Pinhome

Kata Kata Bijak Bahasa Turki

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 20 July 2021 ∙ 13 menit membaca

Tulisan ini merupakan kumpulan kata kata bijak dalam Bahasa Turki, sebagai salah satu sarana untuk mengenal kebudayaan Turki itu sendiri.


Setiap bahasa dan wilayah di dunia ini pastinya memiliki kata kata bijak, peribahasa dan pepatah. Umumnya kata kata tersebut dijadikan sebagai motivasi hidup dan penyemangat di kala bersedih. Begitupun dengan Turki, di sana terdapat kata kata bijak yang sangat menggugah.

Salah satu contoh dari kata kata dalam bahasa Turki seperti berikut;

Güneşte yanmayan gölgenin kıymetini bilmez.

Siapa yang tidak pernah terbakar matahari tidak akan tahu nilai dari bayangan.

Kata kata tersebut memberi pesan kepada kita, bahwa sesuatu akan terasa lebih nikmat dan dibutuhkan setelah tiada.

Tulisan ini setidaknya akan menyajikan kumpulan kata kata bijak dan kata kata mutiara dalam bahasa turki beserta artinya. Kamu juga bisa menjadikan sebagai status fb, caption isntagram, status wa dll.

Sekilas Tentang Turki

Keindahan turki
Ibu KotaAnkara
Bahasa ResmiTurki
Jumlah Penduduk77 Juta Jiwa
Luas Wilayah783,562 km2 
Informasi umum tentang Turki

Turki merupakan sebuah negara dengan bentuk republik konstitusional, demokratik dan sekuler. Republik Turki dideklarasikan oleh tokoh yang sangt terkenal pada tanggal 29 Oktober 1923 oleh Mustafa Kemal Ataturk berdasarkan perjanjian Lausanne sekaligus berakhirnya kekuasaan kesultanan Ottoman.

Luas wilayah Turki mencapai 783.562 km persegi dengan jumlah penduduk 74 juta jiwa. 90% dari masyarakat Turki merupakan islam, artinya menjadi agama mayoritas.

Sedangkan secara geografis, Turki terletak di antara 2 benua, yaitu benua Eropa dan benua Asia. Maka tidak mengherankan rasanya jika turki kaya akan budaya.

Kata Kata Bijak Bahasa Turki

kata kata bijak bahasa turki

Berikut ini merupakan kumpulan quotes dalam Bahasa Turki yang memotivasi dan menjadi penyemangat untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

#1. Yakin Bisa

Kimse için “yapmaz” deme uygun koşullar sağlandığında herkes her şeyi yapabilir

Jangan mengatakan “tidak bisa” sebab pada kesempatan yang tepat semua orang akan bisa melakukannya.

Dari sini kita dapat belajar bahwasannya mengatakan “tidak bisa” terhadap sesuatu hal bukanlah sebuah pilihan. Sebab, bukan tidak mungkin ketika kita mengatakan “tidak bisa” ada hal besar yang dilewatkan.

Sebelum mencoba, tentu kita tidak akan mengetahui kemampuan diri sejauh mana. Untuk itu maka cobalah terlebih dahulu, berhasil atau tidak barangkali menjadi hal yang lain.

Keyakinan yang penuh akan mengantarkan pada kemenangan, sebab hal itu menjadi modal amat penting untuk terus memperjuangkan sesuatu hal.

Ketika diberikan sebuah tantangan, jangan pernah berkata “tidak bisa”, namun katakan “saya akan mencoba”.

#2. Mendengar

Neden iki kulağımıza karşılık bir dilimiz var, biliyor musunuz? Çok dinleyelim de az konuşalım diye.

Diyojen

Artinya: Apakah kamu tahu mengapa kita memiliki dua telinga dan mulut hanya satu? Itu artinya supaya kita lebih banyak mendengar dari pada berbicara.

Kata kata mutiara satu ini sangat filosofis sekali, bukan hanya terdapat dalam bahasa Turki saja, namun barangkali sudah sangat dikenal di berbagai belahan dunia.

Memang barangkali menjadi seorang pendengar yang baik itu lebih sulit dari pada seorang pembicara. Sebab kita akan merasa susah untuk menahan yang demikian, terlebih jika sudah terbiasa melakukannya.

Mulut seringkali berkata yang tidk seharusnya, dan bahkan kerap kali menjadi pedang tajam yang mengoyak orang lain.

Bukankah perkataan atau ucapan lebih tajam dari pedang dan pisau?

Tidak jarang perkataan itu dengan begitu mudah terlontar tanpa dipikirkan terlebih dahulu.

#3. Seorang yang Pintar

Akıllı insanlar, tüm kanunlar kaldırılsa bile, yine aynı hayatı sürerlerdi.

– Aristophanes

Artinya: Orang yang pintar, bahakan apabila hukum dihapuskan sekalipun ia akan hidup sama.

Orang yang pintar artinya tidak perlu hukum, sebab secara natural dan alamiah ia telah memeiliki dan mengetahui akan sesuatu batasan, mana yang perlu dilakukan dan mana yang tidak.

Berbeda halny dengan saat ini, dimana hukum – hukum mulai dilanggar, baik itu hukum moral atau adat yang berlaku di masyarakat maupun hukum yang dibuat oleh negara.

Lebih disayangkan lagi, ternyata tidak sedikit orang yang melanggar hukum adalah mereka yang mengaku berpendidikan tinggi.

Apabila dikaitkan dengan kata kata bijak Bahasa Turki di atas, seorang yang berpendidikan sekalipun jika masih melanggar hukum ia bukan seorang yang pintar.

#4. Makna Hidup yang Hilang

Hayatın anlamını kaybetmişsem ölmeliyim.

Aliya İzzetbegoviç

Artinya: Apabila aku telah kehilangan makna hidup harusnya aku sudah mati.

Sebuah makna hidup menjadi alasan untuk tetap menjalani hidup dengan penuh semangat. Makna hidup dapat dikatakan sebuah nyawa dari kehidupan itu sendiri.

Orang yang dapat memaknai hidup dengan baik, cendrung memiliki visi dan tujuan yang jelas. Sehingga mereka sangat paham apa saja yang harus dilakukan.

Maka tidak mengherankan rasanya jika beberapa orang menyebut bahwa mereka yang kehilangan makna hidup seharusnya sudah mati.

Bisa dikatakan seperti mayat hidup, tidak terdapat esensi yang penting lagi dalam kehidupan mereka.

#5. Sebuah Sebab

Ates olmayan yerden duman zikmaz

Tidak ada asap yang keluar dari tempat dimana tidak ada api.

Kata kata satu ini sudah sangat lajim dan familiar sekali di berbagai belahan negara, termasuk di Indonesia.

Secara singkat, makna dari kata kata bijak Bahasa Turki di atas yaitu tidak ada akibat tanpa sebab. Semua hal yang terjadi pasti ada sebab dan alasannya, artinya tidak terjadi begitu saja.

Ketika kita memahami hal ini, artinya akan sangat hati hati dalam bertindak dan melakukan berbagai hal, sebab semua yang dilakukan pasti ada konsekuensinya.

Tidak sedikit manusia yang memiliki masalah akibat ulahnya sendiri, bahkan kata seorang guru, 80 % masalah disebabkan oleh dirinya nya sendiri.

#6. Prasangka

Kötüye yormak ve vehim yapmak insanı derdi yokken bile hasta eder. Onun için olaylara iyi bak.

Hz. Mevlana

Arinya: Menganggap adanya keburukan terhadap diri seseorang, meskipun tanpa sebab maka akan membuat dirinya sakit. Oleh karenanya, hati hatilah dalam berprasangka.

Prasangka memanglah demikian adanya, sangat berbahaya, bahkan kerap kali menjadi sebuah fitnah. Prasangka itu adalah sesuatu yang belum tentu kebenarannya.

Maka sebaiknya kita belajar untuk berprasangka baik kepada setiap orang, termasuk kepada sang pencipta.

Prasangka baik akan mendatangkan ketenangan dan kebahagian untuk jiwa, bahkan hal tersebut bukan tidak mungkin menjadi suatu amalan kebaikan yang di catat oleh sang pencipta.

#7. Tidak Tahu Berterimakasih

Babası oğluna bir bağ bağışlamış, oğul babaya bir salkım üzüm vermemiş

Seorang ayah memberikan kebun anggur kepada anaknya, anaknya tidak memberikan setumpuk anggur kepadanya

Tidak berlebihan rasanya jika judul kata kata bijak dalam bahasa Turki ini adalah “tidak tahu berterima kasih”, sebab memang sangat merepresentasikan hal tersebut.

Kata kata ini tentu saja hanya sebagai perumpamaan saja, bisa sangat relevan dan dikaitkan dengan berbagai hal.

Tidak jarang kita menemukan seorang yang egois, ia tidak melihat orang orang yang telah membantu dan berpengaruh pada kehidupannya.

Ketika mereka sudah mendapatkan apa yang diinginkan, pergi begitu saja entah kemana, memberi kabar sekalipun tidak. Padahal sebenarnya orang yang membantu itu tidaklah butuh balas budi, yang mereka inginkan adalah kabar, tidak lebih dari itu.

#8. Jauh di Mata, Jauh di Hati

Gözden uzak olan gönülden de uzak olur

Siapa yang jauh di mata akan jauh di hati juga.

Kata kata ini bertolak belakang dengan istilah yang sering kita dengar di indonesia tentang “jauh di mata dekat di hati”.

Namun jika kita perhatikan memang orang yang jauh di mata kebanyakan jauh di hati, karena memang tidak bersama. Perasaan itu akan tumbuh ketika sering bertemu dan bersama.

Akan tetapi ada beberapa orang juga yang memang dekat di hati namun jauh di mata, biasanya mereka ini memiliki histori yang panjang, hingga tercipta kenangan yang sulit untuk dilupakan.

Semisal keluarga, teman dekat, mantan pacar dan lain sebagainya. Bagaimana dengan kamu, apakah punya orang orang semacam itu?

#9. Cantik

Zorla güzellik olmaz.

Kecantikan yang dipaksakan tidak akan berhasil.

Cantik itu bukan hanya sebatas penampilan muka atau visual saja, namun lebih daripada itu. Kecantikan adalah sebuah perpaduan yang memang tidak dipaksakaan.

Rasa-rasanya akan terlihat lebih mempesona orang – orang yang cantik secara natural, dibandingkan dengan mereka sekalipun yang menggunakan alat kecantikan mahal.

Cantik seseorang itu tidak dapat dimanipulasi dengan bentuk apapun, pasti akan ada perbedaan yang mencolok di antara ke duanya.

#10. Hanya Suara

Havlayan köpek ısırmaz.

Anjing yang menggonggong tidak menggigit

Dari kata kata bijak bahasa Turki ini kita bisa belajar bahwa mereka yang mengancam dengaan perkataan biasanya tidak bertindak, alias hanya gertakan saja.

Hal ini juga mungkin sama dengan orang – orang yang terlalu banyak bicara, dimana mereka juga pada umumnya begitu lemah dengan ekskusi.

Hal ini barangkali harus menjadi perhatian banyak orang, bahwasannya berbicara terlalu banyak dan berlebihan itu memang tidaklah baik, bahkan cendrung menjadi sesuatu hal yang negatif.

Kata Kata Mutiara Bahasa Turki

kata kata bijak dan kata mutiara dalam bahasa Turki

Kumpulan kata kata semangat dalam Bahasa Turki, bisa kamu jadikan sebagai caption IG, status WA dan pengingat untuk diri sendiri.

#1. Berbicalah dengan Bijak

Her bildiğini söyleme, her söylediğini bil

Jangan katakan setiap apa yang engkau ketahui, tapi ketahuilah setiap apa yang engkau katakan.

Menurut saya sendiri, quotes satu ini sangat luar biasa sekaligus menampar, kenapa demikian? Sebab kebanyak dari kita tidak mengontrol dan mengendalikan apa yang diomongkan.

Kebanyakan di antara kita, ketika mengetahui banyak hal maka akan banyak sekali berbicara. Bahkan tidak jarang kita ingin nampak lebih unggul dan pintar daripada kebanyakan orang.

Secara alamiah, memanglah demikian manusia itu. Maka jika dapat mengontrol setiap ucapan dan memperhatikannya, kita akan termasuk menjadi orang yang luar biasa.

#2. Bersyukur

Az şikâyet çok şükür, seni mutluluğa götürür.

Sedikitlah mengeluh, banyaklah bersyukur, maka hal itu akan membawamu kepada kebahagiaan

Bersyukur bukan hanya sebuah pilihan, namun menjadi keharusan bagi mereka yang ingin bahagia. Tanpa rasa syukur yang mendalam, seorang tidak mungkin akan mendapatkan kebahagian.

Jutru kebahagiaan itu adalah implikasi atau hasil dari rasa syukur yang mendalam, pengertian dan ilmu akan tentang kehidupan ini.

Sekaya apapun seseorang, jika tidak ada syukur rasanya tidak akan pernah bahagia. Sebab di dalam dadanya akan terus berkobar api – api keinginan.

Barangkali bersyukur dan berbagi menjadi kunci yang sangat penting untuk menuju pintu kebahagian di dunia dan akhirat kelak.

#3. Tekad untuk Sukses

Başarıya ulaşmaktaki azminiz diğer her şeyden daha önemlidir, bunu her zaman aklınızda bulundurun.

Tekad Anda untuk sukses lebih penting daripada yang lain. Ingatlah selalu hal itu.

Semua orang rasa-rasanya ingin sukses, namun tidak banyak orang yang memiliki tekad kuat, besar dan keyakinan untuk meraih kesuksesan tersebut.

Pada tekad ini amatlah penting, ibarat baterai dari sebuah smartphone, harus terus diisi dan dipupuk.

Orang yang tidak memiliki tekad kuat untuk sukses akan mustahil rasanya meraih kesuksesan itu sendiri. Sebab ketika banyak tantngn dan persoalan pasti akan goyah, dan seakan semuanya berakhir.

Maka untuk itu pupuklah tekad kapanpun, agar kesuksesan segerang datang menghampiri.

#4. Bahaya Paling Besar

Çoğumuz için en büyük tehlike, hedefimizin yüksek olması ve onu ıskalamamız değil, hedefimizin düşük olması ve ona ulaşmamızdır.

Bahaya terbesar bagi kebanyakan kita bukanlah bahwa tujuan kita terlalu tinggi dan kita melewatkannya, tetapi tujuan kita terlalu rendah dan kita tidak bisa mencapainya.

Sesuatu hal yang terkadang kita sendiripun tidak menyadarinya, yaitu tentang mimpi kecil yang kita tidak dapat mewujudkannya. Hal tersebut tentu menjadi hal yang paling berbahaya dalam kehidupan kita.

Semua orang tentunya memiliki mimpi, terlepas dari besar dan kecilnya sebuah mimpi. Namun, pernahkah kamu mendengar perkatan yang menyebut bahwa jangan terlalu tinggi dalam bermimpi, justru hal tersebut menjadi sangat fatal sekali, sebab mimpi yang tinggi akan menghasilkan tindakan luar biasa, sedang mimpi yang kecil akan mengeluarkan tindakan kecil juga.

Nah, sebaiknya kita memiliki mimpi yang besar, kemudian terus imbangi dengan kemampuan dan upgrade diri setiap saat.

#5. Meleset

Yapmadığınız atışların yüzde yüzünü ıskalarsınız.

Anda pasti melesat 100 persen dari tembakan yang tidak Anda lakukan.

Pernahkah kamu berfikir demikian, seperti halnya quotes dalam Bahasa Turki di atas? Bahwa jika kita telaah lebih jauh tentang hal tersebut memanglah demikian, jika kita tidak bertindak dan berdiam diri, sudah dipastikan tidak akan mendapatkan apapun.

Misal kita ibaratkan dalam sebuah panahan, jika busur tidak kita tarik, maka tidak ada kesempatan untuk bisa tepat target sasaran.

Sedangkan apabila dicoba, kita masih bisa memiliki harapan dan kesempatatan bahwa busur akan sampai pada target yang diinginkan.

Maka untuk itu, cobalah bertindak dan lakukan apa yang ingin kamu inginkan. Mewujudkan sesuatu hal itu butu tidandakan atau aksi.

#6. Keberhasilan Diperoleh dari keberanian

Kıyıyı gözden kaybetmeye cesaretin yoksa, okyanusu asla geçemezsin.

Anda tidak akan pernah bisa menyeberangi lautan sampai Anda memiliki keberanian untuk kehilangan pandangan dari pantai.

Keberanian dalam melakuan sesuatu hal lagi lagi menjadi modal penting untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita.

Mustahil rasanya impian akan terwujud jika tidak berani dan beranjak untuk melakukan sesuatu hal.

Kebernaian barangkali menjadi langkah awal yang sangat krusial, tidak sedikit kita menyaksikan orang orang yang gagal karena mereka tidak cukup berani.

#7. Tidak Ada Kata Terlambat

Bir ağacı dikmek için en iyi zaman 20 yıl önceydi. İkinci en iyi zaman ise, şimdi.

Waktu terbaik untuk menanam pohon adalah 20 tahun yang lalu. Waktu terbaik kedua adalah sekarang.

Tidak ada kata terlambat bagi mereka yang melakukan sesuatu hal dengan sungguh – sungguh.

Pada dasarnya dalam kehidupan ini selalu ada kesempatan yang datang, meskipun kebanyakan di antara kita belum siap dengan datangnya kesemptan tersebut.

Saya sendiri pernah merasa begitu tertinggal dari orang lain, sebab kalah start, namun bukan berarti tidak memiliki kesempatan untuk sukses, yang terpenting kita berani memulainya.

#8. Hal yang Dapat Dicapai

İnsan aklı neyi kavrayabiliyor ve neye inanabiliyorsa onu başarabilir.

Apa pun yang dapat dipahami dan dipercaya oleh pikiran manusia, itu dapat dicapai.

Saat kamu sedang merasa pesimis dan putus asa, kamu bisa menjadikan kata kata bijak Bahasa Turki ini sebagai motivasi dan penyemangat.

Bahwa sebetulnya yang terfikirkan oleh manusia itu mungkin untuk diwujudkan, tergantung seberapa kuat tekad kita.

Akan tetapi yang menjadi persoalan kebanyakn orang ialah sulitnya untuk beranjak dn bergerak melakukan apa-apa yang menjadi pendukung untuk mewujudkan mimpi tersebut.

#9. Agen Perubahan

Dünyada görmek istediğin değişimin kendisi ol.

Jadilah perubahan yang ingin Anda lihat di dunia.

Perubahan adalah sebuah kata yang mungkin sederhana namun tidak mudah untuk diwujudkan, sebab ada banyak sekali tantangan yang akan menghadang setiap langkahnya.

Diperlukan mental baja dan tekad yang kuat, bahkan tidak jarang akan menjadi bahan cemoohan banyak orang.

Jika ingin melakukan perubahan, hal yang paling utama dilakukan ialah berusaha merubah diri sendiri.

#10. Maju Terus Pantang Mundur

Durmadığın sürece ne kadar yavaş gittiğinin bir önemi yoktur.

Tidak masalah seberapa lambat Anda berjalan selama Anda tidak berhenti.

Untuk kamu yang merasa lambat dalam berproses, jangan khawatir, sebab semua hal tidak selalu diukur dengan cepat lambat, teruslah berjalan hingga kamu mendapatkan apa yang diinginkan.

Terkada tidak sedikit kita menemukan orang yang cepat berhenti dan memilih untuk tidak berjalan lagi, justru itulah sebuah kegagalan yang akan sangat berbekas dan dikenang hingga akhir hayat.

Saat ini saya juga masih berjuang untuk mewujudkan berbagai impian, meskipun terkadang lelah merasa lama dan bahkan diam ditempat, tapu saya yakin akan sukses dan tersenyum diakhir nanti.

Tetaplah tersenyum dan semangat terus.

Kesimpulan dan Penutup

Dari kata kata mutiara dalam Bahasa Turki di atas, terdapat hikmah dan pembelajaran yang bisa kita mabil.

  • Harus mampu menjaga perkataan meskipun kita tahu segalanya.
  • Jangan pernah menunda sesuatu hal.
  • Bermimpilah setinggi mungkin, agar tindakan kitapun besar.
  • Perubahan itu sulit untuk dilakukan, cobalah rubah dari hal yang terkecil.

Semoga menjadi bacaan yang bermanfaat ya!

Tags :

Bagikan Artikel