BlogPemilik PropertiDesain Hunian13 Model Sekat Ruangan Lipat, Praktis dan Fungsional
0
0

13 Model Sekat Ruangan Lipat, Praktis dan Fungsional

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mar 31, 2023

11 menit membaca

Copied to clipboard
penyekat ruangtop-right-banner

Memiliki ruangan yang terlalu luas terkadang memberikan kesan ruangan menjadi tampak kosong. Bahkan saking luasnya, penghuni jadi tidak memiliki ruang privasi. Nah untuk menyiasatinya, kamu dapat menggunakan partisi atau sekat ruangan. Sekat ruangan sendiri terdapat beberapa jenis, seperti sekat ruangan lipat, lemari partisi, papan partisi, dan lainnya.

Bagi Pins yang membutuhkan sekat ruangan namun ingin sekat ruangan non permanen, kamu dapat menggunakan sekat ruangan lipat. Sekat ruangan lipat dapat dikatakan cukup praktis karena kamu bisa melipatnya kapan saja saat tidak digunakan. Bagi Pins yang penasaran apa saja model sekat ruangan lipat yang ada di pasaran, berikut ini daftarnya.

Baca juga:

Inspirasi Model Sekat Ruangan Lipat

Penyekat ruangan yang ada di pasaran bisa Pins temukan dari berbagai jenis material, mulai dari kayu, besi atau bambu. Nah, berikut ini Pinhome akan sajikan berbagai rekomendasi model sekat ruangan terbaik untuk jadi referensi kamu.

1. Sekat Ruangan Lipat Kayu Tirai

Source : Bukalapak

Partisi ruangan lipat adalah salah satu penyekat ruangan yang sangat sering digunakan. Penyekat ruangan model ini sering digunakan oleh rumah-rumah orang zaman dahulu. Penyekat berbahan dasar kayu ini dibuat seperti pintu lipat yang memiliki tirai yang juga terbuat dari kayu.

Hal ini dapat membuat ruangan tetap mendapat sinar matahari meski dipasangkan partisi. Biasanya partisi lipat kayu ini memiliki 4-5 pintu kayu yang dapat membuat ruangan semakin cantik dengan aksen kayunya.

Partisi lipat ruangan ini dapat Pins letakkan di ruang tamu atau ruang makan untuk memisahkan privasi antar ruangan. Jangan lupa, usahakan memilih warna yang netral agar mudah masuk ke dalam konsep warna interior rumah.

Baca juga: 7 Rekomendasi Model Pintu Rumah Minimalis Modern

2. Sekat Ruangan Lipat Kayu Ukiran

Source : Shopee

Partisi lipat berbahan dasar kayu selanjutnya adalah partisi ruangan lipat kayu ukiran. Biasanya partisi ruangan yang satu ini memiliki 3-5 pintu penyekat dengan detail ukiran. Ukiran bisa membentuk bunga, daun-daunan dan masih banyak lagi sesuai kreativitas seniman dan permintaan konsumen.

Bagi Pins yang ingin memisahkan ruangan namun ingin membuat ruangan tidak terkesan berbeda, bisa dengan menggunakan paritis jenis ini. 

3. Partisi Lipat Bergaya Jepang

sekat ruangan lipat
Source : Pinterest

Selain partisi lipat kayu, penyekat ruangan lipat lainnya yang tidak kalah cantik adalah partisi lipat bergaya Jepang. Biasanya partisi jenis yang satu ini dibuat dengan lis kayu dan di tengahnya menggunakan kaca atau kanvas dengan motif bunga.

Warna bagian pinggir sekat ruangan lipat ini pun biasanya dibiarkan saja sesuai dengan warna asli kayu atau akan dicat menjadi lebih gelap. Sedangkan pada bagian tengah kaca atau kanvas memiliki warna putih atau cream yang disertai dengan motif bunga.

4. Partisi Lipat Bambu Tertutup

sekat ruangan lipat
Source : Pinterest

Model partisi ruangan lipat selanjutnya yang dapat kamu gunakan di rumah adalah partisi lipat bambu. Partisi jenis ini memiliki bisa terdiri dari 3-5 pintu sesuai dengan kebutuhanmu.

Biasanya bambu dapat dianyam atau disusun tegak lurus vertikal maupun horizontal membentuk pintu-pintu penyekat ruangan. Kamu bisa menggunakan partisi yang satu ini untuk di ruang tamu karena bahannya yang kokoh. 

5. Partisi Lipat Oriental

Source : Tokopedia

Penyekat ruangan lipat bergaya oriental memang selalu menarik dan cantik untuk digunakan dalam ruangan. Biasanya dasar dari partisi model ini berwarna gelap atau merah dengan aksen oriental yang berwarna emas.

Jumlah pintu partisinya pun biasanya cukup banyak mulai dari 4-8 pintu, sehingga sangat cocok bagi Pins yang membutuhkan partisi untuk ruangan dengan luas yang cukup besar.

Nah dalam memilih partisi lipat oriental, sebaiknya usahakan memilih warna yang masuk ke dalam konsep interior ruangan agar penyekat ruangan dapat menyatu dengan warna ruangan rumahmu.

Baca juga: 15 Ide Desain Mezzanine Ruang Tamu untuk Memperluas Ruangan

6. Sekat Ruangan Lipat Kain

Source : Pinterest

Penyekat ruangan lipat kain hampir sama dengan partisi pada umumnya yang menggunakan rangka dasar kayu. Hanya saja bagian tengah penyekat ruangan jenis ini dipasangkan kain agar bisa membatasi pandangan antara ruang yang satu dengan ruang lainnya. Bagi Pins yang membutuhkan sekat ruangan lipat untuk diletakkan di kamar, penyekat ruangan yang satu ini sangat cocok.

7. Sekat Lipat Marble

Source : Pinterest

Cukup berbeda dengan sekat ruangan lipat lainnya, partisi yang satu ini memang menjadi favorit akhir-akhir ini. Selain motif marble yang sangat cantik, partisi lipat ini bisa membatasi pandangan ruangan yang satu dengan yang lain secara penuh.

Jadi penyekat ruangan yang satu ini sangat cocok digunakan untuk membatasi ruang tamu dengan ruangan lainnya.

8. Sekat Besi Minimalis

Sekat Ruangan
Source : Partisi Lipat Geser

Beralih ke sekat minimalis berbahan besi. Penyekat ruangan ini menarik karena Pins bisa memilih ragam ukiran yang nantinya akan berada pada setiap pintu penyekat. Mulai dari ukiran berbentuk bunga, abstrak maupun daun. Menarik sekali bukan?

Baca juga: 17 Pilihan Keramik Dinding Ruang Tamu Setengah Badan

9. Sekat Minimalis Kaca

Source : Shpock

Selanjutnya, ada sekat minimalis berbahan besi dengan perpaduan kaca. Kaca yang digunakan pun dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Bila Pins tetap ingin mempertahankan privasi dalam ruangan, Pins dapat memilih kaca jenis es atau biasa disebut dengan indofigur. Kaca ini buram tetapi cahaya dari sinar matahari tetap masih bisa menembus ruangan.

10. Sekat Bambu Terbuka

Source : Remodelista

Siapa bilang bambu tidak bisa bisa menjadi salah satu dekorasi dalam rumah minimalis? Bambu yang menimbulkan kesederhanaan dapat Pins taruh sebagai sekat antara ruang tamu dan ruang keluarga. Model sekat berbahan bambu juga banyak lho digunakan oleh masyarakat kaum milenial.

11. Partisi Lipat Dekoratif

Source : On Deck With Lucy

Pins menyukai dekorasi artsy? Dekorasi dengan permainan pola dan motif pada perabot rumah tangga memang menarik. Tidak terkecuali untuk penyekat ruangan. Dengan pemilihan motif yang tepat dan simpel, rumah milik Pins akan semakin banyak pengunjungnya.

Baca juga: 7 Kesalahan Beli Furniture Minimalis Rumah Pertama 

12. Sekat Ruangan Portable

Source : Ig-gram.com

Nah, untuk Pins yang masih ragu akan keberadaan sekat dalam ruangan, Pins bisa menggunakan jenis penyekat ruangan portable. Sekat ruangan minimalis ini dapat Pins geser kemanapun dengan praktis tanpa mengganggu perabot rumah lainnya. Bila tidak digunakan, sekat ini dapat disimpan dan tidak memakan banyak tempat.

13. Sekat Ruangan Tirai Putih Minimalis

Source : Space Stock

Untuk Pins yang memilih gaya interior minimalis dan banyak menggunakan perabot serba putih, Pins bisa memilih sekat ruangan dengan model tirai seperti di atas.

Dengan model seperti itu, Pins dapat fleksibel menutup dan membukanya tanpa mengubah letak dari partisi tersebut. Cocok menjadi pembagi ruangan dekorasi dengan kesan shabby chic.

Baca juga: 7 Desain Kamar Mandi Dan Tempat Cuci Baj

Banyaknya model sekat ruang memang sudah terbukti mampu membuat tampilan ruang kian menarik. Selain untuk menjaga privasi, sekat juga digunakan pula untuk mempercantik ruangan. Ragam desain sekat ruangan minimalis memang bermacam-macam dan sangat menarik.

Itulah informasi tentang sekat ruangan lipat yang dapat masuk ke daftar pilihanmu. Pastikan sebelum memilih partisi ruangan lipat, kamu mencatat kebutuhan mulai dari panjang partisi dan warna agar sesuai dengan kebutuhan untuk ruanganmu.

Editor: Sekar Ningtyas

Koordinator: Aileen

Source feature image: Kompas


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download