Jam kerja dalam bisnis

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ December 22, 2021 ∙ 3 menit membaca

Jam kerja adalah jam-jam dalam sehari di mana bisnis biasanya dilakukan. Jam kerja tipikal sangat bervariasi di setiap negara. Dengan mengamati standar informal umum untuk jam kerja, pekerja dapat berkomunikasi satu sama lain dengan lebih mudah dan menemukan pemisah yang nyaman antara kehidupan kerja dan kehidupan rumah.

Di Amerika Serikat, Kanada, Inggris Raya, dan Australia, jam buka antara jam 9 pagi dan 5 sore (istilah tradisional ” 9 sampai 5 “) biasanya dianggap sebagai jam kerja standar.

Di Meksiko, jam kerja standar adalah dari jam 7 pagi hingga 2 siang dan 4 sore hingga 6 sore. (Setidaknya di Mexico City sebagian besar kantor buka antara jam 8 dan 10 pagi dan tutup sekitar jam 6 atau 7 malam. Beberapa kantor tutup lebih awal pada hari Jumat. Banyak kantor yang karyawannya bekerja pada hari Sabtu hingga waktu makan siang (biasanya jam 2 siang).

Di Finlandia, lembaga pemerintah dan lembaga lainnya mengikuti jam 8:00 pagi hingga 16:15. Bank biasanya buka sampai 16:30. Bisnis umum dilakukan dari Senin hingga Jumat, tetapi toko-toko besar biasanya buka pada hari Sabtu pukul 09.00 – 18.00 dan pada hari Minggu pukul 12.00 – 21.00, dengan pengecualian.

Negara lain memiliki pola jam kerja yang berbeda. Banyak pekerja di iklim yang lebih hangat melakukan tidur siang pada sore hari, antara pukul 14: 00-17: 00, yang mengakibatkan jeda pada jam kerja, dan melanjutkan bisnis di malam hari. La siesta adalah istilah bahasa Spanyol yang mengacu pada tidur siang singkat selama 15-30 menit.

Jam kerja biasanya terjadi pada hari kerja . Namun, hari-hari dalam seminggu saat bisnis dijalankan juga berbeda dari satu wilayah ke wilayah lain di dunia.

Baca juga: Meraup Uang dari Bisnis Online Adsense

Jam kerja dalam bisnis

Jam kerja non-tradisional

Banyak bisnis dan organisasi memiliki jam kerja yang diperpanjang atau tidak terbatas jika bisnis mereka berlangsung terus menerus. Misalnya, hotel, bandara, dan rumah sakit buka 24 jam sehari, dan transaksi dapat dilakukan kapan saja, sehingga membutuhkan ketersediaan staf dan manajemen setiap saat. Teknologi komunikasi terkini seperti smartphone juga telah memperpanjang hari kerja.

Batasan

Di beberapa yurisdiksi, undang-undang atau peraturan mungkin mengharuskan bisnis untuk membatasi jam perdagangan mereka. Misalnya, beberapa negara Barat melarang bisnis tertentu berdagang pada hari Minggu, ini dianggap sebagai hari istirahat dalam agama Kristen . Bisnis yang menyajikan makanan panas atau minuman beralk*hol juga sering dibatasi dalam jam perdagangannya.

Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat telah mengamanatkan bahwa perusahaan harus membayar lembur kepada individu yang bekerja lebih dari 40 jam seminggu. Bisnis sering kali tidak menjadwalkan karyawannya untuk bekerja lebih dari 40 jam per minggu karena mereka ingin menghindari pembayaran lembur kepada karyawannya.

Baca juga: 5 strategi memulai bisnis bagi pengusaha pemula

Yunani

Di Yunani, jam kerja pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu biasanya dari jam 9 pagi sampai 3 sore, sedangkan pada hari Selasa, Kamis, dan Jumat biasanya dari jam 9 pagi sampai 2 siang dan setelah tidur siang dari jam 17:30 sampai jam 9 malam.

Toko dan supermarket besar mengikuti jadwal jam kerja yang diperpanjang dan buka dari Senin sampai Jumat dari jam 9 pagi sampai 9 malam dan pada hari Sabtu dari jam 9 pagi sampai jam 8 malam.

Semua toko biasanya tutup pada hari Minggu, tetapi ada beberapa pengecualian sepanjang tahun. Jam kerja perbankan dan layanan sipil biasanya Senin sampai Jumat dari jam 8 pagi sampai 2 siang, dengan variasi kecil tetapi selalu tutup pada akhir pekan. Semua toko dan kantor tutup pada hari libur nasional.

Baca artikel bisnis lainnya

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Mendalami Pola Falling Wedge Beserta Cara Menggunakannya

Mengidentifikasi dan memantau kondisi pasar adalah skill yang sebaiknya dimiliki seorang investor a

Finansial
Finansial Pahami Apa itu Token Crypto Serta Perbedaannya dengan Koin

Apa itu token crypto? Token satu ini merupakan aset digital yang sekarang ini tengah menjadi trend

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia