Pinhome

Jenis Ikan Air Tawar

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 27 July 2021 ∙ 7 menit membaca

Ada banyak jenis ikan air tawar yang seringkali dikonsumsi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Selain memiliki rasa yang lezat, ternyata jenis ikan tawar juga mempunyai kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Ikan air tawar sendiri adalah jenis ikan yang hidupnya berada di air tawar, entah itu sungai, danau atau kolam dengan salinitas air kurang dari 0,05%. Dan perlu Anda ketahui, bahwa 41 persen dari seluruh jumlah spesies ikan ternyata hidup di air tawar.

Nah mungkin buat Anda yang berminat untuk melakukan budidaya ikan air tawar, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu jenis ikan air tawar yang bisa dibudidayakan atau dikonsumsi.

15 Jenis Ikan Air Tawar

Sumber: merdeka.com

Seperti yang telah disinggung pada bagian awal, ikan air tawar memiliki berbagai jenis dan ragam. Dalam bagian ini kita akan membahas ikan air tawar yang sering atau lazim dikonsumsi, terutama di Indonesia dan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan lain sebagainya.

Setidaknya terdapat 15 lebih ikan air tawar yang bisa dikonsumsi yaitu:

1. Ikan Tor

Sumber: pui-ikanhias.id

Nama ikan tor tidak terlalu terkenal di kalangan masyarakat secara luas, nama ikan ini hanya dikenal dikalangan masyarakat tertentu saja. Bahkan dibeberapa daerah ikan jenis ini tidak konsumsi karena dianggap sesuatu yang sakral. Sebagai contoh di Kuningan Jawa Barat, ikan tor dikenal dengan nama ikan kramat.

Selain di Kuningan, ikan tor juga bisa ditemui di beberapa daerah di Indonesia seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan. Masing-masing daerah ini pun menamai ikan ini dengan nama berbeda-beda.

Menurut beberapa referensi yang ditemukan, ikan tor atau pedih ini merupakan ikan yang berasal dari Aceh. Nama pedih sendiri diartikan sebagai ‘raja’, sehingga sebagian orang menyebutnya dengan nama ikan raja. Nama tersebut bukanlah tanpa alasan, konon katanya dahulu yang boleh mengonsumsi ikan ini hanya dari kalangan raja dan bangsawan saja.

Ikan Tor bisa terbilang sulit ditemukan. Biasanya harga ikan ini juga cukup terbilang tinggi yakni sekitar Rp.650.000,00/kg.

Baca juga: 7 Ikan Hias Air Tawar yang Paling Populer

2. Ikan Tawes

Sumber: usatpandang.com

Tawes adalah jenis ikan yang sangat mudah kita temukan. Hampir setiap daerah mengenali jenis ikan ini. Ikan tawes merupakan salah satu ikan yang sering diawetkan dengan cara diasinkan. Jika dilihat dari bentuk, ikan tawes memiliki kemiripan dengan ikan nilem.

3. Ikan Toman

Sumber: wikipedia

Kalau ikan satu ini sangat digemari sekali oleh para pemancing. Sebab, konon ikan Toman memiliki tenaga yang kuat. Biasanya ikan toman memiliki habitat di sungai-sungai, seperti perairan di Kalimantan dan Sumatera.

Selain digemari oleh para pemancing, jenis ikan air tawar ini juga cukup sering dijadikan menu santapan masyarakat dengan cara dimasak gulai, bakar atau sup.

Toman memiliki daging yang lembut dengan warna putih bersih. Selain itu, keunikan lain dari ikan toman yaitu soal bentuknya yang menarik dan indah. Maka tidak heran apabila ikan toman muda sering dijadikan sebagai ikan hias.

Baca juga: 15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah dan Langka

4. Ikan Sidat

Sumber: ikanpedia.id

Barangkali Anda sudah cukup populer dengan jenis ikan tawar satu ini. Yup, ikan Sidat, salah satu ikan yang punya kandungan gizi tinggi, serta rasa yang enak.

Sidat bisa dengan mudah di temukan di sungai-sungai daerah Kalimantan karena merupakan habitat aslinya. Namun, jenis ikan air tawar ini sangat sulit sekali untuk dibudidayakan, sehingga tidak heran apabila memiliki harga yang tinggi.

5. Ikan Sepat

Sumber: ikanpedia.id

Ikan sepat lebih cocok dijadikan sebagai hias, sebab memiliki warna yang unik dan menarik. Namun ikan sepat juga kaya akan manfaat serta kandungan gizi yang tinggi. Jenis ikan tawar ini memiliki manfaat yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi serta menstabilkannya, dapat mengurangi resiko terkena stroke, mengurangi resiko kanker serta kaya akan vitamin dan omega 3.

Selain itu, ikan tawes juga merupakan jenis ikan air tawar yang sangat mudah untuk dibudidayakan, tidak jauh berbeda dengan ikan nila, ikan emas dan ikan nilem.

6. Ikan Seluang

Sumber: merdeka.com

Ikan seluang adalah ikan dengan perawakan yang kecil. Biasanya ikan ini disajikan dengan cara digoreng kering, sampai memiliki tekstur yang krispi.

Jika dilihat sekilas ikan seluang memiliki bentuk tumbuh seperti ikan nilem, hanya ukurannya saja yang berbeda. Walau tidak banyak orang yang tahu mengenai ikan seluang, namun ikan ini kaya akan manfaat untuk kesehatan seperti mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Hal ini dikarenakan ikan seluang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.

7. Ikan Tambera

Sumber: petpintar.com

Ikan tambera atau ikan tambra adalah ikan air tawar yang bisa dibilang cukup ekslusif. Sebab biasanya ikan ini hanya dikonsumsi oleh kalangan menengah ke atas. Ikan jenis ini juga bisa ditemukan di berbagai daerah dengan nama yang berbeda-beda.

Sebagai contoh di daerah Sunda, ikan tambera dikenal dengan nama ikan kancra. Ikan ini hidup di sungai dengan arus yang deras sehingga membuat harga jualnya begitu tinggi.

8. Ikan Nilem

Sumber; rumah.com

Ciri yang mencolok dari seekor ikan nilem ialah bentuk mulutnya yang kecil serta lancip. Ikan ini sangat mudah dibudidayakan dan tidak memerlukan perlakuan yang istimewa. Ikan ini juga sangat sering dihidangkan di rumah makan dan restoran-restoran pada beberapa daerah.

Ikan nilem memiliki daging yang putih, serta tekstur yang lembut. Akan tetapi sayangnya, ikan nilem termasuk ke dalam jenis ikan yang memiliki duri yang banyak.

9. Ikan Lele

Sumber: kompas.com

Jenis ikan yang hidup di air tawar selanjutnya ialah ikan lele, yang merupakan salah satu jenis ikan paling terkenal di Indonesia. Hal ini terbukti dengan banyaknya pedagang yang menyediakan menu pecel lele.

Ikan lele hidup dan berkembang biak di air tawar dan sangat mudah di budidayakan, sebab memiliki ketahanan luar biasa dan mampu hidup di dalam air dengan jumlah yang minim.

10. Ikan Lundu

Sumber: panennews.com

Ikan lundu adalah jenis ikan air tawar yang mungkin jarang kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Namun faktanya ikan lundu cukup populer dikalangan masyarakat.

Sekilas, ikan lundu memiliki bentuk yang menyerupai ikan lele. Tapi dari segi ukurannya, ikan lundu lebih memiliki ukuran lebih pendek dan warna kulit yang sedikit terang jika dibandingkan dengan ikan lele.

11. Ikan Mas

Sumber: republika.co.id

Ikan mas adalah jenis ikan air tawar paling populer. Dari segi rasanya pun sudah tak perlu diragukan lagi. Ikan mas memiliki tekstur yang lembut dan gurih.

Masyarakat Indonesia sendiri juga cukup banyak yang memelihara ikan ini, baik budidaya ataupun hanya untuk konsumsi sendiri. Untuk pemeliharaannya pun ikan mas cukup terbilang mudah karena tidak memerlukan air yang banyak.

12. Ikan Mujair

Sumber: petpintar.com

Tidak kalah dengan ikan mas, ikan mujair juga termasuk salah satu jenis ikan air tawar populer dan sering dikonsumsi masyarakat Asia Tenggara.

Ikan mujair memiliki penampilan fisik yang lumayan kasar, dengan sisik punggung yang begitu tajam. Bahkan tak heran orang-orang memegang ini bisa terluka dengan durinya tersebut.

Kalau soal rasanya tidak perlu diragukan lagi. Ikan mujair memiliki rasa yang gurih, enak jika dimasak dengan cara digoreng kering atau di bakar.

13. Ikan Nila Merah

Sumber: petpedia.com

Anda pasti sudah sangat kenal dengan rasa gurih dari ikan air tawar satu ini. Yup, ikan nila merah selain populer, ia juga sangat mudah dikembangbiyakan. Anda tak memerlukan perawatan khusus untuk membudidayakan ikan ini. Nggak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang memelihara ikan nila merah sebagai ladang bisnis.

Baca juga: Simak Cara Budidaya Ikan Nila dan Apa Saja Jenisnya

14. Ikan Wader

Sumber: ekor9.com

Ikan wader merupakan jenis ikan dengan permintaan pasar yang cukup tinggi, terutama negara-negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysian dan Brunei. Itu artinya ikan wader menjadi jenis ikan air tawar yang cukup populer.

Ikan wader seharusnya bisa kita temukan dengan mudah karena ikan ini hidup di rawa-rawa dan sungai. Ikan wader juga biasanya dihargai dengan harga yang relatif murah, yaitu hanya sekitar Rp.17.500 / kg.

15. Ikan Bawal

Sumber: kompas.com

Bawal merupakan ikan yang masih satu keluarga dengan piranha. Untuk ukuran ikan kolam atau air tawar, ikan ini termasuk salah satu jenis ikan yang terbilang cukup ganas.

Ikan bawal memiliki harga yang lumayan mahal, bisa dikatakan harganya di atas rata-rata ikan biasa. Namun harga dan rasa tentu saja berbading lurus. Maka tidaklah heran apabila ikan bawal banyak disukai.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Damara Village Jimbaran di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya pe

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau pe

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Contohnya

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya melama

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia