Jika pembeli tidak konfirmasi penerimaan barang di Shopee

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 3 menit membaca

Apa yang terjadi jika pembeli tidak konfirmasi penerima barang di Shopee? Apakah dana tetap akan diteruskan ke penjual? Apakah uang tetap masuk ke akun Shopee penjual? Oke, untuk bahasan kali ini masih tentang Shopee, tapi dari sisi penjual. Saya pakai Shopee bukan cuma untuk beli barang saja, tetapi juga untuk jualan produk.

Shopee, Jual Beli dalam Satu Aplikasi
Melalui Shopee, pengguna bisa membeli maupun menjual barang. Shopee sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Dengan adanya marketplace seperti Shopee, sangat membantu bagi orang yang ingin berjualan lewat online. Tingkat konversinya lebih tinggi ketimbang kalau kita promosi barang lewat Facebook. Orang buka Facebook belum tentu ingin beli barang, karena memang Facebook adalah media sosial. Shopee bukanlah media sosial, tapi marketplace, sehingga kegunaannya adalah untuk jual beli.

Dari segi pembeli, dengan hadirnya marketplace Shopee memudahkan pembeli untuk mencari barang yang ingin mereka beli. Selain itu, beli lewat marketplace lebih aman, karena sebelum barang sampai, dana yang dibayarkan pembeli ditahan oleh pihak marketplace. Dana baru diteruskan ke penjual jika barang sudah sampai.

Kemudahan Berbelanja Online Lewat Shopee
Shopee juga mempermudah bagi yang ingin beli barang tapi tak punya ATM buat transfer uang. Shopee menyediakan beragam pilihan pembayaran, termasuk pembayaran via Indomaret dan Alfamart. Dengan begitu, untuk beli barang di Shopee, pembeli tak harus punya ATM, tapi bisa membayar pesanannya lewat Indomaret atau Alfamart. Selain itu, Shopee juga menyediakan pilihan pembayaran COD (Cash on Delivery), pesanan dibayar ketika barang sampai.

Pembeli akan mendapatkan resi sebagai bukti pengiriman. Pembeli bisa melakukan pelacakan barang dengan resi tersebut untuk mengetahui posisi barang. Pengecekan resi bisa dilakukan di web jasa ekspedisi yang bersangkutan, maupun langsung lewat aplikasi Shopee.

Pentingkah konfirmasi penerimaan barang bagi pembeli?
Kalau barang sudah sampai, dana yang dibayarkan oleh pembeli bisa langsung masuk ke akun Shopee penjual, jika pembeli mengonfirmasi penerimaan barang lewat akun Shopee miliknya. Lalu bagaimana jika barang sudah sampai di tangan pembeli, tapi pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang? Apakah dana tetap akan masuk?

Sebetulnya pembeli tidak harus melakukan konfirmasi penerimaan barang. Namun, sebagai penjual, kalau ingin dana dari pembeli cepat masuk, Anda bisa hubungi pembeli lewat chat agar mengonfirmasi penerimaan barang. Tapi kalau tidak, tunggu beberapa hari. Dana akan masuk ke akun penjual beberapa hari kemudian.

Dana juga bisa masuk ke akun penjual jika pembeli mengonfirmasi penerimaan barang, meski sebetulnya barang masih dalam proses pengiriman. Dengan catatan, pilihan pembayarannya bukan COD. Kalau pembeli memilih pembayaran COD, pembeli tidak bisa mengonfirmasi penerimaan barang kalau barang pesanannya belum sampai.

Memang kalau sebagai penjual, saya senang kalau pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang begitu barang sudah sampai, karena dana lebih cepat masuk ke akun Shopee saya. Tapi, kalau pembeli tidak melakukannya juga tidak apa-apa. Hal itu bukan berati pembeli tidak bertanggung jawab, tapi bisa jadi karena pembeli tidak tahu. Dan nggak usah telalu baper lah dengan pembeli yang seperti itu. Itu bisa dibicarakan baik-baik ke pembeli.

Saya bukan penjual yang punya modal besar. Toko saya juga saat postingan ini dibuat belum berstatus Star Seller. Tapi, saya tidak mempermasalahkan kalau pembeli tidak konfirmasi penerimaan barang. Dana tetap akan masuk ke akun penjual, meski lebih lama. Yang saya permasalahkan kalau pembeli kasih bintang satu :D.

Kesimpulan
Bagi yang tidak mau membaca panjang lebar, langsung baca saja poinnya di bagian kesimpulan ini. Jadi, dana pembayaran pesanan tetap akan masuk ke akun Shopee penjual meski pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Kenali Pengertian dan Fungsi Sinyal Trading Bagi Pemula

Saat melakukan trading, kamu harus tahu bagaimana kondisi sinyal trading yang sedang berlangsung sa

Finansial
Finansial Mengenal Bid Price dan Ask Price dalam Trading

Investasi saham yang berkontribusi pada pasar sekunder kini tidak lagi menjadi penghubung antara in

Finansial
Finansial Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pad

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia