Pinhome

Kata Kata Pramuka

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 24 September 2021 ∙ 12 menit membaca

Banyak hal yang menarik untuk kita perbincangkan soal pramuka, termasuk kata kata bijaknya. Bagi sebagian orang, pramuka barangkali begitu istimewa, sebab banyak kegiatan-kegiatan yang tak terlupakan di sana.

Aku sendiri dari SD sampai SMA aktif di pramuka, selain mendapatkan banyak teman, pramuka juga mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang disiplin dan tangguh.

Seharusnya setiap orang yang pernah mengikuti kegiatan pramuka menjadi pribadi yang tangguh dan bisa bermanfaat di tengah-tangah masyarakat.

Meskipun pembahasan inti pada tulisan ini kata kata bijak tentang pramuka, tapi aku akan membahas juga seluk beluknya, seperti sejarah singkat, dasa darma, tingkatan pada pramuka dan lain sebagainya.

Baca Juga : Kata Kata Bijak Tentang Santri

Mungkin aku minta maaf ya jika tulisan ini akan sedikit panjang, tapi kamu gak perlu khawatir, karena kamu bisa dengan mudah menemukan topik yang kamu inginkan dengan melihat ringkasan berikut.

Sekilas Tentang Pramuka

praja muda karana

Anak pramuka pasti sudah sangat tahu kepanjangan dari pramuka, bagi yang belum tahu, pramuka ialah “praja muda karana” yang mana memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya.

Nah, ketika kamu memutuskan untuk masuk pramuka, siap-siap dengan aktifitas dan kesibukan baru. Meskipun demikian, waktu yang kamu korbankan akan sebanding lho dengan apa yang didapatkan, mulai dari teman hingga pengalaman-pengalaman berharga.

Meskipun pramuka adalah kegiatan nonformal yang fokus melatih keterampilan dan pengembangan bakat, tapi jangan salah di indonesia jenjang cukup jelas.

Tingkatan dan Golongan Pramuka Indonesia

golongan dan tingkatan pramuka

Golongan atau tingkatan jenjang yang terdapat dalam pramuka Indonesia yaitu empat, dibagi berdasarkan kelompok usia.

  1. Pramuka siaga, rentan usia 7 sampai 10 tahun.
  2. Pramuka penggalang, rentan usia 11 sampai 15 tahun.
  3. Pramuka penegak, rentan usia 16 sampai 20 tahun.
  4. Pramuka pandega, rentan usia 21 sampai 25 tahun.

Kumpulan kata Kata Pramuka Sejati

kata kata bijak tentang pramuka

Berikut ini merupakan kumpulan kata kata pramuka yang keren abis, kamu juga bisa bernostalgia dengan membaca quotes ini.

Oh iya, selain itu kata kata pramuka ini boleh juga dijadikan sebagai status atau caption whatsapp, facebook ataupun instagram.

~ Kata Kata Bijak Pramuka

#1. Berorganisasi Saat Sekolah

Rugi rasanya bila ke sekolah hanya belajar saja tanpa mengikuti sebuah organisasi yang akan mendidik dan melatih kita untuk melewati kehidupan yang keras dan fana ini..


Tida bisa kita pungkiri organisasi sekolah sangat membantu sekali dalam membentuk pola pikir dan kepribadian, terlebih apabila dalam organisasi itu kita akan terbiasa untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang timbul.

Saat masih sekolah kamu mungkin tidak akan merasakan kebermanfaatan mengikuti organisasi yang kamu ikuti, bukan tidak mungkin kamu merasa tidak bebas, memiliki waktu yang begitu terbatas dan lain sebagainnya.

Selepas sekolah rasa tidak nyaman itu akan berubah seketika menjadi sebuah kerinduan, dan di sanalah juga kamu akan sadar bahwa mengikuti organisasi memiliki manfaat yang luar biasa.

Mengikuti organisasi secara tidak sadar mengasah soft skill dan kemampuan lain yang akan bermanfaat di masa mendatang. Maaka dari itu yuk kita berorganisasi.

#2. Menjadi Seperti Kelapa

Jadilah seperti kelapa yang berguna pada semua bagiannya. Begitu juga sebagai manusia kita harus berguna untuk manusia lain dengan berbagai karya dan inovasi yang kita buat.


Adakalanya sebagai manusia kita belajar dari mahluk lain, salah satunya tumbuhan kelapa. Ada banyak sekali pembelajaran yang akan kita dapatkan dari kelapa ini.

Kelapa adalah tumbuhan yang berguna semua bagiannya, mulai dari bwah hingga atas.

Akar pohon kelapa mampu menjadi resapan air, batak pohonnya dapat dijadikan berbagai bahan dan kebutuhan manusia, daun bisa dijadikan sebagai lidi, hingga buah dan kulitnya sangat berguna.

Dari pohon kelapa ini kita dapat meneladani tentang kebermanfaatannya, bukankah manusia yang paling beruntung ialah manusia yang paling bermanfaat untuk sesama.

#3. Kesadaram

Semoga kita merasa berdosa hari ini, dan membalasnya esok hari dengan melakukan sesuatu yg lebih baik.


Kata kata atau quotes di atas pada intinya berbicara tentang kesadaran, anak pramuka tentu sangat memahami hal ini. Meski nampak sederhana kesadaran itu barangkali mahal harganya.

Hal tersebut terlihat dari orang-orang yang masih senang melakukan kesalahan dan keburukan, dan parahnya lagi hampir setiap waktu terus diulang tanpa jeda.

Seorang yang mulai sadar biasanya disebut orang-orang yang tercerahkan, merubah segala sesuatu yang telah dilakukan di waktu lalu.

Kesadaran itu memicu perubahan, mustahil seorang akan berubah tanpa sadar terlebih dahulu.

Sadar merasa berdosa akan menghantarkan kita menjadi pribadi yang lebih hati-hati dalam segala hal.

#4. Berbeda

Perbedaan bukan penghalang untuk menjalin persaudaraan.


Berbicara tentang perbedaan, rasa sanya ini adalah persoalan lama, baik interasional ataupun nasional. Sangat sulit rasanya jika kita menginginkan sesuatu hal yang sama.

Terlebih masing-masing orang di negara kita memiliki budaya dan agama yang berbeda.

Namun perbedaan itu tenru jangan sampai menjadi penghalang persaudaraan.

Kita harus sama sama memahami dan memaklumi akan masing-masing yang menjadi perbedaan.

Di dalam pramuka kita belajar saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

#5. Kenangan Indah

Sebuah kenangan tidak akan hilang begitu saja tanpa jejak dan sebuah kesenangan dan kita tak akan pernah tau nilai sebuah kejadian sampai ia menjadi sebuah kenangan.


Anak pramuka pasti mengerti dengan kata kata bijak di atas, sebab terlalu mahal rasanya kenangan selama mengikuti kegiatan-kegitan kepramukaan untuk dilupakan begitu saja.

Bukan hanya indah, kenangan saat berparuka lebih dari itu, bisa dibilang sangat berharga.

Berharga tidaknya sebuah kenangan bisa kita nilai dari kebergunaannya, kebermanfaatan apa yang telah kita lakukan di masa lalu. Semakin bermanfaat, maka semakin berharga juga kenangan tersebut.

Hanya segelintir orang yang sadar dengan mengikuti pramuka akan tercipta kenangan indah dan berharga.

~ Kata Kata Pramuka Keren Abis

#1. Menjadi Bangsa yang Berkarakter

Wujudkan bangsa yang berkarakter dan bermartabat melalui gerakan Pramuka.


Pramuka menjadi salah satu wadah yang sangat baik untuk menciptakan bangsa yang memiliki karakter dan bermartabat, disana kita belajar mencintai agama, negara dan sesama.

Jadi tidak berlebihan rasanya kata kata di atas menyebutkan pramuka bisa menjadi gerakan yang mewujudkan bangsa berkarakter dan bermartabat. Karena pada nyatanya memang demikian, yang diajarkan mengarak ke sana.

Kamu yang pernah mengikuti kegiatan kepramukaan rasa-rasanya akan sangat setuju sekali sama quotes pramuka di atas.

Oh iya, pramuka ini hanya salah satu wadah saja ya, di luar sana banyak sekali organisasi yang membentuk pribadi yang baik dan disiplin.

#2. Pemikiran dan Pengalaman

Sebuah pemikiran yang baik datang dari pengalaman, dan pengalaman tercipta dari kesalahan.


Pemikiran dan pengalaman itu memang betul memiliki korelasi yang amat dekat. Seorang yang berengalaman maka sudah dipastikan akan memiliki pemikiran yang luas.

Contoh yang amat sederhana, pemikiran kamu akan berbeda saat masuk pramuka dan sebelumnya. Hal ini menunjukan pengalaman itu mempengaruhi pemikiran.

Kemudian bagaimana dengan kesalahan? Hal inipun sama sebuah pengalaman, agara di masa mendatang lebih hati hati dalam berbuat dan bertindak.

Selain dapat belajar dari pengalaman diri sendiri, kita juga bisa belajar dari pengalaman orang lain. Sehingga dengan demikian kita tidak perlu jatuh ke dalam lubang yang sama.

#3. Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka harus terus dipupuk sebagai wadah bagi pembentukan Nasionalisme dan Patriotisme.


Saya sangat setuju sekalai dengan kata kata di atas, bahwa pramuka harus terus dipupuk dan didorong sebagai wadah pembentukan nasionalisme dan patriotisme.

Meskipun tidak demikian juga, pramuka selama ini berperan demikian. orang-orang yang masuk pramuka secara tidak sadar ditumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalismenya.

Tinggal bagaimana saat ini pemerintah mampu mendorong setiap siswa bisa mengikuti pramuka. Karena saya rasa trend siswa yang mengikuti gerakan keprmukaan itu menurun.

#4. Karakter Pramuka

Pramuka mengajarkan kebersamaan, kedisiplinan, kemandirian, jiwa korsa dan semangat pantang menyerah.


Pramuka menurut saya bukan hanya sekedar organisai, melainkan tempat untuk mendidik dan menempa diri menjadi pribadi yang baik dan tangguh.

Banyak sekali hal yang berkaitan dengan karakter dipelajari dalam pramuka, baik itu langsung ataupun tidak.

Hal ini juga yang terkadang sulit ditemukan di tempat lain, bahkan di sekolah sekalipun.

Pramuka menjadi salah satu alternatif pendidikan karakter, terlebih saat ini negara kita sedang fokus ke sana. Meskipun aku rasa tidak terlalu serius.

#5. Selalu Siaga

Seorang Pramuka tidak pernah terkejut, dia tahu apa yang harus dilakukan ketika sesuatu yang tak terduga terjadi.


Apakah memang beenar demikian anak pramuka itu, seperti kata kata di atas? Jawabannya bisa jadi ya, bisa juga tidak.

Tapi paling tidak seorang pramuka itu memiliki mental yang sudah terlatih, sehingga ketika menghadapi sesuatu itu tidak akan pernah panik dan gugup.

Mental itu dalam kondisi tertentu terkadang menjadi sesuatu yang malah harganya, bahkan bisa dikatakan sangat mahal.

Mental juga tidak jarang menjadi sesuatu hal penentu, tidka heran kita mendengar istilah “mental juara” pada sebuah kompetisi.

~ Quotes Anak Pramuka

#1. Sahabat Itu…

Sahabat itu mampu membuat kita berharga disaat orang lain tak bisa menghargai kita.


Berbicara sosok seorang sahabat, rasanya akan lengkap membahas bagaimana mereka memperlakukan kita. Sahabat itu selalu mengerti, bahkan bisa dikatakan sangat mengerti dengan kondisi kita.

Jadi rasanya bukan sesuatu yang mahal untuk mereka memberikan penghargaan terbaik kepada sahabatnya.

Sebaliknya juga kita harus mampu menghargai dan menjaga perasaan sahabat kita. Jangan sampai menyinggung apalagi membuat hati mereka terluka.

#2. Gambaran Tentang Diri

Pada diri sahabatku, aku menemukan diriku yang lain.


Jika kita ingin memilhat diri kita sendiri, lihatlah sahabat dan teman terdekat kita, karena pada diri mereka terdap diri kita di sana. Pasti akan banyak ditemukan kesamaan di sana.

Dari sini kita belajar bagaimana seharusnya memperlakukan seorang sahabat.

Sahabat itu adalah diri kita, dan diri kita itu adalah sahabat, keduanya adalah hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya.

#3. Kawan Sejatimu

Kawan sejati ialah orang yang mencintaimu meskipun telah mengenalmu dengan sebenar-benarnya yaitu baik dan burukmu.


dalam sebuah pertemana ada istilah “baik buruk adalah temanmu”, yang demikian itulah kawan sejati. Sebab mereka bersedia menerima kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kita.

Tidak dapat kita pungkiri sebagai manusia kita memiliki kekurangan, yang mungkin terkadang kita pun tidak pernah merasakan itu.

Sejatinya kekurangan itu adalah hal yang mutlak adanya, maka tidak ada alasan untuk kita tidak menerima kekurangan seseorang.

#4. Sahabat Itu Tidak Dapat Dipisahkan

Meskipun bermil-mil jarak yang memisahkan, Sahabat tidak pernah terpisah karena persahabatan tidak diukur dengan jarak melainkan dengan hati.


Apakah kamu setuju persahabatan itu tidak diukur dengan jarak? Kalo aku si setuju, jarak itu bukan sebuah alasan untuk seseorang tidak bersahabat lagi.

Meskipun jarak memisahkan, yang terpenting hati tetap terus bersama. Terlebih hari ini persahabatan bisa dilakukan bukan hanya fisik saja, sebab teknologi informasi bisa menghubungkan setiap orang.

Maka apabila sebuah persahabatan itu putus gara gara jarak, itu berarti ada yang salah dengan hatinya.

#5. Jasa Sahabat

Walau bagaimanapun juga, sahabatmu adalah orang yang telah berjasa membangunkanmu dari keterpurukan, menghiburmu saat senang maupun susah. Begitu berartinya ia, dikala engkau tak bisa melihat wajahnya lagi.


Sahabat itu tidak ubahnya seperti keluarga, mereka memiliki jasa yang barangkali sangat besar dalam hidup kita, selalu ada saat senang dan duka, mereka tidak jarang menghibur agar kita nampak bahagia.

Maka orang yang melupakan sahabat, tidak jauh berbeda dengan orang-orang yang melupakan keluarganya.

Untuk itu janganlah kita menjadi orang yang melupakan sahabat, sebab mereka memiliki jasa yang tidak sedikit.

~ Kata Kata Pramuka Romantis

#1. Cinta Simpul Mati

Cintaku padamu tak hanya sebatas patok tenda, tp cintaku padamu layaknya simpul mati, tak akan lepas sampai kapanpun.


Ini adalah salah satu gombalan anak pramuka ya, wanita mana yang gak klepek klepek digombalin kaya gini. Bukan hal yang mustahil langsung minta dinikahin.

Jangan pernah memandang percintaan anak pramuka ya, mereka juga bisa jatuh cinta.

#2. Cinta Itu Ibarat Tenda

Cinta kita itu seperti tenda, harus selalu kita jaga tali patoknya, agar selalu tegar saat badai menerpa.


Tenda tanpa tali patok tentu tidak akan berdiri tegak, palingan disangkutin kepohon, itu juga kalo ada pohonnya, kalo gak ada ya jelas gak bakalan berdiri.

Dalam sebuah hubungan patok ini bisa kita sebut kepercayaan, nah anak pramuka tidak perlu diragukan lagi, soal menjaga kepercayaan jagonya.

Saat kepercayaan tidak lagi berdiri tegak, maka hubungan itu tinggal nunggu rubuh saja.

#3. Sulitnya Memahami Isi Hatimu

Kadang, memahami isi hatimu rasanya lebih susah dari pada memahami sandi morse.


Sandi morse yang membingungkan masih bisa dibaca dan dipahami dibanding dengan seseoarang.

Terkadang tanda tandanya engga jelas, kaya yang suka, eh tiba tiba menghilang. Ada juga yang sebaliknya, dingin seperti orang yang gak suka, tiba tiba di belakang sukang.

#4. Ibarat Api Unggun

Cinta itu seperti nyala api unggun, yang harus di jaga agar tetap bisa menghangatkan hati kita berdua.


Banyak orang yang mengejar cinta tanpa mengetahui hakikatnya, padahal cinta itu seharusnya menenangkan dan membahawa kita pada kebahagian. Cinta itu akan menghangatkan seperti api unggun.

Apabila tidak demikian, itu bukanlah cinta, barangkali hanya nafsu yang mengatasnamakan cinta.

#5. Tiga Kata

Beratnya mulut ini mengatakan 3 kata dihadapanmu, haruskah aku menuliskan “Aku Cinta Padamu” dengan sandi rumput?.


“Aku cinta padamu” itu bukanlah sebuah kata biasa, amat banyak sekali makna bersamanya.

Tatkala mengungkakan kata tersebut, maka akan banyak sekali konsekuensi yang mengikutinya.

Sebagian orang tidak sadar dengan hal tersebut, barangkali hanya nafsu semata saja.

Kode Kehormatan Pramuka

peringatan hari pramuka

Pramuka itu memiliki kode kehormatan lho, untuk pramuka siaga disebut dengan dwi satya dan dwi dharma. Sedangkan untuk pramuka penggalang, bantara dan penegk disebut tri satya dan dasa dharma.

Berikut bunyi dari kode kehormatan prmuka tersebut.

Dwi Satya

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh

  1. menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Indonesia, dan mengikuti tata krama keluarga.
  2. setiap hari berbuat kebajikan.

Dwi Dharma

  1. Siaga berbakti kepada ayah dan ibundanya.
  2. Siaga berani dan tidak putus asa.

Trisatya

Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh sungguh:

  1. Menjalankan kewajibanku kepada Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Mengamalkan Pancasila.
  2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.
  3. Menepati Dasa Dharma.

Dasa Dharma

  1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Cinta alam dan kasih sayang kepada manusia.
  3. Patriot yang sopan dan kesatria.
  4. Patuh dan suka bermusyawarah.
  5. Rela menolong dan tabah.
  6. Rajin,terampil,dan gembira.
  7. Hemat cermat dan bersahaja.
  8. Disiplin,berani dan setia.
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
  10. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan.

Penutup

Dari tulisan tentang kata kata bijak pramuka di atas dapat kita simpulkan sebagai berikut.

  • Menjadi seorang pramuka adalah sebuah kehormatan dan kesempatan untuk menempa diri menjadi lebih baik.
  • Gerakan pramuka di Indonesia memiliki empat jenjang.
  • Mengikuti kegiatan pramuka mendatangkan banyak manfaat, salah satunya lingkar pertemanan.

Demikian kata kata bijak atau quotes pramuka yang bisa disuguhkan, semoga tulisan ini membantu dan menginspirasi kita semua.

Tags :

Bagikan Artikel