Pinhome

Lifestyle

Intip Yuk Bagaimana Proses Pembuatan Software!

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 15 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Perkembangan teknologi yang begitu cepat memang sangat berguna dalam mendukung aktivitas sehari-hari manusia. Sebut saja berbagai macam alat elektronik seperti ponsel, televisi hingga komputer. Lalu, bagaimana proses pembuatan software komputer yang sering Anda pakai dalam kehidupan sehari-hari ya?

Pinhome – Tidak hanya itu, perkembangan teknologi juga membuat komputer memiliki program yang dapat membuat Anda dapat melakukan berbagai macam hal lho! Mulai dari tulis-menulis, menonton video, mendengarkan musik, menggambar, merekam berselancar di internet dan masih banyak lagi. Penjelasan tentang bagaimana proses pembuatan software mungkin terdengar berat, namun tidak ada salahnya Anda memahami sedikit hal tersebut, Pins.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pemula

bagaimana proses pembuatan software
(Dimensi Data)

Ya, pengembangan perangkat lunak atau software memang semakin maju. Program-program ini dibuat dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna komputer.

Bagi Pins yang punya ide kreatif dan ingin menciptakan program di komputer dan penasaran bagaimana proses pembuatan software, berikut cara dan tahapan pembuatan software yang perlu Pins ketahui.

Baca Juga: Manfaatkan Internet Untuk Pemasaran Properti Selama Pandemi

Siapkan Ide Kreatif

Jika Pins adalah seorang pemula dan belum tahu bagaimana proses pembuatan software,  menyiapkan ide adalah hal pertama yang perlu Pins siapkan sebelum membuat software. Pikirkan ide-ide kreatif yang dapat Pins tuangkan untuk menjadi software. Usahakan software memiliki daya guna yang tinggi dan keunggulan yang tidak dimiliki oleh software-software lainnya. Hal inilah yang akan menjadi daya tarik yang membuat orang ingin menginstal atau menggunakan software buatan Anda.

Namun selain memikirkan daya guna dari software yang akan Anda buat, penting untuk memikirkan proses pembuatannya. Apakah proses yang diperlukan sulit atau tidak dan waktu pembuatan software yang singkat atau panjang. Jadi rancang dengan matang ide-ide kreatif sebelum Anda benar-benar membuatnya.

Baca Juga: Jangan Ketinggalan, Transaksi Properti Mulai Beralih Ke Digital

Lihat Program Sejenis

Jika Pins telah selesai menentukan ide dan perencanaan proses pembuatan software, tahapan pembuatan software selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melihat program sejenis. Mengapa hal yang satu ini penting? Ya, karena dengan melihat program sejenis Anda jadi tahu kelebihan dan kekurangan dari software lain yang tentunya akan membantu menyempurnakan software yang akan Anda buat.

Desain Program

Tahapan pembuatan software selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat desain program. Desain program memuat keseluruhan fitur dan tampilan yang ingin Anda buat dalam software. Mulai dari menu hingga tampilan software harus Pins gambarkan dengan jelas. Karena desain ini akan menjadi acuan Pins dalam membuat program, sehingga Pins dapat fokus membuat software sesuai rencana.

Pelajari Bahasa Pemrograman

Pengembangan perangkat lunak memang tidak mudah dilakukan. Jika Pins adalah seorang pemula dan belum menguasai benar tentang pemrograman, penting mempelajari bahasa pemrograman sebelum Anda benar-benar memulai membuat software.

Membuat software memaksa Anda harus memahami benar coding atau pengkodean. Hal-hal dasar yang perlu Anda pelajari dalam membuat software adalah sebagai berikut.

  • C merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup lama namun masih digunakan hingga saat ini. Ya, C adalah bahasa yang menjadi awal mula bahasa pemrograman lainnya. Bahasa ini digunakan dalam pengembangan perangkat lunak dengan tingkat rendah atau mudah. Nah biasanya bahasa C – C sering digunakan untuk perangkat keras komputer.
  • C ++ adalah bahasa pemrograman yang berasal dari pengembangan bahasa C. Bahasa yang satu ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer di dunia. Bahkan program-program seperti Photoshop, Chrome dan Mozilla Firefox dibangun dengan program yang satu ini. C++ adalah bahasa yang merupakan versi object oriented
  • Java merupakan penembangan dari bahasa pemrograman C++. Program Java digunakan karena kemudahan portabilitasnya. Hampir semua sistem dapat menjalankan Java Virtual Machine dan menjalankan software Java. Tidak heran banyak sekali para ahli IT yang membuat perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman ini mulai dari software untuk bisnis, program yang mempermudah pekerjaan karyawan dan masih banyak lagi.
  • C# adalah bahasa pemrograman berbasis Window. C# bagian dari kerangka kerja .NET Microsoft. Tidak heran bahasa pemrograman ini sangat cocok untuk pengembangan perangkat lunak bagi pengembang yang bekerja dengan Windows atau Windows Phone. Selain itu C# sangat erat hubungannya dengan C++ dan Java. Jika Pins sudah sangat menguasai bahasa pemrograman Java, maka Pins akan dengan mudah menguasai bahasa pemrograman C#.
  • Objective-C adalah bahasa pemrograman C yang dirancang khusus untuk sistem Apple. Tentu sudah banyak Pins yang mengetahui beberapa produknya, salah satunya adalah iPhone.
  • Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat mudah untuk dipelajari oleh pemula. Bahasa pemrograman yang satu ini biasanya digunakan dalam pengembangan web.

Selain bahasa pemrograman, penting bagi Pins untuk mengetahui beberapa tools atau peralatan yang diperlukan dalam membuat perangkat lunak. Misalnya adalah compiler atau interpreter. Fungsi dari kedua tools ini adalah untuk mengubah kode yang Pins ketik menjadi format yang dapat digunakan di komputer.

Dalam membuat perangkat lunak, tentu berbagai tahapan pembuatan software perlu diikuti dengan baik. Selain itu penting bagi Pins untuk mempelajari hal-hal dasar bagaimana proses pembuatan perangkat lunak dengan berselancar di internet, mengikuti kursus atau bahkan bertanya kepada kerabat yang memiliki keahlian membuat software.

Itulah informasi tentang bagaimana proses pembuatan software. Semoga ulasan di atas dapat membantu Pins dalam membuat software yang Pins inginkan.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Rizko Fatra

Tags :

Bagikan Artikel