BlogPemilik PropertiDesain HunianCatat! Ini Jenis Pasir untuk Pasang Keramik
0
0

Catat! Ini Jenis Pasir untuk Pasang Keramik

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Jenis pasir untuk pasang keramiktop-right-banner

Dalam setiap konstruksi bangunan, pasir menjadi salah satu material yang selalu dibutuhkan. Jenis-jenis pasir pun beragam yang dapat diaplikasikan untuk berbagai macam kegunaan. Jenis pasir untuk pasang keramik misalnya yang menggunakan pasir pasang atau pasir putih rangkas.

Secara umum, pasir memiliki butiran kecil berukuran 0,0625 hingga 2 mm yang mengandung silikon dioksida dari batuan kapur. Ukuran butiran pasir dan karakteristik pada setiap jenis pasir berbeda-beda. Berikut beberapa jenis pasir dan kegunaannya.

Pasir Beton

Jenis pasir untuk pasang keramik
Source : Tokopedia

Salah satu jenis pasir yang paling sering digunakan sebagai bahan konstruksi rumah adalah pasir beton. Jenis pasir ini dapat dikenali dari warnanya yang sangat hitam dibanding jenis pasir lain. Tekstur pasir beton juga sangat halus sehingga saat dikepal tidak buyar atau ambyar.

Pasir beton sering digunakan untuk pengecoran pondasi dan dinding bangunan. Selain itu, pasir ini juga memiliki daya rekat yang bagus sehingga dapat digunakan untuk memasang keramik. Pasir beton dapat dicampur semen untuk pemasangan keramik dinding maupun keramik lantai.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Ini Dia 10 Merk Bata Ringan Terbaik!

Pasir Pasang

Jenis pasir untuk pasang keramik
Source : Shopee

Agrerat pasir pasang sangat kecil dengan elemen yang lebih padat. Sama seperti halnya pasir beton, jenis pasir pasang akan membentuk bekas genggaman telapak tangan yang artinya butiran pasir tidak ambyar atau buyar. Pasir pasang yang sering digunakan untuk bahan konstruksi adalah pasir sungai dan pasir gunung.

Tekstur pasir yang lebih halus sering dimanfaatkan untuk campuran plester bersama dengan pasir beton. Jenis pasir ini juga paling populer untuk perekat batu bata, batu alam, dan keramik. Fungsi perekatan biasanya dengan adukan dari campuran pasir pasang dan semen.

Baca Juga: 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Pasir Putih Rangkas

Jenis pasir untuk pasang keramik
Source : Tokopedia

Pasir yang berasal dari Rangkas Bitung, Banten ini terkenal dengan teksturnya yang lembut dan warna butiran pasirnya yang putih keabu-abuan. Meski harganya relatif murah, namun kualitas pasir putih rangkas cukup baik untuk keperluan konstruksi.

Fungsi pasir putih rangkas antara lain untuk bahan pondasi bangunan, pembuatan batako, paving block, dan genteng, serta pemasangan keramik. Tekstur pasir yang lebih halus membuat jenis pasir ini sering menjadi campuran untuk plesteran dinding bangunan.

Pasir Putih Lampung

Jenis pasir untuk pasang keramik
Source : Tokopedia

Tekstur dari pasir putih Lampung memiliki butiran yang sangat lembut dan halus. Selain itu, warna pasir ini berbeda-beda tergantung kondisi galian atau area tambangnya. Warna pasir putih Lampung bisa krem kekuningan, krem gelap, hingga kemerahan.

Jenis pasir putih ini cocok digunakan untuk adukan pemasangan batu bata, marmer, granit, dan juga keramik. Penggunaan pasir ini tidak memerlukan penyaringan karena tekstur pasir yang sudah cukup halus. Tanpa adanya penyaringan ulang ini tentu dapat menghemat waktu dan tenaga.

Pasir Plester

Jenis pasir untuk pasang keramik
Source : Tokopedia

Pasir plester merupakan salah satu jenis pasir yang memiliki tekstur halus. Namun penggunaannya tetap membutuhkan penyaringan atau pengayakan agar bebatuan dan kerikil kasar dapat dihilangkan dari pasir.

Jenis pasir plester ada yang berasal dari area sungai dan ada pula yang berasal dari daerah gunung. Pasir dengan tekstur halus ini memang sangat cocok untuk fungsi plester acian dinding bangunan, baik interior maupun eksterior.

Biasanya pasir dapat dicampur dengan semen untuk dapat merekat lebih kuat. Pasir dapat digunakan untuk pemasangan batu bata merah dan juga keramik.

Pasir Putih Bangka

Jenis pasir untuk pasang keramik
Source : Tokopedia

Jenis pasir yang berasal dari Kepulauan Bangka Belitung juga cukup terkenal dengan kualitasnya yang sesuai standarisasi hasil tambang. Tidak heran jika banyak konstruksi rumah atau bangunan yang menggunakan pasir putih Bangka.

Pasir dengan kualitas nomor satu memiliki ciri khas warnanya yang putih bersih seperti garam. Namun pasir putih Bangka juga memiliki warna lain sesuai dengan lokasi tambang, ada yang putih, kuning, coklat, serta coklat keputihan.

Fungsi pasir ini sering kali digunakan sebagai bahan cor dan plester. Penggunaan dengan semen juga bisa diperuntukkan pada proses pemasangan keramik.

Pasir Mundu

Jenis pasir untuk pasang keramik
Source : Tokopedia

Pasir mundu mungkin paling sering digunakan karena harganya lebih terjangkau dibanding pasir yang lain. Kualitasnya pun cukup bagus untuk perekat batu bata, batako, serta keramik.

Jenis pasir untuk pasang keramik ini dapat dikenali dari warnanya yang kecokelatan. Selain itu, tekstur pasir ini bisa dirasakan lebih kasar dibanding jenis pasir lainnya. Biasanya pasir mundu dapat dibeli dengan ukur per kubik atau per truk.

Pasir Elod

Jenis pasir untuk pasang keramik
Source : Tokopedia

Selanjutnya ada pasir elod yang memiliki ciri khas pada warnanya yang gelap. Pasir elod biasanya memiliki warna abu-abu gelap atau hitam pekat. Butiran pasir elod sangat halus dan kecil yang sering dimanfaatkan untuk bahan pembuatan batako.

Jenis pasir ini memiliki kualitas yang kurang bagus jika digunakan untuk konstruksi atau pondasi rumah. Beberapa orang lebih sering menggunakan pasir ini untuk pekerjaan pemasangan keramik dinding atau lantai.

Meski tidak sebagus pasir pasang, fungsi pasir elod untuk merekatkan keramik cukup kuat. Penggunaannya dengan dicampur semen agar dapat merekatkan keramik dengan lebih baik.

Itulah beberapa jenis pasir untuk pasang keramik yang sering digunakan untuk konstruksi rumah atau bangunan. Setiap jenis pasir di atas memiliki keunggulannya masing-masing. Harganya pun berbeda-beda sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. 

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download