Jenis-jenis Komputer yang Digunakan di Dunia

Dipublikasikan oleh Kartika Laksita ∙ 2 November 2019 ∙ 9 menit membaca

Setelah mengetahui jenis-jenis printer, tidak lupa juga dengan jenis-jenis komputer yang juga begitu banyak dan memiliki fungsi yang berbeda, dengan cara kerja printer yang mungkin juga berbeda dengan yang lain.

Mungkin sebagian orang hanya mengenal komputer, PC, laptop dan netbook saja. tapi, apakah kamu tahu? Bahwa jenis komputer juga ada banyak dan seiring bertambah dengan perkembangan dunia teknologi.

Maka dari itu, disini akan membahas tentang jenis-jenis komputer yang sudah berkembang di dunia dan sudah sering digunakan.

Jenis-jenis Komputer

Selain mengetahui jenis-jenis komputer, disamping itu juga harus mengetahui fungsi dari masing-masing komputer.

Mengapa demikian? Karena semua jenis komputer yang ada, itu sangat familiar dengan kehidupan sehari-hari. Dan tidak menutup kemungkinan juga akan ada banyak tambahan jenis-jenis komputer yang baru.

Nah, berikut jenis-jenis komputer yang sudah dikumpulkan dari beberapa sumber.

1. Personal Computer (PC)

jenis jenis komputer - Personal Computer
i5.walmartimages.com

Personal computer merupakan kata yang diambil dari bahasa Inggris yang artinya komputer pribadi. Komputer ini termasuk seperangkat komputer yang digunakan tentunya hanya satu orang saja.

Pada umumnya, komputer ini adanya di lingkungan rumah, kantor, toko, formal atau tempat mencari ilmu. Selain itu, komputer ini bisa ditemukan dimana saja karena harga dari komputer ini sudah relatif terjangkau dan ada banyak macamnya.

Fungsi dari komputer ini yaitu untuk mengolah data input dan menghasilkan output yang berupa data atau informasi sesuai dengan keinginan user.

Dalam pengolahan data ini, dimulai dari memasukkan data atau input sampai akhirnya menghasilkan informasi. Komputer juga memerlukan suatu sistem dari kesatuan elemen yang tidak bisa terpisahkan, seperti hardware, software dan brainware.

2. Server

komputer server
2.bp.blogspot.com

Server merupakan sebuah komputer yang telah dioptimalkan untuk bisa memberikan layanan pada komputer lain melalui jaringan.

Pada umumnya, server ini memiliki performa atau prosesor yang kuat. Selain itu, bisa menampung daya yang besar, RAM yang besar, hard disk dengan kapasitas tinggi, printer yang bisa digunakan bersama dan lainnya.

Fungsi dari server ini bisa mengatur hak akses level dalam jaringan, sehingga tidak semua client bisa membuka data yang disimpan di komputer server.

Selain itu, komputer ini menyediakan resource untuk digunakan bersama. Baik itu perangkat keras atau berupa aplikasi agar bisa digunakan di semua komputer client di dalam jaringan.

3. Desktop

jenis jenis komputer - desktop
klikglodok.com

Jenis-jenis komputer selanjutnya yaitu desktop, desktop ini tidak bisa dibawa kemana-mana dan secara umum hanya bertempat pada satu lokasi saja.

Selain itu, komputer ini hanya dirancang untuk diletakkan dan digunakan diatas meja di rumah atau kantor.

Adapun komponen dari komputer desktop ini ada beberapa macam. Seperti kotak komputer, monitor, CPU, keyboard terpisah satu sama lain dengan ukuran yang relatif besar.

Komputer ini juga termasuk mesin kantor yang pada umumnya memiliki harga yang lebih murah dari pada PC.

4. Laptop

laptop
i.gadgets360cdn.com

Laptop merupakan komputer portable yang memangkas ukuran layar, keyboard dan berbagai perangkat besar lain yang ada pada komputer. Sehingga membuat laptop ini mudah dibawa kemana saja.

Laptop dan notebook hampir tidak ada perbedaan diantara keduanya. Mudah dibawa kemana-mana dan juga bisa membantu pekerjaan yang akan diselesaikan dengan waktu yang lebih cepat.

Selain itu, laptop ini memiliki media penyimpanan sangat kecil di bawah 10Mb. Bahkan, saat ini sudah banyak sekali laptop yang tertanam dengan media penyimpanan HDD atau SSD dengan kapasitas yang sangat besar, dan itu bisa mencapai ukuran terabyte atau TB.

Laptop yang sudah canggih dengan prosesor dan RAM besar, serta didukung kartu grafis yang sangat mumpuni. Maka sebagian orang yang membeli laptop untuk bermain game saja.

5. Netbook

jenis jenis komputer - netbook
image2.geekbuying.com

Lain halnya dengan netbook, netbook ini berbeda dengan laptop meskipun keduanya merupakan perangkat portable yang bisa dibawa kemana. Tapi, ada beberapa perbedaan antara keduanya.

Pertama dari segi fungsi, netbook ini dirancang sebagai komputer dengan kebutuhan daya yang sangat cukup untuk memungkinkan pengguna meneruskan pekerjaan.

Selain itu, netbook ini sangat ringan dan tipis. Itu yang mengakibatkan netbook ini bisa dibawa kemana-mana dan juga memiliki baterai yang bisa bertahan sampai 4 jam.

Netbook merupakan salah satu jenis komputer yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi nirkabel dan mengakses internet.

Rancangan utama tersebut digunakan sebagai perangkat dalam merambah web dan menulis surat elektronik.

6. Komputer Digital

jenis jenis komputer - komputer digital
kelasdkelompok8.files.wordpress.com

Komputer digital merupakan komputer yang dirancang untuk bekerja berdasarkan sistem operasi hitung. Variabel yang ada pada komputer ini dinyatakan dengan besaran angka.

Untuk penyelesaian masalah yang dilakukan oleh komputer ini yaitu dengan melakukan proses turunan matematika berupa aritmatika dan kuantitatif.

Pada umumnya, data yang muncul dari komputer ini berupa simbol-simbol yang mempunyai arti tertentu. Seperti simbol numerik yang dilambangkan dengan angka 0-9. Sedangkan alphabetic dilambangkan dengan huruf A-Z dan simbol-simbol lainnya.

Komputer ini biasanya digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik. Antara lain jenis-jenis komputer digital ini yaitu seperti kalkulator, IBM PC3 dan Apple Ile.

7. Komputer Analog

komputer analog
komputerupdate.com

Sedangkan untuk komputer analog sendiri, merupakan komputer yang dirancang untuk bisa bekerja secara paralel.

Selain itu, komputer ini bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat berkelanjutan dengan data berupa angka-angka kuantitatif dan besaran fisik seperti tekanan udara, arus listrik, temperatur, kecepatan angin, gelombang suara dan lainnya.

Kelebihan lain dari komputer ini yaitu pengolahan data yang sangat cepat, ketepatan dalam pengukuran, bisa berfungsi untuk pengontrolan yang otomatis pada proses suatu industri tertentu.

Selain itu, keunggulan lain dari komputer ini yaitu mudah untuk dioprasikan, memiliki fungsi untuk satu bidang dan bisa mempresentasikan besaran yang akan diproses dalam rentang nilai tertentu.

8. Komputer Hybrid

jenis jenis komputer - komputer hybrid
ruanglaptop.com

Jenis-jenis komputer berikutnya yaitu komputer hybrid, merupakan komputer yang dirancang untuk bekerja dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Komputer ini termasuk gabungan dari komputer analog dan komputer digital.

Dimana komputer analog berfungsi sebagai pemecah persamaan diferensial, sedangkan komputer digital sebagai controller dan menyediakan operasi logis.

Komputer ini biasanya digunakan pada robot-robot atau mesin yang digunakan sebagai pekerja pada suatu pabrik. Selain itu, komputer ini juga bisa digunakan di rumah sakit untuk memeriksa kondisi tubuh pasien dengan analisis dari komputer tersebut, yang nantinya akan menghasilkan analisis berupa grafik, gambar atau tulisan.

9. Supercomputer

supercomputer
research.noaa.gov

Jenis-jenis komputer selanjutnya yaitu super computer, merupakan jenis komputer yang berdasarkan ukurannya paling besar diantara komputer lainnya.

Komputer ini memiliki kapasitas pengolahan data dan kinerja yang paling kuat. Selain itu, komputer ini memiliki kemampuan untuk melakukan triliunan perintah atau intruksi per detik yang dapat dihitung dalam FLOPS (Floating Point Per Second).

Pada umumnya, super komputer ini hanya digunakan khusus oleh organisasi atau perusahaan besar dengan tujuan untuk melakukan suatu tugas tertentu.

Seperti halnya organisasi besar NASA yang menggunakan komputer jenis ini, guna untuk meluncurkan dan mengendalikan pesawat dan roket yang terbang ke luar angkasa.

10. Wearable Computer

jenis jenis komputer - Wearable Computer
static.36kr.com

Wearable computer merupakan teknologi komputer yang bisa dipakai layaknya pakaian atau menempel pada tubuh pemakainya.

Wearable computer ini masih berhubungan dengan operasi komputer, juga merupakan teknologi yang canggih dengan memperhatikan estetika dan fungsi yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Aplikasi pada wearable computer ini yang biasa digunakan yaitu email, database, multimedia, kalender, jam tangan, handphone dan dalam bentuk lainnya.

Wearable computer ini sudah mengubah cara berinteraksi dengan sebuah perangkat elektronik. Mengapa? Karena perangkat tersebut mampu menjalankan fungsi yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh smartphone atau tablet.

Misalnya memonitor kondisi fisik dan kesehatan tubuh, dengan cara melihat seberapa aktif seorang berolahraga, kualitas tidur atau jumlah langkah kaki dalam sehari.

11. Mainframe Computer

Mainframe Computer
tr1.cbsistatic.com

Mainframe computer atau komputer bingkai merupakan komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang bersifat besar.

Pada umumnya, jenis komputer ini digunakan dalam satu perusahaan atau organisasi yang menangani data seperti riset penelitian, keperluan militer, sensus, atau transaksi finansial.

Keunggulan dari komputer ini yaitu bisa melayani ratusan pengguna dalam waktu yang bersamaan. Pengguna ini menggunakan terminal untuk bisa mengakses data dan aplikasi di dalam komputer.

Komputer ini memiliki harga yang sangat mahal dan menghabiskan daya listrik dalam jumlah besar, sehingga hanya perusahaan besar yang mampu menggunakan komputer ini.

Selain itu, komputer ini memiliki kelebihan bukan hanya dalam kecepatan pengolahan data, tapi juga kompabilitas dengan berbagai aplikasi dan ketangguhannya.

Jenis-jenis komputer seperti mainframe computer ini tidak digunakan untuk single user.

12. Minicomputer

jenis jenis komputer - minicomputer
indiamart.com

Pada dasarnya, minicomputer merupakan sebuah komputer mini yang memiliki kemampuan seperti komputer pada umumnya.

Semua kegiatan yang ada pada komputer atau laptop seperti browsing, memutar film, membuat dan mengedit dokumen, itu juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan minicomputer.

Kegunaan lain dari yaitu bisa menyimpan data dan pengolahan data. Tapi, minicomputer ini pada umumnya tidak bisa digunakan untuk single user, melainkan digunakan oleh perusahaan atau organisasi pada masing-masing departemen untuk tujuan tertentu.

Minicomputer ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada mainframe computer.

13. Workstation

workstation
indiamart.com

Jenis-jenis komputer terakhir yaitu workstation, merupakan komputer yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain atau komputer tersebut dengan server.

Workstation ini tidak bisa menjalankan tugas pemrosesan, mengapa? Karena tugas pemrosesan dilakukan oleh server, sehingga beban pemrosesan dan lalu lintas network terpusat pada server saja.

Biasanya, komputer ini bertujuan untuk kebutuhan spesifik tertentu saja. tugas spesifik itu bisa meliputi desain grafis, pengelolaan grafis, manajemen data dan beberapa digunakan untuk kepentingan militer.

Komputer ini mempunyai spesifikasi yang lebih unggul, sehingga dari segi performa memiliki kualitas yang lebih baik.

Penutup

Itulah beberapa informasi jenis-jenis komputer yang bisa saya sampaikan. Berbagai jenis komputer tersebut bisa ditemukan di muka bumi ini.

Semoga dengan artikel ini, bisa menambah wawasan tentang jenis komputer yang banyak dan fungsinya yang berbeda juga. Jika ada kurang atau salah dalam artikel ini, bisa langsung komentar di bawah.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia