33 Jenis Burung Cendet, Lengkap dengan Gambarnya!

Diperbarui oleh Mega Puspita Ratna ∙ December 13, 2021 ∙ 7 menit membaca

Daftar Isi

Burung Cendet merupakan salah satu jenis burung kicau selain burung Murai ataupun burung Jalak dari keluarga Laniidae, dari genus Lanius. Cendet juga dikenal dengan sebutan pentet, Bentet kelabu atau dalam bahasa inggrisnya Long-tailed shrike dan Lanius schach dalam bahasa ilmiahnya. Burung Cendet adalah burung tipe petarung yang pandai menirukan suara burung lainnya di atas rata-rata dan tergolong burung predator.

Pinhome – Jenis burung Cendet ada bermacam-macam dan salah satunya ialah Lanius Excubitor atau Cendet Abu-abu besar. Sesuai dengan nama yang disandangnya, spesies tersebut merupakan jenis Cendet terbesar yang panjang tubuhnya bisa sampai 25 cm.

Terlebih lagi orang barat ada yang menjulukinya dengan burung topeng bandit dan kanibal, karena kebiasanya pada saat di habitat asli memangsa binatang-binatang kecil serta menyimpannya di berbagai ranting pohon di sekitar sarangnya.

Di habitat asli, semua jenis burung cendet biasanya menyukai hutan-hutan dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Makanan kesukaan burung cendet sendiri berupa serangga.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Miyik

Cara Mengetahui Karakter dan Kebiasaan Burung Cendet Madura

Dibawah ini beberapa cara yang bisa anda praktikkan untuk mengetahui karakter dan kebisaan cendet madura tersebut ;

Jemur Mandi

Cari tahu dari hal-hal yang sederhana dalam perawatan Cendet sehari-hari. Caranya setiap kali mandi dan jemur, kira-kira burung Cendet lebih suka berlama-lama mandi atau jemur. Jika burung suka mandi, berarti Anda harus lebih sering memandikan burung dan mengurangi jemur.

Misalnya, dalam merawat cendet madura harus lebih sering mandi pagi dan sore hari. Kalau perlu, burung juga dimandikan malam hari. Untuk jemur, burung bisa dijemur 2-3 hari sekali. Sesuaikan perawatan tersebut agar burung menyukainya. Sebaliknya, kalau suka jemur, maka kurangi durasi mandi.

Berikan Berbagai Jenis Pakan

Pakan burung Cendet bervariasi, mulai dari voer dan beberapa makanan extra fooding. Coba setiap hari beri makanan yang berbeda-beda. Misal, hari ini jangkrik sekian ekor, besok, ulat kandang, dan lusa kroto. Porsinya juga diubah-ubah sampai menemukan porsi kesukaan burung Cendet.

Kerodong atau Diangin-anginkan

Untuk tips perawatan kerodong, Anda dapat mengikuti kondisi cuaca di sekitar. Jika cuaca dingin, Anda bisa mengerodong burung. Namun, bila cuaca panas dan gersang, lebih baik Cendet sering diangin-anginkan.

Masteran Burung Cendet

Kalau masteran, bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Namun, perlu diperhatikan, suara isian burung jangan terlalu keras. Putar audio masteran pelan saja tapi suara terdengar jelas. Jika menggunakan burung asli, lebih baik perdengarkan suara saja dulu.

Dapatkan : suara cendet gacor full isian

Kalau Cendet sudah ada peningkatan kinerja, Anda dapat mendekatkan burung masteran atau menyekat dua kandang dengan kain kerodong.

Kandang Bersih

Burung Cendet yang terbiasa melihat kandang bersih, berarti Anda juga harus rutin membersihkan sangkar setiap hari. Sambil membersihkan sangkar, Anda dapat mengganti pakan minumnya juga.

Tangkringan Cendet

Bila Anda baru membeli burung Cendet Madura, sebaiknya tangkringan atau sangkarnya juga dibeli sekalian. Sebab, burung tersebut sudah terbiasa dengan sangkar dan pangkringan yang lama. Kalau keduanya diganti baru, burung harus beradaptasi lagi. Jika burung tidak kuat, maka dia bisa stres dan melakukan hal-hal aneh, seperti salto dan semacamnya.

baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Nyepah Jangkrik Utuh

Perawatan Harian Burung Cendet Madura

  1. Burung Cendet dimandikan setiap hari, tapi tergantung kebiasaan burung masing-masing. Kalau burung sedang ngurak atau mabung, sebaiknya tidak dimandikan.
  2. Sambil dimandikan, sangkar burung Cendet dapat dibersihkan sekalian.
  3. Burung diberi pakan extra fooding sesuai kebiasaan. Misal, pagi hari diberi jangkrik 3 ekor, sore hari 3 ekor.
  4. Cendet juga bisa diberi ulat kandang atau kroto. Namun, karena kroto sudah mulai langka, Anda dapat memberikan ulat kandang saja.
  5. Penjemuran dapat dilakukan lama atau sebentar, tergantung masing-masing burung.
  6. Saat siang, burung Cendet tidak perlu dikerodong. Kerodong dapat diberikan saat malam atau cuaca hujan dan pergi lomba. Untuk harian atau saat kerja, sebaiknya burung tidak dikerodong, cukup diangin-anginkan di belakang rumah atau teras.
  7. Pemasteran dapat dilakukan malam sampai pagi dengan suara pelan. Suara masteran untuk Cendet Madura biasanya burung Gereja tarung, Cililin, Lovebird, Belalang kecek, Tengkek Buto, jangkrik, dan Kenari.
  8. Setelah mengetahui setingan Cendet Madura yang cocok, sebaiknya lakukan perawatan tersebut secara konsisten dan sabar. Jangan digonta-ganti lagi setingannya agar burung tidak stres.
  9. Kalau perlu tambahkan asupan nutrisi, seperti vitamin, multivitamin, dan suplemen burung Cendet. Jika takut suplemen tersebut mengandung bahan kimia berbahaya, Anda dapat membuat jamu tradisional saja untuk Cendet.

Pada saat memasuki masa reproduksi, biasanya ia akan merajut sarang yang terbuat dari rumput, wol, ranting dan bulu yang diikat menggunakan jaring laba-laba serta digantung pada pohon di ketinggian 4 hingga 6 meter di atas permukaan tanah. Jenis burung ini mampu mengeluarkan telur sebanyak 1 sampai 3 butir, dan ia akan menggeraminya sekitar 21 hari.

Di Indonesia sendiri, burung Cendet menjadi burung terfavorit, baik untuk dipelihara maupun untuk dibudidayakan. Meskipun terkesan tidak sama dan terlebih lagi ada banyak sekali jenis burung Cendet di dunia dengan ukuran maupun motif warna tubuh yang berbeda-beda, namun semuanya cukup diminati.

Mulai dari Cendet Kepala Merah, cendet Cokelat, cendet Hitam, cendet Abu-abu besar dan cendet Abu-abu Kecil. Praktis, hampir seluruhnya selalu dicari oleh setiap penghobi.

Burung ini tersebar luas hampir pada seluruh kawasan Asia Tenggara. Di negara Indonesia pun persebaran terbesar dari burung cendet ini. Diantaranya adalah di pulau madura, Jawa, Sumatera, Kalimantan, Maluku, Bali dan juga tersebar di sulawesi dan lainnya.

Namun, dari semua burung Cendet yang terdapat di Indonesia, masyarakat meyakini bahwa Cendet terbaik adalah burung Cendet Kepala Blangkon. Burung yang juga dipanggil sebagai Cendet Gondrong dan Cendet Ngupluk ini sangat identik dengan Pulau Madura, namun sekarang sudah banyak penghobi burung yang menangkarkan Cendet gondrong di luar wilayah Madura.

Jenis Burung Cendet

Burung Cendet Kepala Blangkon atau cendet gondrong dikatakan menarik karena memiliki kepala warna hitam yang mirip blangkon. Dengan blangkon di kepalanya, Cendet gondrong menjadi lebih garang dan seram.

Selain itu, sebagian kalangan menyebut bahwa Cendet Kepala gondrong mempunyai ketahanan tubuh yang kuat dan tidak mudah sakit. Ciri-ciri Cendet Kepala Blangkon dapat diketahui dari kepalanya yang dipenuhi dengan warna hitam atau gelap.

Namun, kalau masih anakan, tidak demikian. Burung Cendet Kepala Blangkon yang masih anakan biasanya mempunyai warna alis yang tebal dan hitam pekat, menyambung ke bagian depan mata. Sehingga, banyak kalangan yang menyebutnya seperti pahlawan di film Zorro.

Untuk Indonesia, sepertinya hanya Cendet Kepala Blangkon yang paling populer. Lantas, untuk dunia bagaimana? Burung Cendet yang populer di seluruh dunia sangat beragam. Bahkan, setidaknya terdapat 33 jenis burung Cendet keluarga Laniidae yang tersebar di seluruh dunia.

Baca juga : jenis burung kakatua

1. Tiger shrike, Lanius tigrinus

jenis burung cendet
(shutterstock)

2. Bull-headed shrike, Lanius bucephalus

Jenis burung cendet

3. Red-backed shrike, Lanius collurio

jenis burung cendet
4. Isabelline shrike, Lanius isabellinus

jenis burung cendet
5. Red-tailed shrike, Lanius phoenicuroides

jenis burung cendet
6. Brown shrike, Lanius cristatus

jenis burung cendet
7. Burmese shrike, Lanius collurioides

jenis burung cendet

8. Emin’s shrike, Lanius gubernator

(Ebird)

9. Souza’s shrike, Lanius souzae

jenis burung cendet

Baca juga : Macam-macam jenis burung lovebird

10. Bay-backed shrike, Lanius vittatus

jenis burung cendet

Baca juga : Macam jenis burung alap-alap

11. Long-tailed shrike, Lanius schach

jenis burung cendet

12. Grey-backed shrike, Lanius tephronotus

jenis burung cendet

13. Mountain shrike atau Grey-capped shrike, Lanius validirostris

jenis burung cendet
(shutterstock)

14. Lesser grey shrike, Lanius minor

Lanius minor
(Shutterstock)

15. Loggerhead shrike, Lanius ludovicianus

jenis burung cendet
(Shutterstock)

Baca juga : Macam-macam jenis burung hantu

16. Great grey shrike atau Northern shrike, Lanius excubitor

jenis burung cendet
(Shutterstock)

17. Southern grey shrike, Lanius meridionalis

jenis burung cendet
(Shutterstock)

18. Chinese grey shrike, Lanius sphenocercus

Lanius excubitoroides
(Shutterstock)

19. Grey-backed fiscal, Lanius excubitoroides

jenis burung cendet
(Shutterstock)

Baca juga : macam-macam jenis elang

20. Long-tailed fiscal, Lanius cabanisi

jenis burung cendet
(Shutterstock)

21. Taita fiscal, Lanius dorsalis

Jenis burung cendet
(Shutterstock)

22. Somali fiscal, Lanius somalicus

Jenis burung cendet
(Shutterstock)

23. Mackinnon’s shrike, Lanius mackinnoni

Jenis burung cendet
(Shutterstock)

24. Northern fiscal atau Fiscal Shrike, Lanius humeralis

Jenis burung cendet
(Shutterstock)

25. Southern fiscal, Lanius collaris

Jenis burung cendet
(Shutterstock)

26. Uhehe fiscal, Lanius collaris marwitzi

Jenis burung cendet
(Shutterstock)

baca juga : macam-macam burung jalak

27. São-Tomé-fiscal-Lanius-newtoni

Jenis burung cendet
(Pinterest)

28. Woodchat shrike, Lanius senator

Jenis burung cendet
(Shutterstock)

29. Masked shrike, Lanius nubicus

Jenis burung cendet
(Shutterstock)

30. Yellow-billed shrike, Corvinella corvina

Jenis burung cendet
(Shutterstock)

Baca juga : macam-macam jenis burung murai batu

31. Magpie shrike, Urolestes melanoleucus

Jenis burung cendet
(Shutterstock)

32. Northern white-crowned shrike, Eurocephalus ruppelli

Jenis burung cendet
(Shutterstock)

33. Southern white-crowned shrike, Eurocephalus anguitimens

Jenis burung cendet
(Shutterstock)

Nah, itu tadi beberapa jenis burung Cendet di seluruh dunia lengkap dengan gambarnya. Kalau kamu mengetahui jenis burung Cendet yang lain, silakan tambahkan di kolom komentar ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Finansial
Finansial Pahami Yuk! Contoh Pasar Monopolistik dan Pengertiannya

Pasar monopolistik adalah kebalikan dari pasar persaingan yang sempurna. Pada ilmu ekonomi, arti pa

Gadget
Gadget 8 Cara Mengatasi Lupa Sandi HP Vivo Untuk Pengguna Baru Android

Bagi para pengguna baru android pasti pernah mengalami banyak kendala yang sering dijumpai ketika s

Finansial
Finansial Mudah! Ini 7 Cara Menggunakan Tradingview

Supaya aktivitas jual beli saham yang kamu lakukan berjalan lancar, kamu dapat menggunakan berbagai

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia