Pinhome

30 Kata-Kata Bijak Rhenald Kasali

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 21 September 2021 ∙ 14 menit membaca

30 Kata-Kata Bijak Rhenald Kasali – Prof. Rhenald Kasali, Ph.D. saat ini menjadi tokoh intelektual Indonesia. Berbagai pemikiran beliau yang dituangkan ke dalam buku sangatlah menggugah. Salah satu dari sekian banyak buku yang telah ditulis beliau adalah berjudul Changed.

Melalui artikel ini, kami ingin berbagi kata-kata bijak Rhenald Kasali.

Bagi anda yang tidak memiliki kesempatan membaca bukunya, semoga kumpulan quotes dan kata-kata bijak dari Rhenald kasali ini bisa mejadi inspirasi Anda.

Biografi Singkat Rhenald Kasali

Nama LengkapRhenald Kasali
Tanggal Lahir13 Agustus 1960
ProfesiAkademisi dan Praktisi Bisnis
Biografi Rhenald Kasali

Prof. Rhenald Kasali, Ph.D. lahir di Jakarta pada 13 Agustus 1960. Ia dikenal sebagai Akademisi dan Praktisi bisnis asal Indonesia. Pada tahun 2009 ia diangkat sebagai guru besar di bidang ilmu manajemen Universitas Indonesia.

Karir Rhenald Kasali terbilang sangat cemerlang, baik itu sebagai akademisi maupun diperusahaan. Tercatat ia mendapatkan berbagai penghargaan, baik itu dari pemerintah ataupun dari lembaga non-pemerintah. penghargaan paling luar biasa ia dapatkan adalah Satya Lacana dari Presiden Republik Indonesia.

Kata-Kata Bijak Rhenald Kasali yang Inspiratif

Sumber: beritabaik.id

Berikut kumpulan kata-kata bijak dari Rhenald Kasali yang memotivasi dan menginspirasi, terutama dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tidak bisa kita pungkiri motivasi amatlah penting untuk menjaga tujuan dan keinginan kita.

1. Anomali Perubahan

Manusia ingin berubah, tetapi tidak mau dirubah

Tidak sedikit kita menemukan manusia yang demikian, memiliki keinginan untuk berubah, namun sangat sulit menolak perubahan secara tidak sadar.

Contoh sederhananya ketika kita duduk di bangku sekolah, tentu saja ingin menguasai berbagai materi pelajaran. Tapi anehnya tidak sedikit siswa yang mengerjakan tugas tidak dengan baik. Bahkan ada yang tidak mengerjakannya.

Dari kejadian tersebut kita dapat mempelajari sesuatu hal, bahwasannya perubahan itu tidaklah mudah untuk dilakukan, bahkan cendrung sulit.

Untuk melakukan perubahan dibutuhkan niat dan tekad yang kuat, sebab akan banyak sekali gangguan dan godaannya. Perubahan itu bukanlah sesuatu hal yang instant.

2. Perangkap Masa Lalu

Tanpa belajar, kita akan terperangkap hidup di masa lalu

Bukan hanya soal cinta saja yang dapat memperangkap seseorang di masa lalu, namun ilmu dan pengetahuan juga. Seseorang yang tidak belajar bisa jadi akan merindukan masa lalu mereka yang penuh dengan prestasi dan kenangan.

Perubahan tidak lagi bisa kita hindari, seiring berjalannya waktu manusia harus mampu menyesuaikan diri mereka dengan keadaan dan jaman. Tanpa belajar maka tidak akan mampu mengikuti semua, yang pada kahirnya akan terjebak di masa lalu. Untuk itu teruslah belajar, masing-masing dari kita memiliki kewajiban untuk terus berkembang.

3. Mendengarkan

Mendengarkan merupakan upaya yang memerlukan energi dan konsentrasi

Kata-kata bijak dari Rhenald Kasali satu ini mengartikan bahwa tidak semua orang mampu menajadi pendengar yang baik. Orang yang mampu berkonsentrasi saat mendengarkan orang lain berbicara akan mendapat sesuatu hal yang berharga.

Meskipun mendengarkan adalah sesuatu hal yang membosankan dan cape, tapi ingatlah, air tidak akan masuk ke dalam gelas yang penuh. Untuk itu kita perlu mengosongkan gelasnya, yaitu meninggalkan keegoisan dan kesombongan yang bersemayam dalam diri.

Baca juga: 7+ Kumpulan Quotes & Kata-Kata Galau Yang Paling Menyentuh Hati

4. Pemimpin dan Kesalahan

Pemimpin yang tidak melakukan kesalahan, pemimpin yang tidak melakukan apa-apa

Dari kata-kata bijak di atas, Prof. Rhenald Kasali ingin menegaskan bahwa kesalahan adalah hal yang lumrah dan wajar untuk seorang pemimpin sekalipun.

Bagi orang bijak, kesalahan akan menghantar mereka pada cara berfikir yang matang. Tanpa sebuah kesalahan tidak mungkin akan tercipta sebuah perubahan.

Hal yang terpenting adalah kesadaran akan kesalahan tersebut. Sebab dengan demikian, kesalahan akan terus dievaluasi sehingga melahirkan sesuatu yang luar biasa.

5. Indikator Miskin dan Kaya

Miskin dan kaya itu indikatornya adalah seberapa mampu kita memberi dan berbagi. Semua agama mengajarkan itu bukan?

Indikator miskin dan kayanya seseorang adalah memberi dan berbagi. Barangkali inilah hakikat dari kekayaan yang sesungguhnya.

Saat kita melihat dengan hati, kekayaan seseorang tidak lagi soal materi, akan tetapi soal seberapa banyak mereka memberi dan berbagi. Semua agama yang ada memang mengajarkan hal tersebut, untuk salaing mengasihi satu sama lain, memberi kebaikan dan kebahagian di tengah-tengah manusia.

Baca juga: 29+ Kata Kata Bijak Bahasa Inggris Keren & Insipiratif

6. Impian yang Besar

Impian boleh besar asal dibangun dari fondasi-fondasi kecil.

Quotes dari Prof. Rhenald Kasali di atas mengungkapkan bahwa mimpi yang besar terlahir dari langkah-langkah yang kecil. Semua tidak terjadi langsung begitu saja. Ada proses yang harus kita lewati untuk sampai pada tujuan.

Bebicara soal mimpi dan tujuan, tentu saja bukanlah hal yang mudah, membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mencapainya. Mulailah dengan sesuatu hal yang bisa kita lakukan sekarang, jangan menunggu hari besok apalagi nanti, kerjakanlah apa yang bisa dikerjakan saat ini.

7. Sederhana dan Rumit

Semua bisa dibuat sederhana karena dasarnya semua hal itu memang sederhana. Rumit adalah perbuatan manusia.

Manusia barangkali menjadi sumber kerumitan dalam hidup. Pada dasarnya semua itu memang sederhana, akan tetapi terkadang pemikiran manusia sangat jauh melampui masalah itu sendiri.

Agar nampak sederhana, maka berfikirlah sesederhana mungki. Hal yang rumit seperti hitungan matematika saja dapat disederhanakan, apalagi masalah yang hadir sudah pasti ada solusinya. Kehidupan memang senantiasa menghadirkan masalah yang tidak bisa diduga. Namun percayalah, setiap masalah yang hadir sudah ada solusinya.

8. Semua Akan Biasa Pada Waktunya

Hal-hal yang kita anggap aneh pada hari ini, mungkin besok akan menjadi biasa saja.

Barangkali memang seperti itulah kehidupan, segala sesuatu hal yang kita anggap aneh saat ini, di masa yang akan datang akan nampak biasa saja.

Begitupun dengan hal-hal yang dianggap menyedihkan di masa lalu. Saat ini malah menjadi sesuatu hal yang lucu dan membahagiakan saat dibicarakan dengan kawan-kawan. Manis pahit dari sebuah kenangan harus tetap kita kenang, dan percayalah di masa yang akan mendatang itu akan sangat berguna sekali untuk kehidupan kita.

9. Tidak Apa Salah

Tidak apa salah. Kadang itulah awal mula lahirnya sesuatu yang baru! Kita salah jalan, tak disangka ada saja hal baru yang kita temukan.

Segala sesuatu hal yang terjadi pasti akan mendatangkan hikmah, tergantung dari sudut mana kita dapat melihat itu semua. Kesalahan sekalipun akan mendatangkan kebaikan jika kita benar dalam menyikapinya.

Terkadang perubahan yang luar biasa bermula dari kesalahan yang pernah diperbuat. Pada akhirnya kita akan sadar dan dipertemukan dengan jalan yang benar.

10. Biarkan Mereka Sibuk

Lebih baik tidak bertarung di genderang perang yang ditabuh orang lain. Biarkan saja pembenci sibuk dengan diri mereka, nanti juga capek sendiri kalau tak digubris.

Ada orang yang merasa senang dan benci kepada kita itu adalah hal yang wajar dan biasa, namun jangan sampai kita terpancing. Justru itulah yang diinginkan oleh meraka, ikut dengan permainan mereka.

Tunjukanlah sikap tidak peduli kepada mereka, semakin kita tidak mempedulikannya, maka mereka akan semakin tidak suka, yang pada akhirnya mereka akan merasa capek.

11. Bukan Solusi

Mengeluh bukanlah solusi.

Mengeluh adalah sebuah kata yang dilakukan ketika memiliki banyak persoalan yang dihadapi, padahal hal tersebut tentu bukanlah solusi. Tidak jarang juga sebuah keluh kesah malah memperkeruh suasana yang ada.

Daripada mengeluh, ada baiknya melakukan hal yang memang dapat dilakukan. Tentu ada banyak sekali jalan keluar yang ada, dan seringkali kita tidak menyadari hal itu.

12. Tentang Rasa Takut

Satu-satunya penjara bagi manusia adalah rasa takut. Satu-satunya kebebasan hakiki adalah bebas dari rasa takut itu.

Semua manusia memiliki rasa takut, kemudian apakah rasa takut tersebut salah? Rasanya tidak juga, namun yang salah itu ketika memuliki rasa takut yang berlebihan.

Ada banyak cara untuk lepas dari rasa takut, yaitu dengan meyakinkan diri bahwa semuanya akan baik-baik saja. Manusia tidak memiliki kemampuan untuk merubah apapun, yang perlu dilakukan hanya berusaha saja.

Baca juga: 1001 Kumpulan Kata-kata Bijak Penuh Makna

13. Pesan untuk Anak Perempuan

Wahai anak-anak perempuanku, janganlah kalian seskali memberikan kepala kalian untuk diinjak oleh laki-laki. Kalau kalian lemah, wajar saja laki-laki semena-semana.

Menjadi seorang perempuan itu haruslah memiliki harga diri, agar laki-laki tidak berani untuk menginjak-nginjaknya. Perempuan yang memiliki harga diri ialah mereka yang mampu menjaga dirinya, dan menempatkan posisi mereka dimanapun berada.

Kata-kata dari Prof. Rhenald Kasali di atas seharusnya menjadi pengingat sekaligus pesan bagi kaum perempuan agar senantiasa menjadi pribadi yang mampu menjaga diri dengan baik.

14. Memulai Hal Kecil

Agar berani melakukan sesuatu sedini mungkin, mulailah dari hal-hal kecil. Jangan membuat diri Anda menjadi takut memulai dengan segala hal yang berlebihan.

Sesuatu yang besar dimulai dari hal-hal yang kecil, jangan sampai menunda sesuatu yang baik karena Anda merasa belum siap untuk melakukannya. Seringkali kita menunggu momentum yang pas, kemudian tanpa disadari telah melewatkan banyak hal dalam kehidupan ini.

Hal yang kecil sekalipun akan banyak memberikan pelajaran, sehingga tanpa kita sadari akan siap untuk melakukan hal-hal besar di kemudian hari.

15. Keajaiban dan Zona Nyaman

Keajaiban tak pernah terjadi di zona nyaman.

Kata-kata bijak Rhenald Kasali satu ini seakan mengingatkan kita semua bahwa zona nyaman itu menjebak. Progress yang besar dan luar biasa tidak dimulai dari posisi tersebut, justru sebaliknya, yaitu dari zona-zona krisis.

Ketika seorang berani menempatkan diri dalam keadaan krisis, maka ia akan bekerja lebih keras, sebab ada banyak hal yang harus diselesaikan dengan sesegera mungkin.

Tanpa disadari hal itu akan membuat mental diri menjadi semaikin kuat dan tangguh. Sehingga bukan tidak mungkin suatu hari nanti kita menjadi seorang yang benar-benar matang dalam melakukan segala hal.

16. Mental Miskin

Orang yang miskin hanya memikirkan dirinya sendiri dan tidak membantu orang lain berkembang. Ia menjadi miskin karena mentalnya juga miskin.

Hampir semua literatur menyebutkan, kemiskinan bermula dari mental yang miskin, dimana sulit untuk menerima keadaan dan menjadi seorang yang membantu orang lain. Saat kita menjadi seorang yang terbuka, dengan tidak sadar telah memiliki mental untuk kaya.

Untuk menjadi seorang kaya raya, banyak sekali hal yang harus kita pelajari, bukan hanya soal mencari uang semata, namun lebih dari pada itu, soal bagaimana kita bersikap dan mengelola kekayaan itu sendiri.

Tidak sedikit kita menemukan orang-orang yang terlahir dalam keadaan kaya, namun pada akhirnya mereka harus menelan pil pahit menjadi orang miskin karena salah dalam bersikap.

17. Membuat Perubahan

Kalau kita diganggu, tandanya kita sedang membuat perubahan. Kalau kita dizalimi jangan mengeluh karena Tuhan selalu bersama orang-orang baik.

Nasehat dari Prof. Rhenald Kasali ini sangat bagus, dimana kita harus tetap berfikir positif dalam keadaan apapun. Misal saat kita sedang mendapatkan gangguan, dalam sebuah perubahan itu adalah hal yang amat wajar. Tinggal bagaimana kita menyikapi hal tersebut.

Tuhan senantiasa memperhatikan mahluknya, apa yang terjadi pada kita tidak luput dari pantauannya. Hal yang terpenting adalah kita harus senantiasa berbuat kebaikan kapanpun dan dimana pun.

18. Dinamis dan Adaptif

Mereka yang mampu bertahan adalah yang paling cocok dengan lingkungan dinamis dan memiliki sifat yang adaptif.

Tentu saja bersikak dinamis dan adaptif bukan perkara yang mudah, keduanya memerlukan pembelajaran yang sungguh-sungguh. Tidak sedikit orang hancur karena mereka tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Perkembangan jaman saat ini sangatlah cepat, dinamis dibutuhkan untuk terus berkembang dan berthan dalam kondisi apapun.

19. Melatih Diri

Latihlah diri untuk berada di luar zona nyaman. Mau hidup nyaman? Berjuanglah, beradaptasilah.

Memiliki kehidupan yang nyaman tentu saja menjadi impian banyak orang. Namun sayangnya tidak semua orang mau memperjuangkannya, belum apa-apa mereka sudah merasa capek dan lelah dengan segala kondisi yang ada.

Maka latihan yang perlu dilakukan yaitu melatih diri agar berada di luar zona nyaman, tidak sedikit orang yang mengatakan kita harus menempatakan diri dalam keadaan yang kritis.

20. Anak yang Cerdas

Anak yang cerdas itu sejatinya adalah yang mampu membuat keputusan, saat jatuh sekali, dia cepat bangkit kembali. Bukan yang hanya bisa mengandalkan rapor dan ijazahnya kemana-mana.

Kata-kata di atas merupakan sebuah pendapat dari Prof. Rhenald Kasali tentang anak cerdas. Bagaimana apakah Anda setuju dengan pendapat beliau?

Membuat keputusan yang cepat dan tepat bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan keberanian dan pengalaman yang cukup. Tidak banyak orang yang memiliki mental untuk melakukan hal itu semua.

Bangkit kembali saat jatuh bukanlah perkara yang mudah, tidak sedikit yang terjelembab dan bahkan terperosok dengan kondisi keadaan yang sedang dihadapi.

Baca juga: 16 Tips Memulai Bisnis Sendiri Menuju Sukses

21. Upaya yang Hebat

Kalau mau melakukan sesuatu yang hebat, maka upayamu juga harus hebat. Tidak akan ada perubahan kalau upayamu masih rata-rata.

Hasil senantiasa berbanding lurus dengan usaha dan upaya yang dilakukan. Quotes Prof. Rhenald Kasali ini setidaknya bisa dijadikan sebagai motivasi dan pengingat agar senantiasa memperjuangkan apa yang kita inginkakan.

Berusahalah sekuat tenaga untuk mencapai apa yang Anda inginkan. Jangan sampai menyerah dipertengahan jalan karena kondisi dan keadaan.

22. Orang yang Paling Mengeluh

Orang yang paling sering mengeluh adalah orang yang paling sering dikeluhkan lingkungannya.

Mungkin tidak semua orang seperti apa kata Prof. Rhenald Kasali. Tapi setidaknya itu bisa memberikan gambaran mengenai orang yang kerap kali mengeluh.

Mengelah menjadi sebuah ekspresi ketika memiliki persoalan yang banyak. Masalah dan persoalan setiap orang beragam, begitupun dengan cara penyelesainnya. Ketika seseoarang terbisa mengeluh, maka akan sulit untuk menemukan solusi atau pemecahan persoalannya.

23. Menjadi Leader

Mau jadi leader? Jangan hanya mengejar IPK. Bangun mental kalian!

Ini adalah sebuah nasehat untuk Mahasiswa yang ingin menjadi pemimpin, agar mereka tidak hanya memikirkan matematika saja, ada hal lain yang harus diperhatikan yaitu mental.

Membangun mental tidak bisa dilakukan dalam waktu sebentar, memerlukan proses yang cukup panjang dan berat. Tahap demi tahapnya harus diikuti dengan seksama.

24. Harus Tuntas

Pencapaian itu tidak usah banyak-banyak tidak usah rumit-rumit lakukan satu per satu yang penting tuntas.

Tuntas itu artinya selesai dengan baik. Ini harus menjadi catatan untuk kita semua dalam melakukan segala hal, termasuk tentang pencapaian. Hal yang besar sekalipun apabila tidak dikerjakan secara tuntas maka menjadi sebuah persolan yang barangkali mencoreng diri kita.

25. Takaran yang Berbeda

Tiap takaran dan kemapuan manusia berbeda. Kita tak bisa memaksakan.

Kemampuan dan kapasitas manusia memanglah berbeda-beda, harusnya itu bukanlah sebuah persoalan. Sebisa mungkin untuk saling mengisi kekosongan antara satu dengan yang lainya. Takaran dan kemampuan dari seseorang memang tidak dapat disamakan, dan mustahil sama, pasti memiliki perbedaan.

Baca juga: Cara Melawan Rasa Takut

26. Pastikan Diri Kita Bahagia

Bagaimana kita akan sukses jika kita tidak bahagia? Jadi pastikan “diri kita bahagia” sebelum belajar atau bekerja.

Seseoran gyang bahagia akan melakukan berbagai pekerjaan atau kegitan dengan perasaan senang tanpa ada beban sedikit pu.

Hal ini tentu akan sangat berpengaruh sekali terhadap pencapaian. Maka tidak heran pada quotes di atas, Prof. Rhenald Kasali berkata demikian. Bisa jadi itu semua berdasarkan pengalaman dari beliau.

27. Tidak Masalah Gagal

Hari ini kamu gagal karena kamu sedang belajar. It’s okay to fail.

Saat belajar seharusnya tidak ada banyak hal yang perlu dikhawatirkan, mau itu berhasil atau gagal, semuanya akan menjadi ilmu yang sangat berharga untuk dikemudian hari.

Jangan sampai kita tidak melakukan apa-apa selama hidup karena takut kegagalan. Jika hal demikian terjadi, sesungguhnya itulah kegagalan yang sebenarnya.

28. Tentang Ranking Sekolah

Nilai atau ranking sekolah hanya sebagian kecil dari sebuah prestasi. Kecil sekali, apalagi jika belum dibuktikan dalam kehidupan.

Nilai dan ranking sekolah adalah sesuatu hal yang ditulis pada secarik kertas, itu tidak membuktikan banyak hal dalam kehidupan, masih mememrulakan proses pembuktian yang panjang dan rumit.

Tidak sedikit orang yang gagal pada akademiknya namun sukses dalam menjalani kehidupannya. Akan tetapi ada juga yang sebaiknya, cemerlang dalam akademik, namun gagal dalam kehidupannya. Nilai rapor akademik tidak dapat dijadikan patokan kesuksesan yang sesungguhnya.

Baca juga: 10 Cara Mengembalikan Semangat Hidup yang Ampuh

29. Perubahan, Pembaharuan dan Kemajuan

Perubahan belum tentu membuat sesuatu menjadi lebih baik. Namun, tanpa perubahan, tidak akan ada pembaharuan, tidak akan ada kemajuan.

Prof. Rhenald Kasali dalam quotes atau kata-kata bijak Rhenald Kasali di atas kemungkinan besar ingin menyampaikan bahwa sejatinya pembaharuan dan kemajuan itu dimulai dengan perubahan, meski tidak ada jaminan tentang perubahan itu sendiri akan seperti apa.

Namun hal yang perlu kita ingat, soal hasil diluar kapasitas manusia, sebab semua itu telah ada yang menetukan. Manusia cukup berusaha dan kerja keras, memaksimalkan potensi yang ada.

30. Masa Depan Bukanlah Warisan

Masa depan bukanlah warisan orang tua, melainkan upaya kaum muda. Merekalah yang buat dan tentukan akan seperti apa.

Masa depan hanya bisa diupayakan oleh diri sendiri dengan usaha dan kerja keras yang maksimal. Doa dan usaha menjadi faktor yang sangat krusial.

Untuk Anda yang tidak memiliki orang tua kaya tidak perlu khawatir akan masa depan, sebab masih bisa diusahakan dengan sekuat tenaga. Sedangkan untuk Anda yang terlahir dari keluarga berkecupan, seharusnya mampu memaksimalkan potensi yang ada untuk lebih suskses lagi dikemudian hari.


Prof. Rhenald Kasali adalah tokoh yang sangat luar biasa. Smoga dari qotes atau kata-kata bijak beliu kita bisa mengambil hikmah dan pembelajaran.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source feature image: suarabayasurabaya.net

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle Ucapan Selamat Pagi Islami yang Mengandung Doa Baik

Mengawali hari dengan doa akan membuat harimu lebih menyenangkan. Di samping itu, kamu juga berbaga

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengantar Nikah, Begini Cara Mengurusnya!

Pinhome - Mengurus pernikahan tak hanya perihal dekorasi dan catering acara saja. Kamu juga harus m

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas

Contoh surat keterangan sehat itu seperti apa, sih? Kamu mungkin saat ini sedang mencari surat kete

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengajuan Dana yang Baik dan Benar!

Ingin mengajukan surat pengajuan dana? Jangan buat asal-asalan kalau ingin pengajuannya diterima, y

Lifestyle
Lifestyle 40+ Referensi Ucapan Selamat Ulang Tahun buat Teman & Sahabat

Menyampaikan ucapan selamat ulang tahun buat teman adalah hal yang wajib diutarakan. Pasalnya, doa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia