Pinhome

Tips Properti

7 Khasiat Kayu Hitam dan Karakteristik Khususnya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 5 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Hadir dari famili Ebenaceae, kayu hitam berasal dari pohon eboni yang berasal dari daerah Sulawesi. Memiliki nama latin Diospyros celebica, kayu satu ini masuk dalam kategori tumbuhan endemik. Kayu ini dapat menjadi jenis unik pada lokasi geografi tertentu. Dengan kualitas yang cukup baik, khasiat kayu hitam juga tak perlu diragukan lagi. Manfaat kayu hitam yang beragam dapat Pins lihat dalam ulasan artikel terlampir.

Pinhome – Kayu hitam yang berasal dari pohon ebony ini juga sering disebut sebagai kayu ebony. Dengan ciri khas warna kayu yang gelap, kayu ini berhasil mencuri perhatian kalangan pecinta furniture dan juga pengobatan bahan alami. Khasiat dari kayu satu ini pun sudah terkenal hingga mancanegara lho! Karakteristik khusus dan juga manfaat kayu hitam bisa Pins lihat di bawah ini!

Baca Juga: Ini Dia Kayu Sonokeling Lengkap dengan Ciri Khas dan Jenisnya

Kharakteristik Khusus Kayu Hitam

kayu hitam
(Forest Digest)

Selain mempunyai warna yang sangat gelap, pohon dari kayu ini dapat menjulang setinggi 40 meter. Mempunyai ciri khas batang yang lurus, pohon satu ini memiliki diameter hampir 1 meter pada batang bagian bawah. Daunnya berbentung memanjang dengan ujung yang cukup runcing berwarna hijau tua. Bagian permukaan atas daun mengkilap dengan bagian bawah berbulu halus.

Tidak hanya batang dan daun yang mencuri perhatian. Bunga yang timbul mengelopak cantik berwarna putih yang berada pada sisi-sisi ketia daun. Untuk buahnya berwarna merah kuning dengan daging buah di dalamnya yang selalu menjadi incaran makanan kelelawar, bajing hingga monyet.

Tingginya tingkat eksploitasi alam membuat kayu ini menjadi salah satu pohon langka yang keberadaannya sulit ditemukan. Hingga kini IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources) menetapkan status tanaman ini menjadi vulnerable yaitu tanaman yang cukup rentan terjadi kepunahan. Kayu hitam berasal dari Sulawesi ini juga sudah sering di impor ke beberapa belahan dunia Pins, khususnya Jepang, Amerika Serikat dan Eropa.

Khasiat dan Manfaat Kayu Hitam

Kerajinan Tangan yang Unik

kayu hitam
(Gue Banget)

Bila Pins mengunjungi kotal Palu, Sulawesi, Pins akan menemukan ragam kerajinan tangan unik berbahan kayu eboni. Manfaat kayu hitam yang berasal dari pohon eboni dapat dijadikan banyak kerajinan tangan dalam keperluan rumah tangga maupun dekorasi. Kerajinan satu ini sudah populer dari tahun 1960 lho! Piring, mangkok dan alat makan lainnya berbahan kayu eboni memiliki ciri khas berwarna gelap dan tentunya awet.

Kayu Hitam Sebagai Konstruksi Bangunan

Selain manfaat kayu hitam yang dapat berguna bagi bahan kerajinan tangan, kayu tersebut juga cukup populer dalam konstruksi bangunan. Dalam pembangunan perumahan misalnya, dengan menggunakan kayu eboni, maka rumah akan lebih kuat dan tahan lama. Harga jualnya yang cukup tinggi memang sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Tidak hanya itu Pins, bila kayu ini dipakai sebagai hiasan dalam pilar rumah, hunian juga akan terlihat lebih elegan.

Baca Juga: Konsep Desain Rumah Kayu Ramah Lingkungan

Simbol Tradisi Wilayah

Masyarakat Sulawesi yang mempunyai segi tradisi yang kuat memiliki legenda menarik terkait dengan khasiat kayu hitam. Kayu hitam yang memang berasal dari hutan asli willayah Sulawesi, berwarna hitam pekat dikarenakan legendanya yang dikaitkan dengan pertempuran Ramayana. Di dalam legenda tersebut diceritakan bahwa Hanuman membakar habis kota langka dan membuat pohon eboni menjadi hitam. Itulah mengapa dalam masyarakat Sulawesi khasiat kayu hitam sebagai simbol perlindungan.

Mengandung Zat Antioksidan yang Baik Bagi Kesehatan

(Freepik)

Dalam segi kesehatan, khasiat kayu hitam tidak main-main. Menyimpan cadangan antioksidan di dalamnya, pohon eboni semakin dicintai. Kayu hitam yang berasal dari pohon eboni ini, dapat melancarkan peredaran darah, membantu mengatasi penyakit jantung, hingga memperbaiki kinerja otak. Kandungan senyawa aktif itulah yang membuat pohon ini memiliki sejuta manfaat.

Menambah Stamina Pria Dewasa

Namun tidak hanya sampai disitu Pins, kayu ini juga bisa menambah stamina untuk para kaum pria. Obat kuat pria alami ini, konon dapat membuat pria bertahan dalam kemampuan prima selama kurang lebih dua hari. Selain itu, dikarenakan batangnya mengandung antihyperglycemic, kayu satu ini membantu penyembuhan gejala diabetes dan kencing manis.

Furniture Berkualitas

kayu hitam
(Freepik)

Untuk manfaatnya satu ini tidak perlu diragukan lagi. Kegunaan utama yang sering dimanfaatkan manusia adalah untuk pembuatan furniture. Kualitas kayu yang sangat bagus membuat furniture di rumah kokoh dan tentunya bernilai tinggi. Warna hitam khasnya pasti Pins langsung mengetahuinya.

Bahan nya yang solid, membuat kayu satu ini juga menjadi bahan beberapa furniture langka yang dijual dengan harga fantastis. Namun sayangnya, kini banyak dari para pengrajin lebih memilih jenis kayu lain untuk dijadikan perabot dikarenakan harga beli kayu eboni sendiri cukup tinggi. Itulah mengapa popularitas bahan furniture kayu jati masih menempatkan posisi pertama dalam material furniture.

Kayu Hitam Sebagai Bahan Pembuat Alat Musik Tradisional

(Gear 4 Music)

Kayu hitam berasal dari pohon eboni juga bisa dibuat menjadi alat musik. Khususnya alat musik tradisional. Bahkan salah satu alat musik lawas dari Eropa yaitu flute berbahan kayu ini dijual dengan cukup tinggi. Warna hitam pekat yang menjadi salah satu daya tarik, membuat alat musik terlihat lebih mewah. Untuk daya tahannya tidak usah dibicarakan lagi, alat musik dengan bahan kayu satu ini mampu bertahan lama tanpa adanya kerusakan yang berarti. Namun tidak hanya alat musik langka, beberapa alat musik seperti piano, biola dan gitar pun memanfaatkan kayu ini.

Bagaimana, cukup informatif bukan? Ragam karakteristik dan khasiat kayu hitam di atas semoga dapat menambah pengetahuan Pins mengenai ragam jenis kayu yang Indonesia miliki. Jangan disia-siakan ya Pins!

Baca Juga: Yuk Mulai Mengenal Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Kaso


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel