Pinhome

Kata Kata Alay

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 29 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Pinhome.id – Siapa sih yang gak pernah alay? Anak 90an pasti ngalamin ya. Mengirim SMS pakai kata-kata super alay hingga gak bisa kebaca. Tapi itu jadi kenangan yang membekas hingga saat ini, bahkan tak terlupakan.

Jika merujuk pada sebuah lagu, arti alay sendiri berasal dari “anak layangan”. Namun beberapa sumber menyebutkan alay merupakan sebuah istilah untuk remaja yang berasal dari kata “A” untuk “Anak” dan “Lay” untuk:

  1. Layangan
  2. Lebay
  3. Layu
  4. Layar
  5. Kelayapan

Apapun arti dari alay, yang jelas hari ini kata kata alay sudah sangat populer sekali, bukan hanya dikalangan remaja, namun termasuk orang tua dan anak anak.

Baca Juga:

Kumpulan Kata Kata (Kosakata) Alay dan Artinya

1. Alay

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian awal, alay merupakan singkatan dari anak layangan, anak layar, anak lebay dan anak layu.

Seseorang dikatakan alay apabila tingkah lakunya memang tidak jelas, atau bisa dikatakan ingin terlihat waw.

Contoh:

  • Kamu alay banget, bajumu aneh dan gak jelas banyak gambarnya.
  • Nulisnya jangan alay campur angka segala.

2. Macapah

Macapah ini adalah kata alay dari “sama siapa”, terkadang dalam pengucapannya ditambahkan “h” pada bagian ujung jadi macapah.

Apabila diucapkan kata kata terkesan manja, biasanya diucapkan kepada pacar atau teman yang sudah sangat dekat

Contoh:

  • Kamu tadi pergi ke warung macapah?
  • Ayo kamu macapah kemarin jalan?

3. Macama

Macama ini merupakan kata alay dari “sama sama”, yang digunakan untuk menjawab ungkapan terima kasih dari lawan bicara.

Contoh:

“A: Makasih ya kemaren udah nganterin ke sekolah

B: Oh, macama.”

4. Ciyus

Kata yang digunakan untuk meyakinkan lawan bicara, dan sedikit terkejut, yang mana merupakan kata alay dari “serius”.

Contoh:

A: Kemarin aku ketemu sama Annisa Rahmayani lho di Mall

B: Ih ciyus kamu ketemu dia.

5. Akooh

Kata ini sangat sering dan lazim digunakan terutama di kalangan perempuan yang sedikit riweh. Kita barangkali sering menyaksikan kata ini digunakan oleh selebgram. Salah satunya adalah Ria Ricis.

Contoh:

“Akooh tuh udah ngingetin dia untuk gak deket sama tuh cowo!”

Baca Juga: 

6. Gayus

Ingat dengan Gayus Tambunan yang tahun 2010 lalu menggegerkan tanah air karena setelah dipenjara dengan kasus korupsi (mafia pajak), tiba tiba bisa liburan ke Bali?

Pada akhirnya di tahun tersebut populer kata “gayus” yang dianggap sebagai kata kata alay.

Kata ini menggambarkan seorang yang gila akan harta dan dunia dengan menghalalkan segala cara.

Contoh:

“Om gue udah mirip gayus, masa utang gue gak dibayar padahal dia bisa liburan ke Bali”

7. Cumi

Ini bukan nama hewan, tapi singkatan dari “cuma mikir, cuma miscall, cuma mirip dll”. Kata ini dikenalkan ke publik pada tahun 2008 oleh iklan salah satu produk kartu telepon seluler.

Secara tidak disangka kata ini menjadi populer dan terkenal sebagai kata kata alay. Apa kalian pernah menggunakannya?

Contoh:

“Kamu kerjaannya cumi doang deh”.

8. Kool

Memiliki arti yang sama dengan “cool” yaitu keren. Namun yang membuatnya menjadi sangat alay yaitu cara penulisan dengan ejaan Indonesia.

Contoh:

“Cowok itu kool banget, apalagi kalo bajunya dikeluarin”

9. Lebay

Selama ini mungkin hanya sedikit yang tahu tentang apa itu lebay sebenarnya, kata ini merupakan hiperbola dari berlebihan. Orang orang yang bersikap terlalu berlebihan biasanya disebut dengan kata lebay.

Contoh:

“Kamu itu jangan lebay kalau ngomong”

10. Meneketehe

Asal kata dari meneketehe adalah “manakutahu”, dipopulerkan pada tahun 2000-an. Hingga saat ini meneketehe masih populer dan tidak jarang digunakan oleh para remaja.

Contoh:

“A: Si Dina ke mana ya?

B: Meneketehe”


Contoh kosakata alay di atas hanya sebagian kecil saja, sebab banyak sekali kata kata alay, baik dalam bentuk kosa kata ataupun kalimat.

Oh ya, orang alay juga memiliki ciri yang mudah kita identifikasi ya..


Baca Juga:


Kumpulan Quotes Alay

Berikut kami rangkumkan beberapa quotes alay untuk kamu. Mungkin suatu hari nanti, kamu membutuhkannya?

1. Orang Jahat Masih Berguna

Sejahat apapun kamu tetap masih berguna, paling tidak kamu berguna sebagai contoh yang tidak patut untu ditiru.

Kita dapat mengambil pelajaran dari setiap orang, terlepas bagaimana sifat merek. Dari orang jahat sekalipun kita masih bisa belajar banyak hal.

Belajar tentang yang mereka perbuat dan kita lihat apa saja dampaknya, dengan demikian kita akan lebih hati hati dalam hidup ini.

2. Semoga Dimudahkan

Dimudahkan bahagiamu seperti dimudahkan nafasmu.

Semua manusia yang hidup mendambakan kebahagiaan, termasuk saya dan kalian. 

Banyak orang yang rela kerja siang malam, merantau ke negeri orang hanya untuk mencari sebuah kebahagiaan.

Semoga bahagia kita dimudahkan seperti bernafas. Saat kita bernafas tidak membutuhkan perjuangan, secara alamiah dengan otomatis kita bernafas.

3. Maafkan Aku

Maafkan aku yang hanya sering merusak waktumu karena urusan rindu.

Rindu itu memang tidak tahu waktu. Ia tiba tiba menyeruak ke dalam dada. Tiba tiba sudah sesak karena rindu itu telah membungkus dada.

4. Sebentar

Duduk sebentar biar paham.

Terkadang kita perlu duduk sejenak untuk berfikir, agar semuanya dapat dipahami dengan baik dan mudah.

5. Mengajariku

Kamu mengajariku berjalan, kemudian meninggalkanku sendirian.

Ini adalah ungkapan seorang yang ditinggalkan ketika telah bersama, bukan tidak mungkin sebenarnya masih ada rasa cinta di antara mereka.

Sakit sudah pasti dirasakan. Bagaimana tidak saat nyaman bersama, tiba tiba ia pergi menjauh.


Sudah sedikit tahu sekarang tentang kata kata alay? Semoga bermanfaat ya, maaf tulisannya sedikit, takut kalian gak kuat bacanya 🙂


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Unsplash

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengantar Nikah, Begini Cara Mengurusnya!

Pinhome - Mengurus pernikahan tak hanya perihal dekorasi dan catering acara saja. Kamu juga harus m

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas

Contoh surat keterangan sehat itu seperti apa, sih? Kamu mungkin saat ini sedang mencari surat kete

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengajuan Dana yang Baik dan Benar!

Ingin mengajukan surat pengajuan dana? Jangan buat asal-asalan kalau ingin pengajuannya diterima, y

Lifestyle
Lifestyle 40+ Referensi Ucapan Selamat Ulang Tahun buat Teman & Sahabat

Menyampaikan ucapan selamat ulang tahun buat teman adalah hal yang wajib diutarakan. Pasalnya, doa

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia