Kapan benua Atlantis tenggelam?

Diperbarui oleh ∙ December 25, 2021 ∙ 3 menit membaca

Sejarah Negara Com – Melanjutkan sejarah Sekilas mengenai Atlantis oleh Plato, lantas Kapan benua Atlantis tenggelam? Betulkah telah terjadi anakronisme (kesenjangan waktu) dalam menentukan kapan benua Atlantis tenggelam ditelan lautan?

Ucapan Critias yang dikutip Plato jelas-jelas menyatakan perang hebat antara bangsa Atlantis dan Athena itu itu terjadi pada 9.000 tahun SM, sesuai dengan yang diceritakan Solon pada kurang lebih tahun 600 SM (Solon meninggal pada 558 SM). Katakanlah perang itu terjadi tahun 9600 SM, lalu benarkah penetapan tahun ini?

Para ahli sejarah lalu menghubung-hubungkan dengan perkembangan peradaban suatu zaman. Misalnya dalam sejarah mana pun tidak pernah tercatat bahwa pada tahun 9600 SM bangsa Athena menentang Atlantis. Sebab Mycenaea sebuah kota besar yang ada di Athena baru muncul tak lebih dari abad XVI SM atau tahun 1700 SM.

Alasan lain, pada tahun 9600 SM budaya tulis-menulis dan kerajinan logam belum ada di belahan bumi mana pun, padahal Plato menyebutkan bangsa Atlantis memiliki hukum tertulis yang sempurna.

Bahkan masyarakat petani yang pertama dan paling sederhana pun baru ada di tahun 700 SM (ingat, Atlantis digambarkan sebagai negara agraris dengan tanahnya yang sangat subur). Kuda tidak pernah dikenal di Eropa hingga zaman perunggu, sementara monumen berarsitektur tinggi baru tercatat tahun 4000 SM.

Bila melihat data-data faktual ini, apa yang ditulis Plato dalam bukunya Critias tentu tidak bisa dipercaya. Kesan yang kita dapat adalah telah terjadi kesalahan dalam penentuan waktu. Jelaslah, ini serba tidak mungkin. Bahkan Aristoteles (384 – 322 SM), filsuf Yunani lainnya menganggap Atlantis hanyalah sebuah mitos atau legenda hasil rekaan Plato belaka.

Tetapi, apakah hanya sebegitu rendah nilai tulisan Plato seorang filsuf Yunani yang telah terkenal di seluruh dunia ini? Simak selanjutnya.

Antara 900 dan 9.000

Menurut Aristoteles, tulisan Plato tentang Atlantis hanyalah khayalan belaka, suatu benua atau kerajaan imajiner untuk melukiskan suatu teori politik.

Toh penjelasan Aristoteles sebenarnya kurang memuaskan. Atas dasar apa Aristoteles berkata demikian, dan bukti apa yang dikemukakannya, memang tidak pernah disebutkan. Dengan begitu ucapannya nyaris tidak dianggap sebagai suatu penyangkalan serius yang mendekati kebenaran.

Atlantis yang digambarkan Plato benar-benar hidup dan bukan mitos. Mitos hampir selalu terdapat di berbagai belahan dunia dengan tema sama. Sementara tentang Atlantis hanya ada satu. Apa yang dijabarkan Plato benar-benar suatu laporan sejarah dengan latar belakang yang sangat rinci dan lengkap.

Ingat bagaimana Plato menggambarkan secara detil bangunan pusat kerajaan beserta isinya dan situasi alam yang mendukungnya. Bahkan nama kelima pasang anak kembar Poseidon dirinci secara tepat. Tak pelak, Atlantis sering dianggap fakta sejarah yang layak dipercaya.

Sejak ditemukannya Benua Amerika oleh Columbus tahun 1942 (baca: Latar belakang Revolusi Amerika), telaah tentang Atlantis justru semakin meruyak. Para ahli sejarah kebanyakan menerima apa saja yang dijelaskan Plato tentang benua ini.

Maka beberapa teori pun ramai bermunculan, menjelaskan Atlantis memang ada dan bukan cerita rekaan. Mereka yakin bahwa Atlantis itu sebuah benua yang terletak di tengah Lautan Atlantik – Plato menyebutnya di dekat Selat Gibraltar atau Laut Mediterania.

Kebanyakan sepakat, Atlantis seperti dijelaskan Plato selaras dengan penemuan pada suatu zaman yang mereka namakan zaman Perunggu Tinggi, yaitu peradaban bangsa-bangsa Aegea, Minoa, Mycenaea, Hittie, Mesir, hingga peradaban Babylonia, sekitar tahun 2500 – 1200 SM.

Adakah Plato keliru dalam menetapkan tahun? Apakah Solon kebingungan dan kemudian salah ucap antara angka 900 dan 9.000? Jika memang keliru, maka tenggelamnya Atlantis bukanlah tahun 9600 SM, melainkan tahun 1500 SM.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Crypto Wallet? Pengertian dan Cara Memakainya

Pada era modern ini, berkembangnya teknologi sudah banyak sekali memberikan manfaat kepada hidup ma

Finansial
Finansial BI Rate Naik? Cari Tahu Dulu Kebenarannya! (Edisi YoY Oktober & November)

#WaktunyaBeliRumah - Apakah Pins sadar, biaya yang dikeluarkan untuk transaksi bisnis properti tida

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP 6 Jutaan, Harga Mid-Range Berasa Flagship!

Jika Pins menginginkan HP mid-range dengan kualitas flagship, maka rekomendasi HP 6 jutaan adalah j

Finansial
Finansial 15 NFT Game yang Tak Hanya Seru, Tapi Juga Menghasilkan Cuan!

Sebagai bentuk investasi aset digital yang menjanjikan, banyak orang yang mencoba untuk mempelajari

Finansial
Finansial Apa itu Copy Trade? Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya

Ada banyak sekali istilah dalam dunia trading yang mungkin terdengar asing untuk kamu yang masih pe

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia