Pinhome

Kata Kata Tentara

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 23 October 2021 ∙ 12 menit membaca

Prajurit tentara merupakan elemen yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah bangsa atau negara. Mengapa demikian? Karena mereka adalah garda pertahanan dari sebuah bangsa. Pada masa penjajahan atau kolonial, prajurit tentara terus berjuang untuk meraih kemerdekaan. Sedangkan hari ini mempertahankan kemerdekaan tersebut, yang sewaktu-waktu bisa saja terancam. Untuk melihat gambaran dari seorang prajurit tentara, dalam tulisan ini guratgarut akan menyajikan kumpulan kata kata bijak prajurit tentara dari berbagai tokoh.

Kata kata bijak tentang prajurit tentara ini setidaknya akan memberikan gambaran kepada kita seperti mereka. Sehingga dapat kita jadikan pembelajaran, terutama tentang semangat juang yang tidak pernah putus.

Bayangkan saja jika prajurit tidak memiliki semangat juang, hingga saat ini mungkin negara kita tidak akan pernah merdeka.

Kata Kata Bijak Prajurit Tentara

kata kata bijak tentara

#1. Prajurit Sejati

Prajurit sejati bertempur bukan karena dia membenci apa yang ada di depannya, namun karena dia mencintai apa yang ada di belakangnya.

Gilbert Keith Chesterton

Seorang prajurit melakukan tugasnya demi mempertahankan sesuatu hal, bukan melakukan apa yang mereka benci. Bukan karena mereka benci pada musuhnya, namun lebih pada kasih sayang yang mereka miliki pada negaranya sendiri.

Meskipun demikian, tidak sedikit hari ini prajurit tentara digunakan oleh penguasa sebagai alat memenuhi hasrat mereka. Demi kepentingan sendiri dan kekuasaannya, yang pada akhirnya banyak menimbulkan korban yang tidak sedikit.

Tentara juga seorang manusia, yang harus mempertahankan perasaannya sebagai manusia itu sendiri. Jangan sampai rasa kemanusian hilang begitu saja.

#2. Bukan Tentara Sewaan

Kamu bukanlah tentara sewaan tetapi prajurit yang berideologi, sanggup berjuang menempuh maut untuk kelahiran Tanah Airmu.

Jendral Soedirman

Bagi kamu yang memutuskan untuk menjadi abdi negara, terutama TNI, kata kata atau quote dari Jendral Soedirman ini harus menjadi sebuah renungan yang benar-benar diperhatikan.

Bahwasanya menjadi tentara itu bukan perkara mudah, ada tanggung jawab yang besar di pundak, berjuang untuk negeri dan ideologi yang diyakini. Berusaha menjaga setiap jengkal tanah air tercinta.

#3. Kerja Keras

Kemenangan biasanya hanyalah untuk para perwira dan prajurit yang terus berlatih.

Sun Tzu

Berlatih dan bekerja keras bukan berlaku untuk prajurit tentara saja, melainkan untuk semua hal. Apabila ingin meraih kemenangan harus rajin dan giat berlatih.

Berlatih artinya membiasakan diri untuk melakukan sesuatu hal. Seorang prajurit tentu saja harus tetap siap siaga dalam kondisi apapun, untuk itu maka harus senantiasa latihan.

#4. Sebuah Kemenangan

Mempelajari strategi selama bertahun-tahun untuk mencapai semangat prajurit. Hari ini adalah kemenangan atas diri Anda dari kemarin, besok adalah kemenangan Anda atas orang yang lebih lemah.

Miyamoto Musashi

Untuk meraih sebuah kemenangan dalam pertempuran, seorang prajurit tentara harus mempelajari banyak hal, salah satunya adalah starategi.

Kemenangan tidak didapatkan begitu saja, melainkan ada perjuangan dan pengorbanan di dalamnya. Kemenangan yang diraih hari ini adalah kemenangan atas diri sendiri pada masa lalu.

#5. Hidup dan Mati untuk Perdamaian

Ketika hidup menang, ada kelahiran, ketika itu digagalkan, ada kematian. Seorang prajurit yang selalu terlibat dalam hidup dan mati untuk perdamaian.

Morihei Ueshiba

Seorang prajurit barangkali ada di antara hidup dan mati saat berperang, mereka tidak tahu akan mati atau hidup, namun yang jels apa yang mereka lakukan demi mempertahan sesuatu hal.

Hidup atau mati, mereka tetap akan menjadi seorang pahlwan yang dikenang oleh negaranya. Jasa-jasa dan pengorbanan yang telah diberikan akan menjadi sesuatu yang indah.

#6. Prajurit TNI Harus Berani

Prajurit TNI harus berani terima resiko. Yang menentukan apakah seseorang itu ikhlas berjuang atau memerintah atau berani, harus terima resiko apa saja.

Try Sutrisno

Kata kata bijak tentang prajurit tentara di atas adalah sebuah nasehat yang disampaikan oleh Tri Sutrisno, dimana beliau adalah prajurit yang sangat luar biasa, hingga pada akhirnya mendapatkan posisi penting di negeri ini.

Keberanian menjadi modal yang sangat penting untuk seorang TNI. Ketika menjalankan tugas, prajurit harus tetap sedia melakukan apapun, termasuk mengorbankan dirinya sendiri.

#7. Seorang Prajurit

Saya seorang prajurit, saya bertarung di mana saya diberitahu, dan saya menang di mana saya bertarung.

George S Patton

Seorang prajurit harus siap sedia dalam keadaan apapun. Terdapat kondisi dimana melakukan tugas atau operasi dalam keadaan yang kurang baik.

Dari kata kata George S Patton tentang prajurit di atas, tentara harus siap bertarung dan memenangkannya. Pertarungan barangkali menjadi hal yang harus dilakukan.

#8. Prajurit di Front Timur

Jika dalam beberapa hari dan minggu mendatang setiap prajurit di Front Timur melakukan tugasnya, serangan terakhir Asia akan pecah, sama seperti keruntuhan lawan kita di Barat akan gagal pada akhirnya.

Adolf Hitler

Ini merupakan prediksi dari Adolf Hitler pada perang dunia saat melawan musuhnya, yang mayoritas adalah negara barat. Dari sini kita melihat bagaimana peran seorang prajurit amat sangat penting sekali, sebab mereka menjadi garda terdepan yang bergerak, baik dalam penyerangan atapun pertahanan.

Menjadi seorang prajurit itu haruslah tangguh, kuat luar dalam. Bagaimana tidak, dalam peperangan kita akan banyak sekali menemukan berbagai hal.

#9. Musik Prajurit

Musik dalam prosesi pernikahan selalu mengingatkan saya pada musik prajurit yang akan berperang.

Heinrich Heine

Heinrich Heine adalah seorang penyair asal Jerman. Pada masa lalu mungkin saja musik perang menyerupai musik pada pernikahan, hingga membawa ia kembali mengingat masa itu.

Musik prajurit sendiri adalah tabuhan untuk membangkitkan semangat juang. Kita ketahui di masa yang lalu Jerman berperang melawan pasukan Inggris.

#10. Meninggalkan Kematian

Para prajurit yang berparade di bawah lengkungan kemenangan adalah mereka yang telah meninggalkan kematian.

Jean Giraudoux

Seperti yang kita ketahui semua, ada dua kemungkinan yang dapat terjadi kepada prajurit, yaitu meninggal dan menang. Seorang prajurit tentara yang merayakan kemenangan, mereka baru saja meninggalkan kematian.

Dalam perayaan kemenangan sebuah peperangan sekalipun pasti ada luka dan kesedihan, sebeb pasti ada prajurit diantara mereka yang gugur.

#11. Menjadi Prajurit

Tetapi rasa suka itu bukan buih bukan?. Apa rasa suka itu bisa mengubah seseorang ?. Apa rasa suka bisa mengubah seorang gadis menjadi seorang prajurit yang rela berkorban?

Andry Setiawan

Kata kata mutiara di atas seakan ingin memberitahu kepada kita bahwasannya setiap orang adalah prajurit tentara yang harus siap untuk berkorban dan menaruhkan segala hal.

Menjadi seorang prajurit tentu saja bukanlah perkara mudah, dibutuhkan tekad dan kekuatan yang amat kuat, dan keyakinan yang utuh.

#12. Para Pahlawan

Dalam peperangan, para pahlawan selalu melebihi jumlah prajurit yang sepuluh banding satu.

Henry Louis Mencken

Para pahlawan adalah prajurit yang menorehkan tinta emas melalui kemenangan, perjuangan dan pengorbanan negaranya. Memilih untuk menjadi pahlawan artinya menanggalkan segala hal yang berhubungan dengan dirinya sendiri.

Hal yang mereka pikirkan adalah kepentingan banyak orang, yaitu untuk kemenangan bangsa dan negaranya sendiri. Bagaimana dahulu para prajurit di negeri kitatelah melakukan hal itu.

#13. Langit yang Teduh

Langit teduh, ujung-ujung tombak prajurit bergerak naik turun seperti gelombang kepedihan.

Mustofa W. Hasyim

Di dalam sebuah peperangan pasti akan melahirkan kepedihan, terlepas menang ataupun kalah. Sebab seperti itulah hakikatnya peperangan, pasti akan ada yang terluka.

Perang menjadi jalan terakhir untuk menyelesaikan sesuatu hal. Kegiatan ini menguras tenaga yang tidak sedikit, jiwa dan pikiran mungkintergadaikan.

#14. Prajurit Tetap Terluka

Prajurit di atas segalanya berdoa untuk perdamaian, karena prajuritlah yang harus menderita dan menanggung luka dan bekas luka perang yang paling dalam.

Douclas MacArthur

Prajurit tentara yang paling depan adalah korban pepererangan pertama. Mereka harus siap bertaruh dengan nyawanya sendiri kapan saja. Maka dari itu, menjadi prajurit memanglah tidak mudah, butuh perjuangan dan proses yang panjang.

Mental dan kekuatan menjadi satu kesatuan yang dimiliki, jika tidak jangan berharap menjadi seorang prajurit yang mampu menang melawan musuh. Sebab melawan diri sendiri pun tidaklah mampu.

#15. Kepala dan Pengetahuan

Kepala tanpa pengetahuan adalah seperti benteng tanpa tentara.

Napoleon Bonaparte

Seseorang menjadi mulia dan berharga karena pengetahuannya, tanpa pengetahuan ia seakan-akan menjadi sampah. Maka dari itu tidak heran rasanya apabila Napoleon Bonaparte mengibaratkan kepala yang tidak berpengetahuan ibarat benteng yang tidak memiliki tentara.

Bayangkan saja benteng jika tidak memiliki tentara, semegah apapun rasanya menjadi kurang berguna. Kepla dan benteng itu hanya sebuah wadah, sedangkanpengetahuan dan tentara adalah isinya.

Kata Kata Bijak Tentara Nasional Indonesia

quotes prajurit tentara

#1. Memaafkan Musuh

Seorang prajurit perang memiliki prinsip, “maafkan musuhmu, tapi jangan lupakan kesalahannya”

Memaafkan musuh tentu saja bukanlah perkara yang mudah, banyak di antara kita yang merasa sulit dan keberatan memaafkan orang lain. Menjadi seorang prajurit tentara harus memiliki sikap memaafkan, sekalipun itu adalah musuh.

Akan tetapi, memaafkan bukan berarti melupakan kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat. Memafkan dan kesalahan menjadi sesuatu hal yang berbeda.

#2. Proses dan Kunci Kesuksesan

Seorang prajurit punya jiwa ksatria. Tahu bahwa sukses tidak bisa diraih dalam waktu semalam. Saat kamu setiap hari sedikit lebih baik dari hari sebelumnya, itulah proses dan kunci kesuksesan.

Kesuksesan itu bukanlah perkara instant yang mudah untuk diwujudkan, memerlukan proses yang tidak sebetar, bahkan pada implementasi tidak jarang menemukan halangan dan rintangan.

Kata kata tentang prajurit di atas, menunjukan bahwa seorang tentara memiliki sikap dan jiwa ksatria, dimana mereka paham betul tentang makna dari sebuah kesuksesan itu.

#3. Go TNI

Go TNI! Jadilah pemberani. Jangan ragu ambillah resiko itu. Tidak ada yang bisa menggantikan pengalaman.

Di atas merupakan kata kata penyemangat untuk Tentara Nasional Indonesia. Mereka adalah garada terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI.

Negara mana yang tidak memiliki prajurit tentara, semua negaramemilikinya, entah itu untuk garda pertahanan atau digunakan sebagai konfrontasi kepada pihak lain.

#4. Keberanian Sejati

Keberanian sejati tidak datang dari mulut dan ucapan. Mereka yang mengambil jalan prajurit dan bertugas di perbatasan adalah bukti keberanian dalam jiwa masih hidup.

Sebuah keberanian tidak senantiasa ditunjukan oleh ungkapan dan perkataan, diam juga bisa jadi memperlihatkan keberanian. Berani dan tidaknya itu dilihat dari singkapdan langkah yang diambil.

Mereka yang menjadi tentara itu berani, ada banyak sekali resiko dan tantangan. Terlebih hari ini negara kita mulai dirongrong dari luar dalam.

#5. Terimakasih TNI

Terimakasih TNI! Karena kalian kami bisa merasakan keamanan hidup di wilayah Indonesia. Berikan bakti dan karya mu selalu untuk perdamaian dunia. Buktikan TNI hebat!

Jasa jasa Tni yang begitu besar untuk negara ini, sudah selayaknya mengucapkan rasa bangga dan terimakasih kepada mereka. Pengorbanan yang dilakukan TNI tidaklah sedikit dan mudah, justru sebaliknya, panjang dan sulit.

Mereka telah bersedia menggadaikan jiwa raganya untuk kepentingan bangsa dan negara. Loyalitas dari seorang TNI untuk negara tidak perlu diragukan lagi.

#6. Prajurit Berjiwa Besar

Prajurit yang berjiwa besar adalah mereka yang memiliki ideologi pancasila, berjiwa besar, teguh pendiriannya dan tidak keras kepala.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan egara pancasila, hal ini berbeda dengan kebanyakan negara – negara lain di dunia. Kebanyakan negara di luar sana berpahaman liberal ataupun komunis. Pemahaman liberal mayoritas di anut oleh negara – negara di barat. Sedangkan komunis di anut oleh negara bekas soviet.

Para prajurit TNI sudah seharusnya memiliki jiwa pancasila dan patriotisme. Setiap langkah dan gerakannya harus memperjuangkan nilai-nilai pancasila.

#7. Kunci Kesuksesan

Disiplin adalah kunci kesuksesan. Penderitaan karena disiplin lebih baik dan mendatangkan manfaat ketimbang penderitaan karena penyesalan.

Salah satu kunci dari kesuksesan ialah disiplin. Hal ini menjadi amat penting, bukan hanya untuk tentara, akan tetapi untuk setiap orang yang ingin sukses.

Menjadi disiplin dan konsisten bukanlah perkaramudah, bahkan hal ini cendrung sulit. Namun perlu diingit, tidak ada pilihan lain untuk menggapai kesuksesan.

#8. Kekasih Prajurit TNI

Punya kekasih prajurit TNI? Bersyukurlah, karena setia mu akan berbuah manis. Lepaskan dia untuk bertugas demi negara, maka dia akan datang memberikan segalanya untuk mu.

Kata kata romantis tentara di atas adalah motivasi dan penguat untuk mereka yang memiliki pasangan TNI. Bagaimana pun memiliki pasangan seorang tentara harus rela untuk ditinggalkan tugas. Sebab mereka telah berjanji untuk setia dengan tanah air.

Namu tidak perlu risau dengan hal itu semua, prajurit tentara telah teruji kesetiaannya. Sejauh mereka pergi, pasti pada akhirnya akan kembali.

#9. Pulang Demi Kamu

Seorang tentara mengatakan kepada kekasihnya, “Aku pergi demi negara, dan aku pulang demi kamu!”

Kata kata tentara di atas sangat romantis sekali, seorang yang memiliki kekasih atau suami tentara tentu pasti merasakan hal ini.

Kehadiran keluarga dan orang tercinta menjadi penyemangat dalam melakukan dan mengerjakan tugas. Rindu yang tertahan suatu sangat akan terluapkan juga.

#10. Pacar Seorang TNI

Sayang, hari ini aku memang belum bisa bertemu denganmu, karena tugas negara. Namun hari berikutnya, aku janji kita segera bertemu dan mengukuhkan hubungan ini di penghulu

Seorang yang sedang memadu kasih dengan tentara merasakan seringnya ditinggalkan untuk melakukan tugas negara. Baik yang sudah menikah atau belum tentu saja itu berat, tidak ada bedanya.

Bersabar menjadi kunci menjalani hungan yang seperti itu, sama sama ikhlas dan rela, terutama untuk pasangan perempuan.

#11. Menunggu Kekasih

Tunggu aku, duhai kamu yang jauh disana. Aku berjanji akan segera datang menjemputmu menunaikan janji kita berdua. Jangan bosan untuk menunggu, sayang!

Rasanya kita akan sepakat bahwa menunggu itu sesuatu yang membosakan. Perasaaan kesal karena tidak sabar terus meronta di dalam dada. Hal tersebut sangat manusiawi, mengingat manusia memiliki emosi.

Menunggu itu adalah sebuah pilihan, jika sabar, maka Insha Allah akan membuahkan hasil dikemudian hari. Percayalah apa yang kamu perjunagkan akan didapatkan.

#12. Jiwa Tentara

Disiplin adalah seluruh jiwa tentara.

Helmuth Karl von Moltke

Kata kata bijak di atas dapat dijadikan sebagai motivasi dan pengingat untuk tentara agar senantiasa disiplin. Karena hal itu merupakan jiwa dari tentara itu sendiri.

Tanpa disiplin, tentara tiadk akan mungkin mampu menjadi tentara yang seutuhnya. Prajurit tentara yang hebat adaalah mereka yang senantiasa disiplin.

#13. Suka Cita

Pria pemberani bersukacita dalam kesulitan, sama seperti tentara pemberani yang menang dalam perang.

Seneca

Pelajaran apa yang dapat kita ambil dari kata kata di atas? Keberanian dan tentara merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Keberanian itu senantiasa melekat pada tentara, dalam kondisi apapun itu tetap berani.

Kemudian apakah benar pria yang tangguh itu senantiasa bersukacita dalam kesulitan sekalipun? Mungkin yang ideal adalah seperti itu, namun tidak menutup kemungkinan dalam beberapa kesempatan tidak demikian.

#14. Abdi Rakyat

Jangan lupa bahwa angkatan bersenjata adalah abdi rakyat. Kau tidak membuat kebijakan nasional.

Muhammad Ali Jinnah

Angkatan bersenjata atau tentara adalah abdi rakyat, mereka bukan sesuatu yang istimewa, justru mereka memiliki kewajiban untuk senantiasa melindungi tanah air dan rakyatnya.

Tidakjarang dalam beberapa kesempatan abdi negara satu ini digunakan sebagai alat politik untuk menyingkirkan lawan-lawannya. Hal ini adalah fakta yang tidak terbantahkan.

#15. Pedoman Hidup Tentara

Tentara itu pedoman hidupnya Sapta Marga. Kami patriot Indonesia, pendukung dan pembela ideologi negara yang bertanggungjawab dan tidak mengenal menyerah.

Soeharto

Dari kata kata Pak Soeharto tentang tentara di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa seorang prajurit tentara memiliki pedoman hidup.

Untuk itu, sebelum memutuskan menjadi seorangprajurittentara sebaiknya memahami konsekuensi yang akan diperoleh.


Demikian kumpulan kata kata tentang tentara yang dapat disajikan oleh guratgarut, semoga menhibur, menginspirasi dan memberikan manfaat.

Tags :

Bagikan Artikel