BlogPemilik PropertiDesain HunianFeng Shui Kamar Mandi, Bangkitkan Energi Positif!
0
0

Feng Shui Kamar Mandi, Bangkitkan Energi Positif!

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Mar 31, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
feng shui kamar manditop-right-banner

Sejak dulu, penggunaan Feng Shui dalam menata rumah menjadi bahan pertimbangan penting bagi banyak orang. Feng Shui rumah dipercaya dapat membantu memperbaiki kehidupan dengan aliran positif. Oleh karena itu, dalam menata letak kamar mandi harus benar-benar diperhatikan. Apa saja feng shui kamar mandi? Simak sebelum kamu membangun desain kamar mandi.

Feng Shui Kamar Mandi

feng shui kamar mandi

Fengsui sendiri berasal dari kata fengshui (Hanzi tradisional: 風水; Hanzi sederhana: 风水, dilafalkan [fə́ŋ.ʂwèɪ]). Dikutip dari wikipedia, Feng Shui sendiri berarti ilmu topografi kuno dari Tiongkok yang mempercayai bagaimana manusia dan surga/astronomi, serta bumi/geografi dapat hidup harmoni membantu memperbaiki kehidupan dengan menerima Qi positif.

Qi sendiri terdapat di alam sebagai energi yang tidak terlihat. Qi dialirkan oleh angin dan ketika bertemu air, akan berhenti. Ada 2 jenis, ya itu Qi baik & Qi Jahat. Qi baik biasa disebut napas kosmik naga, dipercaya sebagai pembawa rezeki dan nasib baik. Sedangkan Qi buruk disebut Sha Qi, pembawa nasib buruk.

Dalam bangunan, ada 3 hal Feng Shui yang harus diperhatikan, yaitu pintu utama, kamar mandi, dan Feng Shui dapur. Menata letak kamar mandi harus benar-benar diperhatikan. Tujuannya adalah untuk memberikan energi positif dalam rumah. Apa saja Feng Shui kamar mandi yang perlu diperhatikan?

Tidak Terletak Dekat Kamar Tidur

Pins, siapa yang di rumah pintu kamar mandinya terletak dekat dengan kamar tidur? Menurut Feng Shui, hal ini sangat tidakdianjurkan.Tempat tidur adalah elemen udara, sedangkan kamar mandi adalah elemen air. Jika keduanya berdiri berhadapan, maka unsur air akan mengganggu unsur udara dalam kamar tidur.

Kemudian, posisi kamar mandi yang berhadapan dengan kamar tidur dipercaya dapat mengganggu keharmonisan suami istri. Lalu, adakah Pins yang tempat tidurnya menempel dengan dinding kamar mandi? Hal ini sangat tidak direkomendasikan, karena diyakini akan membuat kesehatan menjadi terganggu.

Baca juga: Yuk Hadirkan Feng Shui Positif di Rumah dengan Cara – Cara Simpel Ini!

Tidak Dibangun Dekat Tempat Ibadah

Menurut Feng Shui, sangat tidak dianjurkan bahwa kamar mandi diletakkan dekat tempat ibadah. Kenapa? Tempat ibadah adalah tempat penuh dengan energi positif, sedangkan kamar mandi terdapat energi negatif, sehingga akan saling menghambat. Perlu diingat juga, khususnya penganut agama Islam, dilarang untuk menempatkan kamar mandi di arah kiblat.

Letak Kamar Mandi dan Pintu Utama

feng shui kamar mandi

Penempatan kamar mandi dan pintu utama sangat perlu diperhatikan. Menurut ilmu Feng Shui, jangan meletakkan kamar mandi di bagian depan rumah atau dekat dengan pintu utama rumah. Kenapa? Dipercaya bahwa energi negatif akan menyebar ke seluruh area rumah. Lebih parahnya lagi, energi buruk ini dipercaya mempengaruhi pikiran seseorang untuk bertindak negatif.

Penempatan Cermin di Kamar Mandi

Pins ingin menempatkan cermin di kamar mandi? Ternyata menurut Feng Shui, ada panduan pemasangannya. Menurut Feng Shui, cermin dipercaya mempunyai penangkal energi negatif, sehingga tidak dianjurkan bila cermin menghadap ke pintu kamar mandi.

Karena jika ditempatkan menghadap ke pintu kamar mandi, maka dipercaya jika energi negatif dirumah akan menyebar ke seluruh bagian ruangan rumah. Pins bisa menempatkan cermin di posisi yang tepat agar ruangan terkesan lebih besar dan penuh akan energi positif.

Baca juga: 4 Benda yang Tidak Boleh Disimpan di Kamar Mandi

Tidak Berhadapan dengan Dapur

Perlu diketahui, menurut Feng Shui, dapur adalah bagian rumah yang melambangkan mata pencaharian dan memiliki unsur api. Sehingga, apabila kamar mandi ditempatkan di hadapan dapur, maka kamar mandi akan “mematikan” unsur api pada dapur.

Sementara jika diletakan berdekatan akan membuat energi api dari dapur padam oleh energi air dari kamar mandi dan menghasilkan banyak energi negatif. Selain itu, jangan pernah menempatkan kompor di depan wastafel. Unsur air dan unsur api akan saling mematikan.

Jika hal ini dilakukan, dipercaya akan menimbulkan efek negatif pada masalah kesehatan, tetapi juga menjadikan hubungan yang tak harmonis dalam keluarga.

Nah, bagaimana Pins, sudah cek posisi kamar mandi? Yuk, sesuaikan desain kamar mandi dengan petunjuk dari Feng Shui untuk keharmonisan dalam keluarga. Semoga artikel kali ini dapat membantu Pins mewujudkan tipe rumah yang tepat!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download