BlogLifestyle20 Kata-Kata Kematian yang Menyentuh Jiwa
0
0

20 Kata-Kata Kematian yang Menyentuh Jiwa

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 4, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
kata-kata kematiantop-right-banner

Setelah selama hidup di dunia Pins merasakan banyak kenikmatan, seperti tinggal di Rumah Ekslusif contohnya The Agathis sebagai Perumahan di Kota Depok yang terbaik, kamu tentu perlu menyisihkan waktu memikirkan tentang kematian. Apa yang terbayang di benak Pins ketika mendengar kata mati atau kematian? Beberapa orang mungkin merasa sedih dan sebagiannya lagi takut. Kumpulan kata-kata kematian akan mengingatkan Pins akan waktu tersebut.

Mengingat waktu akan kematian, bisa membantu Pins untuk memperkuat ibadah dan iman kepada tuhan. Berikut beberapa kata tentang kematian yang bisa Pins simak selengkapnya!

Kata Kata Bijak Tentang Kematian

Berikut ini adalah kumpulan kata mutiara atau kata kata bijak tentang kematian yang bisa dijadikan sebagai renungan dalam hidup.

Sumber Kehidupan Adalah Harapan

jam tangan
Source : Unsplash

Harapan adalah sebuah kehidupan dimana orang yang hidup tanpa harapan adalah orang orang yang lebih dahulu mati daripada kematian itu.

Dalam hidup, harapan adalah kuncinya. Seseorang yang tidak memiliki harapan, sama halnya dengan orang yang telah mati. Bahkan dia dapat disebut orang mati sebelum mati itu sendiri. Harapan yang kuat akan mengantarkan kita kepada kebahagiaan, dan mimpi mimpi yang kita target. Maka untuk itu, teruslah senantiasa menjaga harapan-harapan itu hingga akhir karena adanya harapan membuat seseorang terus melanjutkan perjalanan hidup.

Cinta dan Kematian

Cinta dan kematian adalah dua hal yang pasti akan dihadapi oleh setiap insan, oleh karenanya jangan pernah takut untuk menghadapinya.

Setiap orang pernah dan akan mengalami dua hal dalam hidupnya, yaitu cinta dan mati. Keduanya niscaya akan terjadi dalam hiudp ini. Cinta sendiri adalah anugerah yang bisa dikatakan sangat besar dalam hidup kita, apa jadinya jika manusia tidak memiliki cinta. Sedangkan mati adalah gerbang untuk menuju kepada keabadian, buah berakhirnya kehidupan. Kata-kata cinta dan kematian akan mengingatkan siapapun untuk menghargai hidup.

Tanpa Sahabat

Kehidupan tanpa para sahabat seperti kematian tanpa para saksi.

Sepi akan menyelimuti kehidupan jika tanpa seorangpun sahabat didekat kita, mereka bagaikan lilin di gelapnya malam, atau bagaikan api di dinginnya malam. Tidak dapat kita pungkiri, sahabat adalah seorang yang dapat membuat kita bahagia dan terus melangkah untuk maju. Bahkan dalam setiap kesuksesan yang diraih oleh seseorang, terdapat peran sahabat yang tidak ternilai di sana. Sesekali, ungkapkan rasa terima kasih kepada sahabatmu dengan memberi kado atau puisi persahabatan. Tentunya mereka akan merasa dihargai dan tersentuh.

Baca juga: Kata Kata Bijak Bahasa Sunda

Hal yang Pasti

kata kata kematian
Source : Pexels

Kematian pasti datang, Jangan lupakan yang pasti.

Terdapat hal yang pasti dalam kehidupan seorang manusia dan ini tidak seharusnya untuk kita lupakan, ialah mati yang akan datang. Setiap manusia yang hidup akan sampai pada hal yang pasti ini. Kemudian kenapa tidak boleh dilupakan? Sebab mati itu berat, butuh persiapan untuk menghadapinya, persiapan terbaik ialah amal kebaikan. Setelah mati, manusia akan dikenang amalannya semasa hidup, pilihan tentu ada ditangan kita, baik buruk kita sendiri yang mengusahakannya.

Amal Kebaikan Akan Abadi

Setelah kematian menjemput, musnahlah segala apa yang kita miliki di dunia ini. Hanya amal kebaikan yang dapat dibanggakan.

Kematian itu akan menjemput manusia, ia tidak dapat diprediksi, bisa kapan datang kapan saja. Namun yang jelas, mati itu merupakan takdir dari yang kuasa. Saat seorang manusia meninggal, semua yang mereka miliki musnah tidak berbekas, kecuali amalan kebaikan. Amalan soleh atau amalan kebaikan ini akan menjadi sesuatu yang berguna dan menemani manusia nanti. Salah satu amalan yang kadang orang sepelekan ialah tentang menjaga ucapan, jika tidak bisa berbicara baik maka lebih baik diam saja.

Hidup Ini Ibarat Buku

Hidup ini seperti buku. Cover depan adalah tanggal lahir, cover belakang adalah tanggal kematian. Tiap lembar adalah hari-hari dalam hidup kita.

Seperti yang kita tahu, buku memiliki bagian-bagian, yaitu terdiri cover depan, isi buku dan cover belakang. Cover depan kita ibaratkan dengan tanggal lahir, dimana pertama kali kita ada di dunia, isi menggambarkan perjalanan hidup, sedangkan cover belakang adalah bagian penutup atau akhir dari hidup kita. Maka dari itu, makna hidup tentu harus dihargai.

Berapa Banyak Bekal yang Kita Miliki?

Source : iStockphoto

Kita tidak pernah tahu kapan kematian akan menjemput kita, namun yang pasti kita tahu berapa banyak bekal yang kita miliki untuk menghadap-Nya.

Mati adalah takdir, rencana Allah yang telah ada, bahkan sebelum manusia itu terlahir ke dunia ini. Takdir itu telah ada dan ditetapkan, maka sepintar apapun manusia tidak dapat mengetahui kapan ia akan mati.

Kapan kita mati itu pada dasarnya bukan hal yang penting, kemudian apa yang dianggap penting dan harus diperhatikan? Hal yang penting ialah mengukur takaran amalan sendiri, dan mempersiapkannya sebaik mungkin.

Baca juga: Kata Kata Bijak Bahasa Minang

Kecantikan Perilaku

Janganlah mendambakan kecantikan fisik, karena itu akan pudar oleh waktu. Kecantikan perilaku tidak akan pudar, walaupun oleh kematian.

Kata-kata ini sangat cocok sekali untuk kalian yang hendak mencari pasangan hidup, terutama lelaki. Kecantikan fisik wanita sifatnya hanya sementara, ia akan pudar seiring bertambahnya usia, sedangkan kecantikan hati yang terpancar lewat perilaku akan terus ada, bahkan abadi. Ini sekaligus menjadi pengingat bagi para lelaki untuk menemukan jodoh yang tidak hanya berdasarkan penampilan fisik saja.

Pasti dan Tidak Pasti

Hidup ini tidak pasti, kematian sudah pasti, maka bertutur dan berperilakulah yang baik agar penyesalan tidak terjadi nanti

Tulisan ini semoga menjadi pengingat kematian, bahwa sesungguhnya mati itu sesuatu yang pasti adanya, sedangkan hidup ini tidak pasti. Mengapa hidup bisa dikatakan tidak pasti? Sebab hidup sangat dinamis, dapat berubah kapan saja. Kita sering mendengar soal roda kehidupan, artinya terus berputar putar, tidak berada dalam satu titik.

Mengingat Kematian

Source : iStockphoto

Tak ada yang lebih penting dalam hidup ini kecuali mempersiapkan amal ibadah, niscaya kau akan bersedih ketika mengingat kematian.

Siapa yang tidak akan sedih, rasanya setiap orang ketika mengingat mati akan merasakan hal yang sama, yaitu sedih. Terlebih untuk seseorang yang merasa banyak dosa, kekurangan, kehilafan dan kealfaan. Cara terbaik untuk memperbaiki itu semua, yaitu bertaubat.

Semoga kita memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri yang kotor dan hina ini, dengan demikian kita akan merasa tenang saat menghadapi mati. Berikut adalah hasil rangkuman quotes atau kata-kata terbaik tentang kematian, baik itu Islami ataupun tidak.

Kematian Itu Menyakitkan

Kematian adalah hal yang menyakitkan tapi kematian itu pula yang dapat merubah orang lain.

Dalam Islam kematian itu dijadikan sebagai pengingat, bahwa manusia di dunia itu hanya pendatang saja, tak ubahnya seperti seorang yang bertamu. Artinya suatu saat pasti akan meninggalkannya.

Meskipun mati itu menyakitkan, akan tetapi terdapat hikmah atau ibroh di dalamnya, salah satunya bagaimana seharusnya kita bersikap dan menyikapi kehidupan di dunia.

Dunia yang sementara ini memang menawarkan berbagai kemewahan yang mengundang nafsu manusia. Hal itu tidak ubahnya godaan jika kita tidak mampu menggunakannya untuk hal yang baik, dan dapat mendekatkan diri kepada Allah.

Kematian adalah Gerbang

Kematian adalah kehidupan dialah jantung keabadian gerbang penentuan kebaikan dan keburukan, kebahagiaan dan penderitaan.

Gerbang seperti apa yang di maksud dalam kata mutira kematian di atas? Sama halnya dengan gerbang yang kita ketahui dan pahami, ialah pintu untuk menuju ke tempat lain.

Setelah melalui kematian ini, seorang manusia akan mengetahui amalan kebaikan dan keburukannya, serta besar mana perbandingannya. Apabila amalan kebaikan lebih banyak, kebahagiaan yang akan didapatkan, sedangkan apabila amal keburukan medominasi, maka kesengsaraan yang didapatkan.

Antara Kehidupan & Kematian

Apabila kita tidak mengetahui kehidupan, bagaimana bisa kita mengetahui kematian?

Memang demikianlah mati itu, hadir untuk mahluk yang hidup. Sebab tidak mungkin ia ada untuk sesuatu yang mati atau tidak hidup. Perjalanan hidup manusia sendiri tidak jauh dengan sebuah pohon, dimana ia memiliki fase, dan pada akhirnya akan mati.

Hal yang Lebih Buruk dari Kematian

Source : iStockphoto

Rasa takut pada kematian lebih buruk daripada kematian itu sendiri.

Suatu hal yang lebih buruk dari mati yaitu rasa takut akan kematian itu sendiri. Hal ini tentu manusiawi, dan sah-sah saja. Namun alangkah baiknya ketakutan ini dikonversi menjadi hal yang baik, yaitu dengan mempersiapkan mati itu sendiri. Hal yang dirasa sangat baik untuk mempersiapkannya ialah dengan memperbanyak amalan kebaikan.

Jangan menunggu tua baru bertobat. Karena kematian menjemput tidak mengenal waktu.

Tidak sedikit orang yang memiliki pemikiran demikian, menunggu tua untuk bertobat dan melakukan kebaikan. Tentu hal ini sangat keliru, mengngat kematian tidak mengenal umur. Kemudian, sebaiknya seperti apa kita bersikap?

Hal yang paling tepat ialah menjadikan hari-hari sebagai tabungan amalan kebaikan yang dapat memperberat timbangan kebaikan kelak. Sudah saatnya untuk mulai bercermin diri dan memperbaiki kesalahan karena tidak ada waktu yang lebih tepat untuk mulai bertobat selain saat ini.

Kematian adalah Keniscayaan

Source : iStockphoto

Kematian adalah keniscayaan, Perbanyaklah mengingatnya. Semoga bertambah keimanan, dan bertambah pula semangat beramal shalih.

Kata mutiara di atas adalah nasehat yang sangat baik untuk kita, terutama bagaimana seharusnya kita menyikapi mati ini. Hal-hal yang perlu kita persiapkan ialah kebaikan sebanyak mungkin, senantisa mengingat dan menyebut namanya.

Membicarakan Kematian

Jangan membicarakan kematian, karena tanpa dibicarakan pun dia akan datang tepat pada waktunya.

Sebetulnya sah-sah saja kita membicarakan kematian untuk kepentingan kematian dan kebaikan serta sebagai pengingat kepada Sang Pencipta. Semoga harapannya dengan mengingat dan membicarakannya, iman kita akan semakin kuat dengan bukti amalan yang semakin meningakat.

Jangan Sombong

Kematian gak inget usia, jadi jangan sombong walau masih muda.

Sombong adalah perbuatan tercela, tidak disukai Allah dan manusia, maka sebaiknya hindari sifat ini. Sombong akan membawa kita kepada ketidakbaikan, sehingga menjadikan itu hal yang rugi dunia dan akhirat. Salah satu hal yang efektif untuk menghilangkan atau menekan rasa sombong ialah dengan mengingat kematian.

Baca juga: Cara Menghindari Sifat Sombong yang Tidak Baik untuk Diri Sendiri

Kematian Bukan Bencana Terbesar

Kematian bukanlah bencana terbesar dalam hidup ini. Bencana terbesar dalam hidup adalah ketika ketakutan kita kepada Allah sudah mati saat kita masih hidup.

Tidak sedikit manusia yang menganggap kematian itu adalah bencana terbesar dalam hidup. Padahal menurut beberapa ulama, bencana paling besar ialah ketika tidak mampu mengingat Allah. Jangan sampai kita termasuk golongan-golongan yang tidak takut kepada Allah, padahal hidup dan mati kita adalah milik-Nya.

Harapan Kita Semua

Kematian adalah ujung dari perjuangan, akhir dari kemenangan, pintu dari kehidupan.

Kita semua tentu berharap demikian saat meninggal kelak, yaitu mendapatkan kebaikan dan kemuliaan. Meskipun sebenarnya dosa kita sebagai manusia amatlah banyak  dan tidak dapat dihitung oleh hitungan kita.

Itulah beberapa kata-kata kematian yang bisa Pins jadikan sebagai pengingat untuk lebih menghargai hidup. Bagaimana Pins, apakah kata-kata tersebut cukup bermakna?

Baca juga: Puisi Tentang Cinta

Featured image source: Kompasiana


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Raharja Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download