BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPAJoint Income, Solusi KPR untuk Pasangan yang Mau Beli Rumah
0
0

Joint Income, Solusi KPR untuk Pasangan yang Mau Beli Rumah

Dipublikasikan oleh Ranaka Adhitama dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Feb 26, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
joint income kprtop-right-banner

Seiring berjalannya waktu harga rumah kian naik apalagi ketika melihat banner iklan jual rumah gratis, tetapi kenaikan pendapatan seseorang tidak sebanding dengan hal tersebut. Untungnya, Pins yang sudah menikah bisa memilih joint income KPR sebagai solusi untuk mendapatkan tempat tinggal. 

Kamu dapat memiliki rumah yang elegan dan indah untuk kenyamanan bersama keluargamu di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Selain itu, kamu dapat menemukan rumah idaman yang paling terbaik edisi Pinhome di Rumah Ekslusif.

Baca juga: Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Apa itu Joint Income KPR?

Source : iStock

Joint income KPR atau Kredit Pemilikan Rumah dengan penghasilan bersama adalah bentuk KPR yang melibatkan dua atau lebih orang dengan penghasilan berbeda. Mereka kemudian mengajukan pinjaman bersama untuk membeli rumah.

Bentuk KPR satu ini akan menghitung penghasilan dari seluruh pihak yang terlibat dan digabungkan. Hal ini bertujuan menentukan kemampuan untuk membayar cicilan KPR setiap bulannya. 

Normalnya, ada aturan yang mengatur pembagian porsi pinjaman antara pasangan. Misalnya, jika suami dan istri mengajukan KPR bersama, bank akan menyetujui pinjaman dengan proporsi 50:50 atau berdasarkan penghasilan masing-masing. 

Baca juga: Yuk, Kenali Beberapa Jenis KPR Beserta Detailnya!

Keunggulan Joint Income KPR

Bila dibandingkan mengajukan KPR sendirian, ada beberapa kelebihan yang ditawarkan dari joint income KPR. Bila tertarik, kamu bisa mengecek kemampuan pembiayaan melalui website Pinhome, lho. Jika belum, coba lihat apa saja kelebihan dari bentuk KPR satu ini. 

1. Memperbesar Peluang Membeli Rumah

joint income kpr
Source : Pexels

Jika memanfaatkan penghasilan bersama, pasangan dapat memperoleh jumlah pinjaman yang lebih besar. Dengan begitu, kamu dan keluarga bisa membeli rumah dengan harga yang lebih tinggi, misalnya beli rumah di Cimanggis Golf Estate

2. Membagikan Beban Bayaran Cicilan

Dengan mengajukan KPR bersama, Pins dan pasangan bisa membagi beban pembayaran cicilan KPR bulanan. Ini tentu tidak akan memberatkan satu pihak saja dan bisa mengatur keuangan keluarga dengan lebih baik. 

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menghitung Bunga KPR Fixed<

3. Meningkatkan Peluang Persetujuan KPR

suku bunga kpr
Source : Pexels

Kelebihan lain yang bisa Pins dapatkan dari joint income KPR adalah meningkatkan peluang persetujuan KPR. Pasalnya, bank mungkin akan lebih percaya pada pasangan yang mengajukan KPR bersama karena ada dua penghasilan yang bisa diandalkan. 

Baca juga: Daftar Suku Bunga KPR Primary dan Take Over Terbaru

4. Mendapatkan Suku Bunga yang Lebih Rendah

Jika ingin mendapatkan suku bunga yang lebih rendah, Pins bisa mencoba bentuk KPR satu ini. Ini karena risiko kredit yang lebih rendah sehingga memungkinkan bank untuk memberikan suku bunga yang rendah pula. 

Tips Joint Income KPR

Dengan mempertimbangkan kelebihan-kelebihan yang sudah disebutkan, joint income KPR mungkin bisa jadi pilihan menguntungkan. Hal ini tentu berlaku untuk pasangan yang ingin beli rumah

Meski begitu, ada beragam tips yang perlu kamu siapkan dengan keluarga sebelum mengajukan KPR bersama. Ini deretan tips-tipsnya. 

1. Mengevaluasi Kondisi Finansial Bersama

Source : Pexels

Sebelum mengajukan KPR, jangan lupa evaluasi penghasilan dan kondisi finansial bersama pasangan. Kamu bisa mulai menghitung jumlah penghasilan, biaya hidup, serta sisa penghasilan yang dapat digunakan untuk bayar cicilan KPR setiap bulan. 

Pastikan Pins dan pasangan mampu melunasi KPR tanpa mengganggu kebutuhan hidup lainnya, ya!

2. Memilih Bank yang Tepat

Pada saat mengajukan KPR sebaiknya memilih bank yang tepat untuk mengajukan KPR. Karena ada perbandingan bunga KPR suku bunga dan biaya-biaya lainnya dari beberapa bank. Setelah itu, pilih bank yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial keluarga. 

Baca juga: Wajib Tahu! 11 Tips Menabung untuk Beli Rumah!

3. Mengambil Tenor Kredit Terpanjang

Source : iStock

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya, jika mengambil tenor kredit terpanjang tentu bisa menyebabkan bunga semakin membengkak. Faktanya, memilih jangka waktu terpanjang untuk bayar cicilan bisa membuat pengeluaran semakin terjangkau.

Ini karena kamu bisa mengatur keuangan dengan baik meskipun dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, nilai investasi rumah biasanya akan terus naik seiring bertambahnya waktu.

4. Menentukan Pembagian Cicilan

Mengingat kamu membayar cicilan bersama pasangan, tentu harus menentukan pembagian proporsi cicilan sesuai kondisi finansial masing-masing. Pins dan pasangan mungkin bisa memilih pembagian cicilan dengan proporsi yang sama atau menyesuaikan dengan penghasilan masing-masing.

Baca juga: Syarat & Tips Take Over KPR Bank di Indonesia

5. Mulai Mempersiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Source : iStock

Jangan lupa untuk mulai mencari tahu apa saja dokumen yang diperlukan untuk mengajukan KPR. Misalnya, KTP, NPWP, slip gaji, rekening koran, dan dokumen properti yang dibeli. Pastikan kamu memilih properti dari developer terpercaya di laman Rumah Ekslusif dari Pinhome

6. Mempertimbangkan Risiko yang Mungkin Dihadapi

Mengikuti program joint income KPR memang menawarkan kelebihan, tetapi bukan berarti tidak ada risiko yang mengintai. Sebagai contoh, jika terjadi masalah dalam hubungan atau salah satu pasangan kehilangan pekerjaan, cicilan KPR tetap harus dibayar. 

Maka dari itu, pastikan kamu dan pasangan memiliki jaminan keamanan finansial jika terjadi situasi yang tidak diinginkan. Kamu bisa mulai melakukan perencanaan anggaran dan menyiapkan dana cadangan untuk hal-hal darurat di masa depan. 

Nah, itu tadi sederet informasi seputar joint income KPR yang bisa jadi salah satu solusi terbaik untuk pasangan yang ingin beli rumah. Semoga informasi tadi dapat menjadi pertimbangan kamu, ya!

Baca juga: 

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Orchard Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download