Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Kampung Coklat Blitar, Foto, Rute, dan Tiket Masuk

Lifestyle

Kampung Coklat Blitar, Foto, Rute, dan Tiket Masuk

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 24 February 2018 ∙ 6 menit membaca

Indonesia memiliki ratusan bahkan ribuan objek wisata yang bisa dikunjungi. Objek wisata tersebut tersebar di beberapa bagian wilayah Indonesia salah satunya Blitar. Kabupaten Blitar memiliki berbagai kekayaan alam yang menjadikannya sebagai objek wisata. Salah satu kekayaan alam kota Blitar adalah cokelat. Karena banyaknya pohon cokelat yang ada di kota ini, maka Pemkot Blitar membuat objek wisata yaitu kampung coklat Blitar.

Sama seperti objek wisata yang lainnya, kampung coklat memiliki kekhasan dan spesifikasi tersendiri yang membuat masyarakat tertarik untuk mengunjunginya. Selain menyediakan pemandangan yang menarik, objek wisata ini juga mengandung nilai edukasi untuk para pengunjungnya. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang salah satu objek wisata yang ada di Blitar yaitu Kampung atau Desa coklat.

Baca Juga:

Keindahan di Sekitar Lokasi

Kota Blitar memang terkenal sebagai kota penghasil kakao atau coklat terbesar di kota Jawa Timur. Karena banyaknya pohon coklat yang tumbuh, masyarakat setempat membudidayakan pohon kakao ini menjadi perkebunan kemudian dijadikan sebagai tempat wisata. Kampung coklat memiliki banyak keindahan yang bisa pengunjung nikmati. Mulai dari jajaran perkebunan coklat yang rimbun dan berbuah, kemudian kedai pengolah coklat, dan masih banyak lagi. Pohon coklat yang tumbuh di objek wisata ini adalah pohon coklat yang siap panen.

suasana di kampung coklat blitar
Suasana di Kampung Coklat

Jadi bagi para pengunjung yang penasaran bagaimana proses pemetikan kokoa atau coklat bisa melihat di kampung coklat ini. Selain bisa melihat proses pemanenan dan pemetikan buah coklta, juga bisa melihat proses pembuatan coklat. Tidak hanya melihat, Anda juga bisa ikut serta dalam pembuatan kudapan. Sebelum tahap pembuatan coklat, para pengunjung akan diajari cara memilih buah coklat yang memiliki kualitas baik.

Baca Juga:

gazebo kampung coklat blitar
Gazebo Kampung Coklat

Tidak hanya membuat coklat asli, di objek wisata ini terdapat juga olahan dari berbagai coklat yang dicampur dengan bahan lainnya. Prosess pembuatan coklat yang dilakukan oleh pengunjung ini sering disebut cooking class. Jika Anda tidak ingin memanen dan membuat olahan coklat, bisa duduk bersantai di area cafe.

chocolate gallery kampung coklat blitar
Chocolate Gallery

Uniknya, tempat duduk yang ada di cafe kampung coklat berada dibawah rimbunnya pohon coklat. Jadi sembari duduk dan bersantai, juga bisa menikmati indahnya dan rimbunnya pohon kokoa yang ditumbuhi buah coklat siap panen. Anda juga bisa memesan kudapan yang terbuat darii coklat seperti ice cream, nasi goreng coklat, milkshake coklat, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

Fasilitas yang ada di Kampung Coklat Blitar

cemilan coklat di kampung coklat blitar
Cemilan Coklat

Selain bisa menikmati pemandangan kebun coklat yang indah, Anda juga akan menikmati beberapa fasilitas penunjang. Fasilitas yang ada objek wisata ini ada berbagai macam seperti area parkir yang luas, toilet umum yang bersih, mushola, dan masih banyak lagi. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa desa atau kampung ini memiliki cooking class dan cafe.

olahan coklat di kampung coklat blitar
Olahan Coklat yang Lezat
minuman cokla di kampung coklat blitar
Minuman Coklat

Anda bisa memesan aneka kudapan makanan dan minuman berbahan dasar coklat yang tentunya sangat lezat dan menggugah selera. Selain itu, di objek wisata ini juga terdapat outlet yang menjual oleh oleh seperti aneka olahan coklat, t-shirt, dan masih banyak lagi. Harga oleh oleh yang dijual di outlet tersebut memiliki harga yang sangat terjangkau.

Baca Juga:

Penginapan yang Ada di Dekat Kampung Coklat Blitar

Untuk Anda yang ingin menikmati objek wisata kampung coklat dengan puas dan leluasa, bisa memutuskan untuk menginap di beberapa penginapan yang ada di dekat destinasi wisata ini. Karena letak kampung atau desa coklat yang berada di kota, jadi ada banyak penginapan yang bisa dijumpahi. Anda bisa menyewa homestay, hotel, bungalow, atau villa yang ada. Untuk biayanya, cukup menyediakan budget sebesar 200 sampai 1 juta rupiah saja.

Lokasi Kampung Coklat Blitar

Kampung coklat terletak di Jalan Benteng Blorok nomor 18 Desa Plosorejo Kademangan, Kabupaten Blitar. Bagi Anda yang bertempat tinggal di kota Blitar atau sekitarnya, tidak perlu merasa bingung, karena objek wisata ini hanya berjarak 10 kilometer saja dari pusat kota Blitar. Atau jika masih bingung, bisa bertanya kepada warga sekitar arah ke pantai Tambak Kerjo.

Pada saat menuju objek wisata ini Anda akan melihat dan menikmati pemandangan kota Blitar yang berupa pedesaan warga. Tidak hanya itu, para pengunjung juga disuguhkan hamparan sawah yang hijau dan area perkebunan warga yang tersusun rapih. Kota Blitar memang terkenal dengan area perkebunan coklat dan berbagai tumbuhan lainnya.

Rute Menuju Kampung Coklat Blitar

oleh oleh bubuk coklat di kampung coklat blitar
Oleh Oleh Bubuk Coklat

Bagi yang ingin mengunjungi taman wisata kampung coklat, Anda bisa melewati beberapa jalur seperti:

Rute 1

Jika berasal dari kota Blitar, bisa menuju arah selatan atau ke arah Kecematan Jembatan Kademangan. Setelah melewati Kecamatan Jembatan Kademangan, dan melewati pertigaan. Setelah melewati pertigaan Anda hanya perlu berjalan lurus mengikuti papan petunjung jalan untuk mencapai kampung atau desa coklat.

Rute 2

Rute kedua untuk Anda yang berada di arah stasiun Blitar. Harus melewati Jalan Mastrip lurus terus di JL.Mastrip, kemudian berbelok ke arah kiri ke JL.Raya Trisula. Setelah itu berbelok ke arah kiri menuju JL.Banteng Blorok dan sampai lah di objek wisata tujuan.

Harga Tiket Masuk Kampung Coklat Blitar

Untuk menikmati keindahan dan edukasi di objek wisata kampung coklat, Anda harus membayar tiket masuk sebesar 5000 rupiah saja per orang. Jika datang berombongan, akan diberi diskon yaitu 25.000 untuk 50 orang. Bagi yang ingin berwisata di desa coklat lalu mendapat nasi kotak atau catering, Anda hanya perlu menambah biaya sebesar 15 sampai 20 ribu saja.

Objek wisata ini biasanya dikunjungi oleh keluarga dan menjadi tujuan utama dari study tour TK, ataupun SD karena mengandung nilai edukasi. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, juga akan dibebankan biaya parkir sebesar 2000 rupiah untuk sepeda motor dan 5000 rupiah untuk mobil.

Jam operasional Kampung Coklat Blitar

Kampung wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan 18.00. Tidak hanya pada hari libur saja, destinasi wisata Blitar ini juga tetap ramai dikunjungi oleh masyarakat baik dari dalam daerah maupun luar daerah. Tak jarang ada beberapa turis luar negeri yang penasaran tentang kampung atau desa coklat ini. Namun pada hari jumat, objek wisata ini akan ditutup sementara karena beberapa pegawainya melakukan kegiatan sholat jumat.


Masih banyak lagi tempat wisata di Blitar yang bisa Anda kunjungi. Memiliki berbagai keindahan alam yang menyejukan juga panoramanya yang nyaman untuk dirasakan. Blitar bisa menjadi destinasi berlibur untuk keluarga.

Baca Juga:

Tags :

Bagikan Artikel