Blog›Pemilik Properti›Desain Hunian›12 Jenis dan Merk Kabel Listrik Untuk Instalasi Rumah Terbaik dan Terlengkap!
0
0

12 Jenis dan Merk Kabel Listrik Untuk Instalasi Rumah Terbaik dan Terlengkap!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jan 12, 2024

8 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kabel listrik ternyata memiliki peranan yang sangat penting dalam pembangunan rumah lho Pins. Selain berfungsi untuk menjadi sumber arus listrik dan daya pembangkit pada rumah, jenis dari setiap kabel listrik untuk instalasi rumah juga berbeda-beda dan memiliki fungsinya masing-masing.

Sebelum mengenal lebih jauh terkait instalasi rumah ini, pastikan Pins unduh aplikasi Pinhome. Layanan Pengajuan KPR yang dimilikinya membantumu mewujudkan rumah impianmu.

Kamu bisa pula mendapatkan informasi rumah bekas di Bogor seperti Avoria Estate. Terdapat pula informasi properti dekat Sarinah Jakarta hingga rumah dijual di Jagakarsa.

Jenis Kabel Listrik Untuk Instalasi Rumah

Sebelum memutuskan untuk membeli kabel listrik untuk instalasi rumah, Pins perlu mengetahui jenis kabel listrik berdasarkan fungsi dan kualitasnya masing-masing. Yuk, simak informasi selengkapnya mengenai kabel listrik berikut ini!

1. Kabel Listrik NYY

kabel listrik untuk instalasi rumah
Source : Kabelrct

Jenis kabel listrik untuk instalasi rumah yang pertama adalah kabel NYY yang mengandung tembaga berisolasi PVC. Biasanya, kabel jenis NYY sering digunakan sebagai penyempurna kabel NYA dan NYM.

Kabel listrik NYY cocok digunakan pada instalasi listrik baik itu di dalam ruangan maupun luar ruangan. Namun, kabel NYY ini lebih sering digunakan di dalam tanah dan pastinya aman dari gigitan tikus. Fungsi dari kabel NYY sebagai material selubung ruangan memiliki kualitas yang baik dikarenakan cocok berada pada ruang tertutup dan tahan terhadap kelembaban. 

Baca juga: 7 Perkakas Rumah Ini Wajib Untuk Dimiliki

2. Kabel Listrik NYA

Source : Tokopedia

Selanjutnya adalah jenis kabel listrik untuk instalasi rumah NYA. Kabel yang satu ini memiliki material pelapis berbahan tembaga tunggal dengan satu lapisan berbahan PVC.

Bila Pins ingin menggunakannya, sebaiknya gunakan pelindung kembali seperti pipa PVC guna menghindari kerusakan. Hal itu karena kabel NYA rentan dari gigitan tikus dan cenderung lebih tipis. Kabel NYA biasa digunakan untuk instalasi kabel udara maupun kabel pada perumahan karena harganya yang relatif lebih murah. 

3. Kabel Listrik NYM

kabel listrik untuk instalasi rumah
Source : DWYERS

Kabel listrik NYM biasa digunakan pada gedung perkantoran dan rumah. Jenis kabel ini mempunyai isolasi dua lapis berbahan PVC dengan warna putih dan abu-abu. Maka dari itu, keamanan dari kabel ini tentu lebih baik dari kabel jenis NYA. Kabel NYM merupakan kabel yang banyak dipakai oleh masyarakat dikarenakan daya hantar listriknya sangat baik dibandingkan dengan kabel jenis lainnya.

4. Kabel Listrik NYAF

Source : Cable-Kabel

Sifat kabel NYAF memiliki fleksibilitas yang tinggi, hal tersebut dikarenakan kabel tembaganya berbentuk serabut. Cocok digunakan sebagai kabel listrik untuk instalasi rumah yang berkelok ataupun membutuhkan banyak lengkungan.

Untuk segi pemakaian, kabel NYAF bisa digunakan pada tempat kering tanpa adanya sinar matahari secara langsung. Kabel NYAF tidak bisa bertahan pada tempat lembab atau basah dikarenakan material pelapisnya mudah terkelupas.

Baca juga: Yuk Simak Cara dan Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik Berikut Ini!

5. Kabel Listrik NYMHY

Source : Insulated Power Cable

Beralih ke sistem listrik perumahan yang sifatnya non-permanen atau dapat dipindahkan, kabel NYMHY merupakan jenis yang cocok untuk digunakan. Salah satu jenis kabel listrik bertipe fleksibel ini sangat mudah untuk dicopot dan dipasang.

Namun, ada hal yang harus Pins perhatikan dalam pengaplikasiannya. Kabel NYMHY tidak disarankan untuk berada pada suhu ruang yang panas atau tinggi. Materialnya yang berbahan plastik hanya mampu menahan panas dan tidak melebihi suhu 85 derajat.

6. Kabel Listrik NYMHYO

kabel listrik untuk instalasi rumah
Source : Alkonusa

Bagi para penggemar alat audio atau stereo, Pins pasti familiar dengan kabel berjenis NYMHYO. Jenis kabel ini sering digunakan pada penghantar sound system dan loudspeaker dan termasuk kedalam tipe serabut.

Kabel listrik berjenis NYMHYO memang didesain untuk digunakan pada ruangan tertutup, hal ini dikarenakan kabel tersebut tidak memiliki ketahanan terhadap cuaca dan juga tidak digunakan dalam instalasi listrik berarus besar.

7. Kabel Listrik NYYHY

Source : Paduanteknisi

Sama dengan jenis kabel NYMHY, kabel NYYHY juga berfungsi pada instalasi non permanen. Contohnya seperti peralatan rumah tangga yang mudah dipindah-pindahkan dan selalu berada pada tempat yang kering.

Kabel NYYHY memiliki sifat yang tidak mudah patah sekaligus fleksibel. Dengan daya 900 watt ke bawah, kabel NYYHY memiliki material selubung luar berbahan PVC.

Baca juga: Cara Menghemat Biaya Listrik di Rumah

8. Kabel Listrik NYBY

Source : Paduanteknisi

Salah satu jenis kabel listrik untuk instalasi rumah yang tahan lama dan kuat adalah kabel NYBY Pins! Kabel yang satu ini biasa ditanam di dalam tanah dengan material luar yang telah terlindungi.

Dengan bahan inti tembaga, kabel ini hanya dapat ditanam dengan kedalam 0,8 meter dari permukaan. Namun, bila kabel tersebut ditanam menyeberangi jalan raya, ada baiknya tetap diberikan perlindungan seperti pipa PVC sebagai pelindung luar dengan suhu maksimal 70 derajat celcius.

9. Kabel Listrik NYCY

kabel listrik untuk instalasi rumah
Source : Paduanteknisi

Kabel listrik yang selanjutnya yaitu NYCY adalah jenis kabel yang dapat berfungsi secara ganda. Tidak hanya sebagai penghantar di dalam ruangan, kabel NYCY juga dapat berada di luar ruangan hingga ditanam di dalam tanah.

Kabel ini memiliki lapisan pelindung pita CU sehingga tahan terhadap beberapa kondisi cuaca. Inilah mengapa harga kabel NYCY cenderung lebih mahal dikarenakan keunggulannya dalam segi ketahanan.

10. Kabel Listrik ACSR

Source : Alkonusa

Kabel ACSR biasa digunakan pada tempat yang memiliki listrik tegangan tinggi (PLN). Kabel yang satu ini dapat menjadi penghantar listrik bertegangan tinggi menuju menara distribusi listrik.

Untuk material kabel, dilengkapi dengan bahan aluminium dan inti kawat baja. Kabel ACSR tidak memiliki isolator dengan tujuan mendinginkan bahan dikarenakan menghantarkan listrik dengan tegangan yang tinggi dan untuk meredam suhu panas di dalamnya.

11. Kabel Listrik AAAC

Source : Alkonusa

Kabel AAAC merupakan singkatan dari Alumunium Alloy Conductors yang memiliki pencampuran bahan magnesium dengan aluminium. Jenis kabel ini sering digunakan pada penghantar aliran petir atau grounding. Selain itu, kabel AAAC juga tahan terhadap korosi dan berbahan ringan serta terbukti memiliki konstruksi yang kuat.

12. Kabel Listrik BC

Source : Bukalapak

Untuk saluran kelistrikan yang berada di atas tanah, kabel yang umum digunakan adalah jenis BC. Kabel BC mempunyai ukuran 6 mm hingga 500 mm dengan kabel yang dipilih dan disatukan.

Menjadikannya sebagai salah satu jenis kabel untuk instalasi rumah yang unik. Inilah mengapa kabel BC menjadi kabel yang cukup kuat dan pastinya tidak mudah putus. Kegunaannya mirip dengan kabel AAAC yaitu sebagai kabel penghantar untuk penangkal petir. 

Baca juga: Tips Instalasi Listrik di Rumah, Mudah, Cepat, dan Aman

Merk Kabel Listrik Untuk Instalasi Rumah Terbaik

Setelah mengetahui jenis-jenis kabel listrik untuk instalasi rumah, sekarang Pins perlu mengetahui merk kabel listrik apa saja yang berkualitas terbaik. Berikut beberapa diantaranya:

1. Eterna

kabel listrik untuk instalasi rumah
Source : Tokopedia

Kabel listrik yang bagus dan paling umum digunakan untuk instalasi rumah biasanya terbuat dari bahan copper dengan isolasi pada bagian luar. Seperti kabel listrik merk Eterna yang merupakan kabel dengan harga terjangkau serta kualitas yang mumpuni.

Selain sudah sesuai dengan standar SNI, SPLN dan LMK, merk ini juga telah mendapat standar internasional yakni ISO 9001:2008 rilisan TUV. Maka dari itu, secara kualitas dan mutu, kabel merk ini sudah terjamin dan tidak perlu diragukan lagi.

Baca juga:

2. Supreme

kabel listrik untuk instalasi rumah
Source : Tokopedia

Supreme adalah salah satu merk kabel listrik yang bagus untuk instalasi rumah. Merk yang satu ini memang tidak sepopuler merk Eterna, namun kabel listrik Supreme punya kualitas yang sudah lolos standarisasi SNI dan merupakan salah satu kabel listrik standar PLN. Walaupun sudah terbukti dari segi kualitasnya, namun kabel listrik merk Supreme ini juga masih dalam range harga yang terjangkau per meter nya.

3. Extrana

kabel listrik untuk instalasi rumah
Source : Tokopedia

Merk kabel listrik Extrana dinilai mempunyai kualitas yang bagus sehingga banyak digunakan dalam instalasi listrik proyek gedung. Kabel listrik untuk instalasi rumah merk ini sudah memiliki standarisasi SNI, LMK serta ISO 9001:2008. Kualitas kulit kabel listrik merk Extrana terbuat dari bahan CU/PVC yang terjamin aman.

4. Kitani

kabel listrik untuk instalasi rumah
Source : Tokopedia

Merk kabel listrik untuk instalasi rumah yang bagus selanjutnya adalah merk Kitani. Merk ini sering digunakan untuk instalasi listrik rumah karena mudah ditemukan. Banyak dijual di toko-toko online terpercaya dan juga bisa Pins dapatkan di toko-toko listrik di dekat rumah.

Kabel listrik merk ini sudah memenuhi standarisasi SNI dan SPLN sehingga diklaim sebagai merk kabel listrik yang berkualitas. Dengan harga yang terjangkau yaitu Rp 1.700 per meter, kamu sudah bisa mendapatkan kabel yang berkualitas tinggi.

5. Visicom

kabel listrik untuk instalasi rumah
Source : Tokopedia

Salah satu merk kabel listrik yang bagus untuk instalasi rumah selanjutnya adalah kabel listrik merk Visicom. Kabel merk Visicom ini tidak main-main soal kualitas, karena sudah melalui proses uji kualitas yang ketat untuk memastikan kualitas terbaiknya.

Kualitas kabel ini dibuktikan dari bahan kabel yang terbuat dari tembaga murni dan Polyvinyl Chloride (PVC) murni Pb free (ROHS). Tentunya dengan kualitas tersebut kabel merk ini sudah berlabel standar SNI serta SPLN.

6. Metal Indonesia

Source : Tokopedia

Untuk Pins yang sedang mencari kabel listrik dengan harga murah namun berkualitas, merk Kabel Metal Indonesia ini merupakan pilihan yang tepat. Dengan kualitas yang cukup baik, merk kabel ini sudah memenuhi standarisasi SNI, SPLN dan LMK. Untuk penggunaan instalasi rumah kabel ini juga mudah ditemukan di toko listrik sekitar.

Baca juga: Pengertian Kabel Fiber Optik Lengkap & Manfaatnya

7. Karya Kabel

Source : Blibli

Tidak kalah bagus dengan merk lainnya, Karya Kabel juga menjadi salah satu merk kabel listrik terbaik berkualitas yang cukup banyak dicari. Dinilai berkualitas awet serta tahan lama, kabel merk ini banyak digunakan untuk instalasi rumah. Tentunya merk ini juga sudah lulus standarisasi SNI dan SPLN.

8. Voksel

Source : Biggo

Kabel merk Voksel adalah salah satu merk kabel listrik yang bagus. Seringkali digunakan oleh PLN karena dinilai terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi sehingga dijamin keawetannya. Merk kabel satu ini terbukti kuat dan tahan lama.

9. Yunitomo

Source : Tokopedia

Keunggulan dari merk kabel Yunitomo adalah selain sudah sesuai standar SNI juga tersedia dengan berbagai macam jenis. Mulai dari kabel Bare Conductor, PVC Low Voltage, XLPE Low Voltage sampai kabel Fire Resistance. Meskipun terbuat dari bahan copper dan aluminium berkualitas, namun harga dari kabel ini masih relatif murah.

10. Focus

Source : Shopee

Merk kabel listrik yang bagus untuk instalasi listrik rumah lainnya adalah kabel listrik merk Focus. Kabel merk ini cukup dikenal di masyarakat karena sudah banyak digunakan dalam instalasi rumahan. Dengan standar SNI, SPLN, dan LMK, kabel merk ini memiliki harga yang cukup terjangkau dengan harga Rp2.810 per meter.

11. Wilson Cables

Source : Tokopedia

Kabel listrik merk Wilson Cables memiliki keunggulan dari segi material yang terbuat dari bahan tembaga, dan juga isolatornya yang tiga kali lebih cepat padam apabila terjadi kebakaran. Walaupun kabel merk Wilson ini sudah memenuhi standar SNI, SPLN, dan SMK, namun merk ini juga tersedia dalam ukuran pendek.

12. Federal

Source : Blibli

Merk kabel listrik yang bagus untuk instalasi rumah yang terakhir adalah merk Federal. Kualitas kabel merk ini tidak perlu diragukan lagi. Dikarenakan terbuat dari 99,9% tembaga dan kandungan bahan PVC di dalamnya membuat kabel ini lebih tahan panas. Maka dari itu, api tidak mudah menjalar dan seketika langsung padam apabila terjadi kebakaran.

Itulah beberapa penjelasan singkat macam-macam kabel listrik untuk instalasi rumah yang dapat Pins gunakan, termasuk rekomendasi merek kabel yang berkualitas terbaik. Gunakanlah kabel listrik yang sesuai dengan kegunaan dan kebutuhan ya Pins, agar dapat menghindari konsleting arus listrik pada rumah.

Baca juga: Ilmu Bangun Rumah

Featured Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Dewe Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download