Pinhome

Kata Kata Bijak Bahasa Bali

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 19 September 2021 ∙ 4 menit membaca

Bali adalah sebuah wilayah yang terkenal akan keindahan alamnya. Pulau ini bahkan menjadi pulau paling indah ke-2 setelah Hawai. Maka tidak jarang masyarakat manca negara lebih mengenal Bali daripada Indonesia itu sendiri. Sesuai dengan judul tulisan, kita akan membahas tentang kata kata bijak Bahasa Bali, mungkin di lain kesempatan saya akan membahas tentang keindahan alam dan wisatanya.

Selain memliki keindahan alam, budaya yang unik, Bali juga nyatanya memiliki Bahasa dan dialek sendiri. Hal ini juga menegaskan keberagaman Indonesia yang luar biasa.

Berikut kata kata bijak dalam Bahasa Bali yang bisa kamu pelajari untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Bersatu Padu

kata kata bijak bahasa bali

Sagilik Saguluk, Salunglung Sabayantaka, Paras Paros Sarpanaya, Saling Asah Asih Asuh

Bersatu padu, menghargai pendapat orang lain, memutuskan segala sesuatu dengan cara musyawarah dan mufakat, saling mengingatkan, menyayangi dan membantu.

Kata kata bijak atau quotes dalam Bahasa Bali ini memiliki makna yang sangat dalam. Kata kata ini juga sangt umum sekali diungkapkan dalam acara-acara yang sifatnya resmi oleh para pejabat sebagai bentuk pengingat bagi masyarakatnya.

Persatuan sangat penting, sebab tanpa hal tersebut tidak akan ada kekuatan yang tercipta. Menghargai pendapat orang lain adalah bentuk kedewasaan, berbeda pendapat tentu sangatlah wajar, jangan sampai karena berbeda pendapat menjadikan perpecahan.

Musyawarah mufakat sudah menjadi ciri khas masyarakt Bali, bahkan Indonesia. Setiap permasalahan yang hadir harus diselesaikan dengan musyawarah dan mufakat.

Saling mengingatkan, menyayangi dan membantu harus dijadikan sebuah watak demi terciptanya kerukunan dan kemajuan. Mempedulikan satu sama lain adalah sebuah kelebihan yang dimiliki masyarakat Bali dan umumnya Indonesia.

Semoga dari sini kita belajar banyak hal, terutama tentang persatuan dan kesatuan. Terlebih hari ini negara kita sedang banyak sekali ujian dan cobaan yang berkenaan dengan hal tersebut.

Persatuan dan Kesatuan

quotes bahasa bali

Raket sekadi sampat lidi

Rekat seperti sapu lidi

Kata kata satu ini mungkin sangat familiar sekali, namun disampaikan dengan diksi yang berbeda. Kata kata bijak ini bisa jadi memiliki makna tentang persatuan dan kesatuan.

Sapu lidi jika hanya satu helai tidak akan memiliki kekuatan, sedangkan jika banyak dan diikat akan memiliki kekuatan yang luar biasa.

Dari sini kita dapat mengambil pelajaran yang sangat penting dan berharga, seharusnya kita menjalani kehidupan seperti itu, saling menguatkan satu sama lain, dan bersama-sama menghadapi permasalahan yang ada. Bukankah permasalahan yang besar akan terasa ringan jika dihadapi bersama-sama.

Permasalahan utama yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia saat ini adalah kurangnya persatuan, sehingga sangat mudah sekali diadu domba oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Perbedaan yang ada seharusnya tidak menjadi persoalan lagi, sebab dalam perbedaan sekalipun kita masih memiliki persamaan, yaitu Indonesia.

Lahan di Dalam Diri

kata kata bijak bahasa bali

Tong ngelah karang sawah, karang awake tandurin

Apabila kamu tidak memiliki Sawah, maka lahan di dalam diri (jiwa) yang harus kamu tanami.

Sebuah kata kata yang memiliki makna sangat mendalam, tidak bisa kita pahami secara langsung, karena ini merupakan kiasan. Kata kata ini juga tidak hadir begitu saja, namun melalui pemikiran yang panjang dari seorang Rohaniwan asal Bali, yaitu Ida Pedanda Made Sidemen (1858-1984), tertuang dalam “Geguritan Salampah Laku”.

Tidak banyak orang yang memahami tentang menam di dalam diri, apa makna tersirat yang sesungguhnya? Menanam benih di dalam diri yaitu melakukan intropeksi dan selalu memperhatikan serta merawat jiwa itu sendiri.

Tanamilah diri dengan sifat baik, pengetahuan dan wawasan. Niscaya tanaman tersebut akan sangat berguna sekali, bukan hanya untuk diri sendiri, namun untuk keluarga dan orang lain.

Jangan sampai menanam hal yang salah juga ya dalam diri itu, misal bibit kebencian, kesombongan, iri dengki dan bibit-bibit buruk lainnya.

Jangan Merasa Paling Bisa

kata kata bijak bahasa bali

Da ngaden awak bisa, depang anake ngadanin

Jangan merasa kamu paling bisa, biarkanlah orang lain yang menamai dan menilainya.

Pesan apa yang dapat kita ambil dari kata kata bijak Bahasa Bali ini? Hal yang paling mudah kita pahami yaitu tentang jangan merasa paling bisa.

Apabila kita telaah lebih jauh dan mendalam, seorang yang merasa paling bisa dalam segala sesuatu hal, secara tidak langsung mereka sedang mengumbar kesombongan. Karena sejatinya di dunia ini tidaklah ada manusia yang paling, karena sifat tersebut hanya untuk Tuhan semata.

Kata merasa disini menunjukan pengakuan akan diri sendiri, seorang yang membesarkan diri sendiri adalah orang yang sombong dan angkuh.

Semoga kita semua tidaklah demikian, tetap rendah hati dan merasa bodoh, karena ada peribahasa, di atas langit masih ada langit.

Dengan berfikir demikian kita akan menjadi seorang yang mawas diri, bahwa sesungguhnya kita sebagai manusia amatlah lemah tidak memiliki kekuatan.

Nah, itu dia kata kata biak dalam Bahasa Bali yang bisa guratgarut bagikan, semoga bermanfaat untuk kehidupan kita.

Tags :

Bagikan Artikel