Jenis-jenis Acne Scars dan Cara Menghilangkannya dengan Benar

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang ∙ 28 February 2022 ∙ 4 menit membaca

Jerawat adalah musuh yang paling sering dihindari. Jika tidak ditangani dengan baik, jerawat ini bisa menyebabkan bekas yang biasa disebut acne scars. Jenis acne scars ini sangatlah banyak dan setiap orang bisa mengalami yang berbeda-beda. Sebelum hal ini terjadi, maka harus tahu jenis-jenis acne scars dan cara menghilangkannya secara mudah serta cepat.

Dengan mengetahui jenis-jenis bekas jerawat, maka saat mengalaminya bisa langsung mengidentifikasi yang sedang terjadi. Selain itu, cara menghilangkannya juga harus dipahami sehingga bisa langsung mendapat solusi yang tepat. Berikut adalah jenis-jenis bekas jerawat sekaligus cara menghilangkannya:

1. Noda Kemerahan

Jenis yang pertama adalah noda kemerahan. Bekas jerawat yang satu ini tergolong paling umum ditemukan. Biasanya, wajah dengan warna putih akan mengalami hal ini setelah memiliki jerawat. Untuk dihilangkan, bekas dengan noda kemerahan ini cenderung sulit untuk dihilangkan jika tidak dengan metode yang tepat.

Maka dari itu, proses menghilangkannya harus diperhatikan dengan baik. Tindakan laser adalah solusi yang paling pas untuk diaplikasikan. V-Beam atau laser vaskular adalah pilihan yang bisa dipakai. Selain bisa menghilangkan noda merah, tindakan ini juga bisa menyamarkan pori-pori dan mengurangi garis di wajah.

2. Noda Kehitaman

Jenis-jenis acne scars dan cara menghilangkannya yang kedua adalah noda kehitaman yang bisa dihilangkan dengan krim. Bekas jerawat ini sangat umum terjadi dan tergolong yang paling mudah dihilangkan. Namun tetap saja, jika terjadi pada wajah maka akan sangat mengganggu dan ingin segera dihilangkan.

Biasnya bekas jerawat seperti ini akan menghilang dengan sendirinya. Namun jika terlalu lama tidak segera hilang atau ingin segera dihilangkan, maka bisa meminta resep dokter. Krim adalah obat yang akan direkomendasikan dengan kandungan retinoid, AHA, maupun azelaic acid yang bisa menghilangkan noda dengan cepat.

3. Boxcar Scar

Lalu ada juga jenis bekas jerawat yang bernama boxcar scar. Jenis yang satu ini memiliki bentuk kotak yang cekung ke dalam. Bentuk ini disebabkan oleh kolagen yang rusak karena peradangan jerawat. Sehingga kulit bekas jerawat bagian atas tidak memiliki tumpuan untuk terus datar dan menjadi cekung ke bagian dalam.

Bekas jerawat seperti ini tentu saja akan sangat mengganggu jika dilihat. Maka dari itu, penanganannya juga harus tepat agar hasil yang didapat bisa baik. Untuk mengatasinya, ada beberapa jenis perawatan yang bisa dipakai. Mulai dari perawatan Microneedle RF, Auto Microneedle, hingga penggunaan laser fraksional.

4. Rolling Scar

Jenis-jenis acne scars dan cara menghilangkannya yang selanjutnya adalah rolling scar. Untuk bekas jerawat yang satu ini, bentuknya lebih lebar dengan permukaan yang bergelombang. Selain itu, ukurannya sangat dangkal namun akan sangat mengganggu jika diperhatikan baik dari dekat dan kejauhan.

Hal ini disebabkan bagian bawah kulit yang sudah mengalami kerusakan. Bekas jerawat seperti ini tergolong yang sulit untuk dihilangkan mengingat ukurannya yang besar. Namun untuk mengatasinya, maka bisa memanfaatkan metode Microneedle RF dan Auto Microneedle. Selain itu, teknik yang ada juga dikombinasikan dengan elektropasi untuk mendapat hasil yang lebih baik.

Proses yang perlu dilakukan untuk menghilangkan jerawat satu ini tentu tidak mudah. dengan berbagai metode di atas, waktu yang dibutuhkan juga tidak sebentar. Hasil yang didapat akan bisa dirasakan secara bertahap dan tidak secara instan. Dengan demikian, rolling scars bisa hilang dari wajah sedikit demi sedikit.

5. Keloid

Berbeda dengan bekas jerawat sebelumnya yang dominan cekung, keloid memiliki bekas jerawat yang cembung dan menonjol. Bekas yang ditimbulkan akan membuat kulit menonjol dengan warna yang cenderung merah. Hal ini disebabkan oleh kolagen yang terbentuk secara berlebihan di permukaan wajah.

Untuk mengatasinya, sangat tidak disarankan memakai jarum dan mencoba mengoreknya. Jika melakukan hal ini, maka pembentukan keloid akan semakin besar. Metode yang bisa dipakai untuk mengatasinya adalah dengan suntikan steroid. Apabila memakai metode lain, maka semua kulit bisa menjadi keloid semua.

6. Ice Pick

Bekas jerawat selanjutnya adalah ice pack. Karakteristik bekas jerawat yang satu ini seperti hamparan pori-pori yang kosong atau seperti kulit yang sudah ditusuk jarum. Ukurannya sendiri sangat kecil dan cenderung sempit. Bagi orang yang mengalaminya, biasanya bekas ini akan menyebar di hampir seluruh wajah dengan lebar.

Penyebab kondisi ini adalah karena jaringan bawah yang hancur akibat peradangan jerawat dengan nanah. Untuk mengatasinya, maka diperlukan tindakan Microneedle Rf atau dengan Auto Microneedle. Namun selain itu, tindakan subsisi juga sangat perlu untuk dilakukan di samping metode-metode yang lainnya.

Semua jenis-jenis acne scars dan cara menghilangkannya yang sudah dibahas di atas memang penting untuk dipahami. Dengan mengetahui semua jenisnya, maka akan mudah menganalisis bagaimana cara menghilangkannya secara menyeluruh. Apalagi bagi yang sedang mengalaminya, semua poin di atas sangatlah penting.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia