Pinhome

13 Jenis Burung Kolibri Lengkap Dengan Gambar

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 4 December 2020 ∙ 14 menit membaca

Jenis burung kolibri – Burung Kolibri merupakan istilah yang disebutkan oleh para kicau mania dari nama burung-madu. Burung kolibri merupakan salah satu jenis burung kecil pemakan nektar/madu-maduan dari keluarga Nectariniidae.

Burung yang dikenal dengan sebutan sunbird ini identik dengan paruh melengkung berwarna cerah dengan bulu berwarna-warni. Berbeda dari jenis mungil lainnya  seperti burung trucukan. terutama pada jantan terdapat sekitar 145 sub-spesies dengan 16 genus yang tersebar di berbagai belahan dunia dan sebagian dapat dijumpai di Indonesia.

Baca Juga: Kolibri Hitam

Ciri fisik burung kolibri

Jenis Burung Kolibri

Keluarga ini memiliki ukuran mulai dari 5 gram hingga sekitar 45 gram. Pada umumnya burung kolibri termasuk burung dimorfik secara seksual, dimana kolibri jantan dan betina memiliki perbedaan yang mencolok. Burung kolibri jantan biasanya berwarna cerah mengkilap dengan bulu warna-warni.

Penampilan dari burung kolibri ini sangat indah dengan dihiasi oleh bulu-bulunya yang memiliki warna yang sangat bervariasi. Yaitu seperti kolibri yang berwarna hitam, merah, ungu, kuning, hijau, biru, coklat, orange, dan abu-abu, dengan campuran warna berkilau dibeberapa tubuhnya.

Burung kolibri memiliki paruh melengkung ke bawah yang panjang dan lidah tubular berujung seperti sikat untuk mengambil nektar tanaman.

Baca Juga: Larutan Untuk Kenari Serak

Suara burung kolibri

Selain memiliki penampilan tubuh yang sangat menarik dan menawan, suara burung kolibri tergolong sangat merdu dan bervariasai tergantung dari jenisnya itu sendiri. Hal itulah yang membuat burung kolibri ini banyak diburu sampai-sampai keberadaanya dialam liar sampai terancam punah.

Penyebaran dan habitat

Pebyebaran burung kolibri cukup luas, mulai dari Afrika ke Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Cina selatan, ke Indonesia, Papua, dan Australia utara. Keragaman spesies paling tinggi terdapat di daerah khatulistiwa.

Di Afrika mereka ditemukan sebagian besar di Afrika sub-Sahara dan Madagaskar tetapi juga di Mesir . Di Asia dapat dijumpai di sepanjang pantai Laut Merah sejauh utara ke Israel, sampai Iran dan  sejauh Cina selatan dan Indonesia. Selain itu, keluarga ini dapat di jumpai Papua Nugini, Australia timur laut dan Kepulauan Solomon.

Baca Juga: Elang Ekor Baji

Burung kolibri dapat ditemukan di hutan hujan primer. Tetapi habitat lain yang digunakan oleh keluarga termasuk hutan sekunder yang terganggu, hutan terbuka, semak belukar terbuka dan sabana, semak belukar terbuka dan hutan alpine.

Beberapa spesies dapat dijumpai di keramaian manusia seperti perkebunan, kebun dan lahan pertanian. Banyak spesies yang mampu menempati berbagai habitat sampai ketinggian 4.900 dpl.

Perilaku

Burung kolibri adalah burung aktif yang umumnya muncul berpasangan atau kadang-kadang dalam kelompok keluarga kecil dalam mencari makan.

Makanan untuk burung kolibri

Pada umumnya, makanan burung kolibri berupa nektar tanaman tetapi mereka juga memakan beberapa serangga kecil seperti laba-laba.

Baca Juga: Mengenal Burung Murai Nias, Ciri, dan Harganya

Reproduksi

Pada umumnya musim kawin burung kolibri berkembang biak di musim hujan. Waktu ini mencerminkan meningkatnya ketersediaan mangsa serangga untuk anak muda. Namun beberapa spesies berkembang biak disepanjang tahun termasuk musim kemarau.

Sarang burung kolibri menggantung yang terbuat dari ranting-ranting kecil dan jaring laba-laba. Pada kebanyakan spesies, burung kolibri betina saja yang membangun sarang dengan meletakkan terlur sampai empat telur. Masa inkubasi sekitar 14 harian

Macam-macam jenis burung kolibri

Baca Juga: Perbedaan Pleci Jantan dan Betina

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa jenis burung ini terdapat sekitar 145. Kami tidak akan mengulas semua tentang macam-macam burung koliri tersebut. Kami akan mengulas tentang jenis burung tersebut yang ada di Indonesia.

Untuk anda yang belum tahu dari jenis burung kolibri di Indonesia, dibawah ini kami mencoba mengulas secara umum tentang jenis burung-madu tersebut seperti ulasan di bawah ini :

1. Ciri-ciri Kolibri Ninja

Jenis Burung Kolibri Ninja
Burung Kolibri Ninja

Jenis ninja merupakan yang paling populer dari sekian banyak jenis dari burung Kolibri. Pasti teman-teman anda kicau mania sudah mengenal yang satu ini, karna tidak jarang kontes-kontes perlombaan sering diadakan untuk ninja ini.

Dikarenakan jenis kolibri ninja ini memiliki penampilan yang sangat cantik dan terlihat sedikit lebih sangar. Yaitu bulu-bulunya dihiasi oleh beberapa campuran warna yang sangat extrim. Seperti warna hitam, warna ungu, warna kuning dan terdapat kilauan yang mirip minyak pada kepala dan leher yang menambah kecantikannya.

Selain memiliki penampilan bulu yang sangat cantik, ternyata suara burung kolibri ninja sangat nyaring dan sedikit suara tembak yang membuat telinga mendengarnya membuat tercengang-cengang.

Baca Juga: Cara Membedakan Branjangan Jantan dan Betina

Burung Kolibri Ninja memiliki habitat asli dipinggir-pinggir hutan dengan ketinggian antara 100 sampai 200 m diatas permukaan laut. Selain suka hidup di pinggir-pinggir hutan, ternyata burung kolibri ninja inipun sering kita temui di daerah-daerah perkebunan warga.

Jenis burung Kolibri Ninja ini memiliki ukuran tubuh yang termasuk berukuran kecil yaitu hanya sebesar jempol orang dewasa atau sebesar 10 cm saja.

Cara membedakan kolibri ninja jantan dan betina

Untuk membedakan jenis kolibri ninja jantan dan betina cukup mudah. Yaitu pada kolibri pejantan memiliki ciri khas dengan warna topi hijau metalik yang terdapat diatas kepalanya. Bagian leher berwarna ungu dan bagian dada memiliki bulu berwarna merah coklat dan abu kusam.

Jadi kolibri jantan untuk jenis konin lebih dominan warna hitam, sedangkan untuk kolibri betina lebih dominan dengan warna abu-abu.

Selengkapnya : Kolibri Ninja, Purple-throated Sunbirds (Leptocoma Sperata)

2. Ciri-ciri Kolibri Sepah Raja

Burung Kolibri Sepah Raja
Burung Kolibri Sepah Raja

Jenis burung kolibri Sepah Raja merupakan salah satu yang hidup dan berkembang di indonesia. Burung kolibri jenis Sepah Raja ini tidak begitu jauh berbeda dengan pada umumnya. Yaitu memimiliki ciri-ciri umum seperti memiliki paruh yang berukuran kecil namun panjang.

Selain itu juga iapun memiliki ciri-ciri umum mirip seperti yang lain. Yaitu kolibri Sepah Raja inipun gemar meminum nektar dari bunga untuk asupan makanannya.

Namun, Kolibri sepah raja ini memiliki perbedaan khusus yang tidak dimiliki oleh jenis kolibri lainya. Kolibri Sepah Raja ini memiliki ketahanan tubuh yang lebih kuat dibandingkan jenis kolibri yang lain, jadi sangat cocok untuk anda sekalian pelihara sebagai burung penghobi.

Ciri-ciri umum yang dimiliki oleh kolibri Sepah Raja ini ialah bulu yang dimilikinya yang berwarna merah terang dan perpaduan antara warna hitam ungu dan kuning. Untuk jenis koibri sepah raja berjenis kelamin jantan, bagian dahi sampai pada lehernya berwarna merah terang.

Pada bagian ekornya berwarna ungu gelap dan pada bagian perutnya berwarna abu-abu gelap. Sedangkan pada burung Kolibri Sepah Raja betina memiliki ciri warna hijau zaitun yang tergolong warna hijau gelap.

Untuk ukuran tubuh burung Kolibri Sepah Raja ini tidak berbeda dengan burung kolibri pada umumnya. Berukuran kecil yaitu sekita 13 cm saja. Untuk habitat burung Kolibri Sepah Raja ini biasa tersebar di pegunungan tropis yang dimana tempat yang terdapat banyak sekali tumbuhan bunga, karna mereka suka menghisap sari dari bunga tersebut.

Selengkapanya : Kolibri Sepah Raja, Crimson Sunbird (Aethopyga Siparaja)

3. Ciri-ciri Kolibri Wulung

Jenis Burung Kolibri Wulung
Jenis Burung Kolibri Wulung

Burung Kolibri Wulung ini ukuranya agak lebih besar dibandingkan dengan ukuran jenis burung Kolibri pada umumnya, yaitu berkisaran antara 14 sampai 15 cm.

Selain itu juga burung Kolibri Wulung ini memiliki sifat petarung yang lebih agresif dibandingkan dengan jenis yang lain, untuk mencoba sifat agresif kolibri wulung ini bisa anda lakukan dengan cara menangkapnya dengan menggunakan tangan anda langsung, pasti ia akan langsung menggigit tangan anda.

Ciri-ciri untuk burung kolibri wulung jantan memiliki ciri khas yaitu memiliki warna bulu pada bagian mahkota dan bagian atas tubuh berawarna hijau tua yang mengkilap, pada bagian pipinya juga berwarna merah, sedangkan pada bagian leher dan dadanya berwarna coklat.

Baca Juga: Cara Membuat Burung Trucukan Gacor, Garuda!

Berdeda dengan burung kolibri wulung yang betina yaitu memiliki warna tubuh hijau zaitun dan memiliki warna yang lebih pucat dari pada warna tubuh burung kolibri wulung yang jantan.

Makanan burung kolibri wulung

Jenis burung kolibri Wulung merupakan salah satu dari sekian banyak burung pemakan nektar/madu yang terdapat di bunga-bunga tanaman. Kolibri Wulung ini juga biasa disebut dengan nama Kolibri Muncang, Kolibri Wulung memiliki nama latin Anthreptes Singalensis.

Selain suka memakan sari bunga, ternyata jenis kolibri wulung inipun kerap memakan berupa serangga-serangga kecil, seperti laba-laba, kroto, dan ulat.

Selengkapanya : Kolibri Wulung, Ruby-Cheeked Sunbird (Chalcoparia Singalensis)

4. Ciri-ciri Burung Kolibri King Ninja

jenis burung kolibri king ninja
burung kolibri king ninja

Jenis burung kolibri King Konin merupakan salah satu jenis yang memiliki penampilan warna bulu yang sangat cantik dan amat bervariasi, warna burung Kolibri King Konin ini yaitu berwarna hitam mengkilap pada bagian kepalanya, bagian atas bahu berwarna ungu kehijauan mengkilap dan bagian perutnya berwarna kecoklatan.

Burung Kolibri King Konin ini juga biasa disebut dengan nama kolibri bakau yang bernama latin Leptocoma Calcostetha, burung kolibri king konin ini juga memakan nektar atau sari dari bunga pepohonan, burung kolibri ninja ini sering kita dapatkan di hutan mangrove yang terdapat di ketinggian kurang lebih 250 di atas permukaan laut.

Ciri-ciri dari burung kolibri king konin jantan yaitu memiliki ukuran tubuh yang berukuran sedang yaitu sekitar 13 cm, serta warna kolibri king konin jantan berwarna kehitaman pada bagian tubuhnya, pada bagian dadanya berwarna ungu, dan juga memiliki setrip kumis dan pada bagian dada atas atau tenggorokannya berwarna tembaga
gelap mengkilap.

Baca Juga: Burung Cepluk Jawa

Sedangkan kolibri king konin betina yaitu memiliki ciri-ciri pada bagian tenggorokannya berwarna keputih-putihan, serta warana pada bagian punggungnya berwarna zaitun, dan terdapat warna abu-abu pada bagian kepalanya, dan pada bagian perutnya berwarna kuning dan penutup ekor bagian bawah berwarna putih keabu-abuan.

5. Ciri-ciri Kolibri Manggar/Kolibri Kelapa

Jenis Burung Kolibri Kelapa
Burung Kolibri Kelapa

Jenis burung kolibri Manggar atau yang juga dikenal dengan kolibri kelap dengan nama latin Anthreptes malacensis ini merupakan salah satu burung pemakan madu/nektar yang memiliki penampilan yang lumayan cantik. Ukuran dari burung kolibri Manggar ini yaitu termasuk kedalam burung kolibri yang berukuran sedang yaitu 13 cm.

Suara burung kolibri kelapa

Selain memiliki penampilan yang tidak kalah menawan dibandingkan dengan jenis kolibri pada umumnya, ternyata suara burung kolibri manggar inipun memiliki suara kicauan yang bisa dibilang merdu dan bervariasi.

Perbedaan burung kolibri manggar ini dengan jenis kolibri pada umunya yaitu bisa dilihat dari ukuran paruhnya, ukuran paruh burung kolibri manggar ini lebih besar dan lebih sedikit pendek dibandinfkan dengan paruh burung koibri yang lain. Dilihat dari suara burung kolibri kelapa yang sangat lantang dan nyaring ini jadi suar burung kolibri manggar ini sangat cocok dijadikan suara masteran burung kicau lainya.

Baca Juga: 33 Jenis Burung Cendet

Makanan burung kolibri kelapa

Burung kolibri manggar ini selain memakan nektar dari sari bunga ternyata burung kolibri manggar ini juga gemar memakan serangga-serangga kecil seperti jangkrik, kroto dan ulat kecil.

Perbedaan kolibri kelapa jantan dan betina

Untuk membedakan burung kolibri kelapa jantan dan betina cukup mudah, anda hanya perlu memperhatikan warna bulu burung kolibri manggar. Untuk burung kolibri Manggar jantan memiliki ciri-ciri warna bulu dan mahkota yang lebih bersinar, sedangkan warna pada bagian penutup sayapnya memiliki warna ungu yang cerah.

Pada bagian pipi dan dagunya berwarna coklat dan bagian bawah berwarna kuning buram. Sedangkan pada burung kolibri kelapa betina memiliki ciri-ciri warna tubuh pada bagian atas yang berwarna hijau zaitun dan tubuh bagian bawahnya berwarna kuning seperti halnya warna pejantan.

6. Ciri-ciri Kolibri Black Sunbird

Jenis Kolibri Black Sunbird ini termasuk kedalam jenis burung kicau yang berukuran kecil yang hanya berukuran sekitar 11 cm saja.

Kolibri Black Sunbird ini merupakan burung jenis pemakan nektar yang paling dicari oleh pecinta burung diindonesia, mengapa demikian? Karna jenis pemakan nektar yang satu ini termasuk kedalam burung yang langka, dan memiliki keunikannya sendiri.

Harga burung kolibri black sunbird

Karena termasuk kedalam salah satu burung yang langka, menjadikan harga dari burung kolibri black sunbird ini menjadi relatif lebih mahal dibandingkan jenis kolibri yang lainya.

Perbedaan kolibri black sunbird jantan dan betina

Untuk membedakan burung kolibri black sunbird jantan dan betina sangat mudah yaitu anda bisa melihatnya dari warna bulunya saja, untuk jenis burung kolibri back sunbird jantan berwarna hitam ungu kebiruan yang berkilau sedangkan untuk jenis kolibri yang betina berwarna abu-abu dan kuning di bagian perut bagian bawahnya.

7. Ciri-ciri Kolibri Jawa

Jenis burung kolibri Jawa dengan nama latin aethopyga mystacalis ini merupakan salah satu jenis burung kolibri yang dapat anda temui di daerah indonesia. Jenis kolibri yang satu ini memiliki ciri-ciri yang tidak jauh berbeda dengan ciri-ciri jenis burung kolibri pada umumnya yaitu memakan nektar dari sari bunga dan juga memiliki paruh yang panjang dan kecil.

Kolibri jawa memiliki ukuran tubuh yang bisa dikatan lebih kecil dibandingkan dengan kolibri ninja yaitu hanya berukuran 11 cm saja. Burung kolibri jenis ini bisa anda dapat temukan di daerah pegunungan tropis yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter diatas permukaan laut. Burung kolibri jawa ini selain memakan nektar bunga juga memakan serangga-serangga kecil lainya.

Ciri-ciri dari burung kolibri Jawa ini memiliki warna pada mahkotanya yang berwarna ungu, warna bagian kepalamya berwarna merah, warna tunggir kuning dengan dua strip terlihat menjalar, dan juga memiliki warna perut putih bersih dan warna ekor keunguan dan panjang.

8. Ciri-ciri Kolibri Matari

jenis burung kolibri matahari

Jenis burung kolibri matari dengan nama latin Cinnirys Solaris ini merupakan jenis burung kolibri yang hidup dan berkembang di indonesia. Burung Kolibri jawa ini memiliki ukuran tubuh sama persis dengan ukuran tubuh burung kolibri jawa yaitu hanya berukuran 11 cm.

Kolibri Matari ini banyak tersebar dipegunungan Sumatra dan Kalimantan. Burung Kolibri jenis kelamin jantan memiliki ciri-ciri bulu yang berwarna merah, pada sayapnya yang berwarna kuning dan pada bagian ekornya memiliki warna merah.

Sedangkan untukburung kolibri matari berjenis kelamin betina betina memiliki ciri-ciri warna pada bagian atas tubuh berwarna nya berwarna coklat dan pada bagian bawah berwarna kuning

Makanan burung kolibri matari yang bagus

Burung kolibri matari menyukai nektar dan serangga.

9. Ciri-ciri Kolibri Ekor Merah

Jenis burung kolibri Ekor Merah merupakan burung kolibri yang memiliki ciri-ciri warna yang berwarna merah dan hitam. Pada bagian tubuhnya berwarna hitam dan pada bagian ekornya berwarna merah. Nama dari burung kolibri ini diambil dari warna ekornya yang berwarna merah.

Ukuran tubuh burung kolibri Ekor merah ini 13 cm untuk yang berjenis kelamin jantan, sedangkan pada burung kolibri ekor merah berjenis kelamin betina hanya berukuran 10 cm saja.

Baca Juga: Mengenal Burung Elang Kecil (Little Eagle)

10. Ciri-ciri Kolibri Merak

Jenis burung Kolibri Merak ini biasa juga disebut dengan nama burung Kolibri gunung. Diambil dari habitatnya yang bisa anda temui di pegunungan dan dataran tinggi. Burung Kolibri Merak ini merupakan burung endemik pulau jawa yang hanya dapat ditemukan ditanah jawa dan tidak dapat ditemui di daerah-daerah lain.

Untuk ukuran tubuhnya burung kolibri Merak atau gunung ini memiliki ukuran yang sedang hanya berukuran 13 cm. Dan untuk makananya sama seperti jenis jenis burung kolibri yang lain yaitu memakan nektar dan serangga kecil seperti laba-laba dan ulat kecil.

11. Ciri-ciri Burung Kolibri Sangihe

Jenis burung kolibri Sangihe merupakan jenis burung kolinri yang hanya anda dapatkan di daerah Sulawesi Utara yaitu tepatnya di pulau sangihe. Jenis burung kolibri ini memiliki ukuran tubuh yang tergolong kecil yaitu hanya sekitar 12 cm saja.

Makanan burung Kolibri Sangihe

Untuk makananya sendiri tidak berbeda dengan jenis burung Kolibri yang lainnya yaitu memakan nektar dari sari bunga dan juga memakan serangga-serangga kecil seperti ulat dan laba-laba.

12. Ciri-ciri Kolibri Sriganti

Jenis burung kolibri Sriganti atau biasa disebut dengan nama sogok ontong ini merupakan jenis burung Koibri yang paling sering dan mudah untuk anda temui. Karna burung Kolibri jenis sogok ontong ini sering menempati tempat-tempat yang memiliki rumput semak belukar yang banyak ditumbuhi bunga-bunga yang memiliki nektar yang berlimpah.

Baca Juga: Elang Flores, Burung Pemangsa yang Terancam Punah

Jenis Burung kolibri Sriganti ini merupakan jenis burung Kolibri yang memiliki ukuran tubuh paling kecil dibandingkan dengan jenis burung kolibri yang lain yaitu hanya berukuran 8 sampai 10 cm saja.

Ciri-ciri dari burung kolibri Sogok ontong ini memiliki warna tubuh kuning cerah dan pada bagian kepala dan dagunya berwarna hitam keunguan cerah untuk kolibri sogok ontong jantan, sedangkan pada burung kolibri sogok ontong betina berwarna kuning pada seluruh bagian tubuhnya.

Selengkapnya : Kolibri Sriganti, Olive-Backed Sunbirds (Cinnyris Jugularis)

13. Ciri-ciri Kolibri Rimba

Jenis burung kolibri rimba merupakan jenis burung kolibri yang memiliki panjang tubuh sekitar 12,7 sampai 15 cm yang jarang ditemui di pasaran. Jenis burung kolibri ini dapat dijumpai dibeberpaa negara yang meliputi Cina barat-daya, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia, dan tentunya di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, jenis burung kolibri ini dapat dijumpai di Sumatra dan Kalimantan. Penetap yang umum pada hutan dataran rendah samai ketinggian 1000 dari permukaan laut. Menyukai pohon-pohon kecil dan hutan sekunder, hutan rawa dan semak belukar. Sering terlihat memutar atau menaik-turunkan ekornya dengan cepat.

Selengkapnya : Kolibri Rimba, Purple-naped Spiderhunter (Arachnothera Hypogrammica)

Kesimpulan

Dari beberapa jenis burung kolibri di Indonesia, sebagian dari jenis tersebut termasuk jenis burung dilindungi

Nah, itulah tadi ulasan tentang jenis-jenis burung Kolibri yang hidup dan berkembang di indonesia dan semoga bermanfaat


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti koleksi pada perumahan Golden Estesia di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel