Pinhome

Kampung Cai Ranca Upas

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 26 January 2018 ∙ 6 menit membaca

Selain Kawah Putih dan Situ Patenggang, tempat wisata lain yang tak boleh dilewatkan di kawasan Bandung Selatan adalah Kampung Cai Ranca Upas.

Ranca upas Bandung Jawa Barat merupakan sebuah kawasan wisata hutan lindung yang kini juga dioperasikan sebagai bumi perkemahan dan destinasi wisata alam terbuka yang menyenangkan.

Lokasinya berada di ketinggian 1700 mdpl, menjadikan tempat ini kaya akan pemandangan alam pegunungan yang eksotis.

Hutan alamnya juga masih sangat alami, sehingga tak heran jika suasana di tempat ini sangat sejuk dan segar. Sangat cocok untuk kamu yang tengah jenuh dengan suasana perkotaan yang panas dan pengap.

Nah, berikut uraian lengkap tentang Ranca Upas yang perlu kamu ketahui.

Sekilas Tentang Kampung Cai Ranca Upas

kampung cai ranca upas
photo by: rizkyibnuk

Pernah terjadi hal yang aneh dulunya bahwa seseorang menemukan sebuah batu dengan bentuk hampir menyerupai macan yang sedang duduk. Namun sampai saat ini, batu tersebut masih menjadi mitos masyarakat setempat.

Pada dasarnya, Ranca Upas merupakan hutan lindung yang difungsikan sebagai tempat konservasi berbagai jenis flora dan fauna. Di lahan seluas 215 ha, kamu bisa menikmati suguhan hutan alam dengan pohon-pohonnya yang unik dan langka.

Sebut saja pohon Jamuju, Puspa, Kitambang, Huru, Kihujan, dan Hamirug. Berbagai jenis satwa juga bisa kamu temukan di sini, seperti elang, monyet, burung tekukur, rusa, dan lain sebagainya.

Dengan karakteristik hutan yang lebat dan struktur geografisnya yang berbukit, memungkinkan kawasan ini menjadi tempat dari beragam aktivitas alam terbuka. Di antaranya seperti aktivitas pencinta alam, kamping, trekking, dan lain sebagainya.

Hingga kemudian dalam perkembangannya, kawasan ini tidak lagi terbatas pada aktivitas tersebut melainkan juga merambah pada aktivitas wisata modern, seperti waterboom dan pemandian air panas.

Alhasil, Ranca Upas telah bermetamorfosis menjadi kawasan wisata terpadu yang difavoritkan banyak wisatawan.

Daya Tarik Wisata Kampung Cai Ranca Upas

kampung cai ranca upas
photo by: tempatwisatabandung.info

Sebagai kawasan wisata alam terpadu, Kampung Cai tentu memiliki beragam daya tarik wisata yang membuatnya selalu ramai dikunjungi. Penasaran dengan keunggulan tempat wisata yang satu ini? Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Ranca Upas Smart Camp Adventure

Nyatanya, Ranca Upas memang dikenal sebagai salah satu bumi perkemahan terbaik yang ada di Kota Bandung. Lokasinya yang sangat luas memungkinkan para pengunjung bebas memilih area camping yang akan digunakan.

Bahkan, saking luasnya area ini disebut-sebut mampu menampung 10.000 orang lebih. Tak heran jika kemudian, kawasan perkemahan ini acapkali digunakan sebagai tempat pelatihan, jambore nasional, dan kegiatan kemah lainnya.

Kamu sekeluarga pun bisa menikmati pengalaman menginap di alam bebas ini, lo. Tertarik untuk mencobanya?

  • Penangkaran Rusa

Sebagai pusat konservasi fauna, Ranca Upas memiliki area khusus yang kini telah menjadi salah satu daya tarik utama, yakni pusat penangkaran rusa.

Di tempat ini, kamu bisa menyaksikan rusa-rusa lucu hidup secara bebas di habitat aslinya. Bahkan, kamu pun bisa berinteraksi langsung dengan memberinya makan.

Kamu bisa memberinya pakan berupa wortel yang bisa kamu beli sebelum memasuki area penangkaran. Uniknya, sistem pembelian wortel didesain layaknya sebuah ‘kantin kejujuran’. Pembeli diharuskan jujur memasukkan sejumlah uang ke dalam kotak yang telah disediakan.

  • Fun Adventure

Agar wisata alam terbuka ini semakin menarik, pihak manajemen juga melengkapinya dengan beragam fasilitas Fun Adventure.

Di sini kamu akan diajak untuk menikmati sebuah petualangan seru yang bisa dilakukan bersama anggota keluarga atau kelompok. Kontur lokasinya yang berbukit dan berhutan lebat, tentu akan menimbulkan sensasi petualangan yang menantang dan takkan terlupa.

  • Fun Games

Selain Fun Adventure, tempat wisata ini juga menyediakan area bermain yang tak kalah seru dan menarik. Kamu bisa menikmati beragam permainan outdoor seperti Flying Fox, Water Ball, Cargo Net, Shake Stairs, dan lain sebagainya.

Tak ketinggalan, juga tersedia area kolam dengan permainan air seperti menaiki perahu dan games seru lainnya.

  • Kolam Pemandian Air Panas

Seperti yang diketahui, suhu di kawasan ini terbilang cukup dingin mengingat lokasinya yang berada pada ketinggian 1700 mdpl.

Namun, suasana dingin tersebut kini bisa sedikit teratasi dengan adanya kolam pemandian air panas. Jadi, kamu telah bisa menikmati kehangatan di tengah kawasan yang dingin, sejuk, dan indah ini.

  • Waterboom

Selain wahana wisata alam, kini kamu juga bisa menikmati wahana wisata air modern berupa waterboom. Tersedia beberapa kolam renang dengan segala fasilitas pendukung kenyamanan bermain lainnya.

Jam Operasional Kampung Cai Ranca Upas

Tempat wisata di kawasan Ciwidey – Bandung Selatan ini bisa dikunjungi setiap hari (senin – minggu) selama 24 jam nonstop. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi pusat informasi di nomor 0895618830584.

Harga Tiket Masuk 2018 – 2019

Untuk harga tiket masuk 2019, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000 per orang, dan harga tidak termasuk biaya fasilitas atau sewa. Harga tersebut juga berlaku bagi semua wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Selain tiket masuk perorangan, terdapat pula tiket masuk khusus kendaraan bermotor atau yang lazim disebut tiket parkir.

Tiket masuk kendaraan roda dua akan dikenakan biaya sebesar Rp2.000, dan kendaraan roda empat berupa mobil dan minibus diwajibkan membayar sebesar Rp5.000. Khusus untuk bus diwajibkan membayar biaya masuk sebesar Rp20.000.

Harga Tiket Fasilitas dan Sewa Perlengkapan

Untuk biaya fasilitas outbond, umumnya harga berkisar antara Rp.15.000 untuk permainan seperti sepeda gunung, Flying Fox, Elvis Bridge, trampolin, dan renang. Adapun fun games akan dikenakan biaya sebesar Rp47.000, serta paint ball sebesar Rp90.000.

Sementara buat kamu yang ingin berkemah, akan dikenakan biaya booking area sebesar Rp200.000. Tersedia beberapa pilihan mulai dari tenda vango seharga Rp350.000 hingga tenda pleton sebesar Rp600.000.

Alat-alat pendukung seperti matras dan sleeping bag juga tersedia dengan harga sewa sebesar Rp10.000 – Rp20.000.

Tips Berwisata

Sebelum berwisata, tentunya kamu harus menyiapkan segala hal secara matang. Apalagi jika kamu berencana untuk berkemah, berbagai jenis peralatan tentu harus dipersiapkan secara maksimal.

Meski memang, kamu bisa menyewanya di lokasi, namun untuk lebih hemat alangkah baiknya jika barang-barang penting seperti jaket dan senter harus kamu bawa secara pribadi.

Karena jalur yang akan ditempuh cukup terjal dan menanjak, jangan lupa untuk mengecek kondisi kendaraan. Pastikan bahwa bahan bakar telah terisi penuh, serta kendaraan dalam kondisi terbaik.

Alamat dan Rute Jalan

Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi Ranca Upas, silakan berkunjung ke Jl. Raya Ciwidey – Patenggang KM 11, Bandung. Sekitar 45 km arah selatan pusat kota, tepatnya di daerah Cibuni – Ciwidey.

Untuk rute, setelah keluar dari pintu tol Cimahi ambil jalur ke arah Ciwidey. Ikuti arus jalan, dan kamu pun akan tiba di lokasi.

Berikut akan kami rincikan map yang tertera pada google :

Video Cai Ranca Upas Bandung

https://www.youtube.com/watch?v=whICiFki-yI
video by: destinasi.id

Jadi, bagaimana? Yuk, siapkan diri untuk camping dan berwisata outdoor di Kampung Cai Ranca Upas.

Demikian ulasan seputar Ranca Upas Bandung Selatan di Jawa Barat. Semoga dengan adanya artikel ini memudahkan kamu untuk bisa sampai ke lokasi wisata.

Apabila ada kata-kata yang kurang dalam penulisan artikel, kamu bisa berkomentar di kolom komentar yang telah lokawisatabandung sediakan. Salam Travelling.

Dapatkan wisata lain yang terdekat dengan kampung cai ranca upas :

  1. Kemesraan Bersama Barusen Hills Ciwidey Bandung
  2. Birunya Danau Situ Patenggang Bandung
  3. Sensasi Berenang Air Panas di Suhu Dingin Bandung
  4. Indahnya Wisata Dago Dream Park Bandung
  5. Nikmati Wahana Bermain Trans Studio Bandung
  6. Wisata Islami Masjid Raya Bandung
  7. Nikmati 10 Kuliner Bakso Enak di Bandung

Tags :

Bagikan Artikel