Kamus Istilah Properti

Kayu Mahoni

istilah properti

Kayu Mahoni

Pohon mahoni merupakan salah satu spesies pohon besar yang berukuran cukup tinggi. Sering digunakan sebagai bahan berbagai macam keperluan bangunan, kayu mahoni juga dapat digunakan sebagai material dalam pembuatan furniture.

Untuk mengetahui bagaimana sifat kayu mahoni dapat terlihat dari umur pohonnya. Semakin tua pohon, warna kayu yang ditampilkan juga semakin segar walau berwarna gelap.

Dalam hal mendirikan bangunan, kayu berfungsi sebagai penopang sebuah bangunan. Walau kini sudah banyak bahan bangunan modern yang lebih bagus, kayu tetap digunakan pada beberapa pembangunan. Popularitas dari kayu mahoni pun tidak kalah dengan kayu jati.

Nah, di bawah ini Pinhome akan coba mengulas lebih dalam mengenai karakteristik beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga dapat membantu Pins yang sedang mempertimbangkan dalam pembuatan konstruksi maupun furniture dalam hunian ya!

Baca juga:

Ciri Kayu Mahoni

(piguno)

Kayu mahoni berasal dari pohon mahoni yang berada di Hindia Barat. Salah satu spesies dari famili meliaceae ini, memiliki batang berbentuk silindris dengan warna coklat kehitaman.

Karakteristik batangnya beralur seperti sisik dengan kulit batang berwarna abu-abu hingga coklat mengikuti kematangan pohon. Mahoni pun dapat tumbuh di hutan maupun tempat-tempat yang tergolong pesisir pantai.

Bagaimana sifat kayu mahoni bisa disetarakan dengan kayu jati walau terbukti jauh lebih kuat kayu jati. Dengan karakter serat yang lurus, mahoni sering dikatakan mirip dengan jati.

Itulah mengapa, opsi kedua setelah penggunaan jati adalah kayu yang berasal dari pohon mahoni. Tidak hanya dalam segi pembuatan barang-barang untuk furniture dan sebagainya.

Pohon mahoni juga berfungsi baik dalam mengatasi polusi udara. Pohon mahoni bisa mengurangi polusi udara dengan rentan yang cukup baik.

Daunnya tersebut berfungsi untuk menghasilkan banyak oksigen. Tidak heran banyak yang menyebutnya pula sebagai filter udara dan pohon pelindung.

Baca juga:

Kegunaan Kayu Mahoni

Kayu mahoni berasal dari habitat yang tergolong gersang. Tidak heran spesies satu ini sering ditemukan dipinggir jalan maupun daerah dengan curah hujan rendah. Namun sebenarnya, apa saja kegunaan dari bahan kayu satu ini?

  • Furnitur (mulai dari rangka tempat tidur, meja, kursi, lemari, rak, dan masih banyak lagi).
  • Bagian dari bangunan (jendela, pintu, sekat ruangan).
  • Alat-alat musik (gitar, biola).
  • Kerajinan tangan.
  • Pembuatan perahu.
  • Hiasan rumah.

Kelebihan Kayu Mahoni

kayu mahoni
(macmillandictionary)

Tak hanya berfungsi sebagai material yang bagus untuk sebuat furnitur, kayu mahoni juga memiliki beberapa kelebihan sebagai bahan dasar furnitur. Apa saja kelebihannya? Simak poin-poin di bawah ini.

Daya Tahan Cukup Lama

Terkenal memiliki kualitas mirip dengan jati, ciri-ciri kayu mahoni juga sama mempunyai daya tahan yang cukup lama. Cocok sekali menjadi bahan perabot rumah di dalam ruangan.

Bagaimana sifat kayu mahoni dapat kamu lihat dalam pengaplikasiannya pada ruangan indoor. Tidak disarankan pemakaian pada ruang outdoor ya!

Tampilan Serat yang Halus

Kayu mahoni yang berasal dari Hindia Barat ini memiliki serat pada batang yang halus. Dengan tampilan seperti ini, furniture berbahan mahoni dapat merepresentasikan kesan mewah yang alami.

Inilah mengapa kayu tersebut tidak memerlukan banyak finishing. Serat dan warna alami yang keluar dari kayu sudah sangat indah.

Baca juga: Ketahui Kelebihan Kursi Kayu Jati yang Banyak Digunakan di Ruang Tamu

Ekonomis

Harga beli jelas lebih terjangkau dibandingan jati. Kamu bisa menggunakan alternatif bahan mahoni untuk furniture di rumah. Tidak hanya sampai disitu nih Pins, ketahanannya yang cukup lama juga bisa menjadi bahan pertimbangan dengan harga yang tentunya ekonomis.

Kandungan Minyak Alami Rendah

Ciri-ciri kayu mahoni adalah kandungan minyaknya yang tergolong rendah. Ini menjadi hal baik saat finishing. Kandungan minyak alami yang berlebih dapat membuat kayu berwarna kuning.

Inilah mengapa di beberapa perabot berbahan kayu jati, akan ditemukan noda kuning saat selesai finishing. Namun Pins tidak perlu khawatir, kandungan minyak alami yang rendah pada mahoni membuatnya bebas dari noda kekuningan.

Tidak Mudah Mengalami Penyusutan

Bagaimana sifat kayu mahoni bisa Pins lihat dari proses penyusutannya. Dikarenakan tidak mudah mengalami penyusutan, daya tahan penampang kayu menjadi cukup stabil.

Inilah mengapa banyak dari beberapa alat musik menggunakan bahan mahoni dalam pembuatannya, salah satu contohnya adalah gitar.

Baca juga: Mengenal Kayu Kamper Kelebihan dan Kekurangannya Yuk

Kekurangan Kayu Mahoni

Meski memiliki banyak manfaat, kayu mahoni juga tentu memiliki kekurangan yang akan menjadi pertimbanganmu untuk memilihnya sebagai furnitur rumah. Berikut ini kekurangan kayu mahoni untuk furnitur:

Banyak Hama yang Sering Menyerang

Pada proses pertumbuhan, kayu mahoni yang berasal dari daerah tropis sering diserang banyak hama. Pins pasti akan sangat sulit menemukan kayu yang tingkat kematangannya cukup baik. Padahal pohon mahoni sendiri akan semakin lebih kuat dan baik bila dapat mencapai usia puluhan tahun.

Baca juga: 4 Hewan Pengganggu di Rumah dan Cara Mengusirnya

Proses Lama Saat Mengeringkan

Tidak hanya sering dimakan hama saja, ciri-ciri kayu mahonipun butuh waktu yang tergolong lama saat proses pengeringan. Kekurangan inilah yang terkadang membuatnya berkualitas lebih rendah dibanding kayu jati. Mahoni yang benar-benar kering, baru bisa kuat dan tahan lama.

Jamur Cepat Muncul Pada Area Outdoor

Walaupun proses finishing tergolong lama, mahoni tetap lebih cepat berjamur dibandingkan kayu jati. Maka dari itu disarankan pemakaiannya di dalam ruangan yang terhindar dari cuaca yang ekstrim. Jika kayu tersebut berada di tempat yang lembab, maka kemungkinan berjamurnya akan lebih cepat.

Nah, itu dia ragam penjelasan mengenai pohon mahoni yang berasal dari famili meliaceae. Walaupun ada beberapa kekurangan dari bahan kayu satu ini, namun pengaplikasiannya baik pada konstruksi dan furniture tetap jadi alternatif terbaik selain kayu jati. 

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.