Pinhome

Jenis-jenis Kain

Dipublikasikan oleh Kartika Laksita ∙ 8 October 2019 ∙ 9 menit membaca

Jenis jenis kain – Saat memakai pakaian, kain yang kita harapkan yaitu memiliki sifat yang adem, nyaman dan bisa menyerap keringat.

Selain itu, jenis kain yang dibutuhkan bisa membuat tampilan menjadi keren, tampan, cantik, dan pastinya trend juga. Penasaran, apa saja jenis kain yang sering digunakan dalam pakaian? Simak lanjut artikel di bawah ini.

Jenis-jenis Kain

Ada banyak sekali macam kain yang memiliki karakter berbeda-beda. Setiap karakter tersebut, ada banyak pakaian yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa macam kain yang memiliki karakter tersendiri.

1. Macam Kain Polyester

jenis jenis kain polyester halus
indonesian.breathableoutdoorfabric.com

Kain polyester ini sebenarnya hampir sama dengan kain cotton, tapi jenis kain ini memiliki kualitas rendah dan tidak bisa menyerap keringat. Apabila menggunakan jenis kain ini di tempat panas maka terasa panas, begitu pun sebaliknya. Meskipun tidak sedingin cotton, tapi rasanya sedikit keras atau kaku.

Kain polyester ini merupakan macam kain yang terbuat dari bahan serat sintetis atau serat buatan. Apa kelebihannya? Memiliki bahan yang seratnya tidak tersedia dari alam bebas.

2. Kain Rajut

jenis jenis kain rajut bagus
kursrupiah.net

Jenis kain selanjutnya yaitu kain rajut, yang proses pembuatannya dengan cara merajut beberapa benang menjadi kain. Seperti yang terlihat, kain rajut ini seperti bentuk jeratan benang yang saling menggait satu dengan lainnya.

Kain rajut ini memiliki keistimewaan bisa mengatasi cuaca dingin. Selain itu, kekurangan dari kain rajut ini tidak bisa menyerap keringat dan tidak cocok menggunakan kain ini saat cuaca panas.

3. Jenis Kain Sifon

jenis jenis kain sifon cantik
bahankain.com

Kain sifon ini terbuat dari bahan sintetis dengan campuran bahan katun, nilon, sutra, polyester atau pun rayon. Kelemahan dari kain ini yaitu, tidak bisa menyerap keringat karena memiliki bahan yang tipis, transparan dan juga ringan.

Akibat dari kain yang tidak bisa menyerap keringat adalah meninggalkan bau badan yang tertinggal di kain tersebut. Maka dari itu, jenis kain ini berguna untuk bahan dress atau pakaian formal saja.

4. Kain Sutra

jenis jenis kain sutra lengkap
ahyanahijab.com

Kepompong ulat sutra menjadi bahan untuk membuat kain sutra. Jenis kain sutra sendiri memiliki tekstur yang halus, lembut dan tidak licin. Sehingga saat memakai pakaian dengan bahan sutra, akan terasa nyaman dan bisa menyerap keringat.

Ulat sutra merupakan penghasil dari kain ini dan memiliki harga yang mahal. Mengapa? Karena proses pembuatan kain sutra ini secara manual, dan membuat hasil kain menjadi tebal dan tidak mudah kusut.

Proses itulah yang menjadikan kain sutra lebih mahal.

5. Kain Twiscone

jenis jenis kain twiscone kuat
id.carousell.com

Kain twiscone memiliki kesaamaan yang tidak jauh beda dengan kain sifon. Hanya saja kain ini sedikit lebih tebal dan lebih berat dari pada kain sifon. Hal inilah yang menyebabkan kain ini tidak tembus pandang.

Selain itu, kain ini mempunyai sifat yang lembut dan jatuh di badan. Sehingga saat memakai pakaian dengan bahan ini, akan terasa nyaman dan tidak mampu menyerap keringat.

Bahkan hasil dari baju gamis dan bahan jaket atau blazer bisa terbuat juga dari bahan kain ini.

6. Kain Cotton Combed

jenis jenis kain cotton combed
olympics30.com

Pasti sudah tahukan bahan katun combed ini? Kain ini terbuat dari 100% serat kapas murni dan juga secara alami. Jenis kain satu ini memiliki tekstur yang adem, halus dan mudah untuk menyerap keringat.

Jenis kain combed ini memiliki serat benang yang halus dan rapi. Sehingga, kain ini terbagi menjadi 3 berdasarkan jenis benang dan ukuran gramnya (gr), yaitu:

  1. Bahan kain cotton combed 20s, jenis katun yang paling tebal.
  2. Cotton combed 24s merupakan jenis katun yang sedang.
  3. Cotton combed 30s merupakan jenis katun yang tipis.

Bahkan bahan kaos yang terbuat dari kain ini bermanfaat bagi pemain konveksi.

7. Kain Cotton Carded

jenis jenis kain cotton carded dingin
pusatkonveksi.com

Jenis-jenis kain berikutnya yaitu kain carded. Kain carded ini merupakan tiruan atau jiplakan dari kain-kain combed. Kain ini memiliki serat benang yang kurang halus atau kasar.

Tapi, kain carded ini termasuk kain yang memiliki karakteristik dingin, nyaman dan bisa menyerap keringat. Mengapa demikian? Karena kain ini berasal dari 100% katun. Harganya pun terbilang cukup murah dari pada kain katun combed.

8. Jenis Kain Spandek

kain spandek
notepam.com

Kain spandek atau bahan elastane. Kain ini bisa merenggang bisa mencapai 5 kali dari ukuran sebenarnya. Mengapa seperti itu? Karena bahan kain ini merupakan sejenis serat buatan yang memiliki sifat bahan yang elastis atau merenggang.

Bahan spandek termasuk bahan kain sintesis 100% yang berguna sebagai pengganti karet.

Kain spandek memiliki keistimewaan yang bisa mudah terkena warna dan kompatibel dengan bahan kain lainnya. Sehingga akan berbuah produk yang unik jika mencampurkannya.

9. Kain TC (Teteron Cotton)

jenis jenis kain teteron cotton halus
kaos-kerah.com

Kain teteron cotton atau TC ini merupakan kombinasi dari 2 jenis bahan, yaitu cotton dan polyester. Dalam pembuatan kain ini itu terdiri dari 35% cotton dan 65% dari polyester.

Kain ini memiliki daya serap keringat yang kurang begitu baik. Sehingga, akan terasa panas ketika sudah dipakai nanti. Tapi kain ini tidak mudah kusut dan juga tidak mudah meskipun dicuci beberapa kali.

10. Kain Hyget

kain hyget
indah-jaya.web.id

Berbeda dengan kain hyget ini, kain ini terbuat dari kombinasi bahan polyester dan cotton tapi bahannya lebih tipis. Karakter dari kain ini yaitu tidak mudah kusut, mengkilap dan sedikit panas dengan harga jual yang lebih murah.

Meskipun begitu, bukan berarti kain hyget ini diproduksi oleh pabrik tekstil mempunyai kualitas yang kurang bagus. Tapi, ada jenis kain hyget yang cukup bagus dan nyaman untuk dipakai.

11. Kain Fleece

jenis jenis kain fleece adem
olympics30.com

Jenis kain selanjutnya yaitu kain fleece, merupakan salah satu kain yang menyerupai wol pada permukaannya. Jenis kain ini mudah sekali menguap keringat melalui pori-pori pada kain dan saat dipakai terasa ringan.

Kain ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat pakaian outdoor seperti sweater, jaket dan celana training. Selain bisa untuk pakaian, bahan ini juga bisa sebagai bahan dasar pembuatan selimut dan bedsheet.

12. Macam Kain Lycra

kain lycra bagus
bahankain.com

Kain lycra ini termasuk dalam golongan kain spendek, karena sangat elastis. Selain itu, kain ini memiliki kualitas yang tingkat keawetannya cukup lama.

Jenis kain ini juga mempunyai kemampuan dalam menahan sinar ultra violet. Kelebihan seperti itu, kain ini banyak digunakan dalam pembuatan maxi dress, baju dalam dan lainnya.

13. Kain Paragon

jenis jenis kain paragon baju basket
pixabay.com

Tekstur kain yang sangat lembut seperti kapas tapi sedikit mengkilap dan lentur termasuk ciri dari jenis kain paragon ini.

Untuk menemukan kain ini sangatlah susah, karena harganya yang cukup mahal. Selain itu, kain ini jika disablon tidak mudah dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Kain ini sering digunakan untuk pembuatan baju basket. Selain itu, kain ini terbilang sedikit tebal dari pada kain lainnya. Jadi tidak heran, jika kain ini sudah terpakai akan mengikuti gerakan tubuh orang yang memakainya.

14. Jenis Kain Drill

kain drill menawan
ahyanahijab.com

Kain ini termasuk juga kain yang terbuat dari bahan katun maupun bahan polyester. kain drill merupakan kain pintal yang memiliki serat berbentuk miring dan memiliki jalinan benang yang kuat.

Memiliki karakter kain yang ringan dan tipis yang biasanya digunakan sebagai bahan pakaian seperti jaket safari, kemeja, dan pakaian lainnya. Tapi ada juga kain drill yang tebal dan biasanya berguna sebagai bahan korset juga bahan pakaian kerja atau seragam.

15. Macam Kain Rayon

kain rayon banyak
gamisjilbabsyari.com

Jenis kain selanjutnya yaitu kain rayon, kain yang bahan dasarnya berupa serat hasil selulosa dari regenerasi selulosa. Kain ini memiliki tekstur kain yang sedikit licin, mengkilap dan jatuh.

Kain ini saat digunakan sangat dingin dan mudah untuk menyerap keringat. Sehingga, kain ini terasa nyaman jika sudah terpakai dalam berbagai kondisi cuaca apapun. Kain ini termasuk kain sintetis pertama yang manusua buat.

16. Jenis Kain Linen

kain linen halus
olympics30.com

Kain linen merupakan salah satu dari jenis kain yang terbuat dari serat alami yaitu serat tumbuhan rami. Ciri dari kain linen adalah sedikit kaku tapi juga halus. Kain ini tidak memiliki sifat elastis yang saat direntangkan tidak bisa melar.

Kain linen juga bisa bertahan sampai beberapa tahun jika perawatannya baik. Selama cara merawatnya dengan baik, maka kain ini akan tetap bisa membuat nyaman jika sudah terpakai.

Hasil dari kain ini bisa berupa baju, perlengkapan meja makan dan juga kerajinan tangan yang terbuat dari kain linen dan campuran dengan katun.

17. Kain Satin

jenis jenis kain satin mengkilap
tokopedia.com

Kain satin kerap bermanfaat dalam dunia fashion untuk dijadikan pakaian yang terkenal. Permukaan kain satin ini memiliki tekstur sangat halus, lembut dan terlihat glossy. Sehingga saat dibentuk dalam sebuah pakaian, akan terlihat menarik dan nyaman jika sudah terpakai.

Kain ini bukan termasuk kain dalam kategori kain yang berjenis serta atau fiber. Proses tenun merupakan metode dalam pembuatan kain satin ini. Teknik inilah yang akhirnya membuat kain terlihat berkilau dan menarik.

18. Macam Kain Viscose

kain viscose halus
wevatextile.com

Lain halnya dengan kain viscose, kain ini termasuk kain yang memiliki serat organik buatan manusia dan berguna sebagai bahan kain.

Kain yang memiliki tekstur yang sama dengan kapas, sehingga akan terasa lembut dan dingin jika sudah terpakai.

Kain ini bisa menahan kelembaban yang lebih tinggi juga memiliki warna yang baik, lebih lembut dari kapas, halus dan juga tahan kusut. Karena hal seperti itu, kain ini terkesan mewah dan jarang tersedia di pasar.

19. Kain Baby Terry

jenis jenis kain baby terry lucu
olympics30.com

Dilihat dari namanya saja sudah tidak asing, kain ini sangat cocok untuk kulit bayi dan balita.

Sweter atau jumper yang sering terlihat merupakan hasil dari bahan kain baby terry ini. Selain itu, kain ini sering berguna dalam pembuatan pakaian blazer wanita.

Kain baby terry ini terbuat dari bahan katun atau serat kapas. Pada awalnya, kain ini berguna dalam pembuatan handuk karena mempunyai tekstur yang lembut.

Pada bagian dalamnya juga memiliki tekstur yang sangat halus dan lembut seperti selimut.

20. Jenis Kain Denim

kain denim kuat
id.pinterest.com

Jenis kain yang terakhir yaitu kain denim atau kain jeans, merupakan bahan kain yang terbuat dari katun twill.

Bahan kain ini sering berguna dalam pembuatan celana. Adapun celana yang terkenal adalah celana jeans, yang terbuat dari bahan denim atau jeans ini.

Selain itu, kain ini juga sering berguna sebagai bahan dasar jaket dan pakaian pada wanita seperti bluss. Kelebihan dari kain ini adalah memiliki bahan yang kuat, tahan lama, tidak mudah sobek dan nyaman saat dipakai.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan dari jenis-jenis kain yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa menambah wawasan kepada semua orang yang membacanya.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Trevista Park di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia