Jenis Burung Ciblek Lengkap dan Ciri-Ciri Burung Ciblek

Pinhome

Jenis Burung Ciblek Lengkap dan Ciri-Ciri Burung Ciblek

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 5 January 2022 ∙ 9 menit membaca

Burung Ciblek – Salah satu jenis burung kecil yang sangat familiar adalah burung ciblek, karena burung ini mudah dijumpai di pekarangan rumah pedesaan meski kini semua daerah masih ada. Burung Ciblek atau yang biasa dikenal dengan sebutan prenjak ini merupakan burung berukuran kecil dari keluarga Cisticolidae dan genus Prinia ini memiliki panjang tubuh antara 15-18 cm dengan berat tubuh sekitar 18 gr. Ciblek yang terkenal lincah dan sangat populer dikalangan penggemar burung akhir-akhir ini. Di tahun 2017, harga Ciblek semakin naik mengingat banyaknya perlombaan di berbagai wilayah Indonesia.

Baca Juga: Perawatan Ciblek Sebelum dan Sesudah Lomba

Macam-macam jenis burung ciblek di Indonesia

Jenis Burung Ciblek Lengkap dan Ciri-Ciri Burung Ciblek

Beberapa jenis burung Ciblek yang populer di Indonesia memang memiliki postur tubuh yang kecil dan suara kicauan yang unik. Sedikitnya ada lima spesies burung ciblek atau perenjak yang sangat popular di kalangan kicaumania Indonesia, yakni:

  1. Perenjak gunung (Prinia superciliaris), atau sering disebut ciblek gunung.
  2. Perenjak jawa (Prinia familiaris), atau lebih dikenal sebagai ciblek semi / ciblek kebun.
  3. Perenjak rawa (Prinia flaviventris), atau kerap disebut ciblek rawa.
  4. Perenjak padi (Prinia inornata), atau dikenal sebagai ciblek pare / ciblek sawah.
  5. Perenjak cokelat (Prinia polychroa), atau sering disebut ciblek alang-alang.

Namun meskipun burung Ciblek terdiri dari beberapa jenis yang cukup populer, keberadaan burung ini semakin disayangkan karena bisa dikatakan hampir punah. Nah bagi anda para pecinta burung kicauan, akan lebih baik jika anda memiliki niat dan tekat untuk melestarikan burung-burung jenis Ciblek ini. Sebab untuk mencegahnya agar tidak punah, burung tersebut juga dapat menemani hari-hari anda dengan suara kicauannya yang merdu dan indah. Berikut ini ulasan mengenai jenis-jenis Ciblek yang ada di Indonesia dan sering diperlombakan.

Berikut ini informasi sekilas tentang lima jenis burung ciblek tersebut, dilengkapi dengan suara kicauan aslinya untuk terapi maupun sebagai pemancing bunyi burung sejenis.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Ciblek Cabut Bulu

1. Ciri-ciri burung ciblek gunung

ciri-ciri burung ciblek gunung Prinia superciliaris
Burung perenjak gunung atau lebih popular dengan sebutan ciblek gunung.

Burung perenjak gunung / hill prinia (Prinia superciliaris), atau dikenal dengan sebutan ciblek gunung, sangat popular di kalangan kicaumania Indonesia, baik sebagai masteran maupun untuk dilombakan.

Postur tubuhnya berukuran sedang, dengan panjang sekitar 15 cm, berwarna cokelat dan memiliki ekor yang panjang. Pada bagian dada terdapat coretan hitam. Tubuh atas cokelat, sisi tubuh merah-karat-kekuningn, perut putih-kuning tua, dan alis mata keputihan.

Baca juga : Ciblek Gunung, Hill Prinia (Prinia Superciliaris)

Perenjak gunung lebih banyak ditemukan di daerah Sumatera, terutama di hutan perbukitan dan pegunungan, hutan lumut dan semak sub-alpin, pada rentang ketinggian antara 600 – 2.500 meter dari permukaan laut (dpl)

2. Ciri-ciri burung ciblek Semi / Ciblek Kebun

Ciri-ciri burung ciblek Semi Bar-winged Prinia (Prinia familiaris)
Burung perenjak jawa dikenal pula dengan nama ciblek kebun

Burung perenjak jawa / bar-winged prinia (Prinia familiaris) kerap disebut sebagai ciblek kebun. Burung ini acapkali terlihat di pekarangan, kebun, dan lahan pertanian.

Panjang tubuhnya sekitar 13 cm. Bulu tubuh didominasi warna zaitun. Tubuh bagian atas cokelat-zaitun, tenggorokan dan dada bagian tengah terlihat putih. Ekornya panjang, dengan garis sayap putih yang khas dengan ujung hitam dan putih.

Baca juga : Ciblek Kebun, Bar-winged Prinia (Prinia Familiaris)

Beberapa ras ciblek kebun memiliki bagian perut berwarna kuning, putih polos dan putih kekuningan. Perenjak jawa termasuk burung endemik atau hanya bisa dijumpai di Sumatera, Jawa, dan Bali.

3. Ciri-ciri burung ciblek tambak / ciblek rawa

Ciri-ciri burung ciblek tambak atau rawa Yellow Bellied Prinia (Prinia flaviventris)
Burung perenjak tambak / yellow-bellied prinia

Burung perenjak rawa / yellow-bellied prinia (Prinia flaviventris) memiliki postur tubuh seukuran perenjak jawa (13 cm). Punggungnya berwarna hijau-zaitun, dada putih, perut kuning, dan kepala berwarna abu-abu.

Baca juga : Ciblek Rawa, Yellow-bellied Prinia (Prinia Flaviventris)

Burung ini banyak ditemukan di sekitar rawa gelagah, padang rumput tinggi, dan semak-semak. Wilayah persebaran meliputi Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

4. Ciri-ciri burung ciblek sawah / ciblek padi

ciri-ciri ciblek sawah Plain Prinia (Prinia inornata)
Burung perenjak padi kerap disebut juga sebagai ciblek padi / ciblek sawah

Burung perenjak padi / plain prinia (Prinia inornata) sering disebut ciblek pare atau ciblek sawah, karena habitatnya selalu tidak jauh dari lahan persawahan.

Postur tubuhnya sedang, atau seukuran burung ciblek gunung (panjang 15 cm), berwarna kecokelatan. Bagian dada dan perut berwarna kuning-tua atau merah-karat. Alis mata putih, paruh atas cokelat, dan paruh bawah merah jambu pucat.

Perenjak padi / ciblek sawah banyak ditemukan di daerah berumput panjang, gelagah, paya-paya, kebun jagung, dan lahan persawahan di Pulau Jawa.

Lengkapnya baca : Ciblek Sawah, Plain Prinia (Prinia Inornata)

5. Ciri-ciri burung ciblek alang-alang

Ciri-ciri ciblek alang-alang Brown Prinia (Prinia polychroa)
Burung perenjak cokelat atau ciblek alang-alang

Burung perenjak cokelat / brown prinia atau (Prinia polychroa) kerap disebut ciblek alang-alang, karena habitatnya di padang alang-alang dan semak rendah di Pulau Jawa.

Baca juga : Ciblek Alang-alang, Brown Prinia (Prinia Polychroa)

Postur tubuhnya sedang, bercoret cokelat dengan bentuk ekor panjang. Tubuh bagian atas berwarna cokelat dengan coretan / berbintik. Tubuh bawah kuning-tua, dada abu-abu, sisi tubuh dan paha berwarna cokelat.

Cara Merawat Burung Ciblek

cara merawat burung ciblek

Tingkat kesuksesan memelihara burung ini adalah saat kita membawa nya ke ajang pentas lomba burung kicau. Sejauh mana burung Ciblek bekerja, sekeras apa volume suaranya, seberapa lama durasi dia berkicau, senagen apa dia saat digantang, serapet apa ngebrennya, serta sekaya apa variasi lagunya.

Jadikan hasil perlombaan untuk bahan analisa agar kita mendapatkan setingan yang pas untuk burung kesayangan kita ini. Memiliki burung Ciblek yang gacor, ngebren rapat dan ngunci adalah harapan dan impian setiap penghobi burung kicau.

Apalagi kalau sampai burung rawatannya masuk menjadi juara di ajang perlombaan. Seiring popularitas dunia hobi burung berkicau semakin meningkat dari tahun ke tahunnya, maka saat ini semakin banyak pula event atau ajang perlombaan yang membuka kelas untuk burung Ciblek.

Baca juga: Mengenal Burung Ciblek Kebun (Prinia Familiaris)

Baca juga: Ciblek Gunung, Hill Prinia (Prinia Superciliaris)

cara merawat burung ciblek

Selain berfungsi sebagai burung master ternyata burung Ciblek juga mampu bersaing dilapangan dan bisa membawa suatu kebanggaan tersendiri jika kelak menjadi juara. Burung yang sudah sering mengikuti ajang kontes, bukan lah seperti burung rumahan lagi.

Burung Ciblek merupakan burung yang gampang – gampang susah untuk dirawat sampai menjadi gacor,hal ini dikarenakan keunikan dari burung Ciblek yang memiliki jiwa petarung yang sangat tinggi.

Selain mempunyai karakter burung petarung yang pemberani , ternyata burung ciblek juga termasuk burung aduan yang mudah stress dan mudah down jika kalah dalam bersaing dengan sesama jenisnya.

Burung Ciblek muda yang kalah beradu dengan burung sejenis yang lebih tua dan lebih mapan usia nya beresiko mengalami stress, bahkan pada tingkat yang paling parah, burung Ciblek yang kalah bertarung bisa berujung pada kematian.

Maka dari itu sebaiknya jangan lah terburu-buru untuk membawa burung Ciblek ke arena perlombaan sebelum gacor dan memiliki mental yang cukup kuat.

Baca juga : Macam-macam jenis burung ciblek

Ciri burung Ciblek siap dibawa kelapangan ditandai dengan rajin berkicau secara ngotot sambil mengangkat kuat ekornya, suka menyambar kicauan saat mendengar suara burung lain dan sejenis, berani tarung saat dihadapkan dengan cermin, dan yang paling penting ialah mampu berkicau dengan nada ngebren.

Suara ngebren yang lantang dan rapat adalah mutlak modal utama yang harus dimiliki jika ingin menenangkan perlombaan. Burung ciblek yang dipelihara dari anak atau lolohan , bisa menjadi jinak jika dipelihara secara telaten dan penuh kesabaran.

Makanya ada istilah burung Ciblek yang dicetrekan pake tangan kemudian burung sudah mengerti tugasnya yaitu dengan berkicau semaksimal mungkin. Namun tak jarang burung Ciblek yang dirawat sejak muda hutan dapat dijinakan pula.

Bagaimana cara merawat burung Ciblek agar moncer dengan bren rapatnya di lapangan? Kali ini kami akan mencoba menjelaskan beberapa trick menjadikan burung Ciblek gacor dan ngebren.silahkan kalian simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Baca juga : Cara Sukses Ternak Burung Ciblek Untuk Pemula

Perawatan Burung Ciblek

cara merawat burung ciblek

Pemilihan burung Ciblek bakalan yang prospek

Semua burung kicau yang sukses menjadi juara berawal dari pemilihan burung bakalan yang bagus, tak terkecuali dalam merawat burung Ciblek sehat dari segi fisiknya dan prosfek mental gantang untuk kedepannya. Yang terpenting lagi jangan memilih Ciblek yang cacat.

Pemberian pakan voer

Voer yang biasa digunakan untuk burung ciblek adalah voer halus , sekarang ini sudah banyak mereknya dan semakin mudah untuk di dapatkan sebagai menu utama dalam merawat burung Ciblek.

Baca juga : Cara Memilih Voer Yang Bagus Untuk Burung Kicau

Pemberian Extra fooding

Setiap burung kicau tipe petarung biasanya diberikan EF hewani berupa jangkrik, kroto,ulat hongkong dan ulat kandang begitu juga dalam merawat burung Ciblek.

Pemandian burung

Merawat burung Ciblek agar cepat gacor selanjutnya adalah Pemandian burun. Mandikan Ciblek seperti pada perawatan burung pada umumnya, burung Ciblek harus dimandikan secara rutin setiap hari, misalnya pagi dan sore hari dengan cara disemprot atau keramba.

Penjemuran

cara merawat burung ciblek

Penjemuran dilakukan setelah burung ciblek dimandikan, penjemuran dilakukan kurang lebih selam 2-3 jam setiap harinya dalam merawat burung Ciblek.

Baca juga: Cara Jitu Membedakan Ciblek Kebun Jantan dan Betina

Kebersihan sanngkar

Kebersihan sangkar burung hendaknya selalu dijaga, karena kebersian sangkar erat kaitannya dengan kesehatan burung dan juga pemiliknya. Sangkar yang bersih akan membuat burung nyaman dan rajin berkicau.

Pemasteran

Proses ini juga dibutuhkan dalam merawat burung Ciblek. Pemasteran dilakukan setelah burung dijemur, pemasteran dilakukan dengan burung keadaan di kerodong. Kasih suara masteran untuk ciblek misalnya dengan mp3 yang di putar 1 berulang kali.

Baca juga: Cara Melatih Mental Ciblek Gunung Agar Rajin Bunyi

Umbaran

Umbaran adalah sangkar besar untuk burung melakukan olahraga . Tujuannya adalah agar burung lebih sehat, enerjik dan staminanya semakin kuat, napas pun akan semakin panjang.

Latihan bersama

Undang teman atau tetangga anda untuk melakukan latihan bersama – sama. Hal yang harus diingat adalah apabila latihan sudah berlangsung jangan terlalu mendekatkan burung yang masih muda dengan burung yang sudah mapan usia.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu tentang cara merawat burung Ciblek agar cepat gacor dan ngebren.

Baca juga: 

Itulah lima jenis burung ciblek yang ada di Indonesia yang sudah dikenal para kicaumania di Indonesia, lengkap dengan ciri-ciri burung ciblek dan semoga bermanfaat


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti rumah dijual di Temanggung di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel