Karl Landsteiner peraih Nobel fisiologi dan kedokteran

Diperbarui oleh ∙ December 27, 2021 ∙ 3 menit membaca

Landsteiner yang bernama lengkap Karl Landsteiner menemukan pengklasifikasian golongan darah pada tahun 1901. Ia menunjukkan transfusi darah manusia antargolongan. Pengklasifikasian darah tersebut berdasarkan ada atau tidakanya zat antigen warisan pada permukaan membran sel darah merah yang diakibatkan oleh perbedaan jenis karbohidrat dan protein.

Penggolongan darah yang paling penting dalam dunia fisiologi dan kedokteran adalah penggolongan ABO (AB dan O) dan rhesus (faktor Rh). Di dunia ini, sebenarnya dikenal sekitar 46 jenis antigen, selain antigen ABO dan Rh, hanya saja lebih jarang dijumpai.

Tansfusi darah dari golongan yang tidak kompatibel dapat menyebabkan reaksi transfusi imunologis yang berakibat anemia hemonilisi, gagal ginjal, syok, dan kematian.

Karl Landsteiner menemukan tiga dari empat golongan darah yang kemudian disebut ABO, dengan cara memeriksa golongan darah beberapa teman sekerjanya. Percobaan sederhana itu ia lakukan dengan mereaksikan sel darah merah dengan serum dari para donor.

Dalam percobaan tersebut ia menemukan dua macam reaksi yang kemudian menjadi dasar antigen A dan B untuk golongan darah A dan B, serta satu macam tanpa reaksi golongan darah O. Kesimpulannya pun mengarah pada satu postulat, yaitu antigen A dan B di dalam sel darah merah yang disebut golongan A dan B atau sama sekali tidak ada reaksi yang disebut golongan O.

Golongan darah AB ditemukan oleh rekan penelitiannya Alfred Von Decastello dan Andriano Sturli, di mana dalam golongan darah AB, kedua antigen A dan B ditemukan secara bersamaan pada sel darah merah, sedangkan pada serum tidak bersamaan pada sel darah merah, sedangkan pada serum tidak ditemukan antiobodi.

Manusia dengan golongan darah A memiliki sel darah merah dengan antigen A di permukaan membran selnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen B dalam serum darahnya. Sehingga, orang dengan golongan darah A-negatif hanya dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah A-negatif atau O-negatif.

Sementara, manusia dengan golongan darah B memiliki antigen B pada permukaan sel darah merahnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen A dalam serum darahnya. Orang dengan golongan darah B-negatif hanya dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah B-negatif atau O-negatif.

Sedangkan, Individu dengan golongan darah AB memiliki sel darah merah dengan antigen A dan B, serta tidak menghasilkan antibodi terhadap antigen A maupun B. Orang dengan golongan darah AB-positif dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah ABO apapun, dan ia disebut resipien universal. Orang dengan golongan darah  AB-positif tidak dapat mendonorkan darah kecuali kepada sesama AB-positif.

Adapun orang dengan golongan darah O memiliki sel darah tanpa antigen, tetapi memproduksi antibodi terhadap antigen A dan B. Orang dengan golongan darah O-negatif dapat mendonorkan darahnya kepada orang dengan golongan darah ABO apa pun, dan ia disebut donor universal. Namun, orang dengan golongan darah O-negatif hanya dapat menerima darah dari sesama O-negatif.

Baca lebih jauh tentang siapa Karl Landsteiner di artikel: Biografi Karl Landsteiner sang penemu golongan darah

Karl Landsteiner memperoleh penghargaan Nobel dalam bidang fisiologi dan kedokteran pada tahun 1930 atas jasanya menemukan cara penggolongan darah ABO ini.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Crypto Wallet? Pengertian dan Cara Memakainya

Pada era modern ini, berkembangnya teknologi sudah banyak sekali memberikan manfaat kepada hidup ma

Finansial
Finansial BI Rate Naik? Cari Tahu Dulu Kebenarannya! (Edisi YoY Oktober & November)

#WaktunyaBeliRumah - Apakah Pins sadar, biaya yang dikeluarkan untuk transaksi bisnis properti tida

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP 6 Jutaan, Harga Mid-Range Berasa Flagship!

Jika Pins menginginkan HP mid-range dengan kualitas flagship, maka rekomendasi HP 6 jutaan adalah j

Finansial
Finansial 15 NFT Game yang Tak Hanya Seru, Tapi Juga Menghasilkan Cuan!

Sebagai bentuk investasi aset digital yang menjanjikan, banyak orang yang mencoba untuk mempelajari

Finansial
Finansial Apa itu Copy Trade? Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya

Ada banyak sekali istilah dalam dunia trading yang mungkin terdengar asing untuk kamu yang masih pe

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia