Jenis Neon Box

Dipublikasikan oleh Kartika Laksita ∙ 26 October 2019 ∙ 6 menit membaca

Jenis neon box – Neon box merupakan media reklame yang sudah tidak asing lagi, mengapa? Karena media ini sudah membumi dan bisa ditemui dimana saja.

Bahkan, di sepanjang jalan di pusat perkantoran atau perdagangan, pasti ada yang melihat neon box. Jenis neon box juga bermacam-macam.

Kemudian, saat membuat dan pemasangan terlihat mudah. Tapi untuk mendapatkan keterampilan resultnya harus memerlukan keahlian, keterampilan dan pastinya pengalaman.

Mau tahu penjelasan selanjutnya? Simak artikel ini sampai tuntas.

Pengertian Neon Box

Apa itu neon box? Neon box adalah salah satu alat atau media promosi sejenis billiboard yang dilengkapi dengan ruang kosong pada bagian tengah.

Nah, pada bagian tengah tersebut diisilah dengan tambahan lampu neon yang nantinya berfungsi sebagai penerang.

Karena itu, neon box seringkali disebut sebagai media promosi yang cocok digunakan saat waktu siang dan malam hari. Ada banyak macam bahan pembuatan neon box dan masing-masing bahan tersebut memiliki bentuk yang berbeda.

Jenis Neon Box

Untuk jenis neon box sendiri ada 3, dan setiap jenis neon box masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Baik itu dari segi bahan yang tahan lama, kualitas hasil cetak dan juga dari segi harga.

Berikut 3 jenis neon box tersebut yaitu:

Neon Box Akrilik

jenis neon box akrilik
akrilikexpress.com

Jenis neon box pertama yaitu terbuat dari berbahan akrilik. Ciri-ciri dari bahan ini yaitu bisa dilihat seperti gabungan antara kaca dan plastik.

Satu ciri khas yang menonjol dari bahan ini yaitu memiliki sifat yang lentur dan bahannya yang kuat serta sifat kacanya yang bisa ditembus oleh cahaya. Dengan begitu, neon box dengan bahan ini tidak mudah pecah.

Harga dari bahan akrilik ini bisa dibilang cukup mahal dan sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Ada juga neon box yang berwarna putih atau akrilik susu yang memiliki kualitas yang bagus.

Nah, dengan bahan tersebut bisa menjadi pilihan terbaik untuk membuat neon box. Mengapa? Karena media promosi ini bisa dilihat di siang dan malam hari.

Neon box akrilik memiliki ciri khas yang sifat plastiknya lentur serta bahannya yang kuat.

Neon Box Duratrans

jenis neon box duratrans
id.pinterest.com

Banyak orang menyebut neon box sebagai alat promosi yang modern dan berkelas jika dibandingkan dengan media promosi lain. Bahkan promosi tersebut dibuat dengan menggunakan teknik percetakan khusus digital seperti vinyl.

Sementara itu, apa karakteristik dari neon box duratrans? Karakteristik dari neon box duratrans yaitu memiliki bahan yang terlihat seperti lembaran plastik yang sangat tipis.

Untuk harganya sendiri memiliki harga yang mahal dan bahannya juga bisa dibilang kuat. Inilah yang membuat neon box dutatrans lebih sering berguna sebagai display indoor.

Sedangkan untuk yang outdoor, harus ditempatkan pada bagian yang aman. Apa tujuannya? Agar tidak langsung terkena sinar matahari secara langsung.

Neon box dutatrans memiliki bahan yang terlihat seperti lembaran plastik sangat tipis.

Neon Box Vinyl

neon box vinyl
mahakaryareklame.com

Nah, untuk jenis neon box terakhir yaitu terbuat dari bahan vinyl. Bahan ini memiliki karakteristik yang wujud fisiknya bisa dilihat seperti lembaran kain jika dipadukan dengan material semi plastik. Atau masyarakat menyebutnya sebagai flexi.

Nah, flexi sendiri sering juga digunakan pada neon box backlite. Pada umumnya, flexi sedikit berbeda dengan yang digunakan cetak spanduk yaitu sifatnya yang meneruskan cahaya. Mengapa? Karena jika terkena cahaya matahari warna neon box akan terlihat lebih kuat.

Untuk kelebihan dari neon box dengan bahan vinyl, yaitu cara kerjanya dengan memanfaatkan teknik printing. Sehingga konsumen yang menginginkan layout foto atau gambar cocok dengan jenis neon box ini.

Disisi lain, kekurangan dari neon box ini yaitu dari daya tahannya. Daya tahan dari neon box jenis ini jika terkena sinar matahari terus-menerus atau terkena hujan, maka lama-kelamaan tintanya akan memudar.

Satu lagi, jika membutuhkan neon box dengan harga yang menengah kebawah. Maka neon box dengan bahan vinyl inilah yang menjadi pilihan, mengapa? Karena harganya yang murah dan terjangkau.

Jenis neon box bahan vinyl disebut flexi, karena memiliki bentuk yang bisa dilihat seperti lembaran kain jika dipadukan dengan material semi plastik.

Tips Agar Tampilan Neon Box Menarik

Nah, jika sudah memilih jenis bahan neon box, tinggal memasang neon box dengan tampilan yang menarik dan bisa menjadi daya tarik bagi konsumen.

Mau tahu caranya? Ikuti petunjuk berikut ini.

  • Gambar neon box harus memiliki resolusi yang tinggi dan saat mencetaknya harus menghasilkan cetakan yang halus. Mengapa? Karena cetakan yang bergaris sangat terlihat jika lampu neon dinyalakan. Pastikan bahwa mesin dan bahan yang digunakan untuk membuat neon box bisa menghasilkan gambar yang memiliki resolusi tinggi.
  • Gambar neon box harus lebih pekat dari pada cetakan biasa, mengapa? Karena gambar neon box yang akan disinari lampu, maka harus memiliki kepekatan yang cukup. Sehingga tidak akan terlihat pudar jika terkena cahaya matahari.

Secara umum, gambar neon box dicetak 2x atau overprint atau bisa juga menggunakan bahan doubleside. Apa itu doubleside? Gambar yang dicetak pada 2 sisi bahan dan gambar akan terlihat pekat.

Nah, untuk bisa memenuhi persyaratan tersebut, ada banyak teknik yang digunakan dalam membuat neon box, yaitu:

Cara Pertama

kertas stiker
mahamerubali.com

Cara pertama yaitu dengan stiker khusus neon box. Seperti merek 3M, oracal, ritrama dan akrilik susu. Teknik ini menggunakan mesin cutting untuk memotong stiker yang umumnya sudah ada warna sesuai pola desainnya. Stiker yang sudah dipotong kemudian ditempelkan ke akrilik, kemudian dipasang pada rangka neon box.

Teknik ini pada umumnya digunakan untuk neon box yang memiliki komposisi warna simpel atau tidak ada gradasi, seperti box ATM bank.

Stiker neon box yang berupa oracal atau ritrama termasuk dari bagian jenis-jenis stiker yang juga bisa digunakan pada stiker motor.

Cara Kedua

backlite frontlite
dramabanget.com

Cara kedua yaitu neon box menggunakan backlite frontlite. Bahan ini hampir sama dengan bahan frontlite atau vinyl atau mmt.

Cara pemasangannya relatif mudah, hanya dengan memantek frontlite ke rangka. Sehingga tidak perlu lagi akrilik sebagai penyangganya yang efeknya tidak terlalu berat pada neon box.

Neon box dengan teknik ini contohnya seperti noen box pada iklan tertentu yang ada di sepanjang jalan.

Cara Ketiga

backlite film
mitragraphia.com

Cara terakhir yaitu neon box menggunakan backlite film. Cara ini masih membutuhkan akrilik sebagai bahan untuk menempelkan backlite pada rangka neon box.

Contoh dari hasil bahan ini yaitu bisa ditemui di toko baju, mall atau mall matahari. Dari situlah akan menemui neon box dengan bahan backlite.

Bahan backlite termasuk juga jenis bahan spanduk yang digunakan dalam dunia percetakan.

Penutup

Nah, itulah penjelasan dari beberapa jenis neon box yang sering dijumpai di jalanan, toko maupun mall. Perlu kamu ketahui juga, bahwa ada media promosi lain yang menjadi perbedaan. Seperti spanduk dan banner, billiboar dan baliho dan juga neon box dan shop sign branding,

Jika ada kesalahan dalam pengetikan ini, bisa komentar di bawah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa membatu.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Berita Pinhome
Berita Pinhome 4 Manfaat Penting Business Process Outsourcing (BPO) bagi Perusahaan

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam waktu panjang, sejumlah pemilik bisnis

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia