jati Belanda yang harganya selangit. Selain itu kayu ini juga memiliki bobot yang ringan namun kuat. 

Kayu mindi adalah sebuah kayu yang berasal dari pohon kayu yang memiliki nama ilmiah Melia Azedarach. Kayu ini dapat banyak Pins temukan di daerah yang memiliki iklim tropis seperti benua Asia. Karakteristik dari kayu ini salah satunya adalah warna batang kayu yang terang dan berserat kuning serta kecoklatan apabila dibelah. 

Mungkin Pins akan cukup terkecoh karena kayu ini hampir memiliki visual yang sama dengan kayu jati. Walaupun begitu, kelas dari jenis kayu ini tidak setara dengan kayu jati atau kayu ulin yang juga berharga sangat mahal. 

Baca juga: Yuk Mulai Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Kayu Kaso

5 Ciri Khas dan Karakteristik Kayu Mindi

(Pinterest)

Dalam memanfaatkan kayu sebagai bahan baku furnitur rumah atau sebagai material konstruksi, Pins perlu mengetahui lebih dalam seperti apa karakteristik dari kayu tersebut. Dengan begitu Pins dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Mari kenali lebih dulu apa saja ciri khas dan karakteristik kayu yang satu ini. 

Bobot Ringan dan Kokoh

Kayu jati atau kayu ulin memang memiliki kualitas kelas nomor wahid di dunia perkayuan, namun berbanding lurus juga dengan bobotnya yang berat. Nah, berbeda dengan dua kayu tersebut, kayu mindi adalah kayu dengan bobot yang lebih ringan. Dengan bobotnya yang ringan akan memudahkan kayu ini untuk diolah menjadi komoditas yang diinginkan. Walaupun memiliki bobot yang ringan, kayu ini tetap memiliki ketahanan yang kokoh lho. 

Banyak Ditemukan di Wilayah Tropis

Kayu yang satu ini merupakan kayu dengan nilai komoditas ekspor terbesar di Indonesia. Hal tersebut menyatakan bahwa kayu ini dapat dengan mudah Pins temukan di Indonesia. Walaupun begitu, ternyata kayu ini bukan tumbuhan asli dari Indonesia atau benua Asia lho. Kayu ini memiliki habitat asli dari negara Amerika Utara. Dengan keunikan karakternya, tumbuhan mindi ini dapat tumbuh banyak dan dibudidayakan di Indonesia. 

Tekstur Halus

Kayu dari pohon mindi ini memang memiliki kesamaan visual dengan kayu jati, namun kayu ini memiliki tekstur permukaannya yang lebih halus dan lebih mirip seperti kayu oak. Kehalusan permukaan tersebut dikarenakan bulir kayu yang tersusun rekat dan tidak menyisakan sisi kasar pada badan kayu. 

Kelebihan karakteristik tersebut membuat kayu ini juga banyak diolah sebagai veneer kayu yang biasa digunakan untuk melapisi kayu olahan. Hal tersebut juga membuat kayu ini mudah untuk diamplas dan tidak memakan waktu yang lama ketika diolah. 

Bukan Sebagai Material Konstruksi

Poin yang satu ini perlu Pins ketahui bahwa kayu ini bukan material yang cocok digunakan sebagai bahan konstruksi seperti untuk kerangka bangunan. Hal tersebut disebabkan karena fisik dari kayu ini memiliki risiko pemuaian yang lebih tinggi jika berada di tempat yang panas. Kayu ini hanya dapat Pins manfaatkan sebagai pelapis pada pintu atau pada kusen jendela. 

Bahan Ideal untuk Furniture

Kayu jenis ini sangat ideal jika diolah sebagai furniture rumah seperti meja atau kursi karena memiliki tekstur yang halus dan corak alami yang menawan. Kayu ini banyak tersebar dengan berbagai kreasi karena dimensinya yang stabil dan tidak mudah berputar. 

Terlebih dengan bobotnya yang ringan dapat memudahkan pengrajin kayu untuk mengolahnya. Tentunya dengan harga yang lebih bersahabat karena tidak butuh banyak orang untuk mengolah kayu ini. 

Baca juga: Karakteristik Kayu Sungkai Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Itulah informasi mengenai pohon kayu yang populer digunakan sebagai bahan utama furniture rumah. Dengan kayu ini Pins dapat menghasilkan furniture rumah yang elegan dan menawan serta ketahanan yang cukup kuat. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel