Pinhome

Kata Kata Lucu Bahasa Sunda

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 13 October 2021 ∙ 13 menit membaca

Kata bijak Bahasa Sunda mungkin sudah seringkali kamu dengar, begitu halnya dengan kata mutiara Bahasa Sunda Kahirupan. Namun, ternyata terdapat juga berbagai kata-kata lucu Bahasa Sunda.

Melalui kata-kata lucu Bahasa Sunda ini, kalian dapat memperoleh sedikit hiburan dalam menjalani beratnya aktivitas dan hidup. Tapi jangan salah, meskipun judulnya adalah kata-kata lucu, tidak menutup kemungkinan terdapat pembelajaran dan nasehat yang bermanfaat.

Langsung saja, berikut kumpulan kata-kata lucu Bahasa Sunda dan artinya.

Baca juga:

Kata-kata Bahasa Sunda Lucu Bijak

kata kata lucu bahasa sunda

1. Lihatlah Bulan

Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna ogé sorangan nanging anggeur katémbong masihan cahyana.

  • Jangan merasa sedih karena sendiri, lihatlah rembulan ia juga sendiri, namun tetap ia memberi cahaya.

Pernahkah di antara kalian merasa seperti ini dalam menjalani kehidupan, merasa sendiri tidak ada siapa-siapa.

Jangan khawatir, tetap bersabar dan fokus dengan tujuan yang ingin diraih. Kita dapat belajar dari rembulan yang terus menyinarkan cahayanya ke semesta walaupun ia sendiri.

Kesendirian bukanlah sebuah masalah, yang jadi masalah ketika kita tidak mampu bersinar lagi meskipun bersama dengan yang lain.

Jika kita tafsirkan, sinar rembulan adalah manfaat yang dapat diberikan oleh manusia kepada sesama. Maka untuk itu tetaplah bersinar hingga kapanpun.

Baca juga: Kata-kata Lucu Bahasa Jawa

2. Nasehat

Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna ogé sorangan nanging anggeur katémbong masihan cahyana.

  • Sebelum menasehati dengan ucapan, terlebih dahulu beri nasehat dengan sikapmu.

Menasehati orang lain tentu tidaklah mudah, terlebih yang dinasehati merasa tidak bersalah atau tidak keliru.

Maka dalam menasehati dibutuhkan sebuah adab atau tata cara, yang mana hendaknya menasehati dengan prilaku terlebih dahulu, atau dalam Islam disebutnya “hikmah”. Tahapan selanjutnya setelah menasehati dengan dengan perilaku, barulah menasehati menggunakan lisan atau ucapan.

Itupun terdapat tingkatan-tingkatan yang harus dilakukan, kita tidak bisa menasehati dengan kata-kata yang tegas sekaligus.

3. Jangan Banyak Gaya

Hirup mah ulah loba gaya tapi kudu loba duit.

  • Hidup itu jangan banyak gaya tapi harus banyak duit.

Tidak jarang kita temukan orang yang banyak gaya dan bersikap sombong, namun tidak memiliki uang, pada akhirnya merela rela memenuhi gaya dengan melakukan apapun.

Padahal apabila kita perhatikan, gaya itu ongkosnya mahal, maka pilihannya jangan terlalu banyak gaya.

Sebaiknya baikanlah gaya, yang diutamakan adalah kemampuan kita dalam manajemen dan mengelola keuangan.

Lebih baik kita banyak uang dari pada banyak gaya, kata-kata Sunda ini bukan hanya sekedar lucu namun menjadi sebuah nasehat yang baik.

4. Jangan Banyak Keinginan

Hirup mah ulah sok loba kahayang lur, komo deui lamun masih menta kakolot mah.

  • Hidup jangan terlalu banyak keinginan, apalagi masih minta kepada orang tua.

Sebaiknya kita tidak terlalu banyak memiliki keinginan, terlebih apabila masih mengandalkan uang orang tua.

Biasanya seorang yang terlalu banyak keinginan tidak dapat bekerja dengan baik, sebab yang ada dipikirannya hanya keinginan saja.

Alangkah baiknya kita memiliki visi yang matang untuk perjalanan hidup ke depannya, bukan hanya keinginan saja, sebab seseorang akan hidup sesuai dengan visinya. Jiki visinya baik, maka apa yang dikerjakan akan baik pula, sebab telah terkonsep dan telah terencana.

5. Pertimbangan

Bobot pangayun timbang taraju.

  • Apa yang akan kita lakukan harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Ciri dari seorang yang telah dewasa adalah memiliki akal dan pikiran baik, hal ini dapat digambarkan dengan tindakan dan pertimbangan yang dilakukan.

Pada kehidupan saat ini, sangat sedikit orang yang memiliki pertimbangan dengan apa yang akan dilakukan.

Pertimbangan ini amatlah penting, saat orang dengan pertimbangan matang dan baik, ia akan mampu memprediksi apa yang terjadi pada masa akan datang.

Selain itu, ia juga akan bisa menjadikan pembelajaran atas permasalahan atau hal-hal yang telah di laluinya.

Kata-kata Lucu Bahasa Sunda Kocak

quotes lucu bahasa sunda

1. Teman Suka Ngutang

Babaturan nyaeta manehna anu sok nginjeuman duit bari tara daek dibayar.

  • Teman ialah dia yang suka meminjam uang dan tidak dibayar.

Sepertinya tidak semua teman bersikap seperti ini, hanya beberapa saja. Terkadang mungkin kita pernah mengalami hal serupa, uang yang dipinjam tidak dikembalikan lagi. Sementara sebagai teman tentu kita merasa serba salah saat ingin mengingatkan.

Setidaknya itulah dilema yang dihadapi ketika memiliki teman yang suka berhutang dan sulit mengembalikan.

Lalu apakah kesal memiliki teman yang demikian? Sebaiknya jangan kesal, bagaimana pun juga ia adalah teman kita, artinya harus menerima mereka apa adanya. Hal yang dapat kita lakukan dan diikhtiarkan ialah mengingatkan mereka, bahwa hal yang demikian itu tidaklah baik.

2. Orang Hebat

Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat.

  • Tetap tersenyum meskipun hatinya sedang bersedih adalah ciri-ciri dari orang yang hebat, kuat dan banyak jerawat.

Kata-kata Bahasa Sunda di atas memang lucu, hal ini terlihat dari kata-kata pada bagian akhir kalimat, yaitu banyak jerawat.

Terlepas dari kata-kata banyak jerawat yang membuatnya menjadi lucu, kata Bahasa Sunda ini memiliki makna yang dalam, dimana salah satu ciri orang hebat ialah mereka yang mampu menyembunyikan kesedihannya.

Bukan berarti kita tidak boleh sedih, sebagai manusia wajar-wajar saja, yang tidak wajar ketika kesedihan tersebut berlarut-larut dan mempengaruhi ehidupan kita secara penuh.

Maka cukup wajar ketika orang yang mampu menyembunyikan kesedihannya disebut sebagai orang hebat. Bila kamu sedang menghadapi kesusahan, barangkali membaca puisi motivasi dapat membantumu.

3. Pekerjaan yang Berat

Ek sakumaha wae beuratna pagawean, bakalan hampang lamun henteu di pigawean.

  • Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan kalau tidak dikerjakan.

Apakah akhir-akhir ini kalian sedang memiliki pekerjaan yang berat? Jika ya, cara temudah untuk menghiilangkan hal tersebut dengan tidak mengerjakannya.

Namun akan ada konsekuensi yang akan kalian dapatkan, kalau pekerjaan tersebut menyangkut pekerjaan kantor, bisa jadi dipecat.

Jika pekerjaan tersebut menyangkut tugas kuliah atau sekolah, bukan tidak mungkin kalian tidak akan lulus kuliah atau sekolahnya.

Nah sebaiknya kalian jangan coba-coba untuk mengimplementasikan kata-kata Bahasa Sunda di atas. Tentunya perkataan di atas bermaksud untuk mengingatkan.

4. Foto Asli

Jaman ayeuna mah ulah percaya kitu wae kana foto profil di media sosial, loba bohongna! Ngan foto KTP nu paling jujur salila ieu.

  • Jaman sekarang jangan percaya begitu saja sama foto profil di media sosial, banyak bohongnya! Cuma foto KTP yang paling jujur selama ini.

Kalian dapat mengambil nasehat dari kata-kata di atas, dimana jangan terlalu percaya dengan foto-foto yang tersebar di media sosial.

Saat ini foto-foto yang terdapat di media sosial dapat dengan mudah dipercantik dan diperbagus, sebab banyak sekali aplikasi filter foto.

Bahkan di Instagram sendiri telah menyediakan filter-filter foto yang sangat indah, jadi sebaiknya jangan mudah percaya sebelum bertemu.

Kecuali apabila mereka memperlihatkan foto-foto resmi, seperti foto KTP, passport, ijazah dan lain sebagainya. Barulah foto-foto yang demikian dapat kita percayai sebagai foto asli.

5. Jangan Sombong

Ulah waka sombong lamun acan bisa balap motor bari di konci setang mah.

  • Jangan dulu sombong kalau belum bisa balap motor sambil di kunci setang.

Siapa yang bisa balap motor kalau dikunci setang, sepertinya tidak akan ada yang bisa melakukannya, kecuali jika ia benar-benar sakti.

Seperti yang kita ketahui, sebuah motor yang dikunci setang tidak dapat dibelokan setangnya.

Dengan demikian, rasanya kita tidak pantas untuk menyombongkan diri, karena melakukan hal demikian tidak akan mungkin bisa.

Kata-kata Lucu Bahasa Sunda untuk Mantan dan Pasangan

kata kata lucu dalam bahasa sunda

1. Manusia Kalkulator

Ari maneh jelema atawa kalkulator? Meni henteu menang salah.

  • Kamu itu orang atau kalkulator? Sampe gak boleh salah.

Apakah kalian pernah menemukan orang seperti ini? Biasanya tipe orang yang tidak suka mengaku salah adalah orang yang perfeksionis. Sebenarnya tidak masalah memiliki sifat yang demikian, akan tetapi pada beberapa kesempatan sebaiknya kita menjadi orang yang bijaksana. Sebab tidak melulu harus sama persis dengan apa yang telah direncanakan atau diinginkan. Boleh saja kita memiliki rencana dan keinginan, itu adalah hal yang wajar, bahkan harus dimiliki oleh setiap orang.

Menjadi tidak wajar tatkala kita terlalu memaksakan kehendak, yang pada akhirnya malah dapat melukai banyak orang.

2. Orang Sabar

Urang sabar kusabab boga hate. Coba lamun urang ngan boga batu. Geus dibabetkeun eta batu ka beungeut maneh.

  • Gue sabar karena punya hati. Coba kalau gue punya batu, udah tak tabokin itu batu ke muka lo.

Kata-kata di atas biasa muncul dari seorang yang memiliki kekesalan dan masih mencoba untuk bersabar sekuat tenaga.

Kalian juga mungkin pernah mengalami hal yang serupa, hal ini adalah keadaan cukup sulit, sebab setan pun tidak diam terus menggoda agar kita emosi dan melampiaskannya ke pada orang yang kita tidak suka.

Dalam kondisi seperti ini, alangkah baiknya kita coba diam sejenak untuk menjernihkan hati dan pikiran. Dengan melakukan demikian, Insha Allah hati kita akan bisa lebih terkendali dan lebih tenang tentunya.

3. Wanita Itu Seperti Cucunguk

Wanita seperti cucunguk. Lamun di udag-udag, hese. Tapi lamun geus nangkarak, oseh-osehan.

  • Wanita itu seperti kecoa. Kalau di kejar-kejar sulit. Tapi kalau sudah telentang, meronta-ronta.

Inilah dia salah satu persamaan wanita dengan kecoa. Ketika kita mengejar kecoa sangat sulit sekali, karena mereka terus berlari ke sana kemari, belum lagi ada yang terbang.

Namun setelah kecoa itu terlentang, biasanya tidak dapat berbalik lagi, mereka hanya bisa meronta-ronta menggunakan kakinya.

Nah itulah sedikit persamaan yang dimiliki oleh seekor kecoa dengan wanita, biasanya sangat sulit untuk didapatkan, tapi setelah jatuh dalam pelukan tentu sudah beda cerita.

4. Satu Hati

Panceg hiji hate. Ulah ingkah, lamun urang tara barang bere.

  • Tetap satu hati. Jangan pergi, kalau aku gak pernah ngasih sesuatu.

Kata-kata ini sudah dipastikan muncul dari orang yang pelit, sebab ia tidak ingin ditinggalkan oleh teman-temannya, biar pun tidak suka memberi alias pelit.

Apakah kalian memiliki teman yang demikian?

Sebaiknya kalian tinggalkan saja, atau tidak berikan dia pembelajaran, bahwa dalam sebuah pertemanan itu harus saling memberi satu sama lain, saling merasakan serta saling satu penanggungan.

5. Gorengan

Gusti tebihkeun kuring tina rupa-rupa kagorengan sapertos : gehu, cireng, bala-bala, jeung sajabana. Amiin.

  • Ya Tuhan, jauhkan diriku dari semua keburukan (kalau di sunda buruk = goreng ), gorengan : gehu, cireng, nakwan dan lain – lain.

Seseorang yang berkata seperti ini adalah orang-orang yang sedang diet, atau paling tidak menjaga kulit agar tidak jerawat.

Sebab gorengan seperti tahu isi, cireng dan bakwan dapat menyebab jerawat yang dihasilkan dari minyak penggorengan yang terlalu banyak.

Kata-kata Lucu Bahasa Sunda Tentang Cinta

kata kata lucu

1. Cuci Muka Pakai Coca Cola

Ari sia ngomong teh baleg bro bisi ditamasan ku coca-cola geura ku aing.

  • Kamu ngomong yang bener bro, nanti dicuci mukamu pakai coca cola sama saya.

Kata-kata Bahasa Sunda ini lucu nan kasar ya, sebaiknya kalian jangan pernah menirunya. Terlebih diucapkan kepada pacar atau kekasih, sekesal apapun jangan pernah ucapkan kata-kata ini.

2. Pacaran

Lamun dina bobogohan kedah sepertos palajaran elmu kimia. Sanes teori hungkul, nanging kedah aya praktekna oge.

  • Jika pacaran harus seperti pelajaran Ilmu Kimia. Bukan hanya teori saja, melainkan dibarengi dengan praktik.

Dalam menjalin sebuah hubungan, baik itu pacaran atau orang yang sudah menikah, tidak hanya butuh teori, akan tetapi butuh juga implementasi.

Bahkan dalam urusan asmara, hubungan dan cinta, implementasi atau praktik lebih penting daripada hanya sebuah teori.

Pada umumnya praktek itu lebih sulit jika dibandingkan dengan teori, begitupun dengan urusan cinta ini.

3. Dilema

Ari lila teuing pdkt sok ka salip ku batur. Gancang teuing sok dianggap hereuy. Pas teu lila teuing teu gancang teuing ngomongna ngan nyaman sebagai teman.

  • Kalau terlalu lama pendekatan biasanya kesalip orang lain. Terlalu cepat dianggapnya bercanda. Tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat malah dijawab nyaman sebagai teman.

Salah satu yang bisa membuat seseorang galau ialah ketika sulit mendapatkan pasangan, contohnya seperti kata-kata lucu Bahasa Sunda di atas.

Jika sudah seperti ini coba mau bagaimana, langkah terbaiknya yaitu mencoba lagi, hal yang sudah terjadi biarkan menjadi pembelajaran.

Semoga dengan pengalaman-pengalaman yang ada dan didapatkan menjadi seorang yang lebih kuat dalam mencari pasangan.

4. Putus Cinta

Pasti peurih sih mun putus, leuwih peurih deui putusna lantaran di gigiwing babaturan sorangan.

  • Pasti sakit kalau putus, terlebih sakit jika pustusnya ditikung teman sendiri.

Siapa yang tidak sedih putus dengan kekasih atau pacar, terlebih sudah menjalin hubungan yang tidak sebentar.

Namun hal lebih menyakitkan, putusnya karena pasangan diambil oleh teman, atau dalam kata lainnya ditikung.

Perasaan sedih dan marah pasti bercampur, sedih karena telah diputuskan, marah karena ditikung teman.

5. Minjem Pacar

Nginjem kabogoh lah sapoe we atuh hayang malam minguan.

  • Minjem pacar satu hari pengen malam mingguan.

Kata-kata ini biasanya terucap dari seorang jomblo akut, yang tidak pernah merasakan malam mingguan satu kali pun sampai ia berani meminjam pacar orang untuk diajak malam mingguan.


Kata-kata Bijak Lainnya:


Kata Kata Lucu Bahasa Sunda Buat Status FB & IG

kata kata jomblo bahasa sunda

1. Jomblo

Tetap menawan walaupun ulin kaditu, ulin kadieu, tanpa pasangan.

  • Tetap menawan walaupun main ke sana, main ke mari, tanpa pasangan.

Inilah ciri seorang jomblo yang terhormat, jomblo itu bukan sebuah nasib akan tetapi pilihan yang benar-benar kita pilih.

Saya rasa menjadi jomblo lebih baik, artinya lebih ringan, main ke sana, ke mari bisa tanpa hambatan.

Terlebih yang paling penting menjadi jomblo itu tidak menguras kantong dan nafsu. Tidak sedikit orang pacaran menghabiskan banyak uang, dan tidak sedikit pula yang pacaran hanya untuk menyalurkan hawa nafsu.

2. Manusia Mistar

Hirup mah tong lempeng teuing wa, da maneh teh jelema, lain jidar.

  • Hidup jangan terlalu lurus, sebab kamu manusia, bukan mistar.

Kata-kata ini hanya guyonan Bahasa Sunda saja, judulnya juga kata -kata lucu. Dalam menjalani hidup sebaiknya memang diusahakan lurus, supaya kita selamat dunia dan akhirat.

Namun bukan berarti kita harus merasa lurus, jangan demikian, sebab ketika sudah merasa lurus akan sulit untuk diingatkan orang lain.

Sebaiknya berusaha sekuat tenaga untuk menjadi seorang yang baik dan lebih baik, bukan hanya di mata manusia, namun di mata Allah.

3. Nasi Kuning

Aku tanpamu bagaikan sangu koneng leungit karetna, amburadulll!

  • Aku tanpamu bagaikan nasi kuning hilang karetnya, amburadull!!

Nasi kuning yang dibungguk biasanya diikat menggunakan karet gelang, tujuannya agar rapih dan tidak amburadul nasinya.

Kata-kata ini menunjukan seorang tanpa belahan jiwanya bagaikan nasi kuning tanpa memakai karet tersebut.

4. Pusing

Lamun aya nu nanya, aing keur naon? Bejakeun, aing keur lieur!.

  • Kalau ada yang nanya, saya lagi ngapain? bilang saja, saya lagi pusing.

Seorang yang sedang pusing, entah apa yang terjadi dan penyebabnya sehingga membuat pusing tersebut.

Namun yang jelas, seorang yang sedang pusing tidak dapat diganggu dan ditanya bahkan sekalipun.

5. Hidup Ini Simpel

Hidup ini simpel, jangan dibuat pagujud & muringkel jiga bulu kelek !

  • Hidup ini simpel, jangan dibuat ribet & kusut jiga bulu kelek !!

Memang seharusnya demikian, hidup itu tidak usah dibuat pusing, kusut dan ribet, cukup jalani dan syukuri apa yang didapatkan.

Dengan demikian Insha Allah hidup kita akan lebih baik, lebih tenang dan lebih bahagia. Bahkan suatu saat nanti bisa saja kita temukan arti hidup yang sesungguhnya.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Green Ville Cihanjuang di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Daisy

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 3 Inspirasi Denah rumah 4 Kamar dengan 1 Mushola

Bagi Pins yang beragama islam, tentu perlu untuk melaksanakan kewajiban keagamaannya seperti sholat

Properti
Properti 10 Perumahan Elit di Jakarta yang Super Mewah

Bisa tinggal dalam rumah mewah tentunya menjadi mimpi bagi semua orang. Bagaimana tidak? Desain rum

Berita Pinhome
Berita Pinhome Untung Berkali-Kali Lipat dengan Membeli Rumah Impian #CumadiPinhome

Memiliki rumah impian merupakan cita-cita banyak orang. Banyak cara dilakukan untuk menemukan rumah

Finansial
Finansial Jenis-Jenis KPR yang Populer dan Banyak Dicari di Indonesia

Pinhome - Pembelian rumah menggunakan KPR memang menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan hunian

Lifestyle
Lifestyle Intip Kediaman Sule di Tambun: Besar Bak Istana!

Siapa tidak kenal dengan Entis Sutisna? Komedian berdarah sunda satu ini kerap dikenal dengan nama

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia