BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Penataan Tempat Tidur Gamers yang Kekinian
0
0

Tips Penataan Tempat Tidur Gamers yang Kekinian

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bermain game kini berkembang dari sarana hiburan menjadi pekerjaan profesional.  Kamar tidurpun tak jarang diubah menjadi tempat bekerja oleh para gamers. Tentunya tempat tidur gamers harus nyaman namun fungsional.

Apalagi perlengkapan gamers tidak sedikit lho! Selain seperangkat komputer perlu juga speaker, headphone dan butuh ruang yang kedap suara. Saat bermain  pemain seringkali histeria dan bersorak-sorai ketika menang.

Jika tinggal di lingkungan padat penduduk atau apartemen tentu akan mengganggu tetangga sekitar. Nah, berikut tips penataan tempat tidur gamers yang nyaman namun tetap kekinian.

Baca juga:

Tentukan Luas Kamar

kamar tidur gamer lengkap dengan perlengkapan komputer
Source : Shutterstock

Ada baiknya pilih tempat tidur gamers yang luas sehingga mampu menampung berbagai perlengkapan gaming. Untuk meja gaming minimalis saja umumnya membutuhkan ukuran 120 x 60 x 75 cm.

Pilih ukuran ruangan yang pas, tidak terlalu sempit dan tidak terlalu besar. Jika terlalu luas akan banyak area yang tidak terisi.

Bilamana terlalu sempit akan terasa tidak nyaman saat bermain game. Pins bisa memakai sofa bed jika ingin menghemat tempat dan manajemen kabel juga harus diperhatikan.

Kabel yang berantakan akan membuat ruangan kurang rapi. Gunakan kabel ties untuk menyatukan kabel secara lebih rapat. Tempat tidur gamers tidak harus berbentuk square bisa pula memanjang.

Pins bisa menyiasati ruangan kecilnya dengan memakai tempat tidur bertingkat. Bagian tempat tidur bawah dialihfungsikan sebagai lokasi bermain game dan bagian atasnya difungsikan sebagai tempat tidur.

Konsep LED

kamar tidur gamers dengan lampu LED
Source : Shutterstock

Memakai lampu LED memberikan aksen RGB yang menciptakan suasana estetik. Peralatan bermain game juga dilengkapi dengan lampu LED RGB. Jenis lampu ini menghasilkan cahaya berwarna atau putih dari soket lampu pijarnya.

Lampu ini sering dipakai untuk keyboard sebagai penerangan. Digunakan pula pada kamera, lampu studio hingga alat medis. RGB sendiri singkatan untuk warna merah, hijau dan biru.

Bila ketiga warna tersebut digabungkan menghasilkan 16 juta warna cahaya. Lampu LED RGB ada yang berukuran kecil maupun besar bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Lampu LED ini bisa disimpan di bagian belakang monitor dan televisi. Sinar lampunya akan memantul ke dinding dan membuat seluruh ruangan lebih terang.

Pins bisa memilih furniture warna putih lalu dikombinasikan dengan lampu LED RGB atau sebaliknya. Saat tidak menyalakan lampunya maka ruangan lebih lapang dan terkesan luas.

Baca juga:

Penataan Speaker

Dinding berwarna putih untuk kamar tidur gamers
Source : Shutterstock

Setiap ruangan mempunyai sifat suara masing-masing begitu juga dengan tempat tidur gamers. Masalah yang paling mendasar adalah penempatan speaker karena jika jarak titik dengar dekat dengan speaker maka suara yang dihasilkan lebih baik.

Jarak speaker dengan dinding bagian belakang speaker akan mempengaruhi besar kecilnya nada. Bila jaraknya semakin dekat dengan dinding akan memperkuat nada rendah bass.

Apabila jauh dari dinding maka suaranya justru semakin kecil. Fungsi dinding ini berguna sebagai pemantul nada rendah dari speaker. 

Jarak speaker ke dinding samping sebaiknya jangan sampai ⅓ jarak speaker ke dinding belakang. Sementara jarak dinding samping dengan speaker bisa sekitar 60 cm.

Suara jernih yang dihasilkan dari speaker dapat diatur pada ⅕ panjang ruang dan posisi titik dengarnya ⅔ dari panjang ruang. Pins bisa menambahkan rak atau lemari kecil untuk meletakan speaker dekat dengan dinding.

Hindari menaruh speaker langsung di lantai. Minimal letakan setinggi pinggang agar suara bisa memantul ke seluruh ruangan dengan lebih baik.

Selain itu tambahkan material peredam suara ke dinding. Dengan begitu Pins bisa bebas bermain tanpa harus takut mengganggu orang lain.

Pemilihan Ukuran Meja dan Kursi

laki-laki sedang bermain game di kamar tidur gamers
Source : Shutterstock

Ada banyak pilihan material meja gaming misalnya saja dari baja, kayu, besi dan lainnya. Meja dengan ketahanan yang baik umumnya akan berbobot berat. Pins bisa memakai bahan particle board MDF atau kayu yang lebih ringan namun kokoh.

Untuk bisa menampung komputer, mouse, speaker dan lainnya minimal meja gaming berukuran lebih dari 1 meter. Meja dapat berbentuk L maupun persegi panjang.

Bagian bawah meja sebaiknya diberikan dudukan kaki agar lebih nyaman. Sementara pemilihan kursi gaming perlu diperhatikan. Apalagi bermain game bisa menghabiskan waktu berjam-jam.

Harga kursi gaming bisa dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Harga ini tergantung dari model, bahan hingga ukuran kursinya. Kursi gaming yang berkualitas mampu memberikan sandaran punggung yang nyaman.

Ada pula kursi yang bisa diatur sandarannya hingga 180 derajat. Kursi bisa pula dilengkapi dengan kursi roda sehingga mudah sekali berpindah tempat. 

Desain ini juga mampu mengurangi gesekan pada lantai. Sedangkan bagian dudukan bisa dari bahan kulit dan nilon untuk meningkatkan kenyamanan.

Baca juga: Intip Yuk Inspirasi Wallpaper Dinding Kamar TiduRemajaPerempuan Kekinian!

Pencahayaan yang Cukup

perempuan sedang bermain di kamar tidur gamers
Source : Shutterstock

Terakhir ialah perlu pencahayaan yang cukup agar tetap nyaman bermain saat malam hari. Walau sudah memakai konsep LED namun Pins tetap perlu memperhatikan pencahayaan alaminya juga.

Ruangan perlu memiliki jendela yang cukup luas guna meningkatkan sirkulasi udara. Jendela besar akan mudah menarik sinar matahari masuk ke dalam ruangan.

Pins dapat menempatkan meja gaming di dekat jendela namun tidak langsung terkena sinar matahari. Buka jendela ketika tidak sedang bermain game agar udara bisa berganti.

Dengan penataan seperti diatas maka Tempat tidur gamers terasa lebih nyaman. Tempat tidur gamers tetap estetik walaupun memiliki banyak barang didalamnya. Yuk mulai berbenah dari sekarang!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Perumahan Casa Oceana dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Shutterstock

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download