Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Manfaat Kerodong Untuk Lovebird dan Waktu Yang Tepat Menggunakannya

Manfaat Kerodong Untuk Lovebird dan Waktu Yang Tepat Menggunakannya

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 2 September 2021 ∙ 4 menit membaca

Bagi pemula yang beternak Lovebird ataupun yang baru memelihara seekor Lovebird mungkin bertanya-tanya apa manfaat kerodong untuk Lovebird. Bentuk kerodong Lovebird biasanya berbentuk kapsul karena mengikuti bentuk dari sangkarnya. Pinhome – Penggunaan kerodong ini sering dilakukan oleh pemilik Lovebird setelah memandikan dan menjemur burung. Setelah Lovebird dikerodong, biasanya dilanjutkan dengan pemasteran. Pemasteran adalah proses melatih kicauan burung hingga menyerupai suara yang diinginkan. Pemasteran ini dilakukan dengan cara memutar MP3 berbagai macam suara burung. Tujuannya adalah agar Lovebird kamu bisa meniru dan bisa ngekek panjang. Lantas apa saja manfaat kerodong untuk Lovebird?

Manfaat Kerodong Untuk Lovebird

Manfaat kerodong untuk Lovebird
(Pinterest)

1. Melatih Konsentrasi

Pada saat kamu memutar musik atau suara burung lain. Lovebird kita akan ikut menjawab kicauan tersebut. Harapannya, Lovebird kamu bisa ikut ngekek panjang. Pemasteran seringkali dilakukan pada saat penjemuran atau setelah penjemuran setelah bulunya kering kemudian dikerodong.

2. Mengurangi Stres

Pada saat kamu membeli Lovebird sekaligus dengan kandangnya, hendaknya pada waktu di bawa pulang menuju ke rumah diberi kerodong. Tujuannya agar selama perjalanan Lovebird tidak terganggu dengan lingkungan jalan yang dilewati. Setelah sampai di rumah barulah kerodong dibuka kembali.

3. Mempercepat Mabung

Lovebird yang sudah dewasa bianya akan mengalami mabung atau kerontokan bulu pada beberapa bagian tubuhnya. Selama mabung, Lovebird harus sering dikerodong agak proses mabungnya lebih cepat selesai dan bulunya bisa segera tumbuh kembali. Baca juga : Rawatan Harian Lovebird Mabung agar Cepat Selesai

4. Menjaga Kesehatan Burung

Jika Lovebird kita digantung di atap teras rumah, sebaiknya diberikan kerodong. Pada malam hari sampai pagi hari diberi kerodong agar burung tidak kedinginan. Selain itu untuk mencegah Lovebird diganggu oleh serangga seperti Nyamuk ataupun Laba-Laba sehingga kondisi Lovebird tetap prima. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah waktu mengkerodong Lovebird harus tepat. Karena kerodong dapat membuat Lovebird emosi dan birahi. Kalau sudah begini, kamu jadi lebih sulit untuk melatih Lovebird.

Masalah yang Sering Terjadi saat Lovebird Dikerodong

Masalah yang sering terjadi
(Pinterest)
Lovebird yang dikerodong diibaratkan seperti orang yang dimasukkan penjara. Apalagi kalau kerodong gelap dan tebal, Lovebird seperti dimasukkan ke ruangan yang gelap dan pengap. Sehingga, ketika kerodong dibuka, Lovebird menjadi over fighter, over birahi, dan sulit dikontrol emosinya. Lovebird yang dikerodong hanya bisa mendengar suara Lovebird lain tapi tidak bisa melihat, apalagi menyentuhnya. Hal ini membuat birahi Lovebird tidak tersalurkan. Sama seperti suami yang dipenjara dan tidak bisa bertemu dengan istrinya. Tentu birahi akan memuncak karena sudah lama tidak berduaan. Ini hanya ilustrasi atau gambaran saja. Lovebird yang sering dikerodong juga bisa menimbulkan stres. Mereka bisa mencabut bulu sendiri karena terlalu lama dikerodong.

Waktu yang Tepat Melakukan Kerodong Untuk Lovebird

Cara melakukan kerodong untuk Lovebird
(Pinterest)
Untuk menghindari stres dan kejadian yang tidak diinginkan. Kamu perlu mengetahui waktu yang tepat untuk mengkerodong Lovebird. Waktu terbaik yakni setelah matahari tenggelam dan sebelum matahari terbit. Rentang waktu ini sangat tepat untuk mengkerodong Lovebird karena Lovebird masih bisa leluasa menikmati kehidupan normal di pagi, siang, dan sore hari. Sementara malam hari dapat digunakan untuk tidur dan istirahat. Pagi hari sebelum matahari terbit harus segera membuka kerodong yang ada. Karena saat-saat seperti ini banyak sekali burung yang berkicau. Sehingga semangat untuk berkicau bersama semakin tinggi. Menjelang malam, udara bertambah dingin, jadi kerodong harus dipasang. Hal ini juga untuk menghindari agar Lovebird tidak diganggu serangga atau masuk angin. Tebal tipisnya kain kerodong bisa menyesuaikan keadaan atau cuaca di daerah masing-masing. Jika cuaca dingin berikan kerodong agak tebal, tapi jika cuaca panas berikan kerodong tipis yang masih tembus pandang. Bagi yang menjalankan terapi sauna kerodong Lovebird, lebih baik dipikirkan kembali. Walau hasilnya mampu membuat Lovebird ngekek panjang dan gacor. Namun, secara psikologi hal tersebut kemungkinan membuat Lovebird tersiksa dan kepanasan. Sebab, Lovebird dikerodong secara total dalam kegelapan sampai seisi kandang terasa panas. Baca juga: Cara Mudah dan Cepat Mencetak Lovebird Konslet

Kesimpulan

Kesimpulan kerodong untuk Lovebird
(Pinterest)
Jadi, waktu yang tepat mengkerodong Lovebird adalah malam hari. Namun, kalau cuaca sedang dingin atau musim hujan, kamu dapat mengkerodong Lovebird siang hari. Kamu juga bisa mengkerodong Lovebird saat sedang bepergian atau sedang melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor atau mobil. Intinya, Lovebird jangan terlalu sering dikerodong. Biarkan Lovebird melihat dunia yang indah dan menikmati udara sejuk. Buatlah Lovebird nyaman seperti berada di alam liar. Hal ini akan mempermudah melatih Lovebird dan membuatnya tidak stres. ————————————————- Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.  Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang! Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel