Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • 10 Ide Memanfaatkan Kain Perca untuk Dijadikan Barang yang Berguna

Hobi

10 Ide Memanfaatkan Kain Perca untuk Dijadikan Barang yang Berguna

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 7 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Kain perca merupakan salah satu limbah yang bisa didaur ulang menjadi suatu produk baru yang bermanfaat. Bagi kamu yang masih bertanya-tanya apa itu kain perca? Kain perca adalah sisa-sisa kain dari bekas pembuatan kain. Biasanya kain perca ini sangat mudah kamu temukan pada pabrik-pabrik garmen atau penjahit pakaian. 

Pinhome – Pins akan menemukan banyak sekali potongan kain kecil-kecil sisa dari pembuatan pakaian atau produk dengan bahan kain lainnya, nah potongan-potongan kain inilah yang dinamakan dengan kain perca. 

Mungkin banyak yang menganggap kain perca tidaklah berharga karena hanya sisa-sisa potongan kain saja. Padahal potongan-potongan kain ini bisa dibuat menjadi suatu barang yang bermanfaat lho

Banyak sekali barang yang bisa dibuat dari potongan-potongan kain ini. Nah bagi kamu yang memiliki banyak kain perca di rumah, yuk simak 10 ide memanfaatkan kain perca untuk dijadikan barang berguna lewat ulasan di bawah ini!

Taplak Meja

(Pinterest)

Benda pertama yang bisa dibuat dari kain perca adalah taplak meja. Ya, jika Pins memiliki kain perca dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, taplak meja bisa menjadi salah satu ide yang tepat untuk kamu! 

Pertama-tama Pins perlu membentuk pola kain meja yang ingin dibuat. Lalu kumpulkan kain perca dan jahit satu potongan kain dengan potongan lainnya sehingga membentuk pola taplak meja yang Pins inginkan. 

Jika sudah dipastikan terjahit semua, Pins bisa merapikan setiap sisi taplak meja dengan melipatkan ke dalam (jahit tepi). Jika sudah, untuk mempercantik tampilan Pins bisa menambahkan rumbai-rumbai yang terbuat dari benang wol di sisi-sisi taplak meja sesuai keinginan kamu.

Keset

(Pinterest)

DIY kain perca mudah lainnya yang bisa kamu lakukan sendiri adalah dengan membuat keset dari kain perca. Sama dengan taplak, pertama-tama, kamu harus menentukan pola keset yang ingin dibuat. 

Jika sudah, maka Pins perlu menjahit setiap potongan-potongan kain membentuk pola yang sudah ditentukan. Jangan lupa untuk memberikan jahitan pada tepi keset agar bentuknya semakin rapi.

Sarung Bantal Sofa

(Pinterest)

Pins suka menggunakan bantal sofa? Ya, bantal sofa membutuhkan sarung agar membuat kamu semakin nyaman saat menggunakannya. Namun dibandingkan membeli sarung bantal sofa, kamu bisa membuatnya sendiri mengandalkan kain perca yang ada di rumah. 

Sebelum membuat sarung bantal sofa, pastikan kamu telah membuat pola sarung bantal agar sesuai ukurannya dengan bantal sofa yang kamu miliki. Siapkan juga resleting yang sesuai ukurannya dengan bantal sofa sebagai penutup sarung bantal.

Karpet

(Pinterest)

Benda lain yang bisa kamu buat dari kain perca adalah karpet. Ya, karpet ternyata juga bisa dibuat sendiri lho hanya dengan bermodalkan kain perca! Pins bisa membuat pola karpet terlebih dulu untuk menentukan ukuran karpet. Setelah itu, kamu bisa menjahit setiap potongan kain perca membentuk pola yang telah kamu buat.

Baca juga: Cara Menggunakan Batik untuk Memperindah Rumah

Selimut

(Pinterest)

DIY kain perca yang satu ini bisa membuat kamu berhemat untuk tidak membeli selimut. Dengan bermodalkan kain perca saja, Pins bisa membuat selimut sendiri yang unik untuk di rumah. Bentuk pola selimut dan ukurannya agar mempermudah proses pengerjaan. Jangan lupa pastikan bahwa kain perca yang kamu miliki cukup untuk membuat selimut.

Tatakan Gelas

(Pinterest)

Tatakan gelas adalah salah satu DIY kain perca yang tentu dapat membuat coffee time jadi lebih menyenangkan. Pins bisa memanfaatkan kain perca di rumah untuk membuat tatakan gelas. Terlebih karena tatakan gelas terbuat dari kain, maka akan memudahkan kamu untuk membersihkan bekas-bekas minuman jika tumpah.

Tas

(Pinterest)

Barang bermanfaat lain yang bisa kamu buat dari kain perca adalah tas. Dengan menggunakan kain perca, Pins bisa membuat tas unik yang sangat menarik lho! Jangan lupa untuk memastikan bahwa kain perca yang kamu miliki cukup untuk membuat tas dari kain perca ini. Lalu kamu bisa membuat tas dengan berbagai model yang kamu sukai dengan potongan-potongan kain bekas yang kamu punya.

Aksesoris Bros Bunga

(Pinterest)

Aksesoris bros bunga ini adalah salah satu DIY kain perca yang bisa kamu buat dengan sangat mudah. Pins hanya memerlukan kain perca berukuran kecil serta kancing atau manik-manik yang digunakan sebagai putik pada bros bunga kamu.

Baca juga: Kain Polyester Mulai dari Jenisnya Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Boneka

(Pinterest)

Jika Pins memiliki anak, maka kreasi kain perca ini sangat tepat untuk kamu! Dengan memanfaatkan kain perca ditambah dengan kancing bekas, Pins bisa membuat boneka yang unik untuk anak. Jadi kamu juga berhemat untuk tidak membelikan anak mainan, melainkan membuatnya sendiri.

Sprei

(Pinterest)

Jika Pins memiliki potongan kain perca dalam jumlah yang sangat banyak, kreasi ini cocok untuk kamu buat di rumah! Pins bisa menghasilkan sprei dari kain perca dengan tampilan yang sudah pasti sangat unik dan menarik. Namun sebelum membuatnya pastikan ukuran tempat tidur dan buatlah pola sprei untuk mempermudah proses pembuatan sprei kain perca ini.

Itu dia informasi mengenai kreasi kain perca yang bisa dibuat sendiri di rumah. Meski kain perca adalah limbah, namun ternyata kain perca bisa dimanfaatkan menjadi barang baru yang memiliki manfaat. Semoga dengan ulasan di atas juga membuat Pins semakin paham apa itu kain perca dan macam-macam kerajinannya.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel