5 Jenis Burung Tledekan, Lengkap dengan Gambarnya!

Diperbarui oleh Mega Puspita Ratna ∙ August 1, 2022 ∙ 7 menit membaca

Jenis burung Tledekan meupakan burung kecil dari keluarga Muscicapidae dan genus Cyornis yang juga disebut dengan nama burung Sulingan atau Sikatan. Tledekan adalah salah satu jenis burung yang dikenal oleh hampir seluruh penggemar burung di Indonesia. Meskipun ketenaran tidak sementereng di tahun 2000-an, namun para penggemarnya masih cukup banyak.

Di Indonesia sendiri, unggas pengicau yang masuk dalam keluarga burung Sikatan (flycatcher) terdapat dalam berbagai jenis. Di antaranya Tledekan Gunung / Sikatan Cacing (Cyornis Banyumas), Bakau (Cyornis Rufigastra), Laut / Biru Putih (Cyanoptila Cyanomelana) dan Selendang Biru.

Selain memiliki kicauan gacor maupun ngeroll, semua jenis burung Sikatan tersebut memang seluruhnya mempunyai tubuh dengan warna bulu yang indah. Sehingga pantas saja jika semua burung dari genus Niltava tersebut tidak bisa dilupakan begitu saja oleh setiap penggemarnya.

Jika bicara mengenai burung Tldekan atau Sikatan, dilihat dari segi warna dan gerakan tubuhnya burung ini terbilang sudah bisa membuat jatuh cinta bagi setiap orang yang menemuinya. Mungkin itulah segi keunggulan yang paling mencolok dari burung Sulingan tersebut.

Selain dikenal sebagai burung agresif dengan gaya Nyeklek atau Ngobra, burung ini memang diketahui mempunyai kecerdasan, yakni mampu menirukan nada-nada suara yang dikeluarkan dari burung lain. Terlebih lagi jika ia dilatih dari umur bakalan atau trotolan. Maka tak heran jika semua jenis burung tledekan ini pernah populer, bahkan sempat menjadi raja di event perlombaan burung pada tahun 2000-an.

Persebaran Habitat Burung Tledekan

Semua jenis burung sulingan ini rata-rata mempunyai panjang tubuh berkisar 8 hingga 10 cm. Daerah kesuakaan-nya saat di alam liar sendiri meliputi berbagai tempat tropis seperti hutan lebat dan tempat-tempat pohon bambu yang dekat dengan aliran sungai.

Wilayah penyebarannya meliputi Nepal, India, Bhutan, Thailand, Kamboja, Cina Barat Daya dan Indonesia. Habitat alami burung ini berada di area hutan yang lebat dengan banyak sungai yang mengalir di sekitarnya. Penyebaran burung Tledekan tidak hanya berada di Indonesia saja. Burung ini juga tersebar sampai ke Kamboja, India, Nepal, Thailand, dan Cina Barat Daya.

Pins dapat menemukan burung ini di beberapa daerah di Indonesia, seperti Kalimantan, Jawa, dan Sumatera. Burung tledekan sangat menyukai ulat, capung, dan buah-buahan untuk dikonsumsi ketika berada di alam liar.

Jenis Burung Tledekan

Ada 32 jenis burung Tledekan atau Sulingan yang perlu kamu ketahui, namun di sini kami hanya akan membahas 5 jenis burung Tledekan yang paling umum dan sering dicari oleh kicau mania. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Burung Tledekan Gunung (Cyornis Banyumas)

Premium Photo | Hill blue flycatcher (cyornis banyumas) in tropical forest,  thailand
(Freepik)

Nama lain dari burung Tledekan Gunung yaitu Sikatan Cacing. Burung yang satu ini akan lebih mudah ditemui disekitar Pulau Kalimantan dan juga Pulau Jawa. Ciri khas kicauan burung Tledekan Gunung yaitu suaranya yang terdengar mendayu-dayu. Banyak orang yang menyukai burung ini karena warna bulunya yang menarik.

Perbedaan antara burung Tledekan gunung jantan dengan betina sangat mudah untuk diketahui. Amatilah warna bulu pada bagian punggung burung Tledekan Gunung. Burung Tledekan Gunung jantan mempunyai warna biru gelap bercampur dengan warna hitam mulai dari bagian kepala, memanjang sampai dengan ekornya.

Sedangkan untuk yang betina, warnanya lebih mencolok, yaitu berwarna kuning keabu-abuan. Panjang badan burung tledekan burung jantan dan betina, yang berbeda hanya terletak pada warnanya saja.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Tledekan Ngedrop

2. Burung Tledekan Bakau (Cyornis Rufigastra)

Mangrove Blue Flycatcher (Cyornis rufigastra) 紅樹仙鶲 | Flickr
(Flickr)

Jenis burung Tledekan Bakau sering disebut juga dengan Sikatan Gunung Kalimantan. Sebutan tersebut bukan diartikan bahwa burung ini berasal dari Kalimantan. Tledekan Bakau juga dapat kamu temukan di daerah Karimunjawa, Sulawesi, dan Sumatera. Namun, jenis burung ini bukan dari genus cyornis tapi dari genus Cyanoptila.

Penampakan fisik burung ini hampir sama dengan Tledekan Gunung. Walaupun mirip, kamu tetap dapat menemukan perbedaan burung ini dengan jenis Tledekan lainnya. Tledekan Bakau berjenis kelamin betina mempunyai warna bulu yang lebih pucat. Bentuk paruh bagian atasnya membentuk huruf V dan bagian bawah dagunya berwarna kuning.

Bagian punggung burung tledekan bakau sama dengan burung Tledekan Gunung, berwarna biru gelap sampai dengan bagian ekornya. Beberapa orang mengalami kesulitan untuk membedakan burung ini dengan jenis Tledekan lainnya. Kamu cukup melihat bagian bawah dagu atau dadanya saja.

Baca juga: Cara Melatih Mental Tledekan Bakalan Agar Gacor Ngeplong

3. Burung Tledekan Laut (Cyanoptila Cyanomelana)

Blue-and-white Flycatcher - eBird
(eBird)

Satu lagi jenis Tledekan yang tidak kalah menarik, yaitu Tledekan Laut. Burung ini juga dikenal dengan nama Sulingan laut. Hal ini didasari oleh habitatnya yang berada di sekitar laut atau dia area hutan bakau. Tledekan laut dapat kamu temukan di daerah Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan juga Karimun Jawa.

Penggemar burung Tledekan Laut cukup banyak di Indonesia. Suara burung ini tidak terlalu istimewa, namun cukup keras dan terdengar merdu.Ciri khas burung Tledekan Laut jantang terlihat dari warna bulunya. Bagian atas tubuhnya berwarna biru yang mengkilap dengan perpaduan warna hitam di bagian dada, leher, serta muka.

Khusus untuk Tledekan Laut betina, bagian atas tubunya berwarna coklat dengan sedikit kombinasi warna abu-abu. Bagian tenggorokan dan perut Tledekan Lautbetina berwarna cerah dengan dominasi warna putih cerah.

Baca juga: Cara Membedakan Kelamin Tledekan Jantan dan Betina

4. Burung Tledekan Selendang Biru (Cyornis Unicolor)

Sikatan Biru-muda - eBird
(eBird)

Jenis Tledekan Selendang Biru masih dibagi lagi menjadi dua, yaitu Ninon dan Sikatan Biru Muda. Namun jenis Tledekan Selendang Biru yang lebih banyak disukai adalah jenis Sikatan Biru Muda. Area penyebaran burung ini di Indonesia meliputi Kalimantan, Sumatera, dan juga Pulau Jawa.

Nama burung tledekan selendang biru diambil dari warna bulunya yang lebih banyak didomasi oleh warna biru pada bagian atas tubuhnya. Burung Sulingan Selendang Biru dengan jenis kelamin jantan mempunyai warna biru terang pada bagian punggungnya. Sedangkan bagian tenggorokan dan dadanya berwarna biru cerah.

Jenis Tledekan Selendang Biru betina cenderung memiliki warna coklat keabu-abuan pada tubuh bagian atas. Serta warna coklat kemerahan pada bagian ekornya. Khusus untuk jenis kelamin betina dari burung ini, Anda akan menemukan warna kuning kecoklatan pada bagian lingkar matanya.

Baca juga: Cara Menjinakkan Tledekan Giras Dengan Cepat

5. Burung Tledekan Kembang (Ficedula mugimaki)

Ficedula mugimaki - Wikipedia, la enciclopedia libre
(Wikipedia)

Jenis Tledekan kelima yang perlu kamu ketahui yaitu Tledekan Kembang. Namun beberapa kicau mania tidak mengkategorikan burung ini ke jenis Tledekan, karena burung bukan termasuk ke ke genus cyornis. Burung ini disebut dengan Tledekan Kembang karena warnanya yang cantik seperti bunga.

Ukuran badan burung ini tergolong kecil dengan paruh dan ekor yang pendek. Tledekan Kembang mempunyai ciri khas warna hitam gelap yang mendominasi tubuh bagian atasnya. Sedangkan warna putih hanya dapat kamu temukan pada bagian sayap dan sedikit dibagian atas matanya. Sekilas, burung tledekan kembang terlihat seperti Burung Kacer atau Burung Decu.

Baca juga: Cara Merawat Tledekan Agar Cepat Gacor

Jenis Burung Tledekan Di Dunia

Sedangkan untuk jenis burung Tledekan yang tersebar di seluruh didunia sekitar ada 32 jenis yang di akui dari genus Cyornis tidak termasuk burung Tledekan Kembang dan Tledekan Laut.

  1. Hill Blue-flycatcher (Cyornis banyumas).
  2. Mangrove Blue-flycatcher (Cyornis rufigastra).
  3. Pale Blue-flycatcher (Cyornis unicolor).
  4. Russet-backed Jungle-flycatcher (Cyornis oscillans).
  5. Sumba Jungle-flycatcher (Cyornis stresemanni).
  6. Nicobar Jungle-flycatcher (Cyornis nicobaricus).
  7. Brown-chested Jungle-flycatcher (Cyornis brunneatus).
  8. Fulvous-chested Jungle-flycatcher (Cyornis olivaceus).
  9. Grey-chested Jungle-flycatcher (Cyornis umbratilis).
  10. Rufous-tailed Jungle-flycatcher (Cyornis ruficauda).
  11. Henna-tailed Jungle-flycatcher (Cyornis colonus).
  12. Rück’s Blue-flycatcher (Cyornis ruckii).
  13. Blue-breasted Blue-flycatcher (Cyornis herioti).
  14. Rufous-breasted Blue-flycatcher (Cyornis camarinensis).
  15. White-bellied Blue-flycatcher (Cyornis pallidipes).
  16. Pale-chinned Flycatcher (Cyornis poliogenys).
  17. Large Blue-flycatcher (Cyornis magnirostris).
  18. Palawan Blue-flycatcher (Cyornis lemprieri).
  19. Tickell’s Blue-flycatcher (Cyornis tickelliae).
  20. Indochinese Blue-flycatcher (Cyornis sumatrensis).
  21. Large-billed Blue-flycatcher (Cyornis caerulatus).
  22. Bornean Blue-flycatcher (Cyornis superbus).
  23. Chinese Blue-flycatcher (Cyornis glaucicomans).
  24. Hainan Blue-flycatcher (Cyornis hainanus).
  25. Blue-throated Blue-flycatcher (Cyornis rubeculoides).
  26. Malay Blue-flycatcher (Cyornis turcosus).
  27. Sulawesi Blue-flycatcher (Cyornis omissus).
  28. Tanahjampea Blue-flycatcher (Cyornis djampeanus).
  29. Timor Blue-flycatcher (Cyornis hyacinthinus).
  30. Blue-fronted Flycatcher (Cyornis hoevelli).
  31. Matinan Flycatcher (Cyornis sanfordi).
  32. White-tailed Flycatcher (Cyornis concretus).

Makanan Burung Tledekan

https://www.pinhome.id/blog/jenis-burung-tledekan-lengkap-dengan-gambarnya/
(Burung Hobi)

Pada umumnya, dihabitat asli burung Tledekan memakan jenis serangga. Pakan Tledekan terbaik agar cepat gacor untuk burung yang sudah dipelihara bisa menggunakan beberapa jenis makanan di bawah ini:

  • Jangkrik.
  • Ulat Hongkong.
  • Cacing Tanah.
  • Voer.
  • Ulat Jerman.
  • Ulat Bambu.
  • Egg Food.
  • Buah-Buahan.

Itulah informasi detail tentang 5 jenis burung Tledekan, Sulingan, atau Sikatan yang dapat kami infokan. Kami harap info di atas dapat membantu menambah pengetahuanmu tentang macam-macam jenis burung tledekan lengkap dengan cirinya.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Finansial
Finansial Pahami Yuk! Contoh Pasar Monopolistik dan Pengertiannya

Pasar monopolistik adalah kebalikan dari pasar persaingan yang sempurna. Pada ilmu ekonomi, arti pa

Gadget
Gadget 8 Cara Mengatasi Lupa Sandi HP Vivo Untuk Pengguna Baru Android

Bagi para pengguna baru android pasti pernah mengalami banyak kendala yang sering dijumpai ketika s

Finansial
Finansial Mudah! Ini 7 Cara Menggunakan Tradingview

Supaya aktivitas jual beli saham yang kamu lakukan berjalan lancar, kamu dapat menggunakan berbagai

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia