Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Jadi Tren, Yuk Coba Pelihara Tanaman Hias Indoor di Rumah!

Hobi

Jadi Tren, Yuk Coba Pelihara Tanaman Hias Indoor di Rumah!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Sebelum acara Hasanah Griya Expo berakhir, ada satu acara yang sangat menarik nih Pins! Acara ini membahas mengenai tanaman hias yang lagi booming banget nih.

Pinhome – Acara yang diselenggarakan pada tanggal Sabtu, 28 November 2020 ini dibawakan oleh Jasmine yaitu founder dari @plants.friends.andpeople. Acara ini dibawakan dengan tema “Tanaman Hias Indoor: Hobi Baru dari Rumah”.

Di awal pembahasan ini, Jasmine menjelaskan perbedaan antara tanaman indoor dan tanaman outdoor. Tanaman indoor atau sekarang dikenal dengan tanaman hias adalah tanaman yang biasanya hidup dalam kondisi yang teduh, tidak kontak langsung dengan sinar matahari. Berbeda dengan tanaman indoor, Tanaman outdoor  adalah tanaman yang hidup langsung terkena sinar matahari dan angin dengan volume yang banyak dibandingkan dengan tanaman indoor.

Selain itu, yang membedakan antara tanaman indoor dan outdoor bisa dilihat dari 3 elemen ini:

  1. Tanaman indoor memiliki daun yang tebal keras berbeda dengan tanaman outdoor yang memiliki daun yang berwarna warni dan juga lebih tipis
  2. Tanaman indoor Memiliki lapisan lilin yang terlihat di batang & daunnya yang mengkilat
  3. Tanaman indoor biasanya berasal dari hutan tropis

Sebelum acara ini berakhir, Jasmine memberikan tips & trick bagaimana merawat tanaman hias nih! Berikut tips & triknya:

  1. Sesuaikan pemilihan tanaman dengan lokasi menanam, misalnya apabila lokasi menanam terdapat sinar matahari yang banyak, pilihlah tanaman yang membutuhkan sinar matahari yang banyak
  2. Pemilihan media tanam

Untuk tanaman yang indoor memerlukan media tanam yang drainase, yaitu media tanam  yang proses pembuangan air yang dilakukan, baik secara alami maupun buatan dari permukaan atau bawah permukaan di suatu tempat.

Tips menciptakan drainase yang bagus adalah menaruh batu batuan di bawah media tanam sehingga air tidak menampung terlalu lama di pot tanaman, antara lain:

  1. Memilih media tanam yangs sesuai dengan tanamannya, karena ada beberapa tanaman yang tidak bisa diberikan dengan media tanaman yang cukup lembab ataupun sebaliknya
  2. Pilihlah pot yang sesuai dengan keinginan
  3. Siram tanaman sesuai dengan kebutuhan

Siramlah tanaman sesuai dengan kebutuhan dari tanaman tersebut. Menyiram tanaman bisa dilihat dari kondisi masing masing daya serap tanaman dan juga cuaca.

Nah, gimana Pins? Tertarik gak nih untuk buat hobi baru kalian? Jangan lupa nonton kelengkapannya di Youtube Channel Pinhome Indonesia!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel