Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Jumlah Rasul Ulul Azmi Ada Lima. Siapa Sajakah Mereka?

Lifestyle

Jumlah Rasul Ulul Azmi Ada Lima. Siapa Sajakah Mereka?

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 22 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Islam sesungguhnya memiliki banyak nabi dan rasul. Namun hanya Allah SWT yang mengetahui jumlah pastinya. Sebagai umat yang beriman kita hanya perlu mengetahui serta mengimani 25 nabi dan rasul. Dalam jumlah tersebut terdapat rasul yang disebut sebagai ulul azmi.Jumlah rasul ulul azmi ada lima. Jika Pins belum tahu, ulul azmi adalah gelar yang disematkan oleh Allah SWT kepada rasul dan nabi pilihan. 

Pinhome – Untuk lebih jelasnya, simak ulasan mengenai pengertian ulul azmi dalam artikel berikut. Dijelaskan pula nama-nama rasul ulul azmi serta mukjizat yang diberikan kepada mereka. Berikut uraian lengkapnya. 

Apa Itu Ulul Azmi?

(Suara.com)

Sebelum membahas lebih jauh, agaknya Pins perlu tahu dulu pengertian ulul azmi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa ulul azmi adalah gelar yang diberikan Allah SWT kepada nabi dan rasul yang luar biasa dalam menghadapi cobaan dan ujian.

Ketika dihina, dicaci, dan bahkan diancam, mereka tetap sabar menghadapinya. Mereka yang mendapatkan gelar ulul azmi ini adalah Nabi Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan Muhammad SAW.

Dalam surah Asy Syura ayat 13, Allah SWT berfirman:

فَٱصْبِرْ كَمَا صَبَرَ أُو۟لُوا۟ ٱلْعَزْمِ مِنَ ٱلرُّسُلِ وَلَا تَسْتَعْجِل لَّهُمْ ۚ كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ لَمْ يَلْبَثُوٓا۟ إِلَّا سَاعَةً مِّن نَّهَارٍۭ ۚ بَلَٰغٌ ۚ فَهَلْ يُهْلَكُ إِلَّا ٱلْقَوْمُ ٱلْفَٰسِقُونَ

Arab latin: Faṣbir kamā ṣabara ulul-‘azmi minal-rusul wa lā tasta’jil lahum, ka`annahum yauma yarauna mā yụ’adụna lam yalbaṡū illā sā’atam min nahār, balāg, fa hal yuhlaku illal-qaumul-fāsiqụn

Artinya: “Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka. Pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (Inilah) suatu pelajaran yang cukup, maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik.”

Baca Juga: Ringkasan Cerita Nabi Ayub Yang Perlu Umat Islam Teladani

Perbedaan Nabi dan Rasul

jumlah rasul ulul azmi ada
(Umma)

Sebagai gambaran, berikut dijelaskan pula perbedaan nabi dan rasul agar Pins tak keliru penyebutannya. Nah, jumlah rasul ulul azmi ada lima ini adalah orang yang menerima wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri.

Kemudian, seorang rasul wajib menyampaikan wahyu tersebut kepada umatnya. Sementara, nabi adalah orang yang diutus oleh Allah SWT untuk menyerukan umatnya agar mengikuti syariah terdahulu, maksudnya adalah ajaran agama Islam.

Jika melihat dari pengertian tersebut, tugas seorang rasul bisa dibilang lebih besar daripada nabi. Lalu, mengingat tanggung jawabnya yang besar maka seorang nabi dan rasul harus memiliki sifat berikut: 

  1. Jujur, tidak mungkin berbohong, atau shiddiq.
  2. Dapat dipercaya atau amanah.
  3. Menyampaikan perintah dan larangan atau tabligh.
  4. Cerdas atau fathonah serta tidak pelupa atau ghoflatun.

Baca Juga: Sifat-Sifat Yang Dimiliki Oleh Umar Bin Khattab Adalah Sebagai Berikut!

Nama-nama Rasul Ulul Azmi dan Mukjizatnya 

jumlah rasul ulul azmi ada
(Islam Pos)

Berikut nama nabi dan rasul yang menerima gelar ulur azmi dari Allah SWT: 

Nabi Nuh As

Nabi Nuh diutus oleh Allah SWT untuk menyerukan keislaman kepada kaum Bani Rasib. Kaum ini termasuk kaum yang sukar diajak beriman kepada Allah SWT.

Mereka menyembah patung atau berhala yang kemudian diberi azab berupa kekeringan dan kemandulan kaum perempuannya selama empat tahun.

Hal tersebut lantas membuat ternak dan tanaman mereka hancur, hingga suatu ketika Nabi Nuh diutus untuk membuat kapal sebagai tempat penyelamatan. 

Namun, setelah kapal tersebut jadi, Nabi Nuh justru dicaci maki. Mereka tak percaya akan seruan Nabi Nuh tentang banjir besar. Akhirnya, Nabi Nuh yang telah menahan kesabaran ini pun berdoa supaya kaumnya yang ingkar lenyap karena banjir.

Doa tersebut pun dikabulkan oleh Allah. Seluruh kaumnya hanyut dan binasa akibat banjir, termasuk anak dan istrinya. 

Nabi Ibrahim As

Terdapat beberapa keistimewaan Nabi Ibrahim As. Pertama, yakni tidak hangus terbakar api. Peristiwa ini terjadi saat Nabi Ibrahim menghancurkan berhala Raja Namrub. 

Raja Namrud yang marah lalu melempar Nabi Ibrahim ke dalam kobaran api. Namun panas api tersebut menjadi dingin atas perintah Allah SWT. 

Selanjutnya, yakni kesabaran Nabi Ibrahim saat mendapatkan perintah untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail. Beliau begitu patuh dan akhirnya putranya digantikan oleh domba dari surga. 

Nabi Musa As

Nabi Musa lahir saat negaranya dipimpin oleh Raja Firaun yang kejam. Kala itu, Raja Firaun bermimpi di antara bayi laki-laki yang lahir di negerinya, ada satu yang akan menghancurkan kekuasaannya. Lalu, ia pun bertitah untuk membunuh setiap bayi laki-laki yang lahir. 

Atas kehendak Allah SWT, Nabi Musa justru ditemukan oleh istri Firaun dan disusuinya. Musa kemudian tumbuh cerdas dan tekun berdakwah. Atas izin Allah SWT, Nabi Musa pun bisa menyelamatkan umatnya dari kekejaman Raja Firaun. Beliau diberi mukjizat tongkat yang dapat membelah laut merah. 

Nabi Isa As

Terdapat banyak hal yang menunjukkan kesabaran dan keteguhan Nabi Isa. Pertama, yakni ketika beliau harus menerima cobaan sebagai orang miskin. Selain itu, beliau juga harus menghadapi fitnah dan penolakan sampai hendak diusir dan dibunuh oleh kaum Bani Israil.

Berkat kesabarannya tersebut, Nabi Isa mendapat gelar ulul azmi dan menerima kitab Injil. Sebagaimana bunyi surah berikut: 

قَالَ اِنِّيْ عَبْدُ اللّٰهِ ۗاٰتٰنِيَ الْكِتٰبَ وَجَعَلَنِيْ نَبِيًّا ۙ – ٣٠

Artinya: “Dia (Isa) berkata, “Sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi.” – QS Maryam ayat 30.

Nabi Muhammad SAW

Ketabahan Nabi Muhammad SAW dimulai sejak beliau berada di dalam kandungan. Beliau mengalami masa sulit dalam keluarganya. Padahal semasa hidupnya, ia diberi banyak tantangan besar oleh Allah SWT. 

Namun berkat keteguhannya, Nabi Muhammad SAW diangkat sebagai rasul. Selain itu, Allah SWT juga memberikannya Al-quran yang merupakan penyempurna dari kitab terdahulu. 

Nah, demikian jumlah rasul ulul azmi ada lima dan nama-nama beserta kisahnya. Semoga dapat memberi inspirasi untuk Pins agar senantiasa sabar dalam menghadapi ujian dari Allah SWT.


Temukan pilihan rumah dan apartemen atau cari tahu harga tanah seperti harga tanah di Jakarta Selatan terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel