Pinhome

Kata kata Andrea Hirata

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 24 August 2021 ∙ 6 menit membaca

Kata Kata Andrea Hirata – Andrea Hirata, seorang penulis novel laskar pelangi yang namanya sudah sangat dikenal. Beliau lahir di salah satu desa yang ada di Pulau Belitung. Saat ini kita mengenal Andrea Hirata dengan kata kata yang sangat bagus dan menarik.

Sejak kecil Andrea Hirata sudah hidup dalam serba pas-pasan, lingkungan yang memprihatinkan dan menyedihkan.

Andrea Hirata sebenarnya bukan nama asli yang diberikan oleh bapak dan ibunya, akan tetapi nama itu merupakan nama yang dibuat-buat oleh dirinya. Nama asli dari Andrea Hirata adalah Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun.

Menurutnya, nama Andrea itu diambil dari nama seorang wanita yang nekat bunuh diri apabila penyanyi pujaan hatinya tidak membalas surat darinya, penyanyi itu bernama Elvis Presley.

Selanjutnya kata Hirata diambil dari nama melayu kampung. Ketika beranjak remaja, nama tersebut dirasa cocok untuk menjadi namanya.

Baca Juga: Kata kata Tere Liye

Perjalanan Pendidikan Andrea Hirata

andrea hirata

Perjalanan pendidikan seorang Andrea Hirata sangat menginspirasi. Di masa Sekolah Dasarnya, beliau bersekolah di SD Muhammadiyah,. Sekolah yang kondisinya sangat memprihatinkan, bahkan kurang layak untuk disebut sebagai sekolah.

Di sekolah itulah Andrea Hirata bertemu dengan Laskar Pelangi, yaitu sebutan untuk para sahabatnya. Dari cerita Sekolah Dasarnya itu lahirlah sebuah novel Laskar Pelangi karya beliau.

Andrea menempuh pendidikan hingga menyelesaikan SMA di pulau Belitung kampung halamannya, setamat SMA, Andrea  berkeinginan  kuat untuk menggapai cita – cita sebagai seorang penulis dan  melanjutkan pendidikan hingga ke bangku kuliah, ia pun merantau ke Jakarta.

Baca Juga: Kata kata Asma Nadia

Dengan segala kekuatannya, ia pun akhirnya bisa melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Tentu tidaklah salah menjadikan kata kata bijak Andrea Hirata sebagai motivasi bagi kita, sebab semuanya adalah kebaikan.

Penghargaan yang Didapat oleh Andrea Hirata

Setelah Andrea tamat dari Universitas Indonesia, ia berusaha keras untuk mendapatkan beasiswa S2 Economic Theory di Universite de Paris, Sorbonne.

Dengan segala usaha dan kerja kerasnya, ia berhasil mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas de Paris, Sorbonne, Prancis dan Sheffield Hallam University, Inggris.

Tesis Andrea di bidang Ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari kedua universitas tersebut dan beliau berhasil lulus dengan predikat cumlaude.

Tesis itu telah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia dan merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia.

Quotes & Kata kata Bijak Andrea Hirata

Kata kata bijak yang sangat menginspirasi dari Andrea Hirata diambil dari sebuah novel hasil goresan tintanya yang berjudul Laskar Pelangi. Quotes-nya yang menggugah sama menginspirasinya dengan kata kata Tere Liye.

1. Tuhan Menunggu

Tuhan tahu tapi menunggu

Kalimat di atas mengandung makna bahwa segala apapun yang terjadi sudah menjadi ketetapan Tuhan Yang Kuasa, selayaknya pula Tuhan sudah lebih dulu mengetahui.

Tuhan tidak serta merta memberi dan memperlihatkan langsung tanpa usaha dari hamba-Nya, Dia menunggu sampai usaha hamba-Nya dirasa cukup maksimal.

2. Bermimpi dan Berdoalah

Bermimpi dan berdoalah karena Tuhan akan memeluk mimpi – mimpimu itu

Jangan takut untuk bermimpi setinggi mungkin. Setiap orang berhak memiliki mimpi, tetapi jangan hanya sekedar bermimpi tanpa ada usaha untuk mewujudkannya.

Bung karno juga pernah mengatakan, bermimpilah setinggi langit, jika engkau terjatuh, akan terjatuh di antara bintang-bintang.

Bermimpi pun juga harus dibarengi dengan doa, karena senjata manusia yang paling ampuh untuk mendapatkan apa yang menjadi tujuannya adalah berdoa kepada Tuhan-Nya.

3. Sebagian Orang Sulit Ditebak

Sebagian besar orang tak seperti bagaimana mereka tampaknya, dan begitu banyak orang salah dipahami, di sisi lain manusia gampang sekali menjatuhkan penilaian.

Mulusnya kulit belum tentu isinya bagus. Begitu pun manusia, bentuk visual yang bagus belum tentu hatinya sebagus luarnya. Mata kita banyak kekurangannya, jangan langsung menjatuhkan penilaian terhadap orang lain sesuai dengan apa yang kita lihat.

Sesuatu yang terlihat baik, belum tentu sebenarnya baik. begitupun sebaliknya, sesuatu yang terlihat buruk tidak sepenuhnya berarti buruk.

Sebaik-baik kita masih baik orang lain. Seburuk-buruk orang lain, masih buruk diri kita. Mari didik diri kita agar tidak selalu merasa lebih baik dari orang lain, dan tidak gampang menjatuhkan penilaian kepada orang lain.

5. Berkelana

Berkelanalah, jelajahi Eropa, jamah Afrika, temukan mozaik nasibmu di pelosok-pelosok dunia.

Kalimat di atas sangat memotivasi kita untuk terus berkembang dan berpikir maju. Teruslah bergerak, jangan hanya berdiam diri di tempat.

Imam Syafi’i pernah berkata, orang yang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman, tinggalkan negerimu, merantaulah ke negeri orang.

Jangan pernah takut untuk mencoba hal yang baru, menambah pengalaman baru, bumi ini luas. Orang yang siap merantau akan mendapat pengganti kerabat dan teman. Berlelah-lelahlah terlebih dahulu, karena manisnya hidup akan terasa setelah lelah dalam perjuangan.

6. Berkorban untuk Sesama

Hidup bisa demikian bahagia dalam keterbatasan jika dimaknai dengan keikhlasan berkorban untuk sesama.

Tidak sedikit orang mengeluh karena merasa banyak keterbatasan, belum merasa mendapatkan kebahagiaan, padahal bahagia itu sebenarnya ada pada dirinya sendiri apabila ia bersyukur.

Bagi orang-orang yang selalu bersyukur, merasa cukup dengan apa yang Tuhan berikan, kemudian ikhlas menerimanya, bahagia akan selalu ia rasakan. Bahkan orang-orang seperti ini tidak akan segan untuk berbagi dengan sesamanya agar bisa merasakan bahagia bersama-sama.

7. Jalan yang Tidak Sama

Setiap orang mempunyai jalan yang berbeda untuk memahami sesuatu.

Setiap orang mempunyai pikirannya masing-masing. Memiliki prosesnya masing-masing. memiliki sudut pandang yang berbeda.

Jangan selalu memaksakan kehendak pribadi untuk mendapatkan sesuatu, karena setiap orang mempunyai perbedaan persepsi dalam memahami suatu hal.

8. Sikap Realistis

Berbuat yang terbaik pada titik di mana aku berdiri, itulah sesungguhnya sikap yang realistis.

Setiap kebaikan yang dilakukan akan kembali berupa kebaikan pula. Di manapun dirimu berada, jangan segan untuk berbuat baik.

9. Kemiskinan

Kemiskinan susah diberantas karena pelakunya senang menjadi miskin.

Kata-kata di atas benar adanya dalam realita kehidupan. banyak orang menginginkan kehidupan yang layak, mapan, segala keinginan terpenuhi. Tetapi mereka lupa akan kerja keras yang harus dilakukan.

Setiap apa yang diinginkan perlu proses untuk meraihnya. Tidak akan pernah tercapai jika hanya berdiam diri tanpa usaha yang gigih. Tidak akan tiba-tiba jatuh dari langit.

Tuhan tidak akan mengubah hidup seseorang jika seseorang itu tidak ingin mengubah kebiasaan dirinya sendiri.

10. Menangis Semalaman

Kalau aku susah, cukuplah kutangisi semalaman. semalam suntuk. esoknya aku tak mau lagi menangis. aku bangun dan tegak kembali.

Jangan asyik berlarut-larut dalam kesedihan, jangan betah berlama-lama dengan ratapan. Tidak akan ada perubahan jika setiap kesusahan hanya ditangisi tanpa ada tindakan untuk mengubahnya.

Segera bangkit dan perjuangkan kembali, karena kebahagiaan sudah disiapkan jauh-jauh hari, hanya saja ia akan datang di waktu yang tepat.

Baca Juga: Kata kata Ayu Utami

Penutup

Demikian tulisan mengenai kata kata bijak Andrea Hirata yang penuh inspirasi dan memotivasi. Semoga dari kata kata bijak beliau dapat bermanfaat untuk diaplikasikan dalam kehidupan kita.

Tidak hanya sekedar dibaca, dipajang untuk menghiasi status, story Instagram ataupun Whatsapp. Namun lebih jauhnya dapat ber-efek untuk kehidupan kita.

Kata kata Andrea Hirata yang ditulis didapatkan dari berbagai sumber, kemudian penulis tambahkan penjelasan sesuai dengan kemampuan penulis.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Unsplash

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengantar Nikah, Begini Cara Mengurusnya!

Pinhome - Mengurus pernikahan tak hanya perihal dekorasi dan catering acara saja. Kamu juga harus m

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas

Contoh surat keterangan sehat itu seperti apa, sih? Kamu mungkin saat ini sedang mencari surat kete

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengajuan Dana yang Baik dan Benar!

Ingin mengajukan surat pengajuan dana? Jangan buat asal-asalan kalau ingin pengajuannya diterima, y

Lifestyle
Lifestyle 40+ Referensi Ucapan Selamat Ulang Tahun buat Teman & Sahabat

Menyampaikan ucapan selamat ulang tahun buat teman adalah hal yang wajib diutarakan. Pasalnya, doa

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia