Jenis Jenis Hosting Rekomendasi Untuk Website Kamu

Dipublikasikan oleh Intan Malika Putri dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas ∙ December 21, 2022 ∙ 5 menit membaca

Untuk membuat situs, blog maupun toko online, ada banyak platform yang bisa dicoba. Tapi kalau bicara soal kemudahan, tentunya WordPress bisa jadi pilihan utama.

Alasan mengapa WordPress jadi pilihan utama, ialah dikarenakan platform ini punya banyak sekali plugin yang bisa diinstall.

Misalnya kamu ingin membuat toko online dengan fungsi tertentu, nantinya kamu tidak perlu membuat programnya dari awal. Cukup cari saja plugin yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Nah, untuk membuat WordPress ada dua yang bisa dicoba. Yaitu WordPress gratis dan WordPress berbayar.

Baca Juga: Solusi Oppo A37 Lupa POla

Perbedaan WordPress Gratis dan Berbayar

WordPress gratis, bisa diakses di WordPress.com. Nantinya kamu bisa membuat blog berbasis WordPress di sana. Sedangkan WordPress berbayar, kamu bisa akses melalui situs WordPress.org.

Maksud gratis, ialah server tempat kita menginstall disediakan WordPress.com. Sedangkan di WordPress.org, kita harus punya hosting sendiri.

Lantas bagus yang mana? Kalau sekedar situs pribadi, sebenarnya WordPress gratis sudah cukup. Namun jika kamu ingin lebih profesional, bahkan ingin membuat situs dengan banyak trafik atau toko online, maka kamu bisa memakai WordPress berbayar.

Apa itu Hosting?

Selanjutnya kita bahas juga mengenai apa itu hosting. Terutama jika Anda belum tahu jelasnya.

Hosting adalah server atau tempat dimana kita menyimpan web, agar web tersebut bisa diakses di internet.

Analoginya seperti bangunan toko. Kita menaruh barang-barang yang ingin kita jual di toko tersebut. Nantinya para pengunjung bisa datang ke tokonya.

Jenis-Jenis Hosting yang Umum Dipakai

Jenis jenis Hosting
(Pixabay)

Untuk memasang WordPress kamu memerlukan hosting. Hosting ini ada banyak jenisnya, yang nanti bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Berikut adalah jenis-jenis hostingnya:

1. Cloud Hosting

Yang pertama ada Cloud Hosting. Salah satu jenis hosting yang paling banyak dipakai pemilik situs web.

Cloud Hosting, singkatnya adalah sebuah server yang punya banyak server virtual. Kelebihan dari Cloud Hosting adalah resource servernya yang lebih leluasa dikarenakan punya banyak cabang.

Ketika salah satu cabang mengalami down, maka ada cabang atau jalur lain yang bisa diakses pengunjung, dan begitu seterusnya.

Cloud Hosting cocok dipakai untuk berbagai kebutuhan. Untuk menampung trafik web dalam jumlah besar, toko online dan lain-lain.

Tapi perlu diingat, untuk memilih Cloud Hosting, disarankan yang berkualitas. Agar situsnya nanti stabil. Salah satu provider hosting yang disarankan adalah Domainesia.

Kamu bisa beli hosting di DomaiNesia. Di sana sudah disediakan berbagai paket hosting yang bisa dipilih. Mulai dari 14.000an perbulan, hingga yang spesifikasi super tinggi di angka 490.000 perbulan.

Saya pribadi punya pengalaman memakai hosting di domainesia. Di angka trafik 2.000 dengan paket Super (30.000 perbulan), tidak ada masalah sama sekali. Situs masih bisa diakses secara normal.

Baca Juga: Nama Bisnis Database yang Bikin Hoki

2. VPS (Virtual Private Server)

Selanjutnya ada VPS. VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. Yang berarti server virtual.

Kelebihan dari VPS, adalah resourcenya yang tinggi. Misal kita menyimpan situs di satu server, nantinya sebagian besar resource dari server tersebut akan dipakai oleh situs kita.

Kelebihan dari VPS adalah bisa menampung berbagai jenis website dengan trafik yang super tinggi. Misalnya seperti situs berita, di angka puluhan ribu hingga ratusan ribu views dalam satu hari.

VPS sendiri sampai sekarang selalu dikembangkan. Kalau dulu masih memakai hardisk konvensional, sekarang sudah banyak VPS yang memakai SSD bahkan NVME. Bukan itu saja, VPS juga sekarang punya teknologi Cloud, yang punya prinsip kerja sama seperti Cloud Hosting.

VPS beli dimana? Nah, untuk beli VPS, agar uptimenya stabil, disarankan cari provider yang terpercaya. Seperti Cloud Hosting tadi, salah satunya kamu bisa mempertimbangkan untuk beli Cloud VPS di Domainesia.

Di sana tersedia berbagai paket VPS untuk berbagai kebutuhan. VPS di Domainesia juga sudah memakai penyimpanan NVME SSD, sehingga situs jadi lebih responsif.

Baca Juga: Cara Membuka Password Excel Tanpa Software

3. Dedicated Server

Jenis hosting yang paling banyak dipakai terakhir, yaitu Dedicated Server. Gambaran mudah tentang Dedicated Server ini, adalah satu server dipakai oleh kita sendiri.

Karena yang dipakai satu server penuh, maka spesifikasi server yang didapat tentu sangatlah tinggi. Ibarat apartemen, kita tidak menyewa satu kamarnya, melainkan satu gedung dengan seluruh kamarnya.

Kemudian berbeda dengan Cloud Hosting atau VPS yang banyak dipakai perorangan, Dedicated Server biasanya lebih umum dipakai perusahaan, yang punya situs dengan sistem yang kompleks dan pengunjungnya yang sangat banyak.

Dedicated Server juga umum dipakai oleh situs-situs berita besar terkenal, dengan pengunjung di angka ratusan ribu hingga jutaan perharinya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Cannot Receive Hello Packet Pada Xiaomi

Penutup

Itulah pembahasan mengenai jenis-jenis hosting. Untuk yang ingin membuat situs web, toko online dan lain-lain sebagainya yang berbasis WordPress, diharapkan penjelasan ini bisa membantu.

Jangan ragu untuk mengirimkan komentar, jika ada penjelasan yang masih belum kamu pahami.

Baca Juga: Kenapa Telepon WA Mati Sendiri Ketika Menelepon

————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Uncategorized
Uncategorized 12 Aplikasi Ganti Wajah Terbaik 2023

Aplikasi ganti wajah semakin populer seiring dengan berkembangnya teknologi. Aplikasi ini digunakan

Lifestyle
Lifestyle 10 Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik 2023

Pernahkah Pins kesulitan menemukan lagu? Misalnya, kamu sedang berada di sebuah kafe dan tiba-tiba

Berita Pinhome
Berita Pinhome Listing Properti Eksklusif Pinhome, Garansi Bebas Biaya Tersembunyi Sejak Awal

Memiliki rumah idaman adalah impian sejuta umat. Pinhome sebagai pioneer platform properti end-to-e

Finansial
Finansial Ini 6 Cara dan Tips Membuka Bisnis atau Usaha Sendiri di Rumah

Sekarang ini banyak cara membuka usaha sendiri di rumah yang bisa Pins coba. Membangun bisnis sekar

Berita Pinhome
Berita Pinhome Ananta Homes Tenjo, Hunian Minimalis di Kawasan Strategis

Membeli rumah idaman memang bukan persoalan mudah. Pins harus menentukan apakah lokasi rumah terseb

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia