Jembatan Brooklyn sepanjang 1.595 kaki pertama kali dibuka

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ January 24, 2023 ∙ 3 menit membaca

Sejarah hari ini – Setelah 14 tahun, pada 24 Mei 1883 Jembatan Brooklyn di atas Sungai East (East River) resmi dibuka untuk pertama kalinya dalam sejarah. Jembatan tersebut menghubungkan kota-kota besar New York dan Brooklyn. Ribuan warga Brooklyn dan Pulau Manhattan menyaksikan upacara penahbisan yang dipimpin oleh Presiden Chester A. Arthur dan Gubernur New York Grover Cleveland. Jembatan Brooklyn adalah jembatan gantung terbesar yang pernah dibangun hingga saat itu yang dirancang oleh mendiang John A. Roebling.

John Roebling, lahir di Jerman pada tahun 1806, adalah pelopor hebat dalam desain jembatan suspensi baja. Dia belajar teknik industri di Berlin dan pada usia 25 berimigrasi ke Pennsylvania barat, di mana dia berusaha, namun tidak berhasil, untuk mencari nafkah sebagai petani. Dia kemudian pindah ke ibu kota negara bagian di Harrisburg, di mana dia mendapatkan pekerjaan sebagai insinyur sipil. Dia mempromosikan penggunaan kabel kawat dan mendirikan pabrik kabel kawat yang sukses.

Jembatan Brooklyn sepanjang 1.595 kaki pertama kali dibuka

Sementara itu, ia mendapatkan reputasi sebagai perancang jembatan gantung, yang pada saat itu banyak digunakan tetapi gagal saat angin kencang atau beban berat. Roebling dikreditkan dengan terobosan besar dalam teknologi jembatan gantung: rangka jaring ditambahkan ke kedua sisi jalan jembatan yang sangat menstabilkan struktur.

Dengan menggunakan model ini, Roebling berhasil menjembatani Ngarai Niagara di Air Terjun Niagara, New York, dan Sungai Ohio di Cincinnati, Ohio. Atas dasar pencapaian ini, Negara Bagian New York menerima rancangan Roebling untuk jembatan yang menghubungkan Brooklyn dan Manhattan dengan bentang sepanjang 1.595 kaki dan menunjuknya sebagai kepala teknisi. Ini menjadi jembatan gantung baja pertama di dunia.

Tepat sebelum konstruksi dimulai pada tahun 1869, Roebling terluka parah saat mengambil beberapa bacaan kompas terakhir di seberang East River. Sebuah perahu menghancurkan salah satu jari kakinya, dan tiga minggu kemudian dia meninggal karena tetanus.

Dia adalah orang pertama dari lebih dari dua lusin orang yang akan mati membangun jembatannya. Putranya yang berusia 32 tahun, Washington A. Roebling, mengambil alih sebagai kepala teknisi. Roebling pernah bekerja dengan ayahnya di beberapa jembatan dan membantu merancang Jembatan Brooklyn.

Dua fondasi granit Jembatan Brooklyn dibangun di caissons kayu, atau ruang kedap air, tenggelam hingga kedalaman 44 kaki di sisi Brooklyn dan 78 kaki di sisi New York. Udara bertekanan menekan caissons, memungkinkan konstruksi bawah air.

Pada saat itu, sedikit yang diketahui tentang risiko bekerja dalam kondisi seperti itu, dan lebih dari seratus pekerja menderita kasus penyakit kompresi. Penyakit kompresi, atau \\\”bengkok\\\”, disebabkan oleh munculnya gelembung nitrogen dalam aliran darah yang diakibatkan oleh dekompresi yang cepat.

Beberapa meninggal, dan Washington Roebling sendiri terbaring di tempat tidur karena kondisi pada tahun 1872. Pekerja lainnya meninggal akibat kecelakaan konstruksi yang lebih konvensional, seperti ambruk dan kebakaran.

Roebling terus mengarahkan operasi konstruksi dari rumahnya, dan istrinya, Emily, melaksanakan instruksinya kepada para pekerja. Pada tahun 1877, Washington dan Emily pindah ke sebuah rumah dengan pemandangan jembatan. Kesehatan Roebling berangsur-angsur membaik, tetapi dia tetap lumpuh selama sisa hidupnya.

Pada 24 Mei 1883, Emily Roebling diberi tumpangan pertama melewati jembatan yang telah selesai, dengan ayam jantan, simbol kemenangan, di pangkuannya. Dalam waktu 24 jam, diperkirakan 250.000 orang berjalan melintasi Jembatan Brooklyn, menggunakan kawasan pejalan kaki yang luas di atas jalan raya yang dirancang John Roebling semata-mata untuk kesenangan para pejalan kaki.

Jembatan Brooklyn, dengan panjangnya yang belum pernah ada sebelumnya dan dua menara yang megah, dijuluki sebagai \\\”keajaiban dunia kedelapan\\\”. Hubungan yang disediakan antara pusat populasi besar di Brooklyn dan Manhattan mengubah arah Kota New York selamanya. Pada tahun 1898, kota Brooklyn secara resmi bergabung dengan New York City, Staten Island, dan beberapa kota pertanian, membentuk Greater New York.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Program dari BJB KPR Gaul untuk Para Millenial

Kabar gembira untuk para milenial dengan gaji minimal Rp3 juta, sekarang bisa banget untuk punya ru

Finansial
Finansial Apakah Rumah KPR Non Subsidi Boleh Direnovasi?

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah rumah KPR non subsidi boleh direnovasi? Apakah jika melakukanny

Edukasi
Edukasi Apa Fungsi Aplikasi Idebku? Berikut Cara Menggunakannya

Belum lama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi merilis aplikasi untuk mengecek status BI checking s

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia