Pinhome

Kata Kata Sepatu

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 9 October 2021 ∙ 9 menit membaca

Sama halnya dengan sepasang sandal jepit, sepatu sering kita gunakan, entah itu untuk pergi kerja, kuliah, kondangan atau bahkan hanya sekedar main.

Selain sepatu memiliki filosofi, nyatanya kita dapat mendapatkan pelajaran dari sepasang sepatu lho, Pins! Sebab, banyak kata kata bijak atau quotes yang menjadikan sepatu sebagai perumpamaannya.

Nah, artikel ini akan membahas kumpulan kata kata mutiara tentang sepasang sepatu supaya kita mendapat pembelajaran dari sepatu, benda yang selalu menemani perjalananan kita.

Filosofi Sepasang Sepatu

sepatu merah
Sumber: Sydney Morning Herald

1. Sepatu Itu Tak Sama Namun Bersama

Sepatu memang bentuknya tak sama, namun mereka diciptakan untuk bersama

Quotes sepasang sepatu ini memberikan gambaran kepada kita tentang arti saling melengkapi.

Coba bayangkan saja bagaimana jadinya apabila mereka memiliki bentuk yang sama persis? Padahal seperti yang kita ketahui, satu pasangnya diciptakan berbeda, untuk kaki kiri dan kanan.

Hal ini serupa dengan pasangan, jodoh, teman atau partner. Ketika tidak memiliki persamaan, bukan berarti kita salah dalam memilih pasangan, jodoh, teman atau partner.

Justru ketidaksamaan dan perbedaan tersebut akan memberikan kelebihan, dimana kita dapat saling melengkapi satu dengan yang lainnya.

So, jika kamu memiliki pasangan yang tidak memiliki kesamaan denganmu, bukan berarti kalian tidak cocok, barangkali dia dapat menjadi pelengkap kekurangan yang kamu miliki.

2. Berdamai dengan Hati

Kakimu bisa saja lecet saat menggunakan sepatu, tapi bukan berarti kamu langsung membuangnya.

Saat kita membeli sebuah sepatu, bukan hanya didasari oleh kebutuhan saja, melainkan karena suka dan merasa nyaman.

Akan tetapi ketika suatu waktu sepatu tersebut mendatangkan rasa sakit, karena sepatunya rusak, atau bahkan kaki yang menjadi besar, bukan berarti kita dapat membuangnya begitu saja.

Hal ini sama dengan sebuah hubungan, meski pada awalnya kita menjalin hubungan karena dasar suka atau cinta, kadang dalam perjalanan bisa saja menemui persoalan yang membuat perasaan sakit.

Saat sakit itu datang, bukan berarti kita harus putus dan mengakhiri hubungan, sebaiknya kita coba memperbaiki dan membesarkan hati masing-masing.

3. Sepasang Sepatu Itu Sederajat

Sepasang sepatu itu selalu sederajat, tak pernah ada yang lebih tinggi atau lebih rendah.

Kita tidak akan pernah temukan sepasang sepatu yang lebih tinggi ataupun berbeda ukuran, kecuali sepatunya tertukar.

Hal apa sebenarnya yang dapat kita ambil dari kata-kata filosofi sepasang sepatu di atas?

Dalam menjalin sebuah hubungan, baik itu asmara atau pertemanan, kita jangan pernah merasa tinggi, sombong, atau lebih baik dari pada pasangan atau teman kita.

Seperti kata Ananta Toer, kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai.

4. Sepatu Sebelah Tidak Berarti

Bila satu sepatu hilang, maka yang lainnya sudah tidak memiliki arti.

Benarkah demikian? Sepatu hilang dan tinggal sebelah tidak ada artinya. Kita tidak mungkin hanya menggunakan sebelah. Sepatu sebagus apapun tidak ada harganya.

Demikianlah dengan sebuah pasangan dalam hidup, saat pasangannya tidak ada atau hilang, maka akan banyak terjadi perubahan dalam kehidupannya.

Terlepas perubahan tersebut berdampak besar ataupun kecil, yang pasti perubahan itu mutlak adanya.

Semua hal yang terdapat di dunia ini memiliki pasangan, begitulah dunia diciptakan dengan penuh keseimbangan.

5. Tidak Kompak, Tapi Tujuan Sama

Saat sepatu berjalan, mereka tak kompak tapi tujuannya sama.

Tidak ada satu orangpun yang berjalan dengan kaki secara bersamaan, pasti akan melangkah silih bergantian, memang demikian normalnya.

Meskipun langkahnya tidak sama, bukan berarti tujuannya berbeda. Hal ini serupa saat kita memiliki tujuan yang sama bersama pasangan, biarpun cara yang ditempuh berbeda, namun tujuannya sudah dipastikan sama.

Kata-kata dan filosofi sepasang sepatu ini hendaknya kita hayati, agar suatu saat ketika memiliki pasangan dapat saling mengerti satu sama lain.

Kata Kata Bijak Sepatu

Beberapa tokoh dan figur terkenal juga seringkali menggunakan sepatu sebagai perumamaan dengan makna yang mendalam. Berikut adalah kata-kata bijak sepatu yang pernah dikatakan oleh public figure.

Baca juga: Kata Kata Asma Nadia

sepasang sepatu
Sumber: Resveralife

1. Kerikil di Sepatu

Bukanlah pegunungan di hadapan Anda yang membuat Anda menyerah untuk memanjat. Tetapi kerikil di sepatu Anda itu lah yang menyebabkan demikian. ~(Muhammad Ali)~

Kata kata ini terdengar sangat populer di telinga kita semua, barangkali diantara kalian telah ada yang mendengar sebelumnya.

Terkadang kita menyerah dalam mencapai tujuan bukan karena halangan dan rintangan yang besar, namun sebaliknya dengan rintangan yang tidak seberapa.

Halangan dan rintangan memang begitu sulit untuk diperediksi, satu-satunya hal yang dapat mengalahkannya adalah kepercayaan akan apa yang diperjuangkan dan motivasi kerja.

Sebelum kamu memutuskan untuk menyerah, tengok kembali sudah seberapa jauh kamu melakukan perjalanan.

Percayalah kamu akan segera sampai, maka teruslah berjuang untuk menggapai tujuan.

2. Berhenti Mengeluh

Kau akan berhenti mengeluh tak punya sepatu ketika kau bertemu seseorang yang tak punya kaki ~(Ken Terate)~

Mensyukuri hidup atau bersyukur adalah jalan terbaik dalam hal apapun. Terkadang kita akan merasa lebih beruntung tatkala bertemu dengan seorang yang lebih kurang daripada diri kita.

Termasuk dalam konteks ini, Ken Terate dalam kata kata di atas mengungkapkan bahwa seorang yang tidak memiliki sepatu akan berhenti mengeluh ketika ia bertemu dengan orang yang tidak memiliki kaki.

Boy Chandra juga pernah membahas ini dengan berkata “Saat kamu suka mengeluh pada orang lain. Akan tiba saatnya kamu juga akan mendapat banyak keluhan orang lain.”

Semoga kita menjadi orang-orang yang senantiasa bersyukur.

3. Berjalan

Hari adalah bagai sepatu yang harus dipakai untuk berjalan.~(Steve Orlen)~

Sepatu adalah sebuah benda yang digunakan untuk berjalan, entah itu pergi bekerja, sekolah, main, nongkrong dll.

Steve Orlen dalam kata kata mutiara di atas memberikan pesan kepada kita agar hari yang ada digunakan untuk berjalan ibarat sepatu.

Artinya hari-hari kita harus digunakan sebaik mungkin untuk menjadi lebih baik, agar hidup kita tidak sia-sia.

4. Koleksi Sepatu & Anak Bermasalah

Apa gunanya koleksi tas dan sepatu kalau anaknya bermasalah?. ~(Leyla Hana)~

Memang tidaklah sebanding anak dengan koleksi sepatu dan tas, bahkan emas sekalipun. Anak rasanya lebih berharga dari apapun.

Maka disaat seorang anak bermasalah, koleksi apapun itu memang benar-benar tidak berguna.

Keduanya tidak memiliki korelasi yang jelas. Namun, terlepas dari itu semua, anak adalah titipan Tuhan yang harus kita rawat dan jaga dengan sebaik mungkin.

Salah satu hal yang sangat penting ialah mendidik mereka dengan sebaik mungkin, agar menjadi manusia yang seutuhnya.

Pendidikan menjadi bekal terbaik untuk menjalani bahtera kehidupan. Tidak sedikit orang yang tenggelam dalam kehidupan karena mereka tidak memiliki pendidikan dan ilmu.

5. Ilmu & Akal

Ilmu tanpa akal ibarat seperti memiliki sepatu tanpa kaki. Dan akal tanpa ilmu ibarat seperti memiliki kaki tanpa sepatu. ~(Ali bin Abi Thalib)~

Kata mutiara di atas berpesan kepada kita semua untuk menyeimbangkan antara akan dan ilmu.

Jangan sampai diantara kedua tersebut tidak seimbang, sebab apabila demikian maka tidak sempurna.

Hidup senantiasa membutuhkan keseimbangan, dengan demikian maka akan tercipta keindahan.

Ilmu dan akal adalah dua hal yang harus dimiliki sebagai bekal dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan rintangan dan tantangan.

Tidak dapat kita pungkiri kehidupan di dunia ini tidak selalu memberikan apa yang kita senangi, terkadang ada sesuatu hal yang membuat hati terasa sakit.

Baca juga: Kumpulan Kata Kata Semangat Bahasa Indonesia dan Maknanya

Kata Kata Mutiara Sepatu Dalam Bahasa Inggris

sepatu kuning
Sumber: Unsplash

1. Kebutuhan atau Keinginan

At my feet are amazing shoes, but when I see the price, what comes to my mind is, “do I really need them?”

Di kakiku sudah terpasang sepatu yang luar biasa indah, namun begitu melihat harganya, yang terlintas di kepalaku adalah, “apa benar aku membutuhkannya?” (Kusumastuti, Blue Vino).

Demikian arti dari kata bijak Bahasa Inggris tersebut. Kita harus benar-benar mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, sebab yang kita inginkan belum tentu benar-benar dibutuhkan.

Terlebih apabila barang tersebut minim kegunaan dan memiliki harga yang tinggi, maka lebih baiknya uangnya dialokasikan untuk hal yang lebih berguna.

Sebelum melakukan tindakan apapun, maka sebaiknya kita bernegosiasi terlebih dahulu dengan diri kita sendiri supaya di kemudian hari tidak datang yang namanya penyesalan.

2. Sejarah Hidup & Sejarah Sepatu

Life history is the history of shoes. History of a place where humans have tread and grounded.

Sejarah hidup adalah sejarah sepatu. Sejarah mengenai tempat di mana manusia pernah menapak dan berpijak (Stebby Julionatan).

Pernahkah kalian berpikir seperti ini, dimana sejarah hidup kita adalah sejarah sepatu, sebab kemanapun kita pergi, ia ikut bertapak bersama kita.

3. Sepatuku & Sepatumu

For you your shoes, for me my shoes.

Untukmu sepatumu, untukku sepatuku (Iwan Espeje).

Kata kata sepatu dari Iwan Espeje ini barangkali sedikit lucu. Kalian mungkin memiliki penafsiran yang berbeda-beda atas hal ini.

Namun yang jelas kata kata ini memberikan isyarat jangan pernah mencampuri urusan orang lain. Kita cukup mengurusi diri masing-masing.

4. Berharap Seperti Sepatu

If life is like a pair of shoes, yes, who need not be confused thinking or weighing who our partner will be. Matching pair. Because he was born a pair. In a couple.

Seandainya hidup ini seperti sepasang sepatu ya, yang tak perlu bingung memikir atau menimbang siapa pasangan kita kelak. Pasangan yang cocok. Sebab ia telah terlahir sepasang dan berpasangan (Stebby Julionatan).

Terdapat beberapa orang yang mungkin merasa sulit menemukan pasangan hidup, padahal umur semakin tua dan matang.

Tentu tidak sedikit orang dibuat pusing dengan hal yang demikian, apakah itu termasuk kalian diantaranya?

Beda halnya dengan sepatu, telah diciptakan dan diproduksi secara berpasangan, tanpa terkecuali.

Bahkan menjadi sebuah anomali rasanya apabila alas kaki ini dibuat tidak memiliki pasangan, dan siapa yang akan membelinya juga.

5. Sejarah Manusia adalah Sepatu

Human history is the history of shoes. History of the place where he had stepped on.

Sejarah manusia adalah sejarah sepatu. Sejarah tentang tempat dimana ia pernah berpijak dan menjejak (Stebby Julionatan).

Jujur saya sedikit bingung dengan kata kata ini, terutama dengan pernyataan sejarah sepatu adalah sejarah manusia.

Akan tetapi di sisi lain ada benarnya juga, sepatu yang kita gunakan secara otomatis menjadi sejarah kita, sebab dibawa kemana pun kita pergi.

Penutup

Kira-kira quotes atau kata kata bijak tentang sepatu mana yang menjadi favorit kalian? Semoga hadirnya tulisan ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Daisy

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia