Jan Tinbergen penerima Nobel Ekonomi pertama 1969

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ December 27, 2021 ∙ 2 menit membaca

Jan Tinbergen penerima Nobel Ekonomi pertama 1969 – Jan Tinbergen dilahirkan di Den Haag, Belanda pada tanggal 12 April 1903. Ia adalah ekonom Belanda yang menerima hadiah Nobel Ekonomi untuk pertama kalinya pada tahun 1969.

Ia menerima penghargaan tersebut bersama rekannya, Ragnar Frisch. Tinbergen merupakan anak sulung dari lima bersaudara. Ayahnya bernama Dirk Cornelis Tinbergen adalah seorang guru bahasa Belanda. Sedangkan ibunya bernama Jeannette van Eek berprofesi sebagai guru.

Jan Tinbergen
Jan Tinbergen

Keluarganya memiliki kesadaran cukup tinggi akan pendidikan. Anak-anaknya mendapatkan pendidikan yang memadai. Kakak laki-lakinya Nikolas Tinbergen adalah seorang pemenang Nobel Fisiologi. Sementara adik bungsunya Luuk Tinbergen menjadi ahli ornitologi.

Tinbergen menikah dengan seorang wanita bernama Tine Johanne Wit. Dari pernikahannya ia dianugerahi empat orang anak. Jalinan kehidupan keluarganya cukup harmonis. Mereka saling mendukung aktivitas masing-masing. Sebuah keluarga yang memberikan kebebasan bagi anggotanya yang lain.

Sebagai anak dari keluarga berpendidikan, Tinbergen tidak kekurangan kampus untuk dimasuki. Ia adalah pencari ilmu yang cukup baik. Ia belajar matematika dan fisika di Leiden University di bawah bimbingan Paul Ehrenfest. Pada tahun 1926 ia menolak wajib militer. Sebagai hukumannya ia harus melakukan pekerjaan-pekerjaan sosial.

Tinbergen mempelajari ilmu ekonomi kurang lebih selama 25 tahun. Ia pun menjadi tokoh yang cukup aktif di dunia politik. Keterlibatannya dalam partai buruh menjadi bukti kegemarannya akan dunia politik.

Kemudian ia menyadari bahwa fisika tidak akan memiliki faedah ketika terlibat dalam politik. Ia pun memperdalam ilmu ekonomi untuk menunjang gagasannya di partai terutama tentang isu ekonomi.

Gelar doktornya didapat pada tahun 1929 dengan judul karya akhir Minimumproblemen in de Natuurkunde en Economie. Setelah lulus dari universitas, ia bekerja di Badan Statistik. Ia juga menjadi profesor di Universitas Erasmus Rotterdam tahun 1929-1945.

Pada tahun yang sama, ia menjadi anggota Liga Bangsa-Bangsa, sebuah badan internasional yang bertujuan untuk meningkatkan kedamaian dan kesejahteraan dunia. Selengkapnya tentang LBB bisa di baca di artikel Sejarah LBB atau “League of Nations”

Pada tahun 1930-an, ia telah mengembangkan masalah-masalah ekonomi untuk memecahkan persoalan pengangguran. Beberapa karangannya, seperti Business Circles in the USA, Economic Policy, Development Planning, dan penelitian lainnya banyak berkonsentrasi pada masalah pembangunan ekonomi di negara-negara berkembang, pemerataan pendapatan, dan tata ekonomi internasional.

Baca juga: Jan Tinbergen orang pertama analis ekonomi Belanda

Pada tahun 1945-1955, Tinbergen mendirikan Lembaga Pembangunan dan Perencanaan Nasional Belanda dan ia pun menjadi direktur pertamanya. Tinbergen juga mendirikan Institute Ekonometri di Universitas Erasmus Rotterdam. Karya-karyanya diteruskan oleh ekonom Lawrence Klein yang akhirnya juga mendapatkan Nobel Ekonomi.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 11 Perbedaan iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max yang Wajib Dipahami

Jajaran seri iPhone 11 saat ini masih memiliki penggemar. Bila enggan untuk membeli base model-nya,

Berita Pinhome
Berita Pinhome Kehadiran CMO Baru, Pinhome Makin Optimis Garap Property Tech di Indonesia

Pinhome, pionir property technology Indonesia mengumumkan penunjukan Fibriyani Elastria sebagai Chi

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Crypto Terbaik Yang Patut Dicoba

Menawarkan keuntungan besar, itu membuat berbagai kelompok usaha atau berdagang dengan aplikasi cry

Edukasi
Edukasi 6 Rumah Adat Suku Dayak Kalimantan

Ada banyak sekali rumah adat di Indonesia, masing-masing memiliki model dan daya tarik yang berbeda

Lifestyle
Lifestyle 11 Rekomendasi Aplikasi Dompet Digital Terbaik

Hidup di era teknologi saat ini membuat segalanya terasa mudah, termasuk dalam hal finansial. Pins

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia