26 Jenis Burung Kenari Lengkap dengan Gambar

Diperbarui oleh Achlisia Putri ∙ May 17, 2022 ∙ 20 menit membaca

Jenis burung Kenari merupakan salah satu burung kicau import yang banyak ditangkarkan di Insonesia selain burung Lovebird. Burung Kenari dalam bahasa latinnya disebut Serinus Canaria. Nama burung ini tidak berhubungan dengan buah kenari, melainkan diambil dari nama pulau habitat aslinya, yaitu kepulauan Canary. Kepulauan itu sendiri mendapat namanya dari bahasa Latin canarias yang berarti (pulau anjing).

Karena banyaknya anjing liar yang ada di sana pada zaman dahulu. Kepulauan Canaria terdiri dari tujuh pulau vulkanik yang terletak di Samudra Atlantik, sebelah barat laut pesisir Afrika ( Maroko dan Sahara Barat). Kepulauan ini termasuk dalam wilayah Spanyol dan merupakan salah satu komunitas otonomi negara itu. Kepulauan Canaria juga diklaim oleh Maroko.

Jenis burung Kenari termasuk burung yang juga sempat menjadi primadona di pasar burung di Tanah Air. Namun seiring dengan munculnya burung kicau jenis baru seperti murai batu, tledekan, kacer, lovebird dan sebagainya, nama Kenari kian meredup di pasar burung Tanah Air.

Akan tetapi, jenis burung kenari ini masih memiliki tempat tersendiri di hati beberapa pecinta burung kicau. Jika mengetahui kemampuan berkicaunya memang tidak pantas jika burung ini harus dilupakan begitu saja. Pasalnya, dari semua jenis kenari tidak hanya menampilkan kemerduan gacornya saja, namun juga di anugerahi warna bulu yang sangat mempesona.

Baca juga: Cara Merawat Kenari Bakalan Agar Cepat Bunyi dan Gacor

Sejarah Burung Kenari

Pelaut Perancis yang bernama Jean De Berthan Cout, adalah pelaut yang pertama kali menemukan salah satu jenis burung Kenari di Kepulauan Canaria, Samudera Atlantik pada abad ke-15. Karena terpesona dengan keindahan warna burung kenari, pelaut tersebut akhirnya memutuskan untuk menangkapnya dan membawa ke negaranya, untuk di budidayakan.

Akan tetapi, dalam kurun waktu yang tidak begitu lama, seorang Raja yang bernama Carlos VII dari Kerajaan Spanyol, berhasil memenangkan sengketa atas sebuah pulau yaitu Kepulauan Canary (sebuah pulau yang pada tahun kemarin menjadi lokasi syuting film, yang di bintangi oleh Brian dan Dom Toretto dengan judul film Fast & Farious 6).

Jenis Burung Kenari

Seiring dengan kemajuan jaman, para pembudidaya burung Kenari akhirnya mengawinkan silang dari jenis burung Kenari yang berbeda-beda. Tentunya dari hasil perkawinan silang ini di harapkan akan melahirkan generasi baru yang mewarisi ciri fisik serta kicauan dari kedua induknya.

Pastinya ada kepuasan tersendiri jika bisa memiliki kenari yang gacor, berbadan tegap dan dengan warna yang cerah. Berikut ini adalah pembahasan tentang jenis burung Kenari lengkap beserta gambarnya.

1. Jenis Burung Kenari Yorkshire (Yorkshire Canaries)

15 Amaze-wing Facts About The Yorkshire Canary For Kids
(Shutterstock)

Kenari yorkshire merupakan salah satu burung import yang berasal dari Negara Eropa, Jerman, Inggris dan lainnya. Kenari jenis ini adalah tergolong dalam jenis Kenari postur. Hal ini berkaitan dengan bentuk tubuhnya yang secara keseluruhan terlihat sangat mempesona. Untuk ciri-cirinya burung ini selalu berdiri tegak, berkaki panjang, panjang tubuh keseluruhan sekitar 16 cm.

Ciri yang selanjutnya dari jenis burung Kenari ini adalah warnanya yang dominan dengan warna kuning emas. Namun kadang juga ada kombinasi warna lain, sehingga mampu membuat burung ini terlihat sangat elegan dan bisa memikat hati para pecinta burung kicau.

Kabarnya kenari yorkshire ini bisa ada di dunia karena adanya sebuah perkawinan silang antara kenari Belgia dengan kenari Lancashire. Karena kejadian persilangan itulah sehingga membuat burung ini nampak bagaikan wortel. Jika di konteskan akan ada nilai tersendiri dari segi keindahannya.

Tidak hanya menawarkan keindahan warnanya saja, suara burung kenari jenis yorkshire ini juga tidak mau kalah dengan yang lainnya. Namun itu semua juga tergantung bagaimana cara pemiliknya dalam memelihara dan melatihnya. Setelah melihatnya pastinya untuk kaum pria akan melirik kebolehan burung ini dan ingin segera memilikinya.

2. Jenis Burung Kenari American Singer (American Singer Canaries)

American Singer Canary
(marylandexoticbirds)

Sudah jelas jika mengetahui namnya burung ini adalah seekor burung penyayi. Ciri-cirinya yaitu bulunya biasanya berwarna kuning, tubuhnya bulat dan leher cenderung pendek. Burung jenis ini lahir dari sebuah perkawinan silang antara kenari roller dengan kenari border.

Jadi tidak heran jika suara burung kenari ini memiliki suara yang merdu dan juga postur tubuh yang indah. Untuk harga burung kenari american singer saat ini burung ini kisaran 1 sampai 2 jutaan. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu.

3. Jenis Burung Kenari Kepala-hitam (Black-headed Canaries)

Black headed canary
(Alchetron)

Panjang tubuh black-headed canary sekitar 12-14 cm. Tidak seperti kenari yang memerlukan perhatian khusus dalam sexing (identifikasi jenis kelamin), kenari kepala-hitam mudah dibedakan antara jantan dan betina, berdasarkan penampilan dan warna bulunya.

Burung jantan terlihat lebih tegas, dengan kepala berwarna hitam. Leher dan bagian atas dada berwarna kehitaman, dan membentuk huruf V terbalik. Ekor kecokelatan, bagian tepi sayap hitam, dan perut cokelat kekuningan atau keputihan.

Burung betina memilliki kepala berwarna abu-abu. Ekor dan tepi sayapnya coeklat kusam. Selain itu, postur tubunya sedikit lebih kecil, dengan selisih panjang tubuh sekitar 1-2 cm dari burung jantan. Sedangkan untuk suara burung kenari ini juga tidak kalah merdunya.

4. Jenis Burung Kenari Belgia (Belgium Canaries)

Club makes a surprise announcement that the Belgian Canary is the new  official mascot. How do you react? : r/FenerbahceSK
(Reddit)

Burung kenari Belgia atau Belgian Fancy Canary adalah salah satu kenari yang tergolong paling tua. Kenari Belgia ini juga salah satu kenari yang cukup berpengaruh penting dalam perkembangan jenis-jenis kenari yang bervariasi dari waktu ke waktu.

Ciri burung ini adalah pada bagian tubuhnya yang berdirinya tegak dan melengkung bagaikan bulan sabit. Karena postur tubuh yang bagus inilah sehingga burung ini sangat di gemari oleh pecinta burung kenari. Sedangkan untuk harga burung ini lumayan mahal. Hal ini di karenakan langkanya jenis burung ini.

Untuk harga burung kenari ini mencapai Rp 2 sampai 3 jutaan, harga burung kenari ini sejalan dengan suara burung kenari Belgia yang tergolong merdu.

5. Jenis Burung Kenari Border (Border Canaries / Border Fancy Canary)

Canary Varieties | Canary | Finches and Canaries | Guide | Omlet UK
(Omlet UK)

Burung ini memiliki bentuk tubuh yang terbilang unik dan sangat menggemaskan, yaitu berbentuk bulat dan cenderung memiliki ukuran yang kecil, kurang lebih sekitar 13 cm saja. Bulu dari kenari border ini juga nampak cantik, biasanya berwarna kuning atau berkombinasi dengan warna kuning kecoklatan.

Hal ini menjadikannya salah satu Jenis burung kenari yang di pilih untuk ikon film kartun yang berjudul Tweety yang sering di tayangkan di televisi-televisi. Jenis burung kenari border ini adalah salah satu kenari yang cukup terkenal di Indonesia.

Nama border sendiri telah di resmikan pada tanggal 5 juni 1890, dan nama latinya adalah Serinus Canaria Domesticus. Jenis kenari ini kabarnya berevolusi dari abad ke-17 sampai abad ke-18, dari Cumberland Fancy lebih tepatnya di perbatasan Border antara Skotlandia dan Inggris.

Untuk harga jenis kenari border ini sangat terjangkau, di pasaran untuk anakan kisaran 700 sampai 900 ribuan. Sedangkan untuk harga kenari yang dewasa kamu cukup menyediakan sekitar 1,5 sampai 2 jutaan per ekornya dengan suara burung kenari ini yang tidak kalah dengan lainnya.

Baca juga: Cara Mengetahui Kenari Merah Asli atau Semiran

6. Jenis Burung Kenari Cinnamon (Cinnamon Canaries)

CARE OF YOUR PET CANARY - Melbourne Canary Improvement Society
(melbournecanary)

Jenis burung kenari cinnamon ini adalah kenari yang tergolong mungil. Ciri-ciri dari burung ini memiliki warna hitam untuk yang jantan, sedangkan yang betina memiliki warna mata merah muda. Warna dasar pada bulu kenari cinnamon adalah coklat kemerahan dan dengan nuansa warna kuning.

Serta ada sedikit campuran warna merah muda dan coklat kerbau. Kemudian pada bulunya terlihat tebal dengan postur tubuh bulat. Paruh, sayap serta ekor agak pendek jika di bandingkan dengan kenari jenis lain. Untuk ukuran tubuh memiliki panjang sekitar 14 sampai 16 cm. Mengetahui jika burung ini sangat mungil dan lucu maka harga burung kenari ini pun juga lumayan mahal sekitar Rp 1 sampai 2 jutaan.

7. Jenis Burung Kenari Crest (Crested Canaries)

jenis burung kenari
(Reddit)

Kenari Crest atau Crested Canary termasuk “canary type”, jenis kenari ini tergolong cukup tua, sudah ada sekitar tahun 1950-an. Mula-mula di kenal dengan nama Turn crown dan pada permulaan abad ini dikenal sebagai King of the fancy (Raja Fantasi).

Mahkota burung ini haruslah besar dan mengembang dari tengah-tengah kepala dan mengembang ke depan sampai ke paruhnya hampir sejajar dengan matanya, sehingga hampir menutupi matanya. Mahkota ini juga mengembang ke arah belakang kepala.

Mahkota Crested Canary yang baik harus memiliki bentuk yang baik, luas dan tebal dengan bulu-bulu yang lebat dan lembut. Kenari mahkota adalah burung yang besar dan harus memiliki kepala yang besar, leher yang besar pendek dan badan bidang, sama seperti kenari norwich. Jenis crest ada yang mempunyai mahkota, tetapi ada pula yang memiliki kepala yang polos tanpa mahkota.

Jenis lain dari Jenis burung kenari ini yang populer sebagai “type canary” crested (bermahkota atau berjumbai) jadalah Gloster Canary, Crested Stafford Canary, Crested Norwich Canary, dan Crested Lancashire Canary.

8. Jenis Burung Kenari (Fife Fancy Canary / Fife Canary)

jenis burung kenari
(petbirdbreeders)

Kenari fife fancy masuk varietas postur, karena memiliki keunikan dan keunggulan dari segi postur, dan banyak penangkar kenari yang mengembangkan kenari ini hingga menghasilkan kenari yang lebih sempurna lagi keindahan posturnya serta kualitas suara burung kenari ini

Pada mulanya Jenis burung kenari fife fancy berasal dari Skotlandia, dan mulai dikembangkan pada tahun 1950-an, Postur tubuh yang kecil ini tentu menjadikannya terlihat sangat mungil dan imut, dan justru ini yang menjadikan peminat Jenis burung kenari ini cukup banyak di Eropa.

Baca juga: Kenari Macet Bunyi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

9. Jenis Burung Kenari Frill (Frilled Canaries)

jenis burung kenari
(Pinterest)

Jenis burung kenari frill ini juga sangat mudah untuk di kenali, burung ini memiliki ciri khas pada bagian bulunya yang terlihat bergelombang, yang di kenal dengan tiga istilah yaitu, Jabot, Mantle dan Fin. Namun jangan salah, justru pada bagian bulu tersebut yang membuat burung ini terlihat unik.

Pada bagian kepala sampai pangkal ekor, bulu burung ini memang terlihat bergelombang dan acak. Jika di lihat sepintas hampir seperti ulat bulu. Sedangkan untuk warna burung ini tidak pasti, ada yang kuning, putih, hijau, coklat dan ada juga yang yang berkombinasi dari semua warna tersebut.

Untuk ukuran tubuhnya dari paruh sampai ekor sekitar 21 sampai 23 cm. Sedangkan untuk harga kenari frill mencapai Rp 1,7 sampai 2 jutaan.

10. Jenis Burung Kenari Roller Jerman (German Roller Canaries)

German Roller Canaries singing - YouTube
(YouTube: Opalroller)

Jenis burung kenari yang satu paling mudah di kenali. Burung ini mempunyai ciri warna pada bagian kepala sampai ekor yang paling banyak dominan dengan warna kuning. Untuk ukuran tubuhnya dari paruh sampai ekor kurang lebih 7 sampai 8 cm.

Selanjutanya, ciri khas pada burung ini adalah termasuk burung penyanyi handal. Yang paling gampang di kenali adalah pada bagian dagu, pada dagu burung ini ada bulu yang berbentuk gelembung yang letaknya di bagian bawah paruh sampai pangkal leher.

Jenis burung kenari roller terbanyak tidak hanya di tangkarkan / di budidayakan di Belgia saja. Akan tetapi di Belanda burung ini juga banyak di budidayakan oleh masyarakat Belanda. Dengan mengetahui, jika burung ini adalah seekor burung penyanyi yang cukup handal, maka burung ini dapat kamu jadikan acuan sebagai burung untuk perlombaan.

Bagi Pins yang mungkin menginginkan untuk mengikuti perlombaan, pastinya kamu harus sering melatih dan juga melakukan mastering secara rutin. Hal ini bertujuan supaya burung ini bernyanyi sesuai dengan yang kita harapkan. Untuk harga burung kenari roller di tahun ini kisaran 700 ribu sampai satu jutaan.

11. Jenis Burung Kenari Gloster (Gloster Canaries / Gloster Fancy Canary)

jenis burung kenari
(Dreamstime)

Jenis burung kenari gloster ini juga sangat mudah untuk di kenali, yaitu dia memiliki bulu jambul atau mahkota pada bagian kepala yang biasa di kenal dengan sebutan “corona”. Jambul burung ini biasanya melingkar mengelilingi kepala. Namun selain yang berjambul ada juga dengan versi polos yang biasa di kenal dengan sebutan “consort”.

Walaupun kenari berjambul lebih menarik dari pada yang polos namun kedua jenis ini memiliki peran yang sangat penting dalam penyebaran kenari jenis ini. Selain dari bentuk kepalanya, keduanya memiliki ciri dan kicauan yang sama. Ciri yang selanjutnya dari Jenis burung kenari ini adalah bentuk tubuhnya yang bulat. Ukuran tubuh burung ini sangat kecil dan juga pendek, kurang lebih sekitar 10,5 sampai 11 cm saja.

Sedangkan warna bulu burung ini bisa bermacam-macam warna. Yang paling populer untuk kenari jenis ini adalah yang memiliki warna hijau dan coklat. Sedangkan untuk kenari yang memiliki corak bulu warna merah, dia tidak di akui sebagai burung kenari gloster.

Walaupun memiliki ciri fisik yang kecil, namun jangan salah dalam menilai burung ini. Pasalnya selain berbentuk mungil dan lucu, kenari gloster juga sangat jago dalam bernyanyi / berkicau. Namun itu juga tergantung bagaimana cara merawat dan melatih burung tersebut. Sedangkan untuk harga burung kenari anakan sekitar Rp 700 ribu per ekor, sedangkan yang sudah dewasa sekitar Rp 1 juta sampai 1,5 jutaan per ekornya.

12. Jenis Burung Kenari Lancashire (Lancashire Canaries)

jenis burung kenari
(ec21)

Jenis burung kenari Lancashire ini sesungguhnya memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu berjambul dan tanpa jambul atau polos. Dan yang paling di minati adalah yang jenis berjambul. Ciri dari lancashire ini adalah jambulnya yang melingkari kepala, namun lebih tipis jika di bandingkan dengan kenari Gloster.

Untuk warna burung ini dominan dengan warna kuning. Memiliki ekor yang panjang, leher tebal, bulu lembut dan bahunya tegak. Sedangkanuntuk harga kenari lancashire mulai dari 1 hingga 2 jutaan.

Baca juga: Cara Merawat Kenari Agar Ngedur Saat Lomba

13. Jenis Burung Kenari Lizard (Lizard Canaries)

jenis burung kenari
(Adobe Stock)

Ciri-ciri kenari lizard yaitu, postur tubuh berukuran sekitar 13 sampai 14 cm. Motif pada bulu bagian dada dan punggungnya seperti kadal. Kemudian pada bagian sayap dan ekor biasanya kebanyakan berwarna hitam namun juga tergantung warna dasarnya.

Pada bagian kepala burung ini nampak seperti memakai topi, namun tidak semua memiliki ciri ini. Dinamakan kenari lizard karena corak pada bulu seluruh tubuhnya mirip dengan sisik kadal. Untuk harga kenari lizard mulai dari 800 ribuan hingga Rp 1,5 jutaan.

14. Jenis Burung Kenari Norwich (Norwich Canaries)

jenis burung kenari
(Skyrock)

Jenis burung kenari ini tidak begitu menonjolkan warna dan suaranya, namun burung jenis ini lebih mengarah untuk mengedepankan tampilan fisiknya. Ciri yang lebih menonjol pada burung ini di bagian kepalanya, dia memiliki bulu seperti rambut yang di sisir ke belakang. Bulu tersebut sepintas seperti menutupi matanya, sungguh ada keunikan tersendiri pada bagian kepala burung ini.

Kenari Norwich sendiri di bagi menjadi dua jenis, yaitu jenis berjambul dan jenis kepala polos atau versi standar. Dan yang paling di gemari yang jenis berjambul. Ciri yang selanjutnya dari Jenis burung kenari ini adalah bentuk fisik yang serba kebulatan, berbulu tebal, berparuh pendek. Untuk warna burung ini bisa hijau, kuning dan putih.

Ukuran tubuhnya dari paruh sampai ekornya sekitar 15 cm. Untuk harga burung kenari ini mulai dari Rp 1 jutaan sampai yang termahal adalah Rp 3 jutaan.

15. Jenis Burung Kenari Parisian Frill (Parisian Frill Canaries)

jenis burung kenari
(John Rossou)

Jenis burung kenari yang berjumbai ini juga dikenal sebagai kenari Paris. Parisian Frilled Canary adalah salah satu yang terbesar dari semua varietas frill yang dikenal saat ini. Parisian Frilled Canary adalah burung yang menggairahkan dan indah. Bulu ekor pada burung ini berjumbai, dan ada juga helm di kepalanya, ada sebuah tutup di dahi, mempunyai efek sideburn di pipi, dan juga ada bulu kerahnya.

Sebagai “type canar”, Parisian Frilled Canary diternakkan untuk mencapai penampilan fisik burung, bukan pada suara atau warna. Meskipun demikian, Parisian Frilled Canary merupakan penyanyi yang baik, mirip dengan kenari lain pada umumnya.

Ada banyak varietas yang berbeda dari jenis burung kenari berjumbai ini. Misalnya French Frill, Fiorina Frill, Colored (Milanese) Frill, Gibber Italicus, Giboso Espanol, Japanese Frill, Northern Dutch Frill, Southern Dutch Frill, Munich Frill, Scotch Fancy Frill, Swiss Frill, Roebekian Frill, Hunchback Frill, Brazilian Frill, dan bahkan varietas crested seperti Padovan Frill dan Florin Frill.

Baca juga: Jenis Makanan Berbahaya Untuk Burung Kenari

16. Jenis Burung Kenari Red Factor (Red Canary / Red Factor Canary)

jenis burung kenari
(Pixabay)

Sesuai dengan namanya, jenis burung kenari red factor atau kenari merah di dominasi dengan bulu yang seluruhnya berwarna merah. paruh dan leher burung ini pendek. kemudian sayap serta ekornya terlihat panjang. Warna merah pada burung ini terlihat sangat cerah sehingga terkesan sangat cantik. Kenari red factor merupakan kenari yang sangat kuat dan mudah untuk dipelihara.

Namun kenari jenis ini sangat susak untuk di ternak atau di budi dayakan. Dan peternak yang berhasil menernak kenari jenis red factor atau kenari warna merah ini umumnya adalah peternak yang sudah cukup berpengalaman.

Tujuan utama burung ini lebih mengarah kepada kecantikan dan keindahan warna, jadi burung ini mengesampingkan postur serta kicauannya. Walaupun demikian harga burung ini sangatlah mahal, Harga burung kenari dewasa mencapai Rp 1,5 sampai 3 jutaan. Dan harga juga bisa berubah setiap waktu.

17. Jenis Burung Kenari Hartz Mountain (Roller Canaries / German Roller Canary)

(Facebook)

Jenis burung kenari roller yang dikembangkan sebagai “song canary” karena keindahan suaranya ini juga disebut German Roller Canary atau Hartz Mountain Roller Canary. Hartz Mountain Roller Canary diternakkan secara besar-besaran di wilayah Pegunungan Hartz. Di pegunungan ini ada ratusan keluarga yang berkecimpung mengembangbiakkan kenari dan melatihnya.

Cara lama yang dipakai untuk melatih burung ini adalah dengan memasukkan burung ke dalam sangkar kecil dan membiarkan burung ini mendengarkan suara burung yang dikenal indah suaranya (yang telah menang pertandingan, misalnya). Tetapi dewasa ini orang menggunakan suara piringan hitam atau pita kaset sebagai pemaster.

Termasuk sebagai “song canary” sebagaimana halnya Roller adalah Waterslager Canary, Russian Singer Canary, American Singer Canary, dan Spanish Timbrado.

Baca juga: Cara Sukses Ternak Kenari Cocok Untuk Pemula

18. Jenis Burung Kenari Scotch Fancy (Scottish Canaries)

Canary
(Scarlet Matcaw Petshop)

Jenis burung kenari Scotch Fancy adalah salah satu jenis kenari yang juga lumayan populer meskipun tidak sepopuler kenari yorkshire. Burung ini memiliki ciri fisik berdiri yang mirip seperti kenari Belgia. Yang membedakan antara kenari scotch fancy dengan kenari belgia yaitu pada ukuran tubuhnya saja. Kenari scotch fancy cenderung lebih kecil dari pada kenari Belgia.

Kenari scotch fancy sangat terkenal terutama di Inggris dan Skotlandia. Orang Inggris dan Skotlandia sangat menyukai jenis ini karena dia memiliki postur tubuh yang terbilang unik dan juga indah. Selain itu suara burung kenari scotch fancy juga memiliki suara yang unik dan juga merdu. Untuk harga burung kenari ini mencapai Rp 1,5 sampai 2 jutaan.

19. Jenis Burung Kenari Spanish Timbrado (Spanish Timbrado)

Spanish Timbrado Canary with beautiful haircut -Powerful Canary 's song for  Training - YouTube
(YouTube: mbirdtraining)

Jenis burung kenari Spanish Timbrado merupakan salah satu jenis kenari import atau kenari mancanegara. Kenari jenis ini juga sangat populer di kalangan pecinta kenari. Ciri-ciri kenari ini adalah bagian tubuhnya yang terlihat tegap dan cenderung kokoh, kususnya terlihat pada bagian dada yang terlihat lebar dan tegap.

Pada bagian kaki terlihat lebih pendek. Bagian bulu lebat serta ekornya seperti membentuk huruf V. Untun warna bulu biasanya memiliki dua warna yang berbeda. untuk harga burung kenari Spanish Timbrado juga lumayan murah, mulai dari Rp 900 ribu sampai 1,5 jutaan.

Baca juga: Perawatan Harian Kenari Mabung Agar Cepat Selesai

20. Jenis Burung Kenari Stafford (Stafford Canaries)

jenis burung kenari
(Pinterest)

Stafford Canary memiliki sejarah perkembangan yang unik. Standar dari pengembangan kenari Stafford sudah ditentukan sebelum burung ini mulai dicoba diternakkan. Bermula pada tahun 1970-an, ada sebuah kelompok penangkar kenari yang saat itu mengembangkan kenari warna yang ada di daratan Eropa.

Kelompok yang bernama Deutche Koife ini tertarik untuk menciptakan varietas “type canary” warna (terutama red dan rose) tetapi juga berjambul. Akhirnya mereka menentukan sendiri standar untuk burung yang disebut Stafford Canary, yakni persilangan antara Gloster dan kenari Red Factor.

Stafford Canary kemudian muncul dengan branding tersendiri, ada yang berjambul dan ada pula yang polos tetapi berwarna dasar merah dan rose. Jenis burung kenari Stafford yang tercipta kemudian memang indah dan sangat digemari para peternak kenari di Eropa.

21. Jenis Burung Kenari Waterslager (Waterslager Canaries / Water Singer)

Waterslager Canary - song canary | Canary birds, Bird breeds, Canary
(Pinterest)

Popularitas Jenis burung kenari Waterslager Canary memang terkenal sepanjang sejarah dan terus berkembang dengan sifat seperti yang diharapkan sejak burung ini “dicipta”. Burung ini terkenal dengan lagunya yang menyerupai riak dan tetes air, denting bel dan siulan seruling.

Meskipun suaranya tidak sekeras beberapa jenis kenari lain, Waterslager mampu menyuarakan lagu lembut (ke arah medium), dan lagunya nyaris menenggelamkan popularitas lagu semua jenis kenari nyanyian atau “song canary”.

Pada dasarnya Waterslager dikembangkan dan dipelihara untuk mendapatkan anak atau keturunan yang juga memiliki keseimbangan antara kualitas suara dan lagu khas Waterslager. Beberapa burung lain yang dikembangkan sebagai “song canary” adalah kenari Roller, American Singer, Rusian Singer, dan Spanish Timbrado.

Baca juga: Makanan Burung Kenari Agar Gacor dan Ngeplong

22. Jenis Burung Kenari Dada Kuning (Yellow-fronted Canaries)

(Oriental Bird Image)

Jenis Burung Kenari dada kuning (Yellow Fronted Canary.) memiliki kicauan yang hampir sama dengan Blackthroat, ngerol dan kencang suaranya dan juga dapat di sejajarkan dengan keluarga Kenari, hanya saja burung Mozambik ini termasuk burung Import atau burung luar negeri yang konon katanya berasal dari Benua Africa.

Dan katanya umur dari Burung Mozambik ini bisa mencapai hingga 15 sampai dengan 20 tahun bisa bertahan hidup. Aslinya burung Mozambik ini hidup di alamnya ( Afrika ) di daerah dataran hutan tandus yang gersang karena itu burung ini sangat tahan dan kuat akan cuaca panas dan biasanya mereka hidup berkoloni dengan berpasangan.

Sekilas info bahwa burung Mozambik ini banyak dikembangbiakkan di Gurun Sahara Afrika selatan, artinya dikembangbiakan secara terbuka di hutan dan bersarang dipohon, dan bisa bertelur di sarang sampai dengan 3-4 butir. Ukuran Mozambik adalah sekitar 11-13 cm, Mozambik ini termasuk burung yang berukuran kecil.

23. Jenis Burung Kenari Gibber Italicus

The canaries of postures | canaries of postures
(Pinterest)

Jenis burung kenari ini jaga sangat mudah untuk di kenali. Burung ini memiliki ciri-ciri pada bagian tubuhnya yang berdiri tegak. Kemudian pada bulu burung ini terlihat bergelombang atau acak-acakan. Pada bagian leher sampai kepala terlihat condong kedepan, sehingga burung ini nampak bungkuk.

Jika di lihat sepintas burung ini sangat jelek. Jika di perhatikan kenari gibber Italicus seperti burung cacat. Namun justru itulah yang membuatnya terlihat unik. Untuk warna burung ini kebanyakan adalah warna kuning. Harga burung kenari Giber Italicus sekitar 1 sampai 2 jutaan.

24. Jenis Burung Kenari Japan Hoso

(Facebook)

Jenis burung kenari Japan Hoso merupakan kenari yang sangat bagus jika di jadikan burung indukan. Ini di karenakan burung jenis ini tidak mengenal lelah dalam memberi makan dan merawat anak-anaknya. Ciri-ciri Japan Hoso adalah kepala terlihat kecil, dengan bentuk semi bundar.

Pada bagian leher terlihat tipis serta panjang. Untuk ukuran tubuh sekitar 11 sampai 11,5 cm. Ciri fisik pada tubuh burung ini terlihat membungkuk seperti bulan sabit. Untuk ekor burung ini panjang dan biasanya terlihat melintang di bawah tangkringannya. Harga burung kenari Japan Hoso ini bervariasi, mulai dari 1 jutaan sampai 2 jutaan untuk ukuran kenari dewasa.

Baca juga: Extra Fooding Kenari agar Gacor dan Rajin Bunyi

25. Jenis Burung Kenari Rusia

Jenis burung kenari rusia ini memiliki habitat asli di daratan Rusia yang dingin. Lalu di kembangkan hingga seluruh belahan bumi. Warna bulu burung ini yang aslinya adalah putih, namun ada juga yang berwarna oranye. Dan kadang juga dua warna ini berkombinasi. Burung ini memiliki kecerdasan yang luar biasa, hal ini terbukti jika burung ini mampu mengingat dan menirukan sama persis suara masteran.

Jika ragu, cobalah untuk memperdengarkan 15-17 rekaman burung, setelah beberapa kali mendengar burung ini pasti akan melagukannya sama persis dengan yang dia dengar. Untuk harga burung kenari ini juga lumayan mahal, untuk ukuran dewasa mencapai 1,5 sampai 3 jutaan. Namun harga tersebut sepadan dengan kicauan burung ini.

26. Jenis Burung Kenari Color Bred

Pakan Penguat Warna Kenari - Artikel Pertanian Terbaru | Berita Pertanian  Terbaru

Ciri-ciri burung kenari ini adalah bulunya terlihat sangat bersih, dan jika di pegang bulunya terasa sangat halus. Kemudian pada bagian leher sampai kepala tidak memanjang. Biasanya burung ini juga berdiri tegak sampai 45 derajat.

Untuk warna biasanya di dominasi warna putih, dan merah. Ukuran tubuh burung ini sekitar 14 sampai 15 cm. Harga burung kenari ini bervarian antara 800 ribu sampai 2 jutaan. Tergantung kicauan burung tersebut. Dan untuk harga, sewaktu-waktu juga dapat berubah.

Harga Burung Kenari

Sedangkan untuk harga burung kenari import tentunya tidak sama dengan harga burung kenari lokal. Selain itu, tiap daerah juga mempengaruhi dari harga burung kenari karena tiap daerah memungkinkan harga tersebut tidak sama. Hal tersebut dapat kamu cek harganya dari beberapa jenis burung kenari di bawah ini.

Baca juga: daftar harga burung kenari terbaru

Demikianlah informasi yang dapat kami samapaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu tentang jenis burung kenari lengkap dengan gambar.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik

Rekomendasi aplikasi catatan keuangan terbaik ini cocok untuk Pins yang ingin mengelola keuangannya

Lifestyle
Lifestyle Doa Menempati Rumah Baru Sesuai Sunnah dan Amalannya

Memiliki rumah sendiri adalah hal yang diidam-idamkan oleh semua orang. Di saat seperti ini, rasa b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia