Ketahui Jenis Desain Grafis yang Digunakan Sampai Sekarang

Dipublikasikan oleh Kartika Laksita ∙ 13 November 2019 ∙ 6 menit membaca

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya pengertian desain grafis, yaitu kegiatan kreatif yang berguna untuk menciptakan karya yang fungsional dan estetis. Tapi sebagian orang belum mengetahui tentang jenis desain grafis.

Pada dasarnya, desain grafis itu terbagi menjadi 2 macam, yaitu vektor dan bitmap. Tapi apakah kamu tahu jenis desain grafis itu sendiri?

Maka dari itu, disini akan membahas tuntas jenis desain grafis yang sampai sekarang masih digunakan oleh seorang desain. Simak lanjut pembahasan di bawah ini.

Jenis Desain Grafis

Pada umumnya, jenis desain grafis itu terbagi menjadi 2 jenis, yaitu desain grafis 2 dimensi dan desain grafis 3 dimensi. Untuk lebih jelasnya lagi, simak lebih lanjut penjelasan di bawah ini.

Desain Grafis 2 Dimensi

desain grafis 2 dimensi

Desain grafis 2 dimensi merupakan sebuah karya seni digital yang hanya mempunyai dua sisi. Dua sisi tersebut adalah panjang dan lebar saja.

Desain grafis 2 dimensi ini tidak memiliki unsur ruang, sehingga hanya terlihat datar atau flat saja.

Adapun jenis dari desain grafis 2 dimensi ini adalah sebagai berikut.

1. Editor

jenis desain grafis - editor

Jenis desain ini biasanya digunakan dalam membuat berbagai macam karya cetak. Seperti membuat brosur, kartu nama, poster, cover dan lain sebagainya.

Adapun desain ini biasanya hanya dibutuhkan dalam dunia periklanan atau promosi. Nah, jenis media promosi juga banyak macamnya, kamu bisa membacanya disini.

Sedangkan untuk software yang digunakan dalam desain ini adalah bisa berupa coreldraw, adobe photoshop, ilustrator dan freehand.

Kelebihan lain dari jenis desain ini adalah jika pintar dalam membuat vektor, maka kelebihan seperti itu akan sering dibutuhkan dalam suatu perusahaan.

2. Layouter

layouter

Jenis desain ini digunakan untuk membuat tata letak atau layout dari sebuah majalah, buku, koran dan jenis lainnya. Layouter ini harus memiliki feel yang bagus untuk membuat tata letak sebuah halaman, dengan tujuan agar mudah dipahami dan juga menarik.

Software yang digunakan untuk membuat desain layout ini adalah adobe indesign, adobe page maker, microsoft publisher dan jenis software lainnya yang mendukung untuk pembuatan layout.

Desain ini sangatlah dibutuhkan dalam dunia percetakan.

3. Web Designer

web designer

Web designer atau desain web juga termasuk dalam kategori desain grafis 2 dimensi. Web design merupakan suatu kegiatan yang dimana seorang desain akan membuat tampilan sebuah website.

Tidak hanya tampilannya saja, tapi juga membuat logo dari web tersebut serta ikon yang ada dalam tampilan website.

Software yang digunakan untuk seorang desain web adalah coreldraw, adobe photoshop dan juga dreamweaver.

4. Fotografer atau Editor Foto

jenis desain grafis - fotografer

Jenis desain grafis dalam 2 dimensi selanjutnya adalah fotografer.  Mungkin sebagian orang sudah mendengar nama tersebut, dan hal yang pertama dipikirkan adalah seorang yang mampu mengoprasikan kamera.

Selain itu, hasil dari potretnya akan terlihat bagus dan meyakinkan semua orang, jika fotografer ini juga ahli dalam mengedit foto yang biasanya menggunakan software adobe photoshop.

Seorang yang ahli dalam bidang ini biasanya dibutuhkan dalam dunia fotografer pastinya, wartawan dan lainnya.

Desain Grafis 3 Dimensi

desain grafis 3 dimensi

Setelah mengetahui jenis dari desain grafis 2 dimensi, selanjutnya akan membahas tentang desain grafis 3 dimensi. Desain grafis 3 dimensi ini termasuk perkembangan dari desain grafis 2 dimensi.

Mengapa demikian? Karena desain grafis 3 dimensi ini menggunakan tiga fase, yaitu 3D modeling yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk objek, layout dan juga animation yang berguna untuk mendeskripsikan sebuah gerakan dan juga tata letak suatu objek.

Sedangkan pengertian desain grafis 3 dimensi secara umum yaitu sebuah kumpulan gambar, garis dan lengkungan yang sebagiannya memiliki titik-titik bertujuan untuk menjadi suatu bentuk 3D.

Adapun jenis dari desain grafis 3 dimensi ini adalah sebagai berikut.

1. Drafter

drafter

Jenis desain grafis 3 dimensi yang pertama adalah drafter, desain ini biasanya digunakan atau sering dibutuhkan dalam dunia arsitektur atau rancangan sebuah bangunan.

Orang yang mendesain ini biasanya bekerja dalam bidang arsitektur dan industri. Sedangkan seorang yang memiliki keahlian dalam bidang biasanya menggunakan software seperti autocad, archicad dan 3D revir architecture.

Desain ini harus memerlukan ketelitian yang sangat tinggi dan rancangan yang bagus, agar bentuk yang dibuat sesuai dengan rancangan yang dibuat.

Kamu bisa melihat hasil contoh desain dalam bangunan seperti ruang tamu, kamar tidur, dapur dan lain sebagainya di avantela.

2. Animator

jenis desain grafis - animator

Animator adalah seorang desain grafis yang bergelut dalam bidang motion graphic, iklan dan juga film animasi. Dalam jenis desain ini, animator harus mempunyai pengetahuan yang tinggi dan imajinasi yang luas.

Selain itu, harus memerlukan daya tahan dan kesabaran yang tinggi. Agar hasilnya terlihat bagus dan nyaman dilihat.

Adapun jenis software yang biasanya digunakan dalam desain ini adalah adobe flash, after effect, 3D maya, gif animator dan jenis software lainnya.

Orang yang mempunyai keahlian ini biasanya dibutuhkan dalam dunia perfilman, advertising, pertelevisian dan lainnya.

3. Art Director

art director

Jenis desain grafis 3 dimensi selanjutnya yaitu art director, yang dimana desain ini digunakan untuk membuat karya seni yang dibuat dalam komputer, baik dalam bentuk visual effect maupun sebagai hiasan saja.

Orang yang ahli dalam bidang seperti ini haruslah memiliki kreativitas yang tinggi untuk menciptakan karya yang tidak ada bedanya. Sedangkan untuk software yang digunakan dalam art director ini adalah coreldraw, photoshop, art creator dan lainnya.

Desain ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja perfilman, editing effect dan juga seniman.

4. Video Editor

jenis desain grafis - video editor

Mungkin sebagian orang menganggap bahwa video editor bukan bagian dari desain, tapi faktanya video editor ini juga termasuk bagian dari desain grafis 3 dimensi.

Video editor ini merupakan seorang desain yang lebih fokus kepada dirinya untuk video editing. Tapi nyatanya bukan hanya video editing saja, editor video juga harus bisa menshoot atau mengambil video.

Orang yang ahli dalam bidang ini biasanya dibutuhkan dalam dunia perfilman dan industri musik.

5. Visualisator

visualisator

Visualisator merupakan seorang desain yang lebih khusus membuat gambaran dari sebuah produk yang akan dikeluarkan, yang dimana hasil gambar visualisasi ini harus terlihat real atau 3D.

Setiap orang yang menggunakan desain ini harus mempunyai kemampuan otak kanan yang tinggi. Selain itu, juga harus menguasai software dalam bidang ini, diantaranya yaitu autocad, 3D max dan juga digital clay.

Jenis desain yang satu ini termasuk desain yang sangat dibutuhkan dalam dunia visualisasi produk atau presentasi produk.

6. Integrated Designer

jenis desain grafis - integrated designer

Jenis desain grafis 3 dimensi yang terakhir ini adalah integrated designer, merupakan jenis desain yang ada kombinasi dari semua unsur multimedia.

Untuk hasil dari karya desain ini biasanya adalah CD interaktif, game dan jenis lainnya. Sedangkan software yang digunakan dalam desain ini adalah after effect, adobe flash, dreamweaver dan lainnya.

Penutup

Itulah penjelasan dari jenis desain grafis yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan dalam dunia desain grafis. Semoga bermanfaat dan bisa mengaplikasikan jika kamu termasuk dalam kategori orang desain yang handal.

Jika ada kurang atau salah kata dari artikel ini, bisa langsung isi komentar di bawah kolom ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini, agar desainer lain juga mengetahui jenis desain grafis.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Ide Hiasan Kantor Untuk Mempercantik Dinding

Hiasan kantor tidak hanya membuat dinding tampak lebih hidup. Tujuan keberadaan hiasan kantor adala

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Ragam Jenis Meja Kantor & Kegunaannya

Setiap perusahaan tentu membutuhkan meja kantor untuk meningkatkan kenyamanan dalam bekerja. Ternya

Lifestyle
Lifestyle 18 Merk Laptop Terbaik untuk Kerja, Multimedia & Gaming

Bagi pekerja profesional di bidang tertentu, sudah saatnya untuk mengetahui merk laptop terbaik apa

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Pipa Besi Galvanis dan Lainnya, Terbaru 2022

Pipa besi merupakan material bangunan yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Pipa besi tersebut

Lifestyle
Lifestyle 20 Aplikasi Kamera Laptop untuk Foto & Video Webcam yang Bagus

Kebutuhan di dunia digital yang semakin beragam membuat pemakaian aplikasi kamera laptop ikut menin

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia